Oleh: arantan | Desember 20, 2013

Apa sih untungnya pakai knalpot racing?

Walau dianggap mengganggu ketenangan dengan memberikan polusi bunyi ke pengendara sekitar, serta tampolan anginnya, sampai hari ini penggunaan knalpot racing masih dianggap salah satu step awal untuk modifikasi motor.

Sebetulnya untungnya menggunakan knalpot racing apa sik?

Tenaga

Knalpot racing, apalagi dengan tahanan yang makin plong, dianggap membuat laju motor menjadi semakin enteng dan kencang. Ini pun juga dibuktikan dengan dyno run sebelum dan sesudah pemasangan knalpot, umumnya ada peningkatan tenaga setelah pemasangan knalpot.

Naiknya memang umumnya tidak terlalu banyak, tapi setelah disertai peningkatan dapur pacu, pemasangan piggy back apalagi sampai bore up, ganti cam dan lain-lain… penggunaan knalpot rasanya jadi salah satu syarat untuk mengimbangi modifikasi tersebut.

Pemikirannya adalah parts knalpot dari pabrikan di irit sehingga membuat powernya di cekek!

Bunyi

Pengguna Ninja 250 banyak mengganti knalpot karena semata soal bunyi. Bunyi knalpot bawaan pabrik terlalu sunyi, motor jadi kelihatan kurang galak!

Bunyi yang keras juga sering dianggap menguntungkan karena bisa berfungsi memberi tahu pengendara sekitar kalau ada yang mau lewat. Membuat para pengendara lain jadi aware kalau ada motor di sekelilingnya. Dari bunyi tentu juga bisa di deteksi apakah si motor sedang melengkin berakselerasi atau sedang melaju dengan santai.

Bentuk dan gaya

Alasan terakhir saya rasa adalah soal bentuk dan gaya. Knalpot dari pabrik dianggap kurang cantik, jadi knalpot standard harus diganti dengan knalpot import dari merk terkenal, Yoshimura, Two Brothers, Akrapovic gitu…

Penutup

Posting ini bukan berarti kalau saya pro pada knalpot racing lho, justru sebaliknya saya hampir tidak pernah pasang knalpot. Pada foto Jupiter MX dengan knalpot racing NOBI pelangi yang paling atas, knalpotnya langsung saya copot waktu hanya berumur 1 minggu, kapok! Saya tidak tahan dengan bunyinya yang terlalu keras.

KTM Duke pun pernah saya pasang scorpion, tapi itu juga karena pesanan pembeli motornya yang minta tolong dipasangkan knalpot sebelum di beli.

Posting ini hanya sebagai penjelasan, bahwa penggunaan knalpot racing disamping mengeluarkan polusi suara juga ada manfaat bagi penggunanya. Asal ada aturan batasan polusi suara yang diperkenankan dan dilaksanakan dengan bener, harusnya tidak akan jadi masalah.


Responses

  1. Kalo ane seh buat suara, mangkanya kalo beli knalpot yang mahalan dikit, biar ga cempreng kek Nobi di NJMX ente Gan.

    • Nobita emangnya salah satu yang berisik kan selain CLD? Tapi diklaim powernya salah satu yang tinggi…

      • Definisi “berisik” di UU tu maksimal 90dB, ente dan polisi korup punya telinga yang dilengkapi dengan sensor dB apa?

      • Wkwkwkkwk… Bener juga ngahahaha

  2. artikelnya belum kelar? Setuju, harus ada regulasi yang jelas dan penegakkan hukum yang tegas tidak tebang pilih, selain itu harus mengakomodir pengrajin knalpot racing agar tidak terlalu dirugikan.

    • iya nih, nggak ke save, baru saya edit.
      TQ Duinn.

  3. kl ane murni kebutuhan mesin….makanya pake

  4. regulasi ambang batas suara itu kalau ditetapkan, moge moge suara gahar mbrebet gitu sebetulnya lolos gak sih?

  5. Pemerintah aneh2 ajh ..
    Udh tau polisi jalanan itu banyak yang korup ..

    Tp buat aturan yang ambigu gtu ..
    Jelas dimanfaat’n dengan seksama sama polisi jalanan ..

    Aturan ini jadi ngotot mungkin mau nutup’n sesuatu atau ngakalin sesuatu ..

