Oleh: arantan | Desember 28, 2013

Jangan sampai ber LCGC demi Thailand …

Saya tidak tahu asalnya dari mana, tapi disebutkan juga kalau alasan Indonesia “terpaksa” (*siapa juga yang memaksa ya?) ber-LCGC karena Thailand? Kalau Indonesia tidak produksi, maka kita akan kebanjiran mobil murah dari Thailand!

no

Whaaa, TIDAKKKKKK!

Tapi apakah benar demikian? Kalau begitu … 

Mari kita melegalisasi judi, daripadar rakyat Indonesia beramai-ramai ke Marina Bay atau Macau!
Jangan sampai ada pendapat lebih baik Indonesia sendiri yang merusak bangsanya sendiri daripada dirusak negara lain? Pastinya bukan demikian.

LCGC sebaiknya dipandang efeknya secara keseluruhan, bukan silo lagi atas alasan menghidupkan industri, tapi efeknya pada NEGARA apa? *Widih, ngomongin NEGARA pagi-pagi berat bwanget gans!*

Saya masih ingat alasan utama yang dikenakan bagi produsen untuk mendapatkan insentif LCGC di Indonesia. Selain dari keiritan konsumsi bahan bakar, gas buang, produsen juga harus menanamkan investasi sampai report realisasi dari investasi tersebut. Tujuannya menuju 100% komponen lokal Indonesia. Saat ini mungkin masih 50-70%.

Tanpa investasi dan komponen lokal, tidak dapat insentif, begitu saja. Aturan green car di Thailand pun sama, salah satu syaratnya si produsen harus menanamkan modal dalam jumlah tertentu. LCGC adalah aturan khusus Indonesia di negara Indonesia tercinta sendiri kok, dibuat berdasarkan kepentingan Indonesia saja. Bisa diatur, mau dihilangkan, ditambah insentifnya bisa saja, walau tetap harus memikirkan keseimbangan juga.

Thailand mau import ke Indonesia bisa saja, tapi mereka tidak akan dapat keringanan pajak, sudah begitu tentu ada biaya bawa mobil ke Indonesianya.

Selain itu saya juga tidak mengerti atas disebutkan alasan Indonesia mau ber LCGC karena mau mengambil alih posisi Thailand sebagai market share di Asean. Secara penjualan unit lho. Terus kenapa sih kalau Indonesia jadi nomor satu, nomor dua? Efek pastinya ke rakyat apa? Apa untungnya buat … SAYA?

Asean games saja Indonesia di peringkat ke-4 biasa-biasa saja tuh? Malah di awal tahun masih sesumbar mau bikin sirkuit F1 gan! Kalau saya sendiri peringkat satu untuk olahraga di ASEAN adalah keharusan!

Kalau punya kendaraan dengan brand lokal tapi bisa go international ya barulah bangga. Ada plan kesana?


Responses

  1. belom tau pak…
    kalo saya pengennya kereta jarak jauh jadi 2 jalur sehingga waktu tempuh di persingkat. sekarang sih udah mendingan ac dan nyaman, pedagang sedikit berkurang. tapi ya itu, waktu tempuh masih sama aja, nunggu antrian.

  2. Sebenernya kalo mau bahas LCGC ya harus bahas industri indonesia secara keseluruhan. Kalo bahas industri secara keseluruhan harus bahas arah tujuan negara dalam membawa sektor industri nya. Kalo uda gt harus bahas juga keterlibatan indonesia dalam ASEAN dari pertama kali ditandatangani sampai tercipta kesepakatan2 sampai ke ASEAN free market dan tujuannya. Selama ini dalam talk show di tv2 dan juga wawancara selalu membahas secara pecah2, makanya selalu kisruh. Kalo dilihat secara industri pendapat saya pribadi indonesia mengalami kemunduran (secara keseluruham) jika dirunut dr pertama kali ditandatanganinya ASEAN oleh 5 negara pertama sampai pada kesepakatan ASEAN free market 2015?

  3. Wani piro??? !!

  4. Nooo.. enga masuk alasannya..
    menurut aye LCGC itu hasil konspirasi tingkat tinggi TAIKINDO
    untuk nyelamatin industri otomotif indo..
    Kenapa ?
    Soalnya bubble harga mobil di indo sudah kelewat tinggi untuk A segment
    Coba liat kembar kaleng sampah aja uda mo 200jt, kenapa enga si kaleng sampah aja dijadiin LCGC ?
    Made in indo, kandungan lokal diatas 70%, harga ampir 200jt ?
    tanya kenapa ?
    Maka dibuat la kelas baru(baca bubble baru) oleh si TAIKINDO namanya LCGC (baca segment a kecil)

    *bakar menyan dulu biar ada pasukan nasi bungkus TAIKINDO keluar😆

  5. Wani piro???!!

  6. berat, seberat ngurusin subsidi bbm, kenapa tidak subsidi pangan sekalian

    • simple mas bro… urusan pangan, cost nya lebih gede…. pemerintah ga mampu karena duitnya digerogoti kanan kiri atas bawah dan serong

  7. Inilah akibatnya kalau infrastruktur transportasi massal gagal. Harus bercontoh kepada jepang. Negara kereta api dan sepeda. Mobil dan motor bukan kebutuhan transportasi utama disana.

  8. malah gak logis kalau gara2 takut kebanjiran mobil thailand.

  9. karena kalo kata supir Bus…..
    Itulah Indonesia… (satu .. dua …) indonesia tanah airku…
    kalo ane liat Indonesia ini sekarang seperti orang yang kehilangan arah.. ga punya tujuan yang jelas mau jadi negara apa,

  10. negara autopilot !

  11. Demi menghadang TATA sama Geely kali Mas, bukan menghadang Thailand.

  12. Dari dulu Indonesia sudah salah strategi mengembangkan industri otomotifnya bukannya mulai dari nyetak insinyur dan industri komponen banyak2 malah maunya langsung bikin mobil nasional ya udah langsung di gebuk modar….

  13. tapi sebagai konsumen di daerah (tidak ada macet) secara jujur dan realistis saya setuju LCGC mas, maklum budget under 100 jt bisa dapat mobil baru,,, yang jelas lebih nyaman dan minim perawatan ketimbang mobil second…

  14. kalau kurang daging sapi langsung impor saja…….kok nggak nambah peternakan sapi gitu lho.

    • Skalian mas, import presiden aja,
      Indonesia dah ga ada presidennya sejak 9tahun lalu

  15. begitulah, negara dlm krisis identitas.

  16. bisa bikin pesawat buat kendaraan nama nasional susahnya minta ampun… fee fee fee karena fee semua bisa diatur.

  17. bisa bikin pesawat buat kendaraan nama nasional susahnya minta ampun… fee fee fee karena fee semua bisa diatur. tanya sama namanya Dharmawan.

  18. industrialisasi tdk bs dihentikan tp aturan justru membebaskan dari tirani. *angkot tua berkeliaran+berpolusi akut + ngetem, infrakstuktur gak merata n terukur (pajak kndaraan bs 9T /tahun, kndaraan massal yg blm layak, sektor informal berjamuran (baca : lapak)*. Namun Tuhan msh sayang para indobikers, memudahkan jokohok sbg perubahan (stdaknya bekerja sungguh) . Tuk LCGC, mau inden Datsun go+ aj aah biiar bs bawa dagangan. resolusi 2004? mohon para koruptor kakap dihukum pancung trs d gantung d monas.
    salam kreatif. http://www.bordiranku.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: