Persiapan ganti busi Suzuki Skywave

on

Setiap kali sebelum gw mau mengerjakan sesuatu pada mesin gw belajar dulu dari youtube dari bahan apapun yang bisa gw dapat dari online. Menurut tabel pergantian berkala dari komunitas SOC, penggantian busi dilakukan setiap 5.000 km atau setiap 6 bulan sekali. Gw udah lupa kapan terakhir gw ganti busi ui?! 6 bulan sih ada deh…

Ya udah mau ganti aja lah.

Setelah itu gw mesti siapkan tentang cara membaca busi, karena dari busi inilah kita bisa tahu kinerja mesin. Apakah campuran bensin dan angin sudah baik, terlalu basah-terlalu kering? Ada artikel dari NGK yang bisa dijadikan referensi.

Literatur NGK

Setelah itu siapkan kunci-kunci…
Kunci L hexagonal untuk buka plastic cover Skywave, ready
Kunci busi, ready

Posting ini di tulis setelah gw berhasil membuka si busi, kunci yang berhasil membuka si busi adalah paduan kunci busi bawaan toolkit standardnya Suzuki Skywave dan socket wrench… dengan perpaduan ini buka busi jadi gampang banget!

Peralatan gabungan kunci
Toolkit standard + socket wrench dalam keadaan terpasang

Terakhir… tentunya beli businya dulu! 🙂 Ini yang gw belum siapakan he he he… nanti mesti mampir ke toko serba ada. Lihat dari manual SOC lagi, Suzuki Skywave menggunakan  busi  NGK C6HSA atau DENSO U20FS-U.

Hardware siap, tools siap, brainware dan know how siap… di posting berikut akan kita praktekan.

5 Comments Add yours

  1. Endo berkata:

    Om buat artikel tips beli skywave seken dunk
    apa aja yg musti dperhatiin
    ya ya ya

  2. Kyoghi berkata:

    masa cuman 5000 km si? vixion gw bisa ampe 15000km loh businya??????

  3. gunawanspurs berkata:

    rada lebay tuh tabel perawatan berjangka nya, mungkin klo motor dipake kebut2an, kondisi udah kotor ruang bakar, atau oli yg dipake abal2, bisa patokan segitu, tapi kalo make motornya normal2 aja, bensin kejaga ga pake eceran, servis besar scr berkala, interval perawatan bisa lebih renggang dan aman2 aja + performa ttp OK.

    Sharing ajah, Skywave 2010 ane udah 60 rb KM, servis besar ke beres tiap 20 rb KM, bersih2/bongkar karbu tiap 10 rb KM (sendiri), semprot2 karbu pake carbu cleaner tiap 5 rb KM, bersih2 filter udara tiap 2500 KM. jangan lupa bersih2 area CVT tiap 10 rb KM, sekalian bongkar karbu (ini jg sendiri, kebetulan ada treker nya).

    Utk penggantian2, oli ane pake Pertamina Enduro Matic (36 rb/1 L di aneka sakti), ganti oli tiap 4 rb KM, ganti filter oli tiap 8 rb KM (murah coy SGP 7 rb perak di aneka sakti kb jeruk), ganti filter udara tiap 10-15 rb KM (tergantung sikon, klo musim kemarau banyak debu interval lebih pendek). Busi sih awet kok, ni pake NGK C7HVX platinum udah 30 rb KM no problemo. tp rencananya mau ganti nyoba Bosch platinum iridium. utk V-belt, SGP ane ganti pas odo 40 rb kemarin kondisi masih bisa pake, tp ttp ganti utk keamanan aja.

    Yg penting, bawa matic biasakan selalu bawa parts cadangan, spt sekring (apalagi Skywave ane udah DC full wave), busi, V-belt, kalo perlu koil sekalian (part ini jg bisa bermasalah scr mendadak klo udah mau wassalam), dan jgn lupa ban2 mesti ganti pake tubeless. insyaallah aman lancar jaya di jalan.

    Dgn pola pemakaian yg mmg kebanyakan econo riding tp sering beban extra (krn ane antar jemput bini kerja sehari2 selain ngider sbg sales), s/d 60+ rb KM odometer, kondisi Skywave ane masih TOKCER, kompresi padet, belom ada ganti parts daleman mesin, piston & ring masih sip, suara mesin masih lumayan halus, klo diajak ngebut 100 KPJ jg masih enteng digapai. Konsumsi BBM ? econo riding dalkot jadetabek 50% sendiri 50% berdua, masih kisaran 34-38 KM/L tergantung sikon jalan. mesin standar, cuma CVT roller ane upgrade pake Flying Roller 15 g.

    Salam Skywave. 🙂

Tinggalkan komentar