Oleh: arantan | Oktober 25, 2013

Korban Ninja 250 sudah banyak, CBR 250, Inazuma dan Duke, bakal gimana Yamaha 250?

Kadang brand keukeh mencoba mengambil arah motor yang tidak diambil pendahulunya, maksudnya sih bener, dengan begini segemen yang lain bisa ikut terambil.  Coba lihat Honda CBR 250R, diatas kertas apa yang salah dengan motor ini?

Kenceng, iya, irit iya, teknologi dan konon bisa juara di Sentul, tapi nyatanya di Indonesia penjualannya sulit lah. Brand boleh bilang kalau torque 1 silinder yang dibutuhkan untuk kendaraan perkotaan. Posisi stang pun juga membuat Honda CBR 250 lebih friendly, baik untuk touring dan di kendarai di perkotaan. Suara 1 silinder pun konon punya peminat tersendiri. Bunyi konon adalah subjective.

Bagi konsumen yang tua pun posisi CBR 250R ini pun lebih ringan di punggung, di atas kertas “harusnya” posisi CBR 250R lebih laku, betul?

Tapi jauh dari awal mayoritas konsumen Indo sudah bilang ini 1 silinder, suara sama saja dengan Mega Pro, cuman beda CC saja kan? Dalam test pun CBR 250R berulang kali kalah dari Ninja 250R. So, kenapa harus tebus beli jauh lebih mahal dari Mega Pro?

Ya kalau Honda CBR 250R kalau mau laku di Indonesia, ya mudah aza, mending scrap, discontinue daripada ganti bodi saja, setuju? Kecuali bikin CBR 250R 2 silinder! Ya masukkan pasti sudah banyak, tapi nggak tahu kenapa yang di revisi malah designnya.

Tadi adalah Honda CBR 250R, bagaimana Inazuma?

Pendeknya, design kuno bro! Saya sudah bilang soal ini dari sebelum Inazuma masuk ke Indonesia, saya bilang ini sejak 2011 di sini brrrooo!

Ya lagi-lagi brand nggak denger dan nggak bisa mengikuti selera pasar ya akhirnya penjualan juga sulit, sekarang ya mesti diskon… sampai 10 juta bro! Harga jadi cuman selisih 1-2 jutaan dengan Honda PCX 150. Gimana rasanya yang sudah keburu beli ya?

Mestinya wujud Inazuma bisa begini, tapi keluarnya seperti motor keluaran 1980-an…

Terakhir tentu KTM Duke 200, keluhan terhadap motor ini sudah banyak lah, terutama tentang harga yang dianggap ketinggian, mesinpun 1 silinder juga, cc juga yang selisih 50, selain itu ada soal jaringan after sales, dan ketangguhan motor itu sendiri. Ya issue-issue KTM Duke juga nggak bisa diikuti oleh brand… ya sudah.

Untuk CBR 250R, Inazuma, Duke 200, motor-motor ini sudah syulit brrrrooo, mau jual barang dalam format seadanya sulit. Mau di retouch dan jual murah pun sulit. Kecuali betul-betul major changes, yang berarti perlu research, dan persiapan produksi lagi. Brand boleh bilang dan berdalih kalau sebetulnya motornya punya kelebihan dari Ninja 250, tapi ya lagi-lagi yang pegang keputusan konsumen kan?

Yang masih ada harapan untuk melawan Kawasaki Ninja 250, tinggal Yamaha, semoga Yamaha mendengarkan dengan bener, kemudian juga bisa menterjemahkan kemauan konsumen serta akhir mengesekusi produksi. Do it right or… ya akan bernasib sama juga seperti pesaing sebelumnya, korban sudah banyak. Design harus bener, mesin harus 2 silinder, bunyi harus bagusss, harga juga jangan jauh-jauh dari Ninja. Resepnya gitu aja kok brooo! Ya kan?


Responses

  1. mudah2an motor yamaha 250cc bisa bersaing dengan ninja 250, biar merek sebelah melek matanya jangan cuma ngambil untung gede doang…..

  2. kayaknya sih kali ini yamaha gak budeg… ini feeling pribadi yah

  3. Indikasinya sih ‘Giant Killer’ jilid 2 nih..

  4. feeling gw bilang yamaha bakal bagus yang 250ccnya

  5. secara global, CBR250r sukses mengalahkan Ninja250r. itu fakta

    • Tapi kalo liat motovloger luar kok banyakan pake ninja ya perasaan apalagi semenjak ninja 300/250 fi… Org luar banyakan motor buat hobby, walau beli motor yg kls pemula mereka juga at leats bisa nampang dikit n negara maju jalannya pd lurus2 apalagi di amrik yg sering riding di canyon pd lebih prefer pake ninja karena top speed terus n minim geter

  6. emang orang indonesia aja yang terlalu kaget dengan 2 silinder. kasihan. beli motor kok karna suaranya doang. gak liang faktor lain

    • Just Go to Hell

    • Ane bebekers ikut nimbrung soalnya ada yg ngejas orang Indonesia je,sebenarnya g hanya suara aja bro design ninja jg pengaruh.g percaya coba kumpulin 10 orang awam trus suruh milih ninja ma cbr banyakan mana yg dipilh?kok yg disalahin yg beli motor mo pertimbangan suara kek,merk kek itu mah hak masing2.

      • betul. anak TK aja suruh milih pasti sebagian besar milih ninja. mendekati motor sport tulen

    • ya masalahnya disini 99% motornya adalah single silinder bukan multi silinder.
      😉

      • Yoi bro, mosok milih yg 1 silinder lg kalo ada yg 2 silinder dgn kisaran hrg seimbang? Bukan mslh suara doang, tp emang kenyataan feelnya mesