Serunya Mandiri Jogja Marathon 2017

arantan-073936

Mandiri Jogja Marathon 2017 diadakan pada hari Minggu, tanggal  23 April 2017 di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta. Jarak yang di lombakan adalah full marathon 42K, half marathon 21, 10K dan 5K dengan rute melintasi kawasan candi Prambanan, sawah dan pedesaan. Nama depan event ini ada “mandiri” nya, karena event ini di dukung penuh oleh Bank Mandiri, induk perusahaan Mandiri Sekuritas, tempat saya bekerja.

Karena itulah saya bersama 18 orang teman sekantor berangkat dari Jakarta ke Jogja untuk mengikuti lomba tersebut, kami semua ambil yang 5K, kecuali big boss yang ambil 10K.

Mayoritas dari kami sebetulnya tidak secara reguler berlari, alias pelari … kagetan. Hanya saja sebulan sebelum lomba, kami menyempatkan untuk lari sekitar 5K di kawasan SCBD pada hari Minggu, lumayanlah daripada sama sekali tidak ada persiapan kan?

Bagi saya, ini adalah lomba lari yang kedua, selain karena alasan “seru lari rame-rame”, saya mau ikut lari ini karena Bank Mandiri sudah sangat berpengalaman mengadakan lomba lari Marathon yang dikenal dengan Mandiri Jakarta Marathon, sejak tahun 2013, baru tahun ini diadakan di Jogja. Saya mau tahu gimana lomba lari yang diadakan secara professional.

Entry Fee, cuman 50 ribu!

Harga pendaftaran untuk 5K cuman 50 ribu! Dapat eMoney berisi 25 ribu, kaos peserta merk Brooks, tas serut bagus & medali. Selama lomba free flow pocari + pisang.

Bisa murah karena harga early bird!

Menuju Lomba

Mandiri Jogmar PARKING PLAN-01

Dari tempat kami menginap di Sheraton, sampai ke parkiran 30 menit. Dari tempat parkir menuju garis start butuh 30 menit lagi. Tempat parkir OK, menggunakan area parkir sekitar candi yang luas, signage juga baik. Sebetulnya tidak perlu juga signage karena sudah pasti juga orang yang kesana di jam 5:00 pagi hari itu pasti untuk berlari, he he he.

Informasi di situs mandiri jogja marathon pun juga baik.

Start

arantan-060942
Foto sebelum start

Start berlangsung tepat waktu, saya berhasil berdiri dari barisan tengah. Tapi begitu tanda start dibunyikan, terpaksa harus berebut jalan dan tertahan parah karena tumpukan pelari yang jalan. Untuk menyusul harus melewati jalur tanah di samping jalan beraspal dengan banyak daun dan dahan kecil, semoga bisa diperbaiki pada event selanjutnya.

Mungkin juga ini soal kesadaran para pelari, kalau yang kepingin jalan kaki atau foto-foto lebih baik berada di lintasan kiri, supaya bisa di dahului mereka yang memang mau serius berlari untuk mendapatkan timing terbaik.

Rute Lomba

Mandiri Jogmar ROUTE-04

Kira-kira 1 km lepas start, barisan baru terasa renggang dan bisa lari dengan tenang. Sepanjang lintasan, marker per kilometer terlihat jelas, sangat membantu para pelari yang tidak menggunakan smartphone ataupun jam untuk bisa mengatur pace berlari. Water station berisi gelas-gelas pocari di km 2.5 tidak saya gunakan, karena memang tidak terbiasa minum juga untuk lari 5 km.

Bagi saya yang hidup di kota, pemandangan selama berlari begitu menakjubkan, melewati kompleks candi dan persawahan asri di pagi hari, bikin lari jadi tenang, super sekali.

Elevation gain untuk 5K adalah 33 m, menanjak secara gradual, lepas km kedua baru menanjak cukup curam, setengah lintasan lagi berupa turunan sampai ke finish.

Finish

arantan-081922

Selesai finish seperti biasa ambil pisang, gelas pocari dan ambil medal yang tidak biasa adalah dikasih pula eMoney.

Di area selesai lomba ada banyak tempat makan, saya lihat ada bermacam kopi, excelso, KFC, somay, bubur, roti dan lain-lain. Top lah.

Berhasil Juara 5

Screen-Shot-2017-05-07-at-4.18.18-PM--5-7-17

Sekitar jam 10:30, ketika sedang istirahat, foto-foto dan ngobrol sambil makan – minum, tetiba nama saya dipanggil oleh MC dari panggung utama. Saya tidak tahu juga menang yang mana, tapi tetap naik juga mengarah ke panggung.

Ternyata finish ke-5 untuk 5K, kelompok usia 40-49 tahun, nggak dapat apa-apa sih, cuman foto-foto aja di panggung, he he he. Kalau lihat timingnya malah jadi kesel, karena jarak antara urutan ketiga dengan saya cuman 18 second. Kalau saja di km awal bisa menerobos hambatan para pelari yang pelan di depan, pastinya dapat juara 3 lah, kalau juara 1 atau 2 sulit, catatan waktu terbaik saya 5 K di 28:30 sec.

Ya tapi lumayan juga lah, paling tidak dapat nomor kan.

Puas

Pada akhirnya puas, racenya rapih, komunikasinya cukup baik, value for moneynya sudah top lah. Saya dengar tahun depan event ini akan diadakan lagi oleh Bank Mandiri di jalur yang sama, semoga yang sudah keren jadi semakin keren lagi lah!

Top!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s