Seperti pada posting sebelumnya sudah banyak teman-teman yang menginfokan kapan harus mengganti gigi ke D1, D2 atau D3. Sudah dengar juga kalau posisi tersebut digunakan untuk tanjakan, konsepnya melimit transmisi untuk “berpindah gigi”.
#eh apakah masih betul bicara “pindah gigi” ya? Karena sudah banyak mobil matic yang CVT alias gigi-less model matic.
Pemakaian mudahnya untuk D, D3, D2, D1 kira-kira begini:
- D untuk jalanan datar atau tanjakan gradual
Mobil bisa mencapai kecepatan maksimum pada gigi ini - D3 untuk jalanan agak menanjak
- D2 untuk jalanan menanjak
- D1 untuk jalanan menanjak pol
Ini pun tidak mengikat, si pengemudi harus memperhitungkan:
- Muatan mobil dan kemampuan mesin
Pada mobil-mobil matic ber CC kecil, misalnya di bawah 1.300 cc, efek muatan akan sungguh terasa.
Membawa mobil hanya bermuatan 1 orang (supir) dan full 1 keluarga apalagi orangnya besar-besar akan terasa saat di tanjakan.
Jadi ketika di tanjakan…Semakin banyak muatan, semakin kecil angka gigi yang di pilih. - Posisi tanjakan
Pada tanjakan misalnya flyover jalan tol perkotaan, jika jalanan lancar bisa masuk dengan kecepatan 90 kpjan, dengan posisi gigi di D pada beban sedang pun mobil bisa naik dengan mudah.Tapi jika ditanjakan ada truk yang sulit naik, kemudian kecepatan mobil matic turun ke 20 kpj-an *kira-kira, lebih baik pindahkan gigi ke yang lebih rendah, bisa ke D3 atau malah ke D2.
Pada parkir gedung bertingkat dimana tidak ada awalan untuk menanjak, kadangkala dibutuhkan sampai D2 untuk bisa safe naik.
Jadi…Lihat juga posisi tanjakan, seberapa curam lihat juga apakah ada awalan momentum sebelumnya?
Pada traffic perkotaan yang mayoritas datar seperti Jakarta, gunakan 1 gigi yaitu D saja harusnya sudah cukup. Untuk tanjakan ringan yang gradual masih bisa naik dengan mudah.
Kapan cara mengganti gigi?
Limitasi kecepatan maksimum pindah gigi
Dari D ke gigi yang lainnya, kalau saya lihat manual, limitnya hanya di kecepatan bukan di RPM. Walau karena saya basicnya mobil manual, saya lebih merasa safe kalau mengganti gigi di RPM rendah di speed yang pas.
- Switch ke D3 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 3
- Switch ke D2 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 2
- Switch ke D1 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 1
Tiap mobil ya berbeda-beda. Sebagai gambaran saja, D1 max paling di 0-30 kpj, D2 paling sampai 40-50 kpj? D3 paling sampai 60 kpj, ya kan?
Untuk pindah dari D ke D3, D2 dan D1, tidak perlu atau jangan menekan rem secara penuh. Cukup menekan tombol switch di tongkat persneling saja, kemudian pindahkan.
Dalam prakteknya D1 jarang sekali digunakan, sampai mobil full dan jalanan langsung menanjak, masih cukup di D2.
OK, begitulah, silahkan kalau ada input-input yak.
Berikutnya : Kick-Down, Om ….
Ini yang jarang sekali digunakan tapi meng-klaim mobil dengan transmisi matik akselerasinya lemot ….
🙂
ada cara yang lebih mudah dari Kick down, tapi orang malas melakukan, yaitu geser tuas ke yang lebih rendah atau tekan tombol Over Drivenya, ini lebih efektif dari kick down, kalau kickdown masih ada jeda si ECU membaca dulu apa benar gigi harus diturunkan ke yang lebih rendah (saat posisi di D).
SIngkatnya, geser tuas lebih cepat reaksinya dari kick down, cuma rata rata males angkat tangan geser tuas hehe.
Kick down juga jangan ragi ragu, pedal to metal aja langsung…
http://kobayogas.com/2013/12/24/capdase-motorcycle-mount-holder-untuk-motor-anda/
mobil matic kok mbulet mbulet cara pakenya
Seperti yang banyak juga di info.
Kalau saya posting secara detail, jadi kesannya malah jadi rumit!!! ribettttt!!!
Padahal ya kalau di cobakan harusnya cepat bisa kok.
Saya malah suka metik yg model ini. Yg pengen metik istri saya kalo saya lebih suka manual.
Kelebihan metik model gini kenyamanan metik masih dapet toh istri pakeknya di jalan biasa aja. Dan sensasi manual masih dapet dengan bisa mengatur tingkat percepatan semau sendiri…
Di mobil sy gak ada d1,2,3 adanya L
Mengacu ke mobil freed di foto, gigi 3 (D3) bisa (boleh) dipacu sampai dengan 140km/jam, silakan buka lagi buku manualnya…
http://kobayogas.com/2013/12/24/capdase-motorcycle-mount-holder-untuk-motor-anda/
Ha? Masak sih, di manual saya max speednya nggak ada.
Freed saya nggak pernah sampai 120 keatas sih? Emang bisa ke 140?
Overdrive di freed itu sama dengan D3 (dari gigi 5 langsung ke 3), nah di bukmannya maksimum diperbolehkan 140km/jam, setelah itu harus dimatikan. Itu info dari temen2 Hofos sumbernya ya bukman freed om ar. Hehhe..
Freed standard tanpa modifikasi apapun dengan bensin premium bisa sampai 160 kpj kalu pertamax mungkin bisa lebih
kalo naikin giginya gimana masbro?? misal dah naik trus ketemu jalan landai.. kan harus pindahin ke D lagi.. kecepatan max buat mindahin giginya berapa?
Pindah gigi naik bisa kapan saja boleh, karena posisi gigi D1 juga ada pada D ( hannya saja pemindahan gigi D1,D2 D3 D4) berlangsung secara otomatis). Artinya bahwa D bisa digunakan untuk kecepatan berapapun dari rendah sampai tinggi sementara gigi yang lain yang hanya untuk kecepatan maksimal pada range gigi tersebut.
Ane caba jelaskan kembali D1 artinya gigi tidak bisa pindah secara otomatis ke gigi lain.
D2 pada posisi ini ada D1 sd D2. artinya ketika mobil bergerak gigi dapat berpindah secara otomatis jika kecepatan meningkat dari D1 namun perpindahan (otomatis) Maksimum sd digigi D2
D3 pada posisi ini Ketika mobil pelan mobil secara otomatis menggunakan gigi 1 ketika kecepatan bertambah maka secara otomatis akan berpindah namun maksimum gigi 3
Demikian juga D atau bisa di istilahkan D4 maksimum perpindahan gigi otomatis bisa samapai gigi tertinggi yang ada pada kendaraan namun pada saat pelan mobil otomatis menggunakan gigi satu.
Kesimpulannya bahwa kecepatan rendah mobil otomatis akan tetap menggunakan gigi rendah juga walaupun posisinya di gigi tinggi.
Good
Kalo L, S, D sama ya?
Tapi tanjakan pol pakai L justru tak jalan ada yang salah?
jadi tombolnya ada 2 ya masbro
Yg atas buat pindah antar P R N D saat mobil diam?
Yg bawah buat pindah dari D ke D3/2/1 saat mobil masih melaju?
Om, D3, D2, D1/L bukan hanya untuk tanjakan saja, jalan menurun juga harus digunakan untuk engine-brake.
Bingung….
Ane ga punya mobil matik soalnya,…. Manual ajalah, three pedals…
Mobil matik jauh lebih terasa lagnya drpada motor matik, seperti yg ane rasakan saat mencoba naik silver bird yg alphard pas mau nyalip, berasa aga nggerung macam vario ane…
Matic atau manual ada kelebihan dan kekurangan, tergantung menyiasatinya.
Nggerung itu bisa karena kickdown atau overdrive diaktifkan — gambarannya pake manual jalan santai, mau mendahului perlu nurunin gigi transmisi, di manual perlu pindah posisi tongkat, di matic cukup injek gas dalam2 (kickdown) atau tombol overdrive ditowel — efeknya sama suara mesin nggerung mau manual/matic.
Kalau di all new honda city ada S fitur sportkah maksudnya?
Kl masih sama prinsip kerjanya dgn new city.
D — pindah gigi di rpm 2000-2500
S — pindah gigi di rpm 4000-5000
L — buat nanjak (maksimum gigi 2, ga kuat pindah sendiri ke satu)
D — kl paddle shift digunakan, sebentar balik lg ke mode matic
S — kl paddle shift digunakan, tidak balik2 lg alias naik turun gigi kita yg tentukan tinggal towel apa pencet.
Kira2 seperti itu sih.
Btw matic freed menurut sy lebih bisa dinikmati daripada cvt city sy dulu. Ada sentakan dikit setiap pindah gigi, kickdown pun sedikit nyentak pas turun gigi.
Untuk ngerem mendadak lebih kerasa engine brakenya freed, pake city ngerem sampai pedal bergetar (abs bekerja) mobil feelingnya msh meluncur saja. Mungkin perasaan sy saja, tp memang agak ngeri kl ngerem mendadak mobil2 cvt — ga kerasa turun giginya — tp trend sekarang pada cvt semua kayanya
afaik, hanya Nissan yang mempertahankan CVT, Bro.
Lainnya kembali ke matic dengan gear.
mantap share artikelnya, lanjutkan 🙂
http://endrixmoto.com/2013/12/25/hosting-wordpress-self-hosted-untuk-rekan-blogger/
iya emank keliatanya ribet kek transmisi manual jadinya klo ngedetailin penggunaan d1,2,3 hehehehehehe, dan tu kepake klo di daerah berbukit bergunung, klo daerah gak bergunung ya jangan khawatir akan pusingya d1, 2, 3
klo dari manual ke matik (berhubung matik banyak versi) saya biasanya pake yg bisa mindahin gir secara manual, klo macet baru full matic pake d1.
Reblogged this on Jual Dodol Durian ASLI Khas Pontianak.
boleh nanya broo……mobil saya city 2000, saya nggk pernah makai yang angka 2….fungsinya utk apa ya? jadi urutanya gini P-R-N-D4-D3-2 (apa maksudnya D2 ya?,,,,thanks penjelasanya ya…salam sukses
ajiib,..
ikut mbaca deh
Reblogged this on Defko's Weblog and commented:
info yang bermanfaat. terima kasih
masih enakan mobil manual apa mobi matic sih sebenernya gan?
enakan matic atau manual ? itu tergantung usia ente, kalau ente sudah tua dan menderita berbagai macam penyakit rematik pasti lebih enak MATIC, tetapi kalau ente masih muda, kuat dan penikmat sensasi power mesin pasti lebih enak manual.
menurut ane antara manual atau matic pilihan aja. ente suka manual oke, suka nya matic ga masalah. kalau ane dengan kondisi lalu lintas kota besar seperti jkt-depok begini prefer ke matic, tapi bukannya menyayangkan yg pake manual, terkadang ane jg pake manual 😀
umur ane sdh 40an. sering asam urat(hehe..kebanyakan jajan kali). krasa banget saat setir pk Nissan G-livina dari kudus ke malang. mobilnya sih nyaman (buat penumpangnya), tp tetep aja kopling manualnya bikin kemeng kaki kanan kiri. kaku deh , untung di JatimPark ada tukang pijit. Yang penting sekeluarga seneng (padahal sopirnya cekot2) jadi pengen ganti mobil matic. yah….next plan dech
Jadi mindahin dari d ke d2 bisa langsung saat mobil jalan ? Soalnya ada yg bilang, harus berhenti dulu baru bisa mindahin ke d2 dst.
Recomended gan (y)
Kalo dari mobil honda civic 1.8 a/t urutan tuas nya P’R’N’D’S. Kaga ada ‘L’ nya bang.. Kalo di tanjakan yg sangat nanjak gimana? ‘Apakah harus pake posisi ‘S’ ? ‘Saya belum paham bener! Hehehe
Saya pernah pake civic yg punya temen! Tapi cuman dalam kota belum pernah luar kota:)
wkwkwk jangan bro d aja s itu buat ngebut
permisi om mau tanya, kalo overdrive sedang dinyalakan, itu lampu indikator overdrive nya justru menyala atau malah mati ya di tampilan? makasih
mobil matic itu persnelingnya masuk sendiri apa masuk gigi D ,lalu apa kayak motor matic yang kecepatanya naik terus
setahun pakai matic, kalau nanjak kurang tenaga pindah ke gigi satu step lebih rendah dst kalau sdh landau geser ke D begitu sebaliknya kalau turunan agak curam geser ke gigi lebih rendah sambil di injak rem biar efec pengereman atau break lebih mantap
masih bingung gimana fungsi gigi matic, karna tiap mobil kan beda2
selama pake matic cuma pake D-D3 aja
karna emang ga pernah nanjak
ehm pernah deh nanjak sm turun pas ke mall, tapi lupa waktu itu pake gigi apa, kayanya D3 dech
karna takut salah klo pake 2 ato L
jadi urutan gigi nya P, L, D-D3, 2, L
itu fungsi2 nya buat apa ya? sejauh ini klo jalanan aga nurun trs pake D kan pasti kenceng banget jd saya pindahin ke D3,,jadi aga berkurang kecepatannya,, nach gimana klo 2 sama L itu buat apa ya?? maaf saya pemula
L it buat jalanan yg nanjak poll(tnjkn exxtreem) 2 tanjankan sedang…3 tnjakn ringan…klu jalanan datar pake ja D…ini percepatanya mulai 0-maksimum…klu brhnti total Pindhin ke P…klu ps lmpu merah pindhin ke N(neutral) jgn sekli2 pke P…sirkulasi oli mesin tdk akn jln..oke?
simple and get 2 d point…. goodjob
mau touring tanggerang – bengkulu- sumbar pake freed boros nggak yaa tuu minyak..
apakah smuah mobil metick sma
nice blog….
Kalo di istilah otomotif gan.
Kenapa harus memposisikan D1/3 karena mengatur torque transmisi supaya engine atau mesin tidak terbebani, sehingga saat di tanjakan atau jalan datar tenaga engine benar2 di manfaatkan sesuai dengan peruntukannya l, hal ini juga mempengaruhi fuel konsumtion.
Saya makai freed 2009, apabila parkir ditanjakan dimana posisi mobil jadi miring diatas 10 derajat, ternyata apabila mau jalan lagi setelah mesin di matikan, perpindahan gigi dr P ke R, jadi keras sekali, apa mobil matic tdk boleh parkir miring keatas.
kalo saya sih D buat perjalanan normal hemat BBM , D3 buat kecepatan extra seperti mendahului kendaraan lain, setelah posisi aman pindah lagi D .. betul gak gan… enak tuh aku rasa.. tapi tetep masih lebih cekatan manual
Baru mau pake Freed nih gan, jadi mo nanya ya, kalo dah pake D3 buat nyalip, pas kembali ke posisi D, apa pencet tombol D3 lagi atau gimana? Makasih…
Kalau nya kita pertama jalan harus gigi berapa dulu? Atau D brapa?
ikut nimbrung ! Oh ya, aku baru saja membeli mobil matic. escudo 2001, ternyata memang enak dan cocok untuk orang yang sudah tidak muda seperti saya. tinggal gas dan rem. cuma bbm-nya agak boros. betul nggak mas ?
sy jg om ga muda lg .. enak matic santai …soal bbm depend on cc nya dan cara gas nya… soal mesin jg perlu diperhatikan sebab th 2001 end user nya telaten tidak atau asal sj urus mbl tsb
Info yg sy dpt dr bengkel resmi, D bisa digunakan untuk kecepatan berapapun dari rendah sampai tinggi, jd klo tetap ingin pakai D dalam kondisi apapun jg boleh
ane pake matic..galant hiu,d puncak cukup pake D,full penumpang… tetap enteng
untuk para agan agan dsini, saya mau nnya nih. saya kn belum pernah pake matik, sempet kepikiran buat ganti ke matik juga.
tapi masih takut tentang kebiasaan kaki yg kiri suka nginjek kupling, trus ini ada yg namanya pedal hand rem. itu buat antisipasinya gimana ya?
soal perpindahan gigi sih kalo di perhatiin di komentar di atas kaya nya mudah di pahami. yg bingung itu, kebiasaan kaki.
mohon penjelasannya agan agan.
terima kasih
Kaki kiri nempel aja di pijakan khusus santai si kaki kiri di pojok bro hehe, atau angkat kaki kiri duduk setengah sila ke jok.. Intinya rileks bawa Matik… Kaki kiri gak dipakai karena kebiasaan injek kopling pada manual, nah ini bahaya kalau kaki kiri ada di rem yg terasa kopling (masih bawaan angan angan manual) suatu saat nyalip kita kepikiran kopling malah kita rem pake kaki kiri mobil di depan gak bisa menghindar dan kecepatan mobil kita nya malah turun karena di rem wassalam deh…
Kaki kanan kaki kanan rem gas rem gas kaki kiri nya tidur nyenyak…
Oh ya menurut info kalau di lampu merah posisi lagi di D, boleh pindah ke N kalau lama nya diatas 30 detik, tapi kalau macet macet lancar ya di D aja gpp… Karena bisa bikin rem istirahat bener gak ????
Atau boleh gak ketika D di lampu merah itu make rem tangan bukan rem kaki ? Lebih baik mana ?
Boleh boleh aja asal rem kaki juga di injek.
Lebih safety nya sih biasain di netral Kalo lagi lampu merah, biar ga ngerusak gear Dan kampas rem.
Baru mau pake Freed nih gan, jadi mo nanya ya, kalo dah pake D3 buat nyalip, pas kembali ke posisi D, apa pencet tombol D3 lagi atau gimana? Makasih…
tq.. nice tips. baru makai matic
matic kok malah ribet om
gimana menginjak rem kalo mobil kencang untuk pemundahan gigi di mobil matik
gimana bisa menginjak rem kalo mobil kencang untuk pemindahan gigi porseneleng
Udah setahun lebih pake mobil matic. Ternyata sekarang malah lebih enjoy pake mobil matic. Hehe
Seharusnya D4,D3,D2,D1 itu diganti dengan secondary gear E,N,S,L.
E/economic, N/normal, S/sport, L/low.
Jadi gear planetarinya / gear utama tetap berpindah2 dr 1 sampai 4 hanya saja ada gear tambahan lg / perbandingan final gear, jd saat perpindahan gear utama akan selalu pada rpm terbaik misal di 3000rpm.
Mode E perbandingan gear 2:1, Mode N perbandingan gear 1:1, mode S perbandingan gear 1:2, mode L untuk tanjakan dan turunan/engine brake 1:3.