Oleh: arantan | Juni 19, 2012

Pintarnya ATPM mendidik siswa dengan materi real sejak dini

Astra punya sekolah manufacture Politeknik Manufaktur Astra atau polman yang dikembangkan dari Akademi Teknik Federal. Ini sekolah untuk manufacture alias siswanya di tempa untuk memanufaktur industrinya Astra. Materinya? ya materi groupnya Astra-lah…

Ke SMK juga Honda masuk, seperti diberitakan gilamotor di sini.

Dan karena alasan itu pula, PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor  Honda (KTSM Honda) untuk SMK. Program tanggung jawab social perusahaan (CSR) itu merupakan bagian dari bentuk kepedulian dan dukungan Honda pada kemajuan dunia pendidikan di Tanah Air.

Program tersebut bekerja sama dengan main dealer Honda di beberapa kota yang ada di Indonesia.

Motor Honda pun di donasikan untuk lab, di sini.

Keterampilan para siswa diharapkan akan meningkat sesuai dengan perkembangan teknologi terkini di industri sepeda motor. “Kami berharap dapat ikut memberikan bekal yang lebih baik sehingga para lulusannya diharapkan akan lebih siap masuk ke dunia kerja,” jelas Kristanto dalam siaran berita yang diterima redaksi.

Bantuan unit sepeda motor sebagai sarana praktek ini mendapat sambutan yang baik dari SMK yang menerima karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sarana praktek untuk workshop/laboratorium TSM.

Saat ini PT AHM telah menggandeng SMK Jurusan TSM di 6 Sekolah di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Bentuk kerjasama yang dilakukan berupa pengembangan kurikulum.

Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan membangun workshop/laboratorium sepeda motor Honda. Program ini akan terus dikembangkan secara bertahap ke sekolah-sekolah di wilayah Indonesia lain.

Memang ada CSRnya, alias namanya belajar kok, dan langkah Honda ini tentunya sama-sama untung bagi siswanya juga. Kurikulum pun di design dan datangnya dari AHM, jadi materinya betul-betul di design sesuai dengan kondisi riil. 

Dan karena alasan itu pula, PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor  Honda (KTSM Honda) untuk SMK.

Program tanggung jawab social (CSR) perusahaan itu merupakan bagian dari bentuk kepedulian dan dukungan Honda pada kemajuan dunia pendidikan di Tanah Air.

Bagi pabrikan lain butuh waktu untuk mendidik tenaga after sales. Tapi pintarnya Honda berinvestasi, sejak dini pun para siswa sudah pegang Honda. Mereka banyak praktek langsung di bengkel dengan diawasi seniornya/gurunya… ketika lulus nanti mereka jadi tenaga kerja yang siap dipakai untuk Honda, mulai dari manufacture sampai ke after salesnya Honda.

Note…

Yamaha juga punya yang namanya YES, atau Yamaha Engineering Service, lihat di spanduk belakang… angkatan ke-33 bro!  Dibuat tanpa biaya?!! Keterangan lebih lanjut lihat di sini.

JAKARTA – Dedikasi Yamaha Indonesia terhadap dunia pendidikan diwujudkan melalui Yamaha Engineering School (YES). Sekolah mekanik Yamaha itu dibuka khusus untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tanpa dipungut biaya.

Sekolah gratis ini sangat membantu mereka yang datang dari kalangan tidak mampu. Dengan begitu mereka pun memiliki modal untuk memiliki masa depan yang lebih baik karena para lulusan YES terdahulu sudah terbukti berhasil mendapatkan pekerjaan memadai. “Bahkan ada yang bergabung menjadi karyawan PT YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia), membuka bengkel resmi Yamaha yang cukup besar dan ijazah YES turut membantu memeroleh pekerjaan,” ungkap Riswandi, Education Department Manager Yamaha Indonesia.


Responses

  1. ciamik…. mantaf pencerdasan otomotif nih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: