Waktu Yamaha launching line up CBU mereka di Cempaka Putih, mereka mengatakan mereka mau membawa semangat kando, semangat Yamaha global Revs your heart ke Indoensia, mereka menghadirkan raja-rajanya dunia ke Indonesia, rajanya matic, rajanya jalanan. Mantap!
Versi yang mereka datangkan adalah versi Europe (Europe Specs) yang menurut mereka versi tertinggi yang lebih bertenaga. Mungkin perlu juga diketahui kalau market motor di Eropa terus menurun secara signifikan dan konstan. Data sampai September 2013 dari acem memberikan gambaran seperti ini:
Q3 2013 ends with a -14.7% YTD, and -12% reduction compared to the same quarter in 2012.
Despite these little encouraging indicators, the degradation affecting the EU motorcycle market seems to have slowed down as sales of L-category vehicles in September are down by 8.5% compared to September 2012. A growth can be reported for September (10.2%) compared to the previous month.
…
A comparison of quarterly results indicates that all three quarters of 2013 are below 2012 performances.
The degradation of PTW sales in the EU is an ongoing trend with strong similarities to the car market. With the economic and financial crisis far from being solved, European consumers seem very cautious to proceed to the renewal of their vehicles.
So, kalau ada pertanyaan kenapa baru sekarang dihadirkan ke Indonesia? Ya mungkin karena baru sadarnya sekarang?! Di Eropanya sendiri market motor (bukan saja Yamaha) mengecil. Jadi ya *mungkin* lempar saja stock ke Indonesia, margin nggak usah besar-besar yang penting laku lah, jadi justru di akhir tahun keluar, dengan membawa model plek-plekan ke Indonesia.
Masih waktu press conference, kami para blogger juga berbisik-bisik, motor-motor CBU Yamaha kalau dikecilin sedikit dengan harga lebih terjangkau pasti lebih sukses secara penjualan. Ya barriernya di harga bro! Dan juga specnya terlalu tinggi untuk Indonesia, 1700 CC, 300 HP bro!
Antara R1 dan Byson masih banyak varian bro! Kenapa nggak yang menengah saja yang dibawa ke Indo?
Sebetulnya Yamaha juga baru melaunching motor di EICMA 2013 yang saya rasa sangat pas untuk Indonesia. Motor itu adalah MT 07, motor berkapasitas 689cc dengan 75 HP dan lain-lain lah. Kenapa nggak ini aja sih yak? Masuk dengan harga sedikit lebih rendah dari Kawasaki, dengan power sedikit lebih?! Tapi produksinya dimana yak? Juga ada matic-matic yang diantara Mio dan TMax kan?
Karena kalau CBU beneran seperi R1, R6, T Max, V Max, ini namanya Think Global, Act Global, pakai harga Global juga! Sementara ya duit orang Indo tentu lain dengan keadaan jalan, bensin yang tentu lain toh? Kenapa nggak Think Global, dan strategis seperti Kawasaki dengan memproduksi di Thailand untuk satu kawasan, tapi Act Local dengan melokalkan harga? he he he.
MT-07 is £699 less than Kawasaki’s ER6-N and £499 less than Suzuki’s SVF650 Gladius, it’s two closest rivals. The new Yamaha also makes 3hp more than the ER6-N and 4hp more than the Gladius.
Video walkaround versi modif MT07 waktu debut di Milan, EICMA 2013
Yamaha MT 07 ya?! Saya sudah lihat kemaren berikut mesin yang sudah di belah http://rec303.wordpress.com/2013/11/27/booth-yamaha-tokyo-motor-show-2013/
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!
Keren2x bro! 🙂
modelnya di minikan buat kelas 250cc besok…
SETUJUH!!! pake BANGET!!!
Entahlah…
http://kobayogas.com/2013/09/28/old-vixy-lebih-tinggi-dari-z250-mosookk/
setuju dengan om saranto, untuk model saya lebih tertarik MT-07 ketimbang MT-09
Berharap sih next Scorpio bertampang seperti ini
yah klo V-Max kan itu motor tertingginya Yamaha, sperti Honda punya Goldwing, Suzuki punya Hayabusa, Kawasaki punya ZZR1400
lagipula Kawasaki dan Suzuki juga ngejual top modelnya disini, dan laku, jd buat V-Max why not too? toh yg beli MV Agusta F4CC seharga hampir 2 M disini juga ada, beli Goldwing 600juta jg ada, Desmosedici RR 1 M lebih jg ada tuh
emang nti kedepan ngarep jg klo MT-07 dijual disini, apalagi sampe dirakit disini, waow banget itu…..
Duit Indo laen? jadi inget kata simbah Dukun.. klo yg beli moge itu orang yg sangat mungkin besok pagi beli ducati, besok nya beli agusta n motor jepang buat nyentul.. jadi kek nya market nya mmg bukan menengah kebawah…. nah khusus menengah kebawah.. udah disediakan deh miniatur moge nya: vixi, byson, R15, R25… yg impiannya beli moge ga keturutan larinya ke bonsainya
Perkapitanya sama?
Intinya ngabisin stok gudang, thok!
mbahe byson iki.. berani harga brpa klw di sini? pajak impor Indo kan gede banget..
jangan lupa mt- 09. 3 silinder suara 4 silinder.
Tenaga lebih besar, berat dan harga lebih rendah dari z800….
Mantab, spesifikasi eropa. Kalau R125 yang diboyong ke Indonesia kira-kira berapa harganya?
kalo gitu honda juga bisa aja masukin cb650f & cbr650 yg baru…..
mungkin moge2 yg baru muncul diset agar bisa dijual disini juga….
dipelopori kawasaki…
keliatannya ada minat ama nih motor ampe dibela2in ngomporin yimm bikin artikel 🙂
yamaha kurang uhuuyy….
YIMM gak komen di Indonesia motor gede kurang cocok sama kondisi lalu lintasnya lagi?
sepertinya untuk awal2 ini mereka fokus di varian teratas dulu, nanti kalo respon bagus atau lebih dan jaringan CBU YIMM makin luas, baru deh varian medium digelontorkan, selain MT series kan banyak juga tuh varian medium yamaha yg laris di luar macam XJ6 series dan X-max series belum lagi varian motor cruiser yamaha dengan nama Star Motorcycles yg jadi saingan berat Harley
1700 cc vmax 300HP??gede banget ya…beneran ini 300 HP motogp bisa tewas donk….
Mungkin krn mayoritas orang sini senangnya yg top-end.
Kayak yg udah pernah di bahas di blognya Mbah Dukun, mau di segala aspek maunya yg paling TOPnya..
Faktor gengsi kah? Atau karena tanggung, pikirnya udah beli moge ya pengennya dpt power yg gede juga.. Kalau mau tanggung, belinya yg kelas tanggung aja spt 250cc atau utk di moge udah ada ER-6 series..
Hihihi