Oleh: arantan | Desember 11, 2013

Blue ocean: Matic bagi pria bertubuh besar

“X Ride bagus nggak ya?” Sekonyong-konyong keluar pertanyaan itu dari seorang teman pria yang dikaruniai tubuh sedikit diatas rata-rata, kira tinggi 175/180 cm an, kalau berat taksiran saya masih di 90 kg-an lah. Nggak gede-gede amat sebetulnya. Saya tanya lagi, kenapa langsung X-ride? Jawabannya “Ya bentuknya kuat, pas untuk gw”.

Oh, ya saya bilang nggak juga sih? Memang X ride konon di design untuk menempuh medan sedikit berat, tapi bukan di design untuk dikendarai teman-teman yang bertubuh ++. Kurang tahu juga maksimum beban berapa. Jadi kalau mau pakai matic harus pakai apa?

Waaaa… kalau kita lihat matic memang tidak ada satupun matic yang di posisikan atau dimarketkan untuk dikendarai beban besar. Ada gitu matic yang iklannya dikendarai mereka yang bertubuh besar? Kalau secara ergonomic saya masih bisa bilang, jangan ambil matic yang ukurannya kecil, jangan BeAT, Scoopy atau Mio. Stang pasti mentok, kemudian secara proporsi pun agak kurang pas.

So perlu matic yang sedikit agak besar untuk menampung orang besar, betul?

Yang saya usulkan tentu Honda PCX, beratnya pas dengan berat kosong 129 kg, ergonomicnya lega, tenaga juga pas lah, tapi PCX punya problem bagi orang besar. Ada teman saya yang akhirnya si PCX tidak pernah dipakai. Karena si empunya dikaruniai tubuh besar, diatas 100 kg … konon si PCX akan mentog polisi tidur! Ini memang polisi tidur di daerah rumahnya tinggi dan lancip. Kalau cuman punya ukuran badan tinggi saja tapi tidak besar, jenis matic seperti Vespa LX, S dan PCX pas tapi kalau tinggi dan besar, belum tentu motor itu yang paling pas.

So? Karena yang di cari adalah matic untuk harian, saya tidak menyarankan maxi scoot. Yang paling pas bagi mereka yang bertubuh besar adalah matic-matic yang ukurannya normal tapi cukup bertenaga, jadi kapasitas mesin ambil yang 125 cc keatas, serta memiliki berat yang pas, tidak juga terlalu ringan.

Matic itu seperti:

Suzuki Hayate, selain ukurannya agak besar, bannya pun ukuran 16 jadi memudahkan mereka yang besar untuk bermanuver, beratnya pun pas dengan berat 113 kg (kurang tahu kosong/isi). Honda Vario 125 CBS Idling Stop di 112 kg pun pas, hanya 2 matic itu yang saya recommend bagi mereka yang besar. Mungkin sebetulnya bisa juga pakai Piaggio Liberty atau Vespa LX, di saya fine, tapi memang tenaganya konon masih kurang begitu baik. TVSΒ juga konon bagus tapi saya belum pernah pakai.

Untuk Yamaha boleh dicoba, tapi waktu saya coba, dengan ukuran badan saya pun yang sedang, Yamaha Xeon pun sudah kurang pas, deknya terlalu rendah, sampai kaki saya bisa masuk tertekuk kebawah (coba deh) Beratnya pun terlalu enteng dengan berat isi 101 kg, terlalu lincah. Sempat juga ada teman kelas berat menyewa matic Yamaha di Bali, ternyata waktu digunakan untuk menanjak kedodoran, motornya sampai nggak bisa naik. Ini karena jalannya lurus sebentar, kemudian belok naik curam, tidak ada awalan yang cukup. Noted, sehari-hari teman tersebut pakai Suzuki Skywave. Di kantor lama, teman-teman yang bertubuh curvy pun juga saya lihat pakainya Skywave atau Hayate.

Kira-kira begitu, kalau para bro punya pengalaman soal matic untuk pengendara bertubuh besar silahkan di comment. Sebetulnya se kuat-kuatnya matic tentu ada batas maksimum pengendara + boncenger, ya memang belum tentu juga bisa bermatic sih.


Responses

  1. Saya 95KG, saya pilih naik Hayate dengan pertimbangan Harga relatif murah, double rear shock, velg ring 16, tenaga besar 125cc.

    Stabil dipakai dan bertenaga walau dipakai menggonceng istri dan 2 anak balita. Kalo buat bawa beban banyak belom coba, tapi harusnya tidak masalah.

    Tks

    • Skywave/Hayate memang cocok bagi pria berbobot! Yay!πŸ™‚

      • sayang mz arantan dah melegonya!?!?😦 Sy seh msh setia dng Si pth skywave’10..πŸ™‚

    • Saya pernah coba bro, hehehe… Saya pernah 3 kali punya Skywave dan sekali punya Hayate. Pernah dipakai utk bonceng istri dan 2 anak saya umur 7 thn dan 4 thn plus belanjaan 2 pak pamper2 ukr paling gede, minyak goreng bimoli bbrp kantong, rinso bbrp kantong, pokoknya banyak deh yg namanya belanja bulanan. Tenaganya ok utk narik beban berat, tenaga badak, hahaha… saya bahkan pernah berlima naik Skywave, dgn istri dan ketiga anak saya, wkwkwkwkwk……

      • Waaaaaha ha haπŸ™‚ berlima bro!πŸ™‚

  2. untuk yang bertubuh besar sih enaknya yang double shock dibelakang. satu2nya pilihan di segmen ini ya hayate. naiknya pun nyaman banget kok

  3. Wow… TVS kan kayaknya gedenya sama beat mirip2

  4. kalo cuma iklan matic dinaikin orang gendut si h ada mas, X-ride juga diiklannya dibonceng ibu-ibu gendut.

    tapi menurut saya matic yg cocok untuk orang gede ya dari suzuki doang.
    dan entah kenapa saya suka model skywave. kesannya garang.
    entah masih dibikin atau udah distop kaya nouvo z.
    yg tersisa kini cuma hayate.
    ring 16 sangat cocok. kalo 14 terlalu kebanting ama badan gedenya

  5. Mungkin minerva gtr 170 cc

  6. ada Kymco Like, Kymco Agility City, SYM Shark, SYM Joyride, SYM Joymax, SYM Maxsym, Kymco Super 8… semuanya cocok utk pria berukuran ++… kalo Honda PCX mentok di poldur, pengalaman saya sewaktu punya honda PCX, mengganti ban yang berprofil tinggi dan memakai shockbreaker honda vario atau shockbreaker YSS yang bisa disetting empuk dan kerasnya.

  7. Wah sy juga 173/90 mas. Nyobain vario 125 kata istri saya cocok. Pas dengan postur saya yg tinggi besar. Sayangnya posisi duduk kurang nyaman akibat jok yang terlalu lebar.

  8. Semua skutik ergonomi ga masalah beda tipis, asal duduknya mundur dikit..
    Tp power dan “estetika” jd ngedrop kl naik skutik “mini”.
    * nasib …

  9. “… Mungkin sebetulnya bisa juga pakai Piaggio Liberty … tenaganya konon masih kurang begitu baik”

    Liberty tenaganya mencukupi namun perlu diganti per CVT-nya agar tarikannya mulai terasa di putaran bawah.
    Per CVT standar baru terasa tarikan di rpm menengah.
    Liberty yang saya pakai harian sudah saya ganti per CVT-nya dengan per CVT Vario 110.

    Tenaga : 8.6 kW (11.5 HP)/8000 RPM.
    Torsi : 11.2 N.m (1.14 kgf.m)/6250 RPM

    Kemudian, Liberty menggunakan adjustable shock-absorber di bagian belakang.

  10. saya juga bermasalah dgn berat badan 170/100.

    sempet ngelirik Vespa S, SYM, sma benelli X-150.

    Vespa setelah saya coba masih terlalu kecil. meski ground clear masih cukup tinggi. saya naik agak jinjit.

    SYM & X-150 , saya takut untuk spare part agak susah nantinya,

    jadilah keputusan jatuh ke honda pcx, (tinggal bersabar nunggu inden awal tahun depan).

  11. Itulah susahnya di sini kalo nyari skutik gedean. Di pasaran banyakan skutik kecebong semua, walau ada yg gede tapi bengkel dan dealernya dikit. Suka kesel kadang kalo mikirin nyari skutik buat “laki-laki”. Naik BeAT atau Mio mah kyk mainan, dan itu berbahaya buat kita2 yg biasa naik motor berbobot lumayan, krn terlalu enteng, bannya kecil, terlalu ceper. Berarti pilihan saya ama yg lain sama dong ya, Skywave/Hayate, hahaha…..Vario 125 mentok juga kalo boncengan, kata temen saya yg punya.

  12. kl menurut saya yamaha nouvo yg paling pas buat harian

  13. Setuju vario 125, cuma kalo untuk yg bertubuh berat, diatas 100kg, butuh sedikit modif d cvt, selebihnya oke, karna part2 cvt vario 125 memang sama persis dengan pcx125 yg jauh lebih berat, kecuali per cvtnya, nah part inilah yg harus diganti, langsung menambah torsi, meskipun ga signifikan, tapi buat ane yg 86kg+istri yg 65kg, plus 2 anak total 54kg, ane masih bisa ngacir didaerah Jonggol.

