Oleh: arantan | November 20, 2013

Tahu fungsi-fungsi keamanan standard di mobil masa kini?

arantan-front

Coba masuk ke sini. di link dari website JNCAP, selain isinya hasil crash test terhadap mobil-mobil keluaran Jepang 2012-2013, juga muncul beberapa penjelasan secara cukup mendetail tentang prosedur tata cara testing sampai juga penggunaan yang baik dan benar dari fitur keamanan yang banyak tersedia di mobil masa kini. Apa arti satu kendaraan yang lolos dengan 1, 2, 3, 4, 5 bintang?

arantan-airbag

Di bagian belakang dokumen juga dijelaskan satu persatu tentang alat-alat keselamatan masa kini. Untuk airbag misalnya dijelaskan sejak awal dengan jelas seperti ini:

Air bags equipped in passenger cars in Japan are called SRS (Supplemental Restraint System) air bags, and are used in conjunction with seatbelts to supplement the functions of the belt upon collision to reduce the impact on the passenger.

Air bags instantly inflate upon frontal collisions to prevent the passenger from direct contact with the steering wheel or instrument panel to reduce the impact to the head and chest.

Dijelaska range efektif airbag, serta kondisi dimana airbag tidak dapat berfungsi, misalnya menabrak tiang, menabrak secara gradual, menabrak dari arah yang menyamping sehingga tidak diperhitungkan. 

Edukasi secara umum saja ini sebetulnya saya anggap sangat penting, karena mungkin ada yang bertanya-tanya juga waktu ada Nissan Juke yang menabrak tiang, kok airbagnya tidak mengembang? Apakah ada cacat pada mobil? Di dokumen  ini dijelaskan kondisi-kondisi yang membuatnya demikian. Apakah tetap perlu pakai seatbelt karena sudah pakai airbag? Apakah saya bisa mati gara-gara mengembangnya airbag? Ada FAQnya bro.

Pada akhirnya sih saya lihat semua alat pengamanpun punya batas dan kemampuan maksimum, semua pengujian ada batasnya, dapat meredam benturan* … * Syarat dan ketentuan berlaku, bisa meredam KALAU … nabraknya dari sini, dengan kecepatan sekian … pakai seatbeltnya begini, di luar itu? Ya tidak di test, dan tidak dijamin aman, ya secangih-canggihnya kendaraan roda 4 bukan berarti bisa aman total kan.

Silahkan baca-baca yak, dokumennya bisa di download atau dibaca secara online dari sini.

arantan-side


Responses

  1. Faktor utama keamanan berkendara ada pada pengendara, makanya sekarang pabrikan rame-rame eksperimen mobil tanpa pengendara untuk meredusir human error…..

  2. kalo pake plat baja yang di pake ama Anoa gimana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: