Oleh: arantan | Desember 4, 2013

Berjumpa si alien Suzuki Gladius SFV650

SONY DSC

SONY DSC

Di booth Suzuki pada Thailand International Motor Expo dipasang beberapa motor besar mereka, ada Suzuki Hayabusa dan saya lihat ada dua motor lagi, tapi yang menurut saya paling menarik adalah Suzuki Gladius SFV650! Peperangan di kelas 650 CC yang low end, memang sudah cukup pelik dimana setiap pabrikan punya jagonya, Kawasaki punya ER6n, Honda punya CB650F, serta juga Yamaha yang mau ikut dengan MT07 nya. Masing-masing pabrikan menawarkan perbedaan dan kelebihan sendiri-sendiri. Saya sebut mid end karena kelas 650 sudah bisa dianggap moge, tapi power belum sampai yang versi racy 600 dari tiap pabrikan. Yamaha punya R6, Kawasaki ada ZX6, Suzuki punya GSX 600 dan Honda punya CBR600.

Tapi saat ini mari kita lihat Suzuki Gladius SFV650 dulu. Kalau dari bentuk, designnya seperti benjol-benjol bulet-bulet, mirip seperti monster alien, organic. Sampai frame pun di cat warna merah mencolok, di bagian frame tampak seperti ada dagingnya jadi menyatu dengan body yang juga benjol-benjol. Secara overall daya tarik si gladius ada pada framenya yang di expose. Sementara kalau dari depan, lampu depannya tampak biasa saja, untuk speedo menurut saya Kawasaki masih lebih bagus, tapi kelebihan di Gladius ada indikator digital posisi gigi. Knalpot Gladius di susun 2 sampai keluar yang disatukan secara modern juga bagus, hanya saja bagian buntut dan lampu belakang rada kurang menarik.

Overall Mirip Ducati Monster nggak? Mirip juga ya? Designnya jadi mirip motor Eropa karena framenya.

2009%20Suzuki%20Gladius Glad1_1290687i

Besarkah? Besar, sebesar Kawasaki er6 juga, kira-kira segemuk itu juga. Pengunjung di Thailand Internaional Motor Expo tidak boleh naik ke motornya jadi sayapun tidak tahu jika menunganginya apakah kaki saya bisa menapak atau tidak, saya lihat penahan si motor pun hanya di bagian belakang saja jadi memang riskan. Mesinnya Gladius pun cukup bagus, dengan konfigurasi V twin, 90 derajat berkapasitas 645 cc, yang bisa mengeluarkan tenaga 71 HP (claim), hanya saja motornya bakal agak berat di 202 kg.

Apakah mungkin masuk ke Indo? Ya mungkin-mungkin saja, tapi sulit juga, melihat kurang begitu populernya Inazuma, yang 250 saja penjualan seret gimana yang 650 mau masuk ya?

Youtubenya MCN sudah dari 2009, alias motor ini sudah berumur 4 tahun.

SONY DSC

SONY DSC  SONY DSC SONY DSC  SONY DSC SONY DSC


Responses

  1. cakep

  2. Masuk kok Gladius ke Indonesia di Suzuki Sunter dipajang dan bisa inden asal bisa bayar harganya….

    • How much?

      • CBU dari pabrik Jepang, harganya pasti lebih mahal dari er6. Yang GSR 750 diharga 210jt.

  3. mirip ducati kok bener😀

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/12/04/pasang-speedometer-tiger-di-mega-pro/

  4. sangar

  5. mirip mv agusta, knalpotnya, rangkanya, lampunya, tapi sudah dimodifikasi

  6. Modelnya sudah oke, bisa diterima, tapi lampu belakang sangat debatable..
    Berapa ya masuk sini…

    http://kobayogas.com/2013/12/03/modifikasi-kawasaki-z-250-fi-part-2/

  7. Salah satu motor idaman saya nih, selain GSR 750. Sayang dimasukin ke sini nya secara CBU Jepang, hrgnya jadi gila ditambah PPnBM. Kalo saja hrgnya imbang ama ER6n msh berani dah. Sangat disayangkan kenapa SIS gak mau pakai disainnya Gladius dan GSR utk motor massalnya di kelas 150-250cc, pdhl disainnya ok banget. Moge2 Suzuki sih ok2 semua, tp motor kecilnya parah2 disainnya, bener2 aneh kl dipikir2.

    • bebek nya? kalo sport nya kan masih nebeng thunder 250 untuk si Thunder 125.

      matic nya sih selera, kalo bebek menurut gw sih cakep. sport nya gak ada pilihan.

  8. GANTENG BEEET!!!

  9. Ada mas di suzuki sunter, saya pernah naekin, tinggi 165 kayak saya kaki napak, dijualnya sesuai kurs aja kata salesnya. Nanti saya coba cari pictnya, kayaknya masih saya simpen deh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: