Oleh: arantan | Desember 20, 2013

2014, AHM mau keluar apa yak? MSX, Zoomer?

Walau saat ini belum tutup tahun 2013, tapi dipastikan AHM akan mendulang sukses besar di 2013 secara market share. AHM merajai penjualan matic, bebek dan juga sedang agresif di sektor motor batangannya…

Ketika pesaing terdekatnya sudah menebar ancaman dalam bentuk teaser R25, skutik racing dan lain-lain, AHM sampai saat ini belum merespon. Jawaban standardnya masih, “kami lihat dulu….”. Sekarang mereka sudah pegang market share 60%an, kalau ada market dan terus dikipasi ya tinggal bawa masuk ke Indonesia.

So 2014, untuk AHM sulit ditebak, karena tidak seperti Yamaha yang suka menebar teaser, AHM memang terbiasa tutup mulut soal ini. Atau jangan-jangan sepanjang tahun 2014 tidak ada motor baru dari AHM? Kalau bilang sepanjang tahun 2014 tidak akan keluar motor baru dari AHM tentunya tidak mungkin.

So… lets see, motor spa yang mungkin keluar dari AHM di 2014?

Bicara AHM tentu harus melihat AP Honda Thailand, di sana sudah ada banyak motor antrian yang keluar. Statusnya motor stok saja, sudah jadi total, tinggal kalau perlu turun ke Indonesia baru turun.

Zoomer X

MSX

Honda SH150i, ketiga motor ini sudah masuk di Indonesia lewat importir umum dengan harga sangat tinggi. MSX dan Zoomer X di 48-50 juta, jadi untuk ketiga motor ini kalau mau masuk dan laku di Indonesia ya seharusnya di produksi di Indonesia dengan komponen lokal. Kalau masuk sebagai CBU Thailand, akan sulit, jika dengan selisih harga lebih murah 10 juta pun, contoh Zoomer X dan MSX di 38-40 juta… berat.

So untuk ketiga motor ini juga statusnya sama, maybe yes maybe no….

Selain itu yang hampir pasti adalah facelift Honda CBR 250R, kalau yang ini tinggal lihat dari Thailand sudah double lamp, maka di Indonesia pun pasti turun juga.

Lainnya, adalah jajaran sangat kuat moge AHM. Kalau di Thailand yang lagi hot adalah seri 500 dan 650 mereka, masing-masing punya 2 varian.

Di jajaran skutik Honda juga punya kakaknya PCX, yang juga sangat cantik!

Motor-motor yang diatas sajak kalau ditotal sudah berapa? Ada Honda MSX, Zoomer, SH 150i, CBR 250R, CBR500R, CB500F, CB500X, CBR650R, CB650F, Forza, total ada antrian 9 motor saja. Belum termasuk kalau AHM ikut-ikutan mengimpor moge nya yang dari Jepang sekalian, waktu saya ke pameran di Thailand sudah muncul Gold Wing, F6B, VFR1200 <- yang mirip dengan warna merah maroon Honda CBR250R, juga ada NC700X…

Tapi bicara market share bukan bicara motor-motor ajaib, karena hitungannya market share per unit justru dimenangkan dengan matic sejuta umat. Apakah akan ada update bentuk di motor matic paling lakunya Honda? BeAT, Vario, Scoppy?


Responses

  1. Karakter ahm adalah, lihat, amati, hajar….. 😀

  2. Market share sudah 60%, kalau keluar semua bagaimana jadinya….

  3. MSX pake part lokak punya supra x 125 juga gpp.
    biar harga bisa di tekan. kalo pake USD bla bla bla jadi mahal…

  4. Gak jelas mau CKD atau CBU tapi kayanya masih ngotot nge push CB150R dan Verza terus nih AHM🙂

  5. Masukin Honda Lead 125 aja yg dari thailand. Enak tuh bagasi nya bisa muat 2 helm dewasa.

  6. Selama masih aman kga perlu bertingkah ..
    Itulah AHM ..

  7. hmm.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: