Oleh: arantan | Desember 19, 2013

Pilih mobil LCGC stau mobil second ya?

karimuns

Di IIMS 2013 Jakarta pada bulan September 2013 diluncurkan Suzuki Karimun Wagon R dengan harga sangat terjangkau.

  • Tipe GA: Rp. 77.000.000, dengan audio saja
  • Tipe GL: Rp. 89.900.000, audio + power window
  • Tipe GX: Rp. 99.900.000, audio + power window + AC

77 juta, sudah nggak pakai kehujananan bro! Walau masih panas karena belum AC, aneh juga tambah AC sampai selisih 22 juta ya? Kalau lihat dari specs yang tertera di website resmi Suzuki ketiga tipenya adalah sama persis, tipe mesin sama, aksesoris, spoiler velg sama, yang membedakan betul cuman kelengkapan audio, power window dan AC.

Harga mobil 1.000 CC, 3 silinder ini bisa ditekan karena adanya insentif LCGC dari pemerintah, so … 77 juta bro! Menggiurkan bukan?!

Coba lihat harga-harga mobil second di rentang harga 80 – 100 an, kita bisa dapat apa? Karena yang diadu adalah Suzuki Karimun, maka yang saya ambil sampling harga juga adalah kendaraan keluarga muda dan karena yang diadu adalah mobil baru, maka lawan mobil secondnya juga harus mobil yang bertahun muda dengan minim perawatan…

Mari belanja!

Menurut pasaran kaskus, dengan budget 90 jutaan, sudah bisa dapat Xenia 1.3 VVTi tahun 2006, ini harga buka bro, harga aslinya pasti masih bisa ditawar, asal jangan bawa-bawa Afgan katanya…

Selain itu ada Daihatsu Taruna dengan tahun lebih tua, sekitar 2000-an awal. Untuk Taruna saya sarankan cari yang sudah tipe 1.5 EFI, karena problem menahun yang pernah saya alami di Tarun tipe awal. Budge masih masuk kok.

So beli mobil second atau baru?

Keuntungan membeli mobil baru

  • Kondisi mobil terjamin dealer, dilengkapi dengan proteksi garansi yang bisa di claim
  • Kalau membeli secara kredit, dalam komponen yang di angsur sudah termasuk premi asuransi yang jumlahnya jadi tidak terasa karena dibagi bulan
  • Nama dan surat sudah nama pemilik
  • Biaya maintenance juga cenderung lebih murah, lebih mudah service berkala.
    Umur parts lebih lama waktu ganti
  • Semuanya baru! Tidak ada bau-bauan, lembab, noda kotoran, lampu butek, jok sobek, plafond butek, bunyi-bunyian, karet mati. Sambungan-sambungan juga lebih rapat

Yang ujungnya membeli mobil baru adalah membeli kenyamanan di hati. Efeknya, di akhir minggu bro aman, harusnya lebih jarang ke bengkel.

Kerugian membeli mobil baru

Konsekuensi membeli mobil baru tentu harga jual yang langsung jatuh bebas di tahun pertama. Harganya bisa turun sekitar 10-15%. Walau baru pakai 1 bulan pun, kemudian jual, langsung turun bro.

Beberapa mobil yang HOT mesti di inden, bisa memakan waktu sampai 6 bulanan, bayar 5 juta untuk tanda jadi dan membuka SPK. Kemudian bisa kapan saja, ketika Anda sudah lupa pernah buka SPK karena terbius SPG,  si dealer tiba-tiba nelpon, Pak, mobilnya sudah ready, bisa dilunasi DPnya? Ditunggu dalam 1-2 hari, kalau tidak indennya hilang. Anda harus siap keluar duit.

Yang sulit kalau DPnya tersebut ingin diambil dari dana menjual mobil sebelumnya, seru deh.

Setelah mobil datang pun selama 2 mingguan si mobil akan harus digarasi, tunggu plat nomor kan? Waktu 2 minggu tersebut harusnya bisa dimanfaatkan dengan melengkapi mobil dengan pembuatan jok cover, pasang kaca film *jika belum diberikan* pasang ini itu ….

Keuntungan membeli mobil second

Yang pertama soal harga dan value. Dengan harga 134 juta pun, baru dapat Xenia tipe terbawah, 1.000 cc 3 silinder dengan velg kaleng ukuran 13. Kalau 134 juta di convert ke harga mobil second? Waaa, tentunya sudah bisa dapat mobil yang gradenya lebih bagus kan?

So keuntungan membeli mobil second adalah sebagai berikut:

  • Value soal harga
  • Resale value yang lebih aman, harga tidak terlalu jatuh
  • Beberapa bulan kedepan tidak bayar pajak, tunggu bayar STNK baru balik nama bukan?

Kerugian membeli mobil second

Secara relatif Anda adalah tangan ke sekian yang memakai kendaraan ini, tidak tahu betul kondisi pemakaian sebelumnya, apakah pernah nabrak? bagaimana kondisi mesin? Garansinya apa? Ya secara umum kalau membeli mobil second dari pribadi juga ya nggak ada lah… Kalau sampai bulan depan si mobil second haus turun mesin, merembes, ya sialnya Anda saja.

  • Membeli mobil dalam karung
    Anda bisa lihat seluruh body, ketok-ketok mulai dari atas sampai ke kolong mobil, mesin bisa Anda gas-gas, Anda pun bisa ajak teman yang mengerti mesin untuk mendengarkan bunyi dan lain-lain. Tapi tentu tetap ada resiko kan? Bukan berarti membeli mobil baru tidak ada resiko, tapi bisa claim
  • Biaya maintenance menjadi lebih mahal, beberapa parts slow moving bisa jadi sudah perlu diganti, bagaimana fan AC, karet-karet, ya toh? Semakin tua umur mobilnya, secara umum semakin mahal pula biaya perawatan *harusnya* jika dibandingkan dengan mobil sekelas lho
  • Balik nama juga kadang merepotkan, kalau kota sama masih OK, tapi kalau sampai beda propinsi, ya tentu ada cabut berkas, kirim-kirim lagi, makan waktu lagi, untungnya jika Anda mengatur waktu dengan benar, selama urusan tersebut mobil masih bisa digunakan
  • Selain biaya juga waktu, pembeli akan lebih banyak harus ke bengkel, kalau mobil ini digunakan sebagai kendaraan operasional harian, mengantar anak ke sekolah, bini fitness, ya waktu untuk maintenance mobil ditambah untuk biaya kendaraan pengganti untuk operasional entah taxi … tentunya akan sangat mengganggu.
    Tapi … kalau bro memang senang di bengkel dan senang utak atik mobil, ya silahkan…

Responses

  1. mobil second…

  2. Tetap pilih yg baru… Aman dan tentram d hati. Meskipun model tak cocok dihati.
    Beli seken, minimal mesti siap duit cadangan minimal 10jt buat mobil.
    Or 1juta buat motor

  3. Enggak ah LCGC, saya sudah angkut Daihatsu Ceria KX 2002 yang fiturnya lebih dari Ayla yang 77jeti itu walau masih analog (karbu) tapi iritnya sama (thanks to bonsai biker atas thread homosek) atau banyak pilihan lain dengan bujet yang sama bisa restorasi full BMW 318i tahun 90-an imho
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  4. Klo mobil barunya LCGC yg blm jelas kualitasnya jgn cuma percaya omongan sales nanti jd kelinci percobaan,ane lebih sreg mobil 2nd yg udh jelas ada testimoni yg bisa kita pegang biarpun itu mobil sejuta umat.

  5. BRIO SATYA… tinggal copot emblem SATYA dah jadi mobil mahal!!!!

  6. saya pilih second om, mobil lama kayanya belum banyak cost reduction dari pabriknya, bandingkan dengan mobil sekarang yang kena cost reduction di setiap parts nya, secara rupiah saja, saat Xenia 2003 keluar dengan harga sama dengan LCGC sekarang materialnya sudah dicap kurang baik, asumsi saat itu bensin dengan harga masih murah dan emas masih murah. coba bandingkan harga 70an juta tadi dengan harga bensin dan emas sekarang, artinya si mobil LCGC aslinya lebih murah dari Xenia saat pertama brojol, bisa dibayangkan berapa cost reduction dari pabrikannya, gimana nasib material parts pembangun mobilnya? ane ga yakin om…

  7. Tergantung mobil secondnya, yg jelas LCGC sebentar lagi bukan soal harganya yg murah (karena mau naik) tapi soal kualitas materialnya yg memang murahan🙂 Yang jelas mobil di Indonesia memang overprice semua….

  8. kalo kata yang komeng2 di “forum Motuba”.. mending beli motuba yang termasuk kategori boil “mewah” dijamannya.. biasanya awet dan handal..harga bekasnya lumayan “terjun bebas”..fitur2nya bikin aman dan nyaman…

    dibanding beli boil baru..tapi minim fitur dan harga yang gak masuk akal..

    kalo soal resiko beli “motuba”..yaaa mesti siap mental lagh..en pastinya gak boleh “cengeng”.. siap2 jadi “driver sejati”.. (ngikut sitilah “biker sejati”).. 😀 😀

    kalo dipikir2.. hmmm..ada benernya juga..

    ciaoo..!!

  9. BMW E30 udah beres pake uang segitu dan jauh lebih nyaman . . .

  10. ngapain beli mobil baru, kalau dapat fasilitas COP dari kantor..😀

  11. second…

  12. buat yang biasa bawa mobil beli mobil second, buat yang baru mau punya mobil beli yang LCGC lah di jamin 3~4 tahun masih enjoy sama spare part Keculi Nabrak,..

  13. LCGC? tar dulu aahhh, tapi dari sekian model, Wagon R paling masuk akal dari sisi harga dan kualitas. Bodi lega seperti Karimun Kotak.
    Mobil seken masuk akal. pokoknya siapkan 5-10jt dari Bujet. Akan jauh lebih nikmat kalau sudah sehat daripada LCGC murahan, tapi memang bikin aman di pikiran, namanya mobil baru hehe.
    http://kobayogas.com/2013/12/19/opini-xeon-gt-masih-kurang-amunisi/

  14. lho karimun wagon R GA kan udah AC tapi belum audio&power steering om?

    info dr sini http://www.wagonjogja.com/2013/11/perbedaan-kelengkapan-karimun-wagon-r-tipe-ga-gl-gx.html

    kalo dibanding ayla paling rendah 76jt-an belum AC belum audio dkk

  15. preferan second tp pos operasional n maintanceny mudah..

  16. siapkan duit cash untuk beli mobil baru, terus ketika berangkat untuk beli, belinya yang second tapi baru (misal avanza baru umur 1 tahun) yahhh lumayan selisih 15 juta plus tambahan assesories yang ga perlu kita beli lagi, sama sisa duit yang bisa buat makan 2

    http://pasukanredribbon.wordpress.com/2013/12/19/soal-bisnis-mlm-yang-bagus-itu-yang-mana-yah/

  17. Mobil seken aja deh… Cukup untuk nebus Kijang Kapsul, bisa muat banyak😀

  18. klo ngomongin lcgc, ya saya pilih satya (120jt), sayang indennya sampe april akhir. dibandingin sama seken ? yg diharga sama bisa dapet fiesta tahun awal, tapi ya masih pikir” dulu lah, banding bandingin….

  19. 90juta beli xenia ato lgcc ???? xenia udah terbukti handal . . .
    lgcc body nya lebih tipis dari xenia…
    beli mobil seken dijual juga rugi nya ga separah lgcc


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: