Pilihan App pelari: Strava

What is STRAVA …

Social media untuk pelari, pesepeda dan perenang.

Pendeknya itulah, pada wadah yang bernama strava, si pengguna bisa upload data hasil aktivitasnya yang kemudian bisa di share dengan friends list. Si pengguna bisa melihat juga statistik aktivitas teman-temannya yang bergabung di strava termasuk foto.

Strava merupakan app yang terbuka, sanggup menerima berbagai pencatat aktivitas, tanpa bergantung pada merk. Saya sendiri yang menggunakan jam garmin, tidak mengalami kesulitan untuk mengupload data ke stava, prosesnya instant. Begitu selesai sync dari jam ke smartphone, data yang ter upload ke garmin, langsung terupload juga ke strava.

Penggunaan garmin bukan keharusan, app strava yang di install pada smartphone juga bisa mencatat data waktu beraktivitas. Soal ketepatannya, tentu bergantung pada kemampuan smartphone.

arantan-strava-6

Data yang sudah berhasil di upload bisa dilihat melalui smartphone, App nya tersedia di iOS dan Android secara gratis, atau kalau mau lihat yang lebih enak lagi melalui web di strava.com.

Adu stats!

arantan-strava-4

arantan-strava-2

arantan-strava-3

Pelari, pesepeda ataupun perenang rasanya sama saja, kadangkala butuh motivasi. Untuk ini strava punya yang disebut segment, yaitu course buatan pengguna juga. Siapapun bisa mencoba untuk adu kemampuan di segment tersebut.

Pada gambar atas, saya sudah berhasil meraih urutan 1 untuk all-time pada sebuah segment dekat rumah. Seperti sudah juara tingkat RT lah ya.

Budaya kasih jempol

Teman-teman yang tergabung di strava terbiasa untuk kasih jempol kalau lihat temannya habis beraktivitas. Hampir sama dengan facebook like mungkin ya.

Kaya reward!

arantan-strava-1

arantan-strava-7

Salah satu plusnya strava adalah soal pemberian reward di akhir melakukan aktivitas. Ya seneng dong dikasih piala, walaupun cuman sebatas piala di dunia maya.

Selesai berlari, pengguna akan bisa melihat ada record-record yang ditumbangkan, atau paling tidak ada effort untuk mendekati record pribadi.

Gratis

Strava bisa digunakan secara gratis, tapi juga mempunyai tambahan fungsi jika kita bersedia membayar untuk mejadi akun premium. Harga untuk menjadi pemakai premium saat ini adalah 119 ribu/bulan atau  899 ribu/tahun. Dengan upgrade menjadi akun premium, pengguna mendapatkan fasilitas beacon, dimana si pengguna bisa mengirim pesan emergency ke 3 kontak jika terjadi suatu bahaya.

arantan-strava-5

Iklan

One Comment Add yours

  1. Kasamago berkata:

    pilihan menawan jika blm memiliki Training Tracker..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s