Oleh: arantan | Desember 10, 2013

Tragedi Bintaro II, Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga

199981

Tarik napas …

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Gerbong penumpang khusus wanita Kereta Rel Listrik Commuterline jurusan Serpong-Jakarta terguling setelah menabrak mobil di perlintasan kereta di Bintaro Permai, Tangerang.

TEMPO.COJakarta – Korban tabrakan kereta api rel listrik rute Serpong-Tanah Abang yang dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati menjadi tujuh orang. Dua korban terakhir masuk ke ruang gawat darurat RS Fatmawati sekitar pukul 13.45 WIB.

TEMPO.COJakarta – Tragedi kecelakaan kereta api kembali terjadi di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Senin, 9 Desember 2013. Iyam, 50 tahun, salah seorang warga yang berada di lokasi kejadian, menuturkan bahwa sopir pengangkut BBM terlihat memaksa menerobos perlintasan rel. “Padahal sirene sudah berbunyi, tapi sopirnya maksa melintas,” kata Iyam, yang menyaksikan tabrakan itu di lokasi kejadian.

Menurut Iyam, saat berusaha melintas, truk pengangkut BBM itu tiba-tiba mogok. Sementara kereta api jurusan Serpong-Tanah Abang tengah melaju dari arah Bintaro. “Kereta akhirnya menabrak bagian pantat truk,” kata warga Pondok Betung yang kediamannya tak jauh dari lokasi kejadian ini. Musibah tersebut terjadi di rel perlintasan Pondok Betung.

Sampai malam ini, korban jiwa Truk Tanki vs Kereta sudah mengambil 7 jiwa. Supir dan kernet truk bisa selamat, baguslah jadi mereka yang bersalah bisa diadili dan dihukum. Kepada keluarga korban semoga diberi ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

Tarik napas …

Untuk mengemudi sebuah truk tentunya diperlukan SIM tingkat tinggi dengan keterampilan mengemudi yang mumpuni, apalagi untuk mengemudikan truk bermuatan barang berbahaya dan mudah meledak, harusnya supirnya juga mereka-mereka yang punya klasifikasi lebih tinggi lagi.

Saat ini penyelidikan memang belum menyimpulkan apapun, tapi saya jadi merenung. Hanya diperlukan seorang pengemudi yang mengambil keputusan salah yang dilakukan split second saja untuk bisa mengambil banyak nyawa, mencelakakan manusia lain dan juga tentu menimbulkan kerugian besar sampai kereta terguling.

Jadi kalau ada yang bilang “ini jalan saya, suka-suka saya!” Sampai batas tertentu okelah, kalau mau ngebut, melanggar lalu lintas dan lain-lain itu pilihan si pelanggar, tapi tentunya saya tidak mau disusahkan gara-gara si pelaku. 

Rest in peace …


Responses

  1. Rip

  2. sopir tanki kok sruntulan

  3. beberapa hari sebelumnya …tragedi bintaro 1 sempat diulas di TV
    eh malah kejadian lagi

  4. Ok lah supir salah (mmg sapa sih yg bisa nyalahin kreta?) tp klo ente pernah ngalamin butuh 2-3 jam buat nyebrang rel kreta di rush hour, pasti lah ngerasain geregetannya.

    Bicara fakta aja tiap 15 menit (?) kreta lewat dan 10 menit sebelum kreta lewat perlintasan udah harus ditutup, otomatis hanya tiap 5 menit kendaraan bisa nyebrang… eits… nyebrang dengan jalan siput krn muaceetttt saling srobot di dua arah, chaos laghhh…

    Si sopir jelas salah nyerobot, gw ngerasa krn si sopir tau klo kreta masih 10 menitan lg lewatnya, sialnya ntah mesin mati/ keganjal depannya, bummm….

    Lesson learn, infrastruktur kota, jalan, lalulintas kacau balau.. bukan murni si sopir, tp udah kesalahan systematik pembangunan Jakarteh.

    • 2-3 jam stuck untuk kereta bro? Saya sendiri sih nggak pernah selama itu kalau menunggu perlintasan kereta.

      Kalau diangkat lagi nggak akan ada cut off untuk siapa yang disalahkan. Bisa saja dipersalahkan, kenapa nggak mobilnya dibikin jalan layang saja? Sebaliknya bisa juga bisa di kembalikan, kenapa nggak dibikin jalur kereta dalam tanah saja, atau keretanya dibuat melayang? Secara strategis ini yang paling bener… Ini baru Jakarta, kenapa nggak think big lagi? Sekalian secara nasional aja! Seluruh jalur kereta se-Indonesia dibuat layang? Keren nggak tuh?

      Tapi kembali lagi untuk saat ini lihat dulu insidennya, usut dan pastikan siapa yang salah di hukum sesuai aturan, santunan diberikan. Pengusutan yang bener juga harus dilakukan, ada apa di perlintasan itu?

      • bener mas itu jalur “horor” semua orang bintaro tau bahkan (mungkin) semua supir taksi pun tau kalo entu emang bener2 JALUR HORORRR..!!!

        kalo pagi bikin terlambat ngantor..kalo sore ato malem bikin terlambat pulang…

        ane sendiri dulu2 banget (jaman masih sekolah) sering nganter sodara (naek angkutan umum) yang kuliah di STAN..ya lewat jalur “horor” itu..
        sekarang dah punya bini eh tinggalnya deket2 situ juga..

        bagi ane kalo pas terpaksa lewat entu lintasan kereta ibarat mimpi “horor” belasan tahun yang lalu berulang kembali… sialnya lagi mimpi horornya malah SEMAKIN HOROR😦 😦 😦

      • Di perlintasan stasiun cakung. Wedew.. udah lama nunggu, baru aja ke buka pintunya, udah bunyi lagi.. ngalamin waktu sore2

    • kalo ga salah mobil emang biasanya mati diatas rel kalo kereta lewat karena kena listrik statis dari rel..cmiiw
      yang diperlukan kalo di tempat kayak gitu cuman 1..taati aturan. lu kesel karena lama atau apaan terserah tapi kalo karena kekeselan elu jadi berpikiran pendek yang merugikan orang banyak elu salah.

      • betul banget bro, ane pernah dikasih penjelasan juga ama temen yg bapaknya kerja di KAI, emang rel itu jadi semacam magnet makanya kalo mesin dah mati pas ditengah2 rel jalan satu2nya ya didorong , ga bakalan bisa idup lagi mesinnya kecuali dah menjauh dr rel…krena kekuatan magnet statisnya gede…

    • Bicara fakta aja tiap 15 menit
      (?) kreta lewat dan 10 menit
      sebelum kreta lewat
      perlintasan udah harus ditutup,
      otomatis hanya tiap 5 menit
      kendaraan bisa nyebrang…
      ==========================
      itu d mana bro? setauku kok KRL tanah abang- rangkasbitung gak 15 menit lewat…….? jgn2 agan tinggal d jepang ya?

    • Hoax bgts cuma bisa jalan tiap 5 menit

      Gw lewat sana kalo ke darunajah or bintaro
      Pernah pake sepeda, motor, mobil …
      Mang byk potret ketidakdisiplinan dsana
      Gak sabar bagi yg mo melintas
      Byk angkot ngetem
      Asal srobot
      Lawan arah….etc

  5. Buah tidak terintegrasinya desain jaringan jalan raya dan rel kereta api….

  6. human error + mesin error

    “gara-gara titik susu nila rusak sebelah”

  7. Turut berduka…

  8. smg mnjadi hikmah smu pihak..

  9. supir truk gemblung, kek nya haru ada sim khusus kalee ya buat pengemudi truk khusus yg ngangkut bhan mudh terbakar…

    kasihan masinis, asisten masinis, teknisi mesin, 2 wanita penumpang krl, dn 2 pengendara motor sekitar yg meregang nyawa, hanya keteledoran “supir gemblung”.

    semoga arwah mereka diterima di sisi-Nya, dan keluarga yg ditinggal diberi ketabahan…

  10. menunggu hasil penelidikan, takut fitnah

  11. biasanya kalu ada penerobos perlintasan kereta kita akan merasa iba karena biasanya mereka mati dengan cara yg tragis… tapi kalu si penerobosnya gak mati… tapi orang lain yg harus mati dengan tragis….. ???

  12. resiko tinggal dipulau jakarta…..

  13. wah, saya dulu waktu masih kuliah di jakarta sering lewat situ. memangbanyak yang suka nerobos perlintasan kereta walau udah ditutup. kalo saya mending nunggu keretanya lewat aja lah, tidak sebanding waktu 5-10 menit lebih cepat dengan risiko nyawa melayang.

  14. wah kalo ditempatku sekarang jalur ganda kereta apinya kereeep pake banget…. palang pintunya juga lamaaaa

  15. turut prihatin…
    http://setia1heri.com/2013/12/10/jembatan-branjang-telah-lancar-dua-arah-video/

  16. kebiasaan orang Endonesa kalo kata mbah Sudjiwotedjo. apa2 mau nya cepet dan gak mikirin keselamatan diri sendiri maupun orang lain. saya sendiri juga geregetan setiap balik kantor dan ketemu rel kereta dan ada orang2 yang dengan santainya nyelonong walaupun palang pintu udah turun.

    entah punya nyawa berapa mereka itu, wong kereta lewat masih ketemu lagi ama saya gara2 macet. cuman untung 15 detik diseberang rel doang, nyawa digadein murah banget. emang sakti para beruk indon tersebut *geregetan*

  17. ikut berduka cita
    http://aripitstop.wordpress.com/2013/12/10/fino-fi-sudah-siap-mejeng-di-dealer/

  18. Buat kalangan blogger ikuti kontes menulis online “TOP 1 Citizen Journalism” http://stephenlangitan.com/archives/82937

    • ikut berduka cita

  19. Artis Syahrini & Lamborghini Sparkling Gold:
    http://stephenlangitan.com/archives/82893

  20. di jepun sana banyak kereta api tapi kyknya juga jarang deh ada kendaraan yang tertabrak di perlintasan

  21. Ada baiknya sourcing dulu berbagai versi kejadiannya, setahu saya banyak jg pemberitaan media perihal palang perlintasan yg tdk berfungsi, warga sekitar tdk mendengar adanya sirine, kemacetan di sekitar perlintasan, dll. Setuju bahwa kedisiplinan berkendara harus ditingkatkan, tp langsung menghakimi bahwa supir truk bersalah, bisa jadi fitnah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: