Oleh: arantan | Oktober 21, 2013

Lebih minggir kalau dibelakang ada suara HD atau sirine ambulan?

Kalau lihat strata prioritas jalan konon ambulan berada di prioritas dua setelah kendaraan pemadam kebakaran, konvoi ada di prioritas ketujuh, alias jauh banget. Tapi hari ini saya di samping mobil ambulan putih biru Mazda E2000, dengan sticker Siloam. Waktu lampu merah Relasi mobil ambulan itupun sama saja dengan saya, terjebak macet, sementara sirine sudah dibunyikan meraung-raung.

Waktu lampu merah, di depan ambulan ada sekitar 3-4 mobil, saat lampu hijau pun, para pengendara seolah tidak mengacuhkan si ambulan, lalu lalang seperti biasa tanpa ada niat untuk minggir melapangkan jalan.

Sementara kalau saya lihat ketika ada knalpot HD atuapun kendaraan dari komunitas berrompi, orang-orang seperti segan jalan di depannya, lebih baik mereka lewat saja daripada rusuh.

Itu baru rombongan bermotor komunitas, kalau yang lewat rombongan partai, rombongan bubaran bola *apalagi kalah bola*, lampu merah pasti dianggap tidak ada. Saat di persimpangan, saya lihat petugas polisipun cenderung langsung membantu menyetop arus kendaraan lainnya, si konvoi jadi prioritas satu. Lagi-lagi daripada rusuh lah.

So… untuk ambulan baiknya gimana?

Menutupi ambulan tidak ada sanksinya, paling-paling yang di ambulan, yaitu orang yang tidak saya kenal mati. “emang gw pikirin?”. Tapi kalau mobil saya penyok diketok para perusuh bola, berselisih dengan komunitas apalagi penggede … wah itu jadi bebannya saya.

Kalau begitu, ini usulan serius lho, saya rasa lebih baik di depan ambulan ada pengawalan vojrider saja. Ini bukan becanda, ini hubungannya dengan kecepatan untuk nyawa, tiap detik berharga.

Dulu mobil pacar saya pernah menabrak pembatas waktu pacar diantar mau ke bandara. Ayahnya masuk rumah sakit dan perlu di transfer ke rumah sakit lain dengan peralatan medis yang lebih baik. Apa yang dirasakan waktu jalan di dalam ambulan? Cobain deh….


Responses

  1. Huuh..novelnya lg donk om

  2. itu lah indonesia…
    http://macantua.wordpress.com/2013/10/20/helm-kok/

  3. ambulan, mutlak

  4. semoga saya bukan termasuk orang-orang yang egois ……..

  5. ini akibat banyak hal.

    1. sirine sudah terlalu banyak dan digunakan oleh orang2 yg tidak berkepentingan.
    2. jalan sudah terlalu penuh hingga tidak ada ruang untuk minggir.
    3. jika diberi jalan,banyak orang malah memanfaatkan ambilan sbg pembuka jalan, dan pemberijalan malah ketinggalan/macet.

    yg bisa kita lakukan adalah tidak menjadi 3 hal diatas

    • Bro, kalau boleh komentar ya.
      #1. kan bisa dilihat melalui kaca spion atau ditengok, kalau memang pihak yang berhak, dalam kasus ini adalah ambulance, ya diusahakan memberi jalan.

      #2. setuju, tapi jangan menjadi alasan untuk selalu berusaha memberi jalan kepada pihak yang berhak.

      #3. biarkanlah, Bro. Toh niat utama adalah memberi jalan kepada Ambulance …..

  6. di sini sdh banyak yg kebolak balik oom. kebanyakan “kebaikan” hanya slogan. misalnya slogan anti korupsi, padahal yg berslogan niat korupsi, trus kalau ketahuan tetep gak ngaku……trus tiap hari kita baca/liat begitu, lama lama apatis.

  7. Kalau terlihat dari spion ada Ambulan pasti diusahakan minggir atau memperlambat laju kendaraan agar kendaraan tsb bisa mendahului. Kalau suara HD terdengar juga minggir ‘kalau bisa’ karena motor saya bebek, kecuali motor saya panigale superleggera.

  8. kalau saya ada ambulan ya minggir karena kesadaran, tapi mau g mau kalo HD lewat ya minggir juga, bukan karena kesadaran tapi karena terpaksa, lah orang2 lebih ngasij jalan ke HD kok, kalo saya gak minggir sendirian ngeri sama lajunya yang kadang gak kira2.

  9. yang pasti kalo “anak club” arogansinya muncul bro…pengalaman pribadi sabtu kemaren..saya pas “kebetulan&terpaksa” masuk ke rombongan macan ompong, posisi jalan macet…saya malah diintimidasi. Lha gak ada jalan lain kok, masih maksa aja.
    Sampai detik ini pun yang masih ada dalam benak saya, anak klub = moron…betul juga sih kalo disebut 1%.. generasi idiot 1% maksudnya

  10. udah ngerasain pak, terutama mobil2 pribadi. waktu mengantar bokap dari RS Mitra Bekasi Timur ke Dharmais. kalo bis2 dan truk2 langsung pada minggir. kalo mobil pribadi masih aja nampang di depan mobil ambulance. posisi di tol, padahal bahu jalan bisa di pakai ambulance tapi mobil pribadi tetep tidak bergeming.

    gila!!!

  11. belum pernah ngrasain jadi…..

    pemerintah dalam hal ini kepolisian, dishub dan harusnya juga dinas pendidikan lebih mengarahkan betapa pentingnya nyawa yg ada di ambulan tersebut

    dan banyaknya sopir ambulan bohongan. maksudnya mobil ambulan tanpa pasien meraung2 biar dikasih jalan
    itu yg bikin masyarakat gak peduli lagi.

    padahal yg paling penting kesadaran diri sih

    • Bisa jadi mau jemput pasien bro… Jangan berpikiran negatif….

      • tul

  12. pengalaman nih dengan pengendara HD. tp bukan rombongan klub dia sendiri dengan PDnya meraung dengan sirene &strobo di kemacetan jalan kebetulan sy didepan dia. HD berusaha mendahului karena macet akhirnya gak bisa dengan arogansinya dia nyundul motor sy sampai 2 kali mungkin biar sy minggir dan takut akhirnya sy turun bilang ke dia ini jalanan umum bukan punya bpk kamu kalo gak trima ayo turun dan dia diem aja.

    #kalo gak nyundul 2 kali dengan sengaja sih bodo amat

  13. kalo ada ambulan lewat, aku minggir. yang waras ngalah, soalnya yg di ambulan lagi sakit, dan butuh pertolongan segera.
    kalo ada rombongan moge, aku juga minggir. yang “waras” ngalah😀

  14. Ada lagi yang lebih gila. Orang-orang yang memanfaatkan laju ambulan dengan cara ngintil dibelakangnya. Parah. Oportunis tingkat akut.

  15. gimana mas kondisi ayah pacar🙂

    • Sehabis kecelakaan koma, tidak sadar sampai akhirnya meninggal

  16. kalau saya ketemu dua-duanya tetap minggir om..
    untuk ambulan saya minggir & kasih jalan karena menghormati pasien yg ada di dalam. siapa tahu dalam kondisi kritis & membutuhkan pertolongan segera.
    untuk rombongan komunitas (HD dll) saya milih minggir karena males berurusan sama mahluk barbar tak berotak macam mereka. soalnya kalau tidak diberi jalan, biasanya mereka mukul, nendang atau bahkan gebrak kap mobil. kecuali kondisi jalan tidak memungkinkan untuk minggir ya saya tetep kekeuh gak kasih jalan.

    jadi intinya menghadapi 2 hal itu harus dibiasakan “YANG WARAS NGALAH”
    waras jasmani ( u/ ambulan ) & waras rohani/mental (u/ HD dll)

  17. di denpasar untungnya orang2nya masih sadar kalo ambulan dan pemadam kebakaran harus dikasi prioritas.
    konvoi HD dll? saya justru pernah liat mobil2 males ngasi jalan sehingga mereka ngambil jalur sebelah sampe2 hampir keserempet truk. sekarang mereka pake pengawalan polisi

  18. kalo yg selama ini saya lakukan, kalo ada ambulan, saya minggir, karena bs jadi menyangkut nyawa orang, dan memang wajibnya seperti itu.
    kalo rombongan HD dan rombongan sok biker club yg lain, minggir dikit sampai vojridernya yg umumnya dari Polisi lewat, abis itu balik lagi kejalur saya sebelumnya. sebodo mereka mau ngerem sampe modar, atau melakukan manuver tingkat dewa.

  19. di kota ini sirene bebas bro.. soalnya yg pakai adalah:
    https://stephenlangitan.wordpress.com/2013/10/21/nih-dia-gaya-polisi-milwaukee-dengan-harley-davidson/

  20. Berapa minggu lalu papasan dengan pengendara HD yg tercecer di keramaian tugu tani, pasang sirene nguik-nguik tetep aja dicuekin pengendara lain karena jalannya cukup macet akibat parkiran di sekolah manajemen pas tikungan….ada yg lewat disebelahnya sempat nyeletuk….panas ya bro…makanya jangan pake cc gede…..jleb….

  21. ok sih ane setuju minggir sama ambulans,pemadam kebakaran,tapi jujur kl minggir sama HD karena terpaksa,terpaksa nya karena ane rider bebek😦 kl ane rider sport 600 cc ke atas kaya nya ga bakal ngalah deh sama yg nma nya HD😀

  22. ironis ya, empati ny perlu di asah lagi.
    dlm situasi jln yg rawan macat, udah krng jaman lg maen konvoi2an dlm kota.

  23. krn gw suka di dlm ambulance (bkn sopirnya)… pasti bakalan nyumpahin orang2 yg ga mau ksh jalan buat mobil ambulance… cobain dah rasanya gmn… misalkan ente jd ptgs medis atau salah satu kerabat pasien yg ada di mobil ambulance….

    makanya itu, kalo ada ambulance ane selalu minggir ksh lewat tuh ambulance..

  24. yg empet kalo ambulans jenazah mau ke kuburan, tapi pengawalnya berbendera kuning seenaknya gedar gedor

  25. Bro…ambulance tuh dapat prioritas kalo lagi mengantar/menjemput pasien…
    kalo lagi pulang ke garasi >>tidak ada prioritas… sama saja dengan pengguna jalan biasa…
    kurang lebih begitulah kata Dosen,… beliau salah satu yang terlibat menyusun UU lalu lintas …

  26. POKOKNYA AMBULANS, PEMADAM KEBAKARAN, DAN POLISI YANG MEMBUNYIKAN SIRINE/LAMPU ITU NOMER 1 DI JALAN RAYA DAN HARUS DIKASIH JALAN!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: