Oleh: arantan | Oktober 20, 2013

Kendaraan tua seperti punya nyawa lho!

Foto diatas adalah foto VW Beetle punya ortu, tangan pertama dari 1962, kondisinya saat ini setengah di museumkan alias mati, lama tidak di pakai untuk jalan, penuh debu di garasi rumah ortu di Tebet.

Saya dan kakak-kakak saya belajar nyetir ya di VW ini, kalau tentang mogok ya pernah lah beberapa kali, baik waktu saya bawa maupun waktu dibawa Ibu. Tapi timing mogoknya seolah diatur. SI VW, saya pakai sebagai kendaraan harian waktu kuliah, mahasiwa baru boleh parkir di parkir universitas saat semester  terakhir, maklum tempat terbatas.

Tugas akhir saya tentu sangat berat, tapi si VW setia melakukan tugasnya dengan baik sampai saat tugasnya kumpul… baru tiba-tiba si VW mogok tidak bisa di start waktu pulang. Posisinya waktu itu masih di parkiran universitas, waks! Akhirnya panggil taksi, di tarik ke bengkel.

Dan ada beberapa kisah-kisah lainnya lagi, yang akhirnya menyebabkan si VW urung di jual, sayang!

Saat ini pun saya pegang Vespa New PX, ya memang keluarannya masih termasuk nggak lama-lama amat, masih 2006 kok. Tapi bagi saya ini sudah cukup lama. Saat ini rasa-rasanya sih, si Vespa menghadirkan beberapa good luck bagi saya, semoga terus-terusan!


Responses

  1. Kayaknya skrg px nya dibawa ngantor trus om, parkir di yg ada marka garis2. Hehe

    • Iya minggu lalu banyak dipakai ngantor bro🙂

  2. Om sekali kali gambar motor/mobil dong, atau tokoh otomotif sama kendaraan nya

    • Iya bro, memang pingin juga

  3. Kalau kendaraan dirawat dengan baik, sepe mereka “mengertidk menyusahkan pemiliknya walaupun kerusakannya parah.
    Sepertinya mereka “berusaha sekuat tenaga” untuk “berjalan” dengan kondisi rusak sampai pada lokasi yang tidak merepotkan.

    Beberapa pengalaman :
    – Desember 2012 : saya sekeluarga bermobil dari Jakarta pulang ke Surabaya. Bermalam di Semarang (1 malam) dan Yogya (1 malam).
    Hari ketiga sampai di Surabaya dan menjelang sampai rumah saudara, kompressor AC lepas dari dudukannya – sehingga belt yang menghubungkan Power Steering juga lepas. Alhamdulillah, hanya berjarak 2KM dari BeRes Hyundai HR. Muhammad Surabaya.
    Ternyata baut kompressor AC dudukan pada lepas/patah karena bukan orisinal.
    Coba kalau lepasnya ditengah Alas Roban …….

    – Desember 2011 : sama, perjalanan mudik dari Jakarta ke Surabaya (masih pakai sedan Eropa lawas).
    Sehari sebelum berangkat, ECU tidak terdeteksi sama sekali. Setelah saya coba bersihkan konektor-konektornya, mesin berfungsi normal.
    Berangkat ke Surabaya hingga 2 minggu kemudian kami sampai kembali ke rumah di Depok dengan lancar dan selamat.
    Keesokan harinya, saat saya akan bawa mobil ke tempat cuci, ECU kembali tidak terdeteksi dan kali ini sama sekali mati.
    Setelah beberapa saat, panggil mekanik dan ECU dibongkar, ternyata jalur kelistrikannya terbakar ….
    Fiuh, alhamdulillah ….. (karena ECU inipun tidak mudah didapatkan, perlu waktu 1 minggu di Jakarta – coba kalau di daerah ……)

    • Wah! Sama bener, mau mogok cari waktu dulu he he he

  4. Saya pun masih setia dengan tunggangan saya yang sudah tua xixixi http://macantua.wordpress.com/2013/10/20/helm-kok/

  5. Persis Tiger 94 saya, warisan babeh. Kalo lagi enak mah enak, nyalip Vixion juga gampang. Coba misal lagi gak enak, nguber matic aja perasaan susah bener…

    • He he he🙂
      Tapi ngejar matic itu mmg syulit juga bro

      • Iya, apalagi selepas traffic light😀

  6. Ortu punya mobil jip lawas, semua anaknya belajar naik mobil itu termasuk sy.
    Ini mobil agak unik/temperamental dulu sering sy bawa jalan2 sekedar cari angin bersama kawan2 atw sekedar menyalakan fungsi 4wdnya biar tdk macet.
    Kadang ada teman yg nyeletuk mobilnya kuno bgt, gak ada ac, jadul, jelek, dll biasanya setelah dihina nih mobil akan otomatis mati sendiri alias mogok, mau utak atik seperti apapun tdk bakal nyala.
    Tapi karena sudah terbiasa dgn kelakuan si mbah kita semua sudah tahu solusinya yaitu dirayu hehehe, wah mobil keren nih, catnya mulus ya, jalannya masih ngebut, calon mobil klasik, dll
    Habis itu di starter langsung greng, ngacir lagi.
    Nih mobil jadi terkenal di kampus sy, bahkan tukang parkirnya pun ngasih space khusus karena dia pernah dikerjain sama nih mobil.
    Sayang karena kesibukan masing2 si jeep jadi tidak ada yg urus akhirnya dilego saja ke orang hobby, kata yg beli nih mobil suka klakson2 sendiri di malam hari

    • 😯

  7. kok sama ya, saya punya vw safari dulu juga gitu. suka ngambek kalo yang naek lagi pada bad mood, tapi ya itu…mogoknya nyari tempat. sekarang pake vw kombi, beda karakter. suka rewel kalo kita yanglagi naek ngobrolin keunggulan mobil laen.

    mobil lawas kayak ada nyawanya…mobil baru kayak ada pencabut nyawanya

  8. kalo motor tua ane? gak tau juga ya, kalo sekarang sih dah gak mogok2 lg. kalo sekarang service rutin dan pakai oli samping yang bagusan. tapi motor tua emang seakan2 punya nyawa sendiri. mungkin mirip dengan cerita klabautermann di kisah2 para pelaut. dimana mereka akan menolong para pelaut yang bener2 mencintai kapal nya.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Klabautermann

  9. Bukan horor kan?🙂
    Mungkin juga seperti itu, jika merawat dengan baik, atau berbuat baik feedbacknya akan baik. imho

  10. Benar mas … Saya mengalaminya sendiri seakan tahu kondisi si empunya … Bila sedang suntuk dan galau kendaraan milikku meskipun baru atau baru serfis tiba tiba mogok, tapi bila enjoy bawa kendaraan tua yang hidupnya tinggal detik detik proklamasi nunggu menyerah kalah dengan malaikat ngizroil mengibarkan bendera putih aman guman gak bermasalah , padahal cara bawanya sama tidak ada yang beda mas tapi perasaan saya saja cara mengendarainya sama ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: