Timing 5K saya saat ini, 30m51s

kaykenlari

Perhari ini, 15 Januari 2017, setelah kira-kira 6 bulan rutin berlari dua kali seminggu dengan jarak 3-5 kilo, durasi berlari untuk 5K adalah 30 menitan, tepatnya diukur dengan jam Garmin adalah 30m 51s dengan pace 6m10s perkilonya. Menyentuh 30 menitan rasanya sudah masuk waktu psikologis, walau pastinya untuk diturunkan lagi akan menjadi lebih sulit. 

Waktu 30 menit hampir 31 menit adalah menurut Garmin Forerunner 235, kalau mengukur dengan smartphone hasilnya akan lebih cepat, selisihnya untuk lari 5k bisa sekitar 1 menitan lebih cepat.

Jarak saya berlari tidak bertambah, 5K menurut saya sudah cukuplah. Ini dia tabelnya:

arantan-track

arantanpace

Pace 6m:10s perkilo meter itu didapat dengan diturunkan secara perlahan-lahan, kalau perminggu pace berlari bisa turun 10 second saja, itu sudah bagus, kalau 5 km, berarti bisa turun 50 second.

freshfoamzante

Selama 6 bulan berlari, gear yang saya pakai tetap, kaos dan celana ya bisa dibilang itu-itu saja. Sepatu tetap menggunakan sepatu andalan New Balance Fresh Foam Zante v2 warna hijau-hitam yang disebut oleh situs Runners World sebagai sepatu lari best buy 2016. Di Indonesia, harga Zante v2 waktu saya beli di discount 40% jadi 600 ribu (saja). Minimum investment high impact lah (maunya).

Semoga saja, nanti beberapa bulan lagi bisa turun terus, rutin berlari, semakin cepat, semakin bagus!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s