    Gara2 dolar naik’h jadi polisi butuh duit tambahan dan sasaran’a masyarakat ..

    Jooss lah negeri autopilot ini ..

    • ngapain selesaiin di jalanan? ke pengadilan dong kalo emang ga mau ngegendutin polisi korup.
      polisi emang banyak yang korup tapi masyarakat juga salah ngapain maunya nyelesaiin di jalanan daripada bela2in ke pengadilan.
      ga punya waktu ke pengadilan? makanya jangan bikin salah yang aneh2 di jalanan.

      • pengadilan fasilitas’a memadai kga bro??

        Kadang itu yang buat masyarakat malas ..

        Udh tau masyarakat indo gitu modal simple, malah buat peraturan kga jelas begini ..

        Standar kga dipake, modal kuping doank ..
        Konyol banget, gaptek teknologi kah??

        Kalo blm bisa yah jgn diterapin tu aturan ..

        Udh tau bakal jadi ladang korup + keadilan pun dipertanyai ..

        Bikin salah aneh2 dijalan yah, loh kenapa kga perusahaan dan toko’a ajh ditindak bukan hanya konsumen ajh mas??

      • pengadilan memadai masbro, tinggal dateng, nunggu dipanggil, bayar. aku nggak pernah damai di jalan, selalu minta tilang. kalo mental pengendaranya juga korup, mau aturan apapun tetep aja diselesaikan di jalan. itu masalah mental, perbaiki dulu sikap anda, baru nuntut yg lain.

      • Mau nilang knalpot brisik pake pasal apa emangnya? Kalo boleh tahu.

      • @ibun ..
        Nah, situ udh tau polisi sama masyarakat’a yang salah ..
        Kenapa nilang kga pake standard??

        Udh jelas salah oknum polisi’a ..
        Buat aturan dimana polisi itu sendiri ngelanggar ..

        Nilang cuma modal subjektif ajah antara polisi sama pengendara jelas ngotot,,
        Maka’a itu dipake STANDARD biar OBJEKTIF ..

        Ini STANDARD nya mana???

      • Satu lagi bun ..

        Penyelesai’n dijalan krna aturan/standard kga jalan dan mental polisi’a korup ..

        Klo misal pengendara’a mau selesai’n dijalan tp mental polisi bener kga ad tu cerita’a ..

        Hal macem gini kan awal’a salah okun pemerintah’a yang mendidik rakyat’a begini ..

        Jadi bukan salah okum pengendara’a tp operatur negara/polisi’a yang jelas salah (korup) ..

      • Emang ada pasal yang mengharuskan kendaraan pake knalpot “standar” ya? Pasal berapa kalo boleh tahu?

      • kalo mikirnya kayak gitu, sama kayak ngributin duluan mana telor sama ayam. mendingan kita aja dulu yg berperilaku lebih baik. kalo ditilang karena knalpot yg katanya pak pol korup brisik, ya udah trima aja, minta slip merah. ga mau ditilang? ya pake knalpot standar. simpel, ga usah dibikin ribet masbroo

      • Justru itu, kalo ga ada larangan make knalpot racing atau kewajiban make knalpot standar, ngapain polisi menilang? Atas dasar apa?

        Inilah kebobrokan negara ini, rakyatnya ga tahu hukum sehingga gampang “digoblogin” ama aparat yang korup.

      • nggak mau digoblogin? simpel:
        1. pake part standar. ketika ada razia, motor saya jarang distop karena udah kliatan standar semua.
        2. kalo mau pake knalpot racing/ part2 yg bersifat “abu2” (ga jelas), harus tahu konsekuensi bakal distop pak pol. kalo udah gitu, ya jangan mau damai di jalan, minta aja surat tilang.
        haduuh gitu aja kok repot sih, nggak usah nyalahin pihak lain, mulai dari diri sendiri aja.

      • Bro ibun,,
        Gua tnya dech, kenapa pemerintah dan aparat ngebuat aturan yang kata ente “abu2”??

      • Srandard’a udh jelas ada ambang batas’a ..
        Mau pake knalpot apah ajh seterah yang jelas Lulua uji standard’a ..

        Dan masalh utama’a kan itu, kga ush puter2 dech ..

