Soal ground clearance, tinggian mana Xenia, Innova atau Freed?

Tutup mata, di bayangan kita pasti berpikiran dari ukuran paling tinggi adalah Innova, Xenia baru Freed…. apakah betul? Malah menurut pemikiran awal pasti tingginya Innova jauh lebih tinggi dari Freed.

Begini kalau foto dari depan, spoiler Freed lebih pendek sementara Innova masih lebih tinggi.

Tapi ternyata kalau kita lihat lebih detail lagi, beda ground clearance antara Freed dan Innova tidaklah terlalu jauh.

Ini foto samping Kijang Innova, kelihatan tinggi, tapi di bawahnya ada tonjolan lagi kebawah, sehingga deknya tidak persis di bawah pintu. Kalau kita ukur tonjolan body ke bawah itu, kira-kira tingginya lebih atas sedikit dari sticker label coca-cola.

Di Freed pun masih ada tonjolan kebawah, tapi tidak setinggi Innova. Tinggi ground clearancenya kira-kira lebih rendah sedikit dari sticker coca cola.

Ini di foto di Xenia, ground clearance terlihat lebih atas dari sticker coca-cola.

Noted kalau foto-foto ini diambil saat kendaraan kosong alias posisi tidak terbebani.

Kalau kita lihat spesifikasi pabrikan pun disebutkan sebagai berikut:

Honda Freed: 165 mm, dari sini.

Toyota Kijang Innova G A/T, jarak terendah: 176 mm, dari sini.

Daihatsu All new Xenia, 190/200 mm, dari sini.

So sebetulnya ground clearance antara Freed dan Innova cuman beda 1-2 cm, tapi bentuk tekukan body Kijang memberikan ilusi kalau ground clearancenya jauh lebih tinggi.

Honda Freed di kiri, Innova di kanan

OK…

Sekarang soal spoiler depan.

Tinggi spoiler Honda Freed tepat di sticker coca cola

Innova, jauh di atas sticker coca-cola.

Depan Xenia? Jauh di atas sticker coca cola, hampir di mulut botol. Kondisi ketiga mobil dalam keadaan standard tanpa body kit apapun, juga tidak terbebani.

Dari ketiganya, spoler Xenia jelas lebih aman melibas polisi tidur. Overhang pendek, tinggi spoiler juga paling tinggi. Tinggal antara Kijang Innova dan Freed, gimana? Walaupun secara tinggi Innova lebih tinggi dari Freed, tapi jarak overhang dari roda ke depan Innova lebih panjang dari Freed, sehingga soal kemanan menghadapi polisi tidur pun antara Innova dan Freed sama saja bahayanya.

19 Comments Add yours

  1. Yoshi berkata:

    Coca cola-nya kok putih isinya?
    Disinyalir isi ulang nih.

    😀

    1. Abdurrahman berkata:

      rasa baru kali gan, xixixi…

  2. mang berkata:

    nice infoh

  3. marmut berkata:

    Coca cola zero colour

  4. awakku berkata:

    kayaknya si empunya warung lagi menimbang2 freed ama innova.
    😀

    Hajar boss….

    Innova gak tinggi-tinggi amat dibanding freed
    freed gak irit-irit amat dibanding innova
    hehehehe

  5. ms berkata:

    kenapa r3 nggak dimasukin? katanya paling bernilai.

    1. arantan berkata:

      Ya karena adanya 3 itu, pinjemin dong ertiganya.

  6. IpanaseBoyolali berkata:

    Ertiga enak kok mas, gak beda jauh rasanya sama SX4

    1. awakku berkata:

      Ya bedhaaaaaaa….

  7. BolaGebok berkata:

    Rencana mau beli 2nd apa BNIB ?

    1. arantan berkata:

      Brand new in box? 🙂 nggak Muat box Nya

      1. BolaGebok berkata:

        Sepertinya masih lebih tinggi xenia, tapi lumayan nyaman untuk dikendarai

        Coba saja mampir ke dealer suzuki biasanya disana ready unit buat test drive

  8. wooo berkata:

    harus dites dalam keadaan isi orang juga.mengingat suspensi inova dan freed berbeda.ane perna nyoba freed ketika diisi org penuh,suspensinya langsung berasa turun berbeda dgn inova walau penuh tp gak terlalu berasa turun jauh seperti freed.kaki inova lbh mumpuni krn uda double wishbone sedangkan freed masih h shape torsion beam

    1. arantan berkata:

      TQ commentnya, ini menarik, saya perlu pelajari lebih lanjut.

      Suspensi depan Innova pakai double wishbone, belakang 4-link Coil spring & lateral rod. Depan Freed Mc Pherson Strut, belakang H torsion.

      Antara Mc Pherson dengan Double Wishbone nggak pasti siapa yang lebih bagus karena bergantung dengan design dan mobilnya/beban. Untuk yang belakang antara coil spring dengan H torsion belum jelas juga.

      Cuman yang saya dengar suspensi Innova di consider limbung dan jedak-jeduk setelah penggunaan beberapa tahun.

      Untuk yang turun body setelah pembebanan nanti saya ukur aja pas weekend. Perasaan baik di Freed dan Kijang tidak terasa ada penurunan. Kecuali mungkin bebannya maksimum banget ya.

  9. F4F berkata:

    kalo poldur selama saya pake freed ga ada masalah bro. saya dulu juga galau antara inova/grand livina/freed. karena perlu kesepakatan ama istri jadinya pilih freed.
    ada value freed yang ga ada di innova… yaitu ketika dipake sendirian, cewek pula. bayangkan….cocokkan freed kan hehehe

    salam kenal
    https://freed4fun.wordpress.com/2012/11/19/kebebasanku/

    1. Mas bro salam kenal, comment saya tulung di release 🙂 ada 3 di blognya 😀

  10. Lia berkata:

    Iya..sya juga lg galau… Pilih mana ya ,?inova diesel metik atau freed ya….?? Tolong info dan saran Nya dong…..trimakasih

  11. TiCtAc berkata:

    joss mang

  12. wewe chan berkata:

    tetep adoh ketoke mas kacek e

Tinggalkan komentar