Gigi vespa 1, 2, 3 dan 4 dioperasikan secara full dari handle sebelah kiri. Sebelum mencoba menjalankan Vespa coba dikenali dulu soal pergigian Vespa ini. Posisi gigi dari atas ke bawah adalah 1, dot putih (netral), 2, 3 dan 4. Tidak semua Vespa sampai ke gigi 3. Juga tidak semua Vespa punya angka yang masih terbaca jelas.
Cara pengoperasian mirip dengan motor kopling pada umumnya, remas handle kopling kemudian putar ke posisi gigi yang di inginkan.
Pertama untuk menjalankan tentu masuk gigi 1, dari posisi gigi netral, putar tuasnya ke atas, kemudian untuk jalan, perlahan tahan handle kopling dan pelintir gas dari handle kanan (sama seperti motor kopling pada umumnya). Untuk pelintir gas pastikan juga sudah terplintir, karena kosongnya Vespa rada banyak jika dibanding motor masa kini.
Setelah masuk dan jalan di gigi 1, mau naik ke gigi 2 harus melewati posisi netral dulu, jadi turun 2 step lah.
Untuk menurunkan gigi sama juga, tinggal remas handle kiri kemudian plintir untuk turunkan gigi saja.
mantap om… ngomong2 dpt vespa apa niih kayanya masih mulus vespa nya
Seumur-umur lum prnah nyobain vespa #katrok
š
Sama bro, kelihatannya ribet kalau harus melakukan perpindahan gigi sambil menekan tuas kopling dg satu tangan.
koreksi dikit boleh ya mas:
“….Tidak semua Vespa sampai ke gigi 3..” mungkin yang dimaksud gigi 4 yah…hehehehehe…. setau saya gigi 3 itu untuk small frame (PTS dll), juga big frame yang lawas.. š
btw ini new PX brand new (euro 3) yah?? mantaavvvv…
oo,,, 2006 yah..hehehe.. ***baru baca artikel si vespa mogok
š
Kalau mengoperasikan PCX gimana bro?
š Itu sih tinggal plintir gas aja sih!
mantab.. vespa emng unik.
hehehe.. akhirnya balik lagi meremas kopling, meskipun bukan motor sport.. š
ribet…
bagi yang belum biasa. suka bingung kadang kaki ngepress kebawah.
lho kok pada bilang ribet ? pdhl justeru dipermudah …. cm gak biasa aja sih kyknya
sedulur semua. ane mau nanya nih. misal tuas persneling vespa dirubah di kaki bisa ga ya?