        Gua tnya polisi salah kga nilang cuma modal kuping??

        Ente belain oknum korup gtu, aph ente itu polisi’a atau salah satu keluarga ente itu oknum polisi’a ..

        Ane kga masalah klo ente masuk dalam ciri2 yang ane sebut soal’a wajar yah ente nyari duit dari situ ..

        Yang jelas Hukum di INDONESIA KGA JUJUR SAMA ADIL ..

      • terserah aja deh, kalo mau pake part macem2 juga gpp. kalo aku keluarganya pol korup, ya nggak bakal sering kena tilang om. aku udah males berurusan sama polisi, makanya sekarang pake standaran aja. n emang lebih nyaman standar, nggak ada perasaan was2πŸ˜€

      • Bro ibun, pertanyaan ane yang diatas dijawab dlu dech, kga usah muter2 ..

        And satu lagi PANTES INI NEGARA KGA PERNAH MAJU yah ..

      • udahlah, kalo ente selalu mempermasalahkan aturan, coba praktekkan aturan ini: ketika jalan macet, ente naik motor tetep berada di jalurnya (di jalan), atau nrabas lewat pinggir jalan/trotoar? kalo tetap di jalan, ane salut. tapi kalo ente suka nrabas2 di pinggir jalan, ya pantes negara ga maju2, orangnya kebanyakan protes, tapi nggak mau introspeksi diri dulu.

      • Kga usah muter2 bro ..
        Topik’a Udah jelas, pertanyaan’a juga udh jelas tp jawab’n ente ngaco ..

        Pantes Negara ini kga Bisa Maju ..

  6. saya terpaksa pak…
    pake knalpot racing…

    pengen sih balik lg ke standar…

    • kalo harus pake yg asli kasian pengguna motor 2 tak jadul.
      masih untung yg pake motor jepang seperti mas roy, coba kalo 2 tak yg dari italy, mana ada knalpot original vespa italy, πŸ˜€

      • ya memang idealnya sudah tidak ada lagi 2tak, diluarpun usia kendaraan dibatasi

      • @jape

        ini kan Indonesia…
        πŸ˜†

  7. knalpot racing itu menurut saya cuma dipake di sirkuit.
    kalo kenalpot racing-racingan ya gak papa untuk harian.
    saya malah lebih suka motor yg suaranya agak nyaring (bukan berisik)
    mengingat di sekitar rumah ane buanyak pejalan kaki tentu sangat perlu suara sebagai penanda motor.
    masa iya motor ninja yg suaranya lebih halus dari supra 100cc juga dilarang pake knalpot aftermarket? sedangkan harley yg katanya udah berisik dari pabriknya dibiarin?
    adilkah?

  8. Ane setuju jika hanya untuk estetika, alias bentuk knalpot yg kurang bagus, misalnya, pada yamaha mio series, bentuk kanlpotnya wagu, terlebih covernya, apalagi xride, matik trail, posisi knalpot ko rendah, lalu honda cb150sf, bentuknya yg juelek abis, juga inazuma, yg lubang pengeluaran knalpotnya terlalu kecil kaya cs1.
    Bentuk knalpot yg sudah sesuai sacara estetika itu menurut ane, yamaha jupi mx, nvl,n250, sama tiger revo.
    Kalo buat knalpot racing…. Selain buat tenaga, sori ane ga setuju, berisik, anginnya nampol muka…
    Kalo biar lebih aware, ane juga ga setuju, hidup d jalan itu harus aware dengan sekitar,… Terutama motor yg ga punya jalur, selap selip ga karuan… Karna knalpot bersuara yg aga keras itu = sedikit arogan, meskipun mungkin ridernya ga arogan…. Contohnya, pemilik knalpot racing, biasanya suka membleyer mesinnya… Meskipun dgn gaya yg lembut (pengalaman pribadi), Apakah itu bukan ciri dr arogan?
    Karna pemilik motor yg terintimidasi didepannya akan berpikir… Sombong amat….. Terutama pas macet, asli…. Berisik…. Pisss