  14. bener tuh blue ocean, tapi sebentar lagi jadi red ocean
    titip mas http://motogokil.com/2013/12/11/pengaruh-suhu-panas-terhadap-performa-engine-sepeda-motor-bagian-1/

  15. Ayla / agya matic bs jadi pilihan.. πŸ™‚

    • apa ?
      alay / a gay ???

      πŸ™‚

      guyon ….

      • HshhHaa asiik ada bahan BC-an kekkeek…

      • apa ?
        alay / a gay ???
        πŸ™‚

        guyon ….
        ——————————————————————————-
        ngakak !! alay teriak alay, liat nickname ente ! wkwkwk!

  16. PCX nya dijual berapa yah?
    http://kobayogas.com/2013/12/10/test-drive-singkat-mitsubishi-outlander-sport-cvt/

  17. Nungguin Yamaha Nouvo SX dan Honda Air Blade kaga kunjung masuk di mari. Pdhl pas tuh ama keinginan saya, lbh berasa skutik laki2 dan deknya gak rata jd lbh kokoh rangkanya. Modelnya pun cakep, dan harganya pun gak terlalu tinggi dibanding skutik gambot macam PCX.

  18. ada demand shifting, pria bertubuh besar dari biasanya motor kopling ke matic. itu logis karena keadaan lalu lintas skrg, jabotabek khususnya.

    • Iya bro, dulu mungkin Nuovo sulit laku. Sekarang mungkin-mungkin saja kondisinya sudah beda.

  19. Gimana kalau Viar V1 200cc, sepertinya cocok buat yg berbadan besar dan tinggi

  20. ane pake nouvo bung 183/98 coz punyanya ya itu tp dlu blinya jg sy prtmbangkan dlu dgn kondisi…ampe skrg g ada kluhan brarti ane+bni+anak bs trakomodir dgn baik…oya ban sy gnti dpan100/blkg110…poldur hjar aja ecess

  21. Buat harian dan kondisi macet berat kaya Jakarta belum ada yg nyaingin Skywave/Hayate (sayang nouvo udah gak djual YIMM) buat yg tingginya 170cm ke atas dan berbobot lumayan. Kalau PCX karena panjang dan shock belakang keempukan mending diganti dulu sama shock after market biar gak mentok poldur yg rata2 dibuat dengan asumsi bisa dilewati motor bebek ber roda 17.

  22. Pake vario 125 untuk yg postur 175/80 keatas not recommended deh. Kalo sendiri masih bisa duduk agak mundur, kalo udah boncengan, kaki mentok di dek, ketemu poldur/lobang/lintasan kereta dijamin nyangkut. Mana jok keras. Pas nanjak juga memble…

    So far smart choice cuma Hayate/Skywave. PCX? Mendingan SYM ahπŸ˜€

  23. gak pake bebek aja ya om. meski dimensinya gak gede2 amat. secara tenaga dan kekuatan kaki2 masih lebih baik dari matic….
    cuma pas ngoper agak susah kalo kaki nekuk.hehehehe

  24. Saat ini, skywave paling pas buat ane (180/93)

  25. gw pake ninja 250.. tp skrng give up,.. capekny setengah mati, rumah yg baru udh gk reasonable bwt make tu motor,. ganti pake spacy,. pdhl tinggi 180 berat 75.. egplah.. drpd pake ninja smp kantor baju basah kuyup keringat,. pulang smp rumah encok..

  26. Saya 130/75. Pakai Kymco Trend 2000 125 cc, boncengan dng istri 55 kg masih enak2 aja. Soalnya dek lega. Kaki klo gak nekuk, bisa selonjor ke depan. Memang tenaga terasa kurang kalo berduaπŸ™‚

    Kymco yg model tebeng depan melandai (ada ‘hidung’) cocok buat yg berbadan besar. Trend 2000, Metica, Trend SR.

  27. saya punya spin dan skywave tahun 2010 keduanya.
    sama-sama pernah saya pakai bawa beras 25kg X 6 karung (maklum usaha grosir sembako)

  28. Saya 175/100, dan naik Vario CW 110 2009.
    Sejauh ini kendalanya hanya polisi tidur saat saya pakai berboncengan dengan istri, apalagi saat tekanan udara ban belakang kurang dari 33psi. BTW, profil ban standard 90/90 R14. Hanya CVT yang sudah ganti non-honda, pake Kitaco yang tarikannya lebih enteng.
    Blom pengen ganti yang 125, soalnya pernah nyoba, Dan rasanya koq posisi setang lebih rendah.

  29. Kalo beat dinaikin sama org berbobot 95 + boncengan 50 kg. Lama2 ada gak pengaruhnya ke motor??? Tolong dibantu. Terima kasih


Tinggalkan Balasan

Kategori

