10 Perlengkapan utama bersepeda

Dari beberapa kali bersepeda di ibukota, saya sebutkan beberapa benda-benda pelengkap yang harus dimiliki sebelum memutuskan untuk bersepeda di jalan raya. Setuju atau tidak silahkan tulis di bagian comment.

Mandatory

1. Helm, sebagai pelindung kepala, benda ini wajib untuk dimiliki. Pilih helm yang ukurannya pas dengan kepala, kalau bisa helmnya punya pengencang lagi yang bisa disesuaikan dengan kepala.

Saya membeli helm dan goggle lebih dulu daripada membeli sepedanya.

2. Goggle/kacamata, pelindung mata. Walaupun kecepatan sepeda adalah jauh dibawah kecepatan motor, tapi dalam kecepatan rendah pun angin dan debu bisa sangat mengganggu, mengganggu pandangan dan merusak konsentrasi.

3. Lampu belakang, flasher. Urutan 1 sampai 3 adalah soal kemananan berkendara, lampu ini pun juga sama demi kemananan. Pesepeda perlu supaya visible di jalan raya apalagi di saat pagi hari. Untuk lampu yang mengarah kebelakang umumnya bercahaya merah dan biasanya dipasang pada seat post.

Sepeda saya tidak memungkinkan untuk dipasang di seat post karena terhalang oleh saddle bag, jadi pasang di bawah saja. Flasher ini bisa diatur kedip nya, ada yang bertenaga baterai ataupun bisa di charge menggunakan kabel USB.

4. Cycling pant, dengan fitting dan padding yang pas. Jok road bike yang umumnya keras bisa sedikit di redam dengan padding. Saya sudah beli dua kali cycling pants,  celana yang pertama kali saya beli terasa menyakitkan dan menusuk bagian dalam pantat setelah perjalanan jauh. Celana yang kedua dengan padding yang lebih soft serta sempit ternyata lebih pas.

Untuk yang mandatory bagi saya adalah nomor 1-4 di atas, tapi ada beberapa benda-benda lainnya untuk membuat pengalaman bersepeda lebih aman dan nyaman lagi

Secondary items

5. Cases atau tempat penyimpanan. Benda minimum yang harus dibawa adalah, handphone dan duit secukupnya untuk makan & minum, ID juga penting. Bisa saja menaruh benda-benda tersebut di tas kecil ataupun di armband, tapi kalau bisa di masukan ke case di sepeda, pasti akan lebih nyaman lagi. Kalau saya cukup beli case yang kecil untuk membawa dompet, handphone dan kunci rumah.

6. Bottle cage. Self-explanatory, dengan membawa minum, pesepeda bisa minum dimana saja.

7. Gloves. Gloves untuk bersepeda umumnya seperti half glove untuk glove pemotor, tujuannya untuk memindahkan gigi lebih mudah, saya pernah menggunakan sarung tangan full, ternyata bagian ujung sering terjepit shifter. Sarung tangan pesepeda juga umumnya mempunya bantalan agar menambahkan kenyamanan bersepeda.

8. Tracking equipment. Smartphone masa kini bisa digunakan untuk tracking perjalanan bersepeda, nanti sampai di rumah kita bisa melihat perjalanan kita untuk perbaikan di riding berikutnya. Saat ini ada beberapa aplikasi yang umum digunakan pesepeda, strava, endomondo, runtastic. Saya sendiri menggunakan garmin dengan tambahan speed dan cadence sensor.

9. Sepatu dan pedal khusus untuk bersepeda (clip-in/clipless).  Saat ini saya masih belajar untuk naik turun road bike, jadi masih takut untuk memutuskan menggunakan sepatu khusus. Penggunaan sepatu dan pedal khusus bisa meningkatkan performance karena efisiensi tenaga, bukan saja tenaga genjotan turun yang diambil, tapi juga juga ketika kaki naik. Bagi saya walau penggunaan sepatu ini akan meningkatkan performance, tapi ada bahaya yang harus diketahui dan dipelajari, ini adalah untuk pengembangan masa nanti saja.

10. Ban dalam?
Biar pas saya buat sebatas untuk 10 barang. Penting mana antara jas hujan dengan ban dalam serta pompa ban?

Iklan

One Comment Add yours

  1. Kasamago berkata:

    safety cycling.. mantabs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s