Keluaran data lengkap pada smartphone dari Garmin Sport Watch

Postingan ini adalah posting sambungan dari posting sebelumnya tentang fitur-fitur yang ada di sebuah jam Garmin Forerunner 235 di sini. Kali ini kita bicara tentang output data yang dikeluarkan oleh si jam, pada smartphone untuk web based akan di posting pada berikutnya saja. Screenshot yang diambil pada postingan ini diambil dari smartphone android, tapi tampilan ini sama saja dengan tampilan dari smartphone iOS.

Sehabis ber aktivitas sport, pengguna tekan tombol “Done” untuk menyimpan data. Kemudian dekatkan dengan smartpone yang sudah di install app connect dengan bluetooth yang sudah aktif, untuk syncing dengan si smartphone. Proses syncing akan berlangsung sekitar 30 second sampai 1 menit, memang agak lama sih. Saya sendiri biasanya meninggalkan proses ini untuk mandi tanpa harus diplototin. Begitu selesai mandi, saya akan dapat notifikasi kalau data sudah selesai di upload ke Garmin dan siap di review. Selain itu, karena data dari Garmin saya share ke strava, saya juga dapat notikasi dari strava kalau data sudah ready to view.

Data yang tersaji lewat smartphone dan web adalah sama persis. App Garmin connect ini membutuhkan koneksi internet untuk mengambil dan mengirimkan data.

Tampilan di smartphone

Layar pertama yang dilihat ketika membuka app Garmin Connect adalah Snapshots, seperti summary dari aktivitas terakhir, seperti di screenshots bawah. Snapshots bisa di custom untuk menampilkan layar tambahan seperti steps, sleep, running, cycling, swimming, my community, weight dan lain.

Di bawah adalah snapshots running, cara membacanya adalah:

  • Distance, sudah lari berapa km
  • Time, waktu yang dibutuhkan untuk berlari
  • Pace, menit/km. Kecepatan berlari umumnya disebutkan dalam pace, maksudnya berapa menit yang dibutuhkan untuk berlari 1 km. Jadi semakin cepat berlari, pacenya akan semakin turun. 5.57 min/km berarti sekitar 10.1 km/h.

Di bawahnya lagi ada bar chart yang menggambarkan distance lari, pada grafik di screenshot di bawah terlihat konstan berlari di 5 km, kecuali satu yang rada pendek karena paginya hujan.

screenshot_20170218-190445

Untuk melihat aktivitas berlari, bisa click di activity stats > running, maka akan keluar screenshot seperti di bawah. Ini seperti halaman home nya running, ada pilihan untuk melihat summary berlari selama 7 days, 4 weeks atau 12 months. Di bagian bawah layar ada summary average distance per day, total distance selama pilihan waktu. Dari halaman ini langsung juga ada link untuk melihat personal records ataupun masuk ke detail stats per aktivitas lari.

screenshot_20170219-073109

Dari home berlari, bisa masuk ke halaman detail berlari seperti di bawah. Ada stats, kemudian ada 4 clickable icons, kemudian di paling bawah ada peta aktivitas yang dihasilkan melalui GPS.

screenshot_20170218-190453

Klik pada tombol icon, muncul statistik keseluruhan. Gambar screenshot dibawah adalah untuk stats ber sepeda, tapi ini bisa jadi perkiraan seberapa detail data yang dihasilkan. Untuk keluaran data, penjelasannya cukup jelas dengan sendirinya.

screenshot_20170218-190648

Icon ketiga yaitu laps. Kalau aktivitasnya adalah berlari, maka akan muncul data seperti di bawah. Data ini akan lebih lengkap kalau orientasi layar smartphone adalah landscape. Pada tampilan ini kita bisa melihat pace atau performa kecepatan per kilometer.

screenshot_20170218-190547-copy

Icon terahir adalah grap chart, ada grafik pace, heart rate, elevasi, cadence dan zona heart rate selama melakukan aktivitas.

screenshot_20170218-190516

Gambar bawah adalah tampilan grafik pada cycling, ada cadencenya. Cadence dihasilkan melalui garmin speed dan cadence sensor yang di jual terpisah. Tanpa sensor, tidak akan keluar datanya. Cadence ketika bersepeda adalah jumlah genjotan per menit, kalau lihat grafiknya banyak saat saya tidak menggenjot sepedanya.

screenshot_20170218-190707

Berikutnya adalah soal personal records. Karena jam ini saya pakai setiap hari, ada steps di rekam seharian. Konon sih … targetnya harus melakukan 10.000 steps perday, sedangkan daily saya berdasarkan data steps 7 hari sebelumnya adalah 8.803, masih kurang jalan kaki yak. Steps selama berlari juga dihitung ke steps berjalan.

screenshot_20170218-190736

Screenshot di bawah adalah personal records berlari. Records bisa di custom, secara full dia bisa menampilkan waktu terbaik untuk 1 km, 1mil, 5K, 10K, half marathon, full marathon. Selain itu juga bisa menampilkan waktu terjauh berlari.

screenshot_20170219-075212

Selanjutnya adalah fitur-fitur tambahan, yang tidak secara langsung terkait dengan fungsi sebagai sportwatch, tapi kemampuannya dimiliki oleh si Garmin connect. Kemampuan itu seperti tracking heart rate secara harian. Melalui aplikasi, bisa dilihat range heart rate selama seharian, satuannya adalah BPM atau beats per minute atau beats a minute, Indonesianya denyut per menit. Tracking heart rate juga termasuk saat ber olahraga.

screenshot_20170218-190928

screenshot_20170218-190945

Garmin sebetulnya juga punya fitur pertemanan, tapi kalau di banding dengan strava yang lebih terbuka, bisa mellihat lebih banyak feed dari teman-teman.

screenshot_20170218-190822

Banyak juga data keluarannya ya? Melihat data dan angka-angka di smartphone bisa-bisa saja, tapi tampilan terbaiknya tentu di layar komputer apakah itu menggunakan desktop atau notebook. Next saya akan share data keluaran di connect versi web based.

Iklan

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s