Oleh: arantan | Desember 7, 2013

Penjualan Yamaha mirip nasibnya di MotoGP, race terakhir milik Yamaha, overall tetap Honda pemenangnya

SONY DSC

arantan-tmax-dome-2

Akhir seri MotoGP 2013 diadakan di Valencia, dimana Marc Marquez tidak finish juara satu dalam race terakhir tersebut, yang juara malah Lorenzo dari Yamaha. Sepanjang jalannya balapan pun Marc Marquez tidak begitu ngotot untuk di posisi pertama, dia malah sempat membiarkan rekan satu timnya Dani Pedrosa untuk maju ke depan nekat-nekatan dan bertempur dengan Jorge Lorenzo.

Posisinya Marc Marquez hingga race berakhir adalah finish ke-3 ya cukup asal podium, toh juga sudah juara dunia, nanti terlalu napsu malah nggak finish dan gelar hilang. Marc Marquez bukan tidak bisa maju di race terakhir tersebut, tapi saya lihat memang dia membalap dengan santai saja… kalau tidak salah, asal finish dengan urutan 4 keatas dipastikan dia juara dunia, untuk apa ngotot? Main efektif saja.

Cara ini juga saya lihat di lakukan AHM di market domestik Indonesia, sampai bulan September 2013, Honda masih teratas dengan mengambil pasar domestik sampai 60% lebih. Hingga akhir tahun 2013, saya rasa juga tidak akan berganti secara signifikan.

Memang di akhir tahun 2013 ini banyak letupan-letupan yang menarik dari Yamaha, peluncuran yang sudah lama ditunggu yaitu R25, Yamaha CBU, sampai balapan dengan R15, semuanya menarik untuk dibicarakan, tapi … belum tentu itu semua punya efek ke penjualan? Dan melihat urutan kejadian tersebut pun si AHM rasanya tetap nyantai! Ya obejctive besarnya Honda sebagai pemimpin pasar sudah ditangan toh?

Tinggal tahun depan nih…

SONY DSC

Bakal menarik melihat pertarungan Yamaha – Honda, apakah Yamaha seperti Batman? Dark Knight Rises? Atau justru gerakan Yamaha di akhir tahun 2013 akan dibalas berkali lipat oleh Honda? Sama seperti Marc Marquez, yang mengamati duel Pedrosa vs Lorenzo di Valencia, bisa jadi bukan soal Honda nggak bisa balas lho… Honda juga punya CBR 600, 1000 kok, jadi kalau mau masukkin ke Indonesia ya bisa banget.

Sampai kalau mau, Honda pun punya tipe khusus yang ASEAN friend, secara harga dan ergonomic, seperti kelas 500 – 650 cc nya, barang sudah ada! Kalau sampai seri yang bakal empuk di Asean itu yang dimasukkan Honda….. Apa bisa di balas Yamaha?

SONY DSC SONY DSC

Bicara varian moge, Honda sebetulnya punya varian yang menakutkan, ada seri Goldwing, dengan tambahan seri baru f6b yang tidak dipunya pabrikan lain, peminatnya di Indonesia? Bwuanyak! Belum lagi varian lainnya Valkyrie? NC700X? Seri VF1200, seri CBnya? Waduh…

Menarik, will see!


Responses

  1. Diatas kertas memang bisa bngt koq , diatas kertas lho ya

  2. Setuju yang 500 650 mas..!!! Langsung tak lego er ku

  3. Wanh,xama ya…

  4. honda jangan senang dulu, tahun 2014 yamaha sudah mempersiapkan pasukan pengempurnya.
    titip mas http://motogokil.com/2013/12/06/percaya-atau-tidak-percaya-inilah-performa-honda-cs1/

  5. semua pabrikan ada produk yg selevel, tapi mau gak masukin gitu aja!

  6. Jualan cbr150 dan 250 cuma 1/4 hati kox mau jualan moge…

  7. kata si mbah dukun,soal moge honda lebih komplit dari yamaha,bener ga sih om🙄

  8. Tergantung niat Honda di Indonesia mau jadi pemimpin pasar karena volume penjualan atau karena kualitas produknya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: