Saya terkena Demam Berdarah, kok bisa ya?

on

Image diatas saya crop dari hasil lab RS Siloam Kebon Jeruk. Saya dinyatakan positif terinfeksi virus Demam Berdarah

Hari Sabtu 13 Mei saya masih nonton Avengers bareng keluarga di Pacific Place, waktu itu kondisi badan saya masih normal, hanya saja kalau sekarang saya ingat-ingat, waktu itu pun saya sudah merasakan AC Blitz saat itu dingin sekali, sampai masuk ke tulang-tulang membuat nyeri…

Hari Minggu 14 Mei, dari pagi kondisi badan sudah ngedrop, mendadak bangun pagi dengan sedikit panas dan jantung berdebar, sedikit kram di tangan. Waktu saya temp lewat kuping, hanya panas sedikit, masih di bawah 38. Siangnya ketika saya merasa kondisi badan sudah pulih saya harus ke Citos, ketemu beberapa teman, janji ketemuan yang dibuat sejak 2 minggu yang lalu. Pulangnya hancur sudah… telerrr… di tempat tidur aja…

Hari Senin 15 Mei, tentunya harusnya saya masuk kerja tapi saya sakit panas naik turun. Ada meeting pagi yang terpaksa saya skip, saya masuk khusus untuk meeting Final Pre-Produksi sehabis makan siang, ini meeting penting karena ada project besar yang akan jalan…  Saya memaksakan saja masuk kantor karena panasnya saya naik dan turun, kadangkala normal di 36.5 tapi siang hari temperatur saya bisa 38. Ya nggak panas-panas amat kok. Saya pun sudah minum obat yang biasa dibeli bebas seperti panadol untuk penurun panas. Di samping itu memang saya minum tambah banyak, haus terus…. saya pikir harusnya nanti juga sembuh sendiri.

Hari Selasa saya putuskan untuk pergi ke dokter aja, sebetulnya saya sangat jarang ke dokter. Tapi ya sudah, mau gimana lagi maunya cepat sembuh ya harus di pergikan… semangat! Sebelum ke dokter saya sempat senter tenggorokan memang merah dan banyak luka. Dulu saya pernah begini karena radang tenggorokan, di kasih antibiotik 2-3 hari selesai… Pasti kali ini begitu juga.

Waktu registrasi RS, saya langsung mencari dokter spesialis THT. Waktu itu ada 2 orang seorang Ibu Dokter yang saya pernah berobat dan satu lagi seorang Bapak Dokter yang belum saya kenal. Saya coba mendaftar ke si Ibu, tapi ternyata si Ibu sedang tidak praktek, ya sudah, karena saya tidak pernah kenal dengan si Bapak Dokter THT, saya minta di rujuk ke dokter umum saja.

Ke dokter umum, seorang Ibu, meminta saya untuk mengecek lab untuk typhus dan Demam Berdarah karena sudah panas 3 hari. Menurut prosedur memang harus  demikian, ya sudah saya ikut saja…

Ambil darah, tunggu 1:30 menit… result dinyatakan positif terkena virusnya. What now? Trombosit saya untungnya masih 200, jadi perawatan bisa dilakukan di rumah, tapi besok pun saya harus kembali cek lab. Besok kondisi badan saya diperkirakan akan lebih lemas dari saat ini…

Si dokter mengatakan lab sebetulnya hanya mengambil sample darah sekitar 3cc, kalau dinyatakan negative belum tentu nggak kena, tapi kalau dari 3cc sudah dinyatakan positif berarti pasti kena. Si Dokter juga menyatakan penyakit demam berdarah ini tidak memandang bulu, mau orang kaya – miskin, gemuk – kurus, pintar tinggal di tempat bagus atau tempat buruk pun resikonya sama… bisa saja kena DB.

Si dokter memberikan saya 4 obat, fixiphar, trived untuk pernapasan, sanmol untuk panas, antiver sebagai suplemen makanan, untuk obat demam berdarahnya sendiri tidak ada obatnya… Hanya mesti menguatkan kekebalan tubuh saja, istirahat cukup, minum banyak jus-jusan…

Selama berapa hari kedepan sekitar demam hari ke-5 atau ke-6 kondisi badan akan melemah terus sebelum akhirnya mulai pulih kembali. Berapa lama pulihnya? Si dokter nggak berani kasih timeline pasti, sembuhnya tergantung masing-masing pasien… ada yang seminggu, 10 hari, 2 minggu…

Saya sendiri masih merasa untungggg….
Untung saya pergi ke dokter walaupun panas naik turun
Untung nggak jadi ke dokter THT
Untung juga ketemu dokter yang tetap minta saya test lab…
Untung juga pas terdeteksi trombosit saya masih diatas 200

19 Comments Add yours

  1. noFUN berkata:

    semoga cepet sembuh mas.. selama waktu pemulihan sebaiknya bukan cuma fisik yg istirahat, klo bisa pikiran juga..

    *tapi ya namanya kerjaan, kadang ya susah untuk istirahat pikiran.. hehe.. 🙂

  2. ms berkata:

    untuk menaikkan trombosit, dapat minum angkak, yang sudah jadi kapsul juga ada. jika ada kerabat yang kena DB biasanya saya selalu belikan untuk diminum, hasilnya pemulihan jauh lebih cepat.

    1. Gundala berkata:

      Betul, angkak bagus buat db.
      Pernah kena db juga tapi terpaksa rawat inap, bosen bgt untung yg punya blog boleh rawat di rumah.
      Nanti jgn lupa rumah di fogging biar nyamuk carrier gak nularin ke penghuni lain

  3. Kuro.shiro berkata:

    kalo pengalaman dulu sebenernya kalo mau cepet sembuh DB, mesti bedrest total (baik fisik atau pikiran) supaya kondisi badan gak drop. jangan lupa minum air putih banyak kalo seneng buah coba jambu biji (bisa dijus) buat naikin kondisi badan, kalo gak seneng buah bisa pake angkak.semoga cepet sembuh bro,

  4. Goyip berkata:

    Wow…berarti kenanya di Bioskop…digigit si aides…

  5. akcmc berkata:

    cepet sembuh ya mas, kalau kena DBD coba minum sari kurma, bagus untuk menambah kekebalan dan kekuatan tubuh. dan lebih baik mas bener2 istirahat ambil cuti sampai benar2 sembuh, supaya bener2 sehat 😀

  6. anton nugroho berkata:

    kalo genangan air yang berisi virus db belum kering, masih ada kemungkinan nyamuk lain nyebarin db om. hati-hati saja.

  7. Ray berkata:

    Bro.. minum Pocarisweet setelah 1 jam minum obat dokter.
    2 hari trombosit langsung naik.
    Gue sudah kena DBD 2x, Jan 2010 & Feb 2012.
    Yg terakhir gue coba minum pocari 2L, lusanya sembuh dokter cuman bingung kok bs lebih cepat pengobatannya drpd yg pertama DBD. Gue dirawat cuman 4 hari, yg pertama sekitar 8 hari.

  8. arantan berkata:

    Para bro, tq sharenya.
    Si dokter juga menyebutkan db disebabkan virus, jadi obatnya memang betul tidak ada. Hanya selama di serang, penderita yaitu saya tubuhnya harus bekerja extra keras melawan serangan virus, jadi harus dibantu dengan minum jus buah-buahan.

    Pocari sebagai pengganti cairan memang OK, jadi boleh-boleh aja.

    Saat ini saya minum banyak jus buah-buahan, air kelapa, pocari 🙂

  9. Juragan Helm berkata:

    Get well soon bro….. istirahat dulu mumpung belum ada acara vespa/piaggio wkwkwkw….

  10. Pernah juga kena DBD diatasi dengan konsumsi sari kurma, di apotik banyak tersedia.

  11. nlavia86 berkata:

    coba cek tandon air dan sekitarnya – atau sekitar ac…

    1. arantan berkata:

      Harus ini, kmungkinan kena ya dari rumah

  12. Gogo berkata:

    penyakit bs menyerang siapa saja..
    mg lekas sehat kembali..

  13. ridertua berkata:

    jus jambu merah(bukan jambu air) kalau gak salah yah 🙂

  14. rimba wijaya berkata:

    kena DB harus banyak istirahat, banyak minum (jadi harus sering buang air kecil), pocari, angkak, kurma, jus jambu merah, air kelapa, semua bagus … bila bisa makan dan minum juga tidak terjadi pendarahan atau kondisi yang berat bisa dirawat dirumah, klo badan panas pakai paracetamol saja, jangan minum abat sembarangan karena bisa memperparah kondisi. biasanya badan panas selama 3 hari, hari 4,5,dan 6 panas hilang trobosit turun, hari 7 dst trobosit mulai naik dan sembuh

  15. sharing info gan.. untuk menaikkan trombosit pasie db bisa dengan susu powermix sunhope

Tinggalkan komentar