  9. Kalo untuk model emang saya lebih suka

  10. dilihat dari semua alasan diatas kok masih belum sebanding dengan gangguan yg diterima orang lain gara2 berisiknya knalpot entah racing atau bobokan, semua alasan itu tidak ada yg penting sedang kebisingan yg terjadi sudah sangat mengganggu. Alasan suara untuk memberitahu keberadaan motor juga saya rasa hanya pembenaran saja, kalau dipikir mobil kebanyakan suaranya pelan (walau ada yg pakai knalpot racing juga dan harusnya juga dilarang) padahal tenaga, kecepatan dan ukuran umumnya melebihi sepeda motor, toh aman2 saja dengan suara knlapot kalemnya.
    Apalagi kalau alasan knalpot racing branded suaranya merdu, lah itu lebih sulit lagi ngukur merdu tidaknya karena subjektif. Suara penyanyi saja yg pastinya merdu belum tentu mengenakan telinga bagi pendengar yg tidak hobby aliran musiknya, apalagi suara knalpot

    • Ane setuju komen ini, kayanya ga harus ganti silincer dah, mas Arantan kan pernah k thailand, coba liat dijalannya, belum tentu ketemu dalam sehari motor berknalpot racing, tp yg banyak ketemu adalah yg berleher knalpot racing(bukan knalpot racing), yg bisa diakali buat tambah torsi itu adalah leher knalpot, jadi leher knalpotnya yg diganti, muflernya tetap asli, jd suaranya ga berubah sama sekali….

  11. Untungnya ya buat penjual, masa jualan gada untungnya…wkwkwkw
    Quote:
    sebaliknya saya hampir tidak pernah pasang knalpot
    Unquote
    Buseett super berisik donk gak pake knalpot mah kekekek

    http://kobayogas.com/2013/12/15/opini-razia-knalpot-racing-bising-pengalihan-isu/

    • Komen ane dah diwakilin..πŸ™‚ wkwkwkwk

      • Mana hadiah buat ay? hehehe

  12. knalpot yang katanya resing itu berisik, bising, ribut, polusi suara, pemecah suasana tenang, memancing emosi orang lain, tidak dengar posisi motor lain sehingga terkesan ugal”an, dan lain sebagainya…

    positifnya orang lain minggir, tenaga motor & feel berkendara meningkat (baca: egois)

  13. ha..ha…ha….lihat jupie mx diatas, inget motor sayah dulu, rekor saya pakai nobi titanium percis kaya diatas cuman 3 hari…..ngilu sendiri klo lg ngebut

  14. klo disirkuit jd keren, klo di perumahan jd polutan..

  15. setau ane ya mas.. yang beredar di sini semuanya adalah SNALPOT CACING..
    ya bener2 kayak cacing..ridernya pun kurang gizi..

    mana ada ngaku2 “snalpot racing” tapi kualitasnya sangat jauh dibanding snalpot sutandar pabrik..bahan dari plat seng..kesenggool dikit langsung peyang.. suara berisik cempreng bikin sakit telinga..
    bahkan ada yang nekad nyatut nama dan desain dari merek terkenal..tapi harga hanya beberapa ratus ribu rupiah.. uanaeh..gak mungkin khan..??

    ada juga rider2 yang penampilannya “moge wannabe” ternyata banyak yang masih buta urusan snalpot cacing..taunya suara mbeleduk..kecepatan nambah..trus dach dianggap racing.. bener2 koplak..!!

    • Bisa kasih tau berapa dB knalpot “standar” Vespa odong-odong kepunyaan ente?

      • vespa odong2 ane..snalpotnya masih ori dari danmotor mas.. jadi masih lumayan empuk..walopun udah gak se-empuk saat pertama kale di pake..

        justru suara snalpot vespa odong2 ane malah “ketutup” ama suara berisik mesinnya.. maklum vespa tuwir..mesinnya gak bisa diboongin.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  16. kalo ane ikut yang ini:
    Bunyi yang keras juga sering dianggap menguntungkan karena bisa berfungsi memberi tahu pengendara sekitar kalau ada yang mau lewat. Membuat para pengendara lain jadi aware kalau ada motor di sekelilingnya. Dari bunyi tentu juga bisa di deteksi apakah si motor sedang melengkin berakselerasi atau sedang melaju dengan santai.

  17. Dari komen2 yg ada disini, hampir mayoritas yg ga suka knalpot brisik, ato racing, semua knalpot racing itu adalah berisik, jangan mengadakan pembenaran, dengan alasan ga aware,
    lihatlah thailand, disana yang dimodif itu adalah leher knalpotnya, muflernya tetap yg asli, kalo mau pk knalpot racing ya di sirkuit…
    Selembut-lembutnya knalpot racing, kalo masuk gang diatas jam 10malam, tetap aja berisik…
    Ada juga solusi lain, selain ganti leher knalpot, yaitu modif dengan mufler knalpot yg ccnya lebih besar, misalnya jupi mx pk knalpot satria fu, dll….
    Apapun alasannya buat dijalan seharusnya pake knalpot standar….

    • Berapa dB tu knalpot “standar” motor 2 tak, dan moge?

      • 2tak seharusnya sudah dilarang dan mogepun untuk bisa dijual di indonesia harusnya juga tidak boleh berisik. Jika belum ya bukan berarti orang harus menerima gangguan suara knalpot yg dibuat berisik. Pakai knalpot standar apa ruginya?

      • 2 tak dilarang dijual? Ente buta ga pernah liat Kawasaki Ninja 150 Series masih dijual di dealer apa? Dan moge dilarang berisik? Katakan itu pada Jenderal Polisi yang jadi kolektor HD.

        Ga ada ruginya pake knalpot standar seh, berhubung ane punya duit buat beli R9 dan ga ada larangan pakai knalpot racing, kecuali ambang batas 90 dB tantunya, napa ente sewot sendiri?

      • mase jangan sewot itu saya nulis “seharusnya sudah dilarang” , kalau belum dilarang ya tinggal minta dilarang. kalau tidak juga dilarang ya bukan berarti knlapot boleh berisik,

      • 2 tak dilarang?
        trus embah ane mau naik apa? orang desa mau naik apa? mereka kuatnya cuma beli 2 tak yg cuma 1-2 jutaan.

        dari pada ngelarang 2 tak mending larang aja tuh CB bermesin tiger, jauh lebih berbahaya, juga GL max yg walau knalpot asli tapi bikin budek.

        aturan itu ada ukurannya bukan dari feel aja

      • Kalo tidak dilarang berarti diperbolehkan, dan vice versa bukan? Atau ente perlu pembelajaran Bahasa Indonesia lagi?

      • Ikut nimbrung para agan.
        Sampai di Eropa pun 2 tak masih dijual. Vespa New PX 2 tak masih ada yang baru, keluaran 2013. Tapi knalpotnya sudah bisa meredam polusi sampai memenuhi standar EURO 3.

        Terakhir malah saya lihat mesin robot Boston Dynamics pun “masih” memakai 2 tak.

      • Emangnya motor 2 tak Indo yang masih legal di jalan, udah make knalpot standar Euro3 semua ya?

      • KRR yang dijual sekarang pakai standard Euro II.

      • Sejak kapan standar Euro2 yang mengatur gas emisi buang kendaraan, juga mengatur ambang batas kebisingan kendaraan ya?

        Berapa Euro dan dB seh knalpot “standar” Vespa odong-odong dan RXK yang masih legal di jalanan? Coba bandingin, “berisik” mana dengan knalpot “racing” macam R9?

      • Knalpot racing, knalpot standard atau apalah nama’a semua itu kga dilarang asal tidak melewati ambang batas yang Udah ditetap’n ..

        Cuma masalah’a POLISI CUMA ASAL NILANG DAN KGA BERLAKU ADIL ..

      • Vespa gue Euro 3 deh. Motor Eropa kok ditanya Euro berapa. Yang bikin regulasi Euro mereka je. Emang motor ente Euro berapa?

        Emang skrg lagi ada trend Vespa 2 tak dipasang silencer Ninja R. Jadilah berisik tret tetetetetet. Tapi gak ada larinya tuh, cuma berisik saingan ama motor batangan. Mending pakai yg bener aja deh, daripada boyo, boros pula. Silencer Jepun gak cocok buat Vespa

  18. jalanan jakarta sudah sumpek…. macet… sempiet…. blom lagi para alayers… aroganers… sruntulers… sembalap liars… ditambah lagi oleh tensi suara knalpot beriziek… yaaaa… selamat tua dijalan deh…. heheee

    • Indonesia bukan cuma Jakarta bung.
      di desa kalo knalpot terlalu pelan malah bahaya.
      ane gak cari pembenaran, murni karena ane tinggal di pinggiran

      • mangkanye ane bilang jalanan jakarte… bukan jalanan indonesia yg sempit dan sumpek dan ribet… ente bilang ga cari pembenaran tapi kalimat ente sendiri merupakan pembenaran… ade pepatah… “Biasakan yang benar bukan Benarkan yang biasa”… hehehee

  19. Saya sih males ganti knalpot karena gak enak sama tetangga dan kedua karena khawatir CC-nya jadi gak fungsi dosanya jadi nambah…..:-)

  20. semua pasti cari pembenaran, bahkan lipat spion, ban cacing, ngebut di jalan umum, berkendara tanpa helm dll pasti kalau dilarang ada saja alasan pembenarannya dan nunjukin hal lain sebagai pelimpahan masalah. welcome to the jungle

    • bener, langsung kritis untuk membenarkan diri, nyalahin pihak lain, mempertanyakan aturan2. tipikal banget dah.

      • Aturan yang mana seh yang ente maksud?

        Ente seorang idiot yang ga tahu kalo ga ada aturan larangan make knalpot racing, asal suaranya kurang dari 90dB ya? Atau mungkin seorang pecundang yang mau aja digoblogin ama polisi korup dengan tilang yang ga ada dasar hukumnya?

      • hormat saya untuk orang pintar

      • cieee yg emosi.. ampun om, ane cuma pengendara motor yg nggak mau berurusan sama pak pol, jadi make yg standaran aja. dulu ane pernah mau dikadalin sama pak pol korup, tapi ane ngotot minta surat tilang, meskipun agak jengkel krn gagal dapet mangsa, beliau tetap mau ngasih surat tilang. uangnya masuk kas negara deh.
        kalo ente mau mempertanyakan, silahkan langsung ngomong ke pak polnya, silahkan berdebat sama mereka. kalo ente kalah n akhirnya minta damai di jalan, ya sama juga boong berkoar2 di sini. hihihi

      • Jadi ente ga bisa ngasih dasar hukum atas keidiotan pernyataan ente soal kewajiban make knalpot “standar”? Pantas ga kalo ane sebut ente seorang yang goblog?

      • hehehee…..pada mempertanyakan alat ukurnya, nanti kalau udah alat ukurnya bilang ga di synchronize dengan bener lah, rusak lah, dll….

        penegak hukum juga memble, makin caur aja ini Jakarta

      • gpp om hasmbuh kalo ente bilang aku goblog. yg penting aku naik motor standar, berhenti di blakang garis pas lampu merah, ga lewat trotoar, slalu ngasih kesempatan kpd orang yg nyebrang, n selalu buang sampah pada tempatnya. jadi kalo ente nggak nglakuin yg kayak aku lakukan, ya.. tau sendiri lahπŸ˜€

  21. saya pakai knalpot racing 1 bulan kesimpulan yang saya ambil jauh-jauh lebih banyak negatifnya daripada positifnya.

    • knalpot racingmu terlalu berisik bung, jangan yg free flow ala anak harley.
      cobalah knalpot sport model SILENT. dijamin suara adem, model gak.

      • ada db killernya tuh bro.

  22. Lumayan buat nambah tenaga dan biar mesin gak cepet panasπŸ˜€

    Dan yang paling penting lebih berguna ketimbang AHO, istilahnya orang ditutup matanya pun jadi tau kalo ada motor mau lewat…

    *Syarat dan ketentuan berlaku

  23. kalau tujuannya untuk ke gary mang subang ya tak apalah…:mrgreen: nah kalau dipakai harian, dimana namanya toleransi dengan orang lain…

  24. Aturan hukum harus jelas brow, ga bisa parameternya pake cara kira kira (apalagi kira kira kuping,repot klo polisinya rada budi alias budek dikit). klo ane pribadi ga keberatan dengan knalpot racing,asal tau diri lah klo masuk gang jgn panteng rpm tinggi dah gitu glasswol harus sering di konTrOL karena itu kunci peredamannya. Lagian ni negara makin bobrok ogrok ogrok tapi pemerintah dan masyarakatnya malah sibuk ngebahas knalpot..hahahaha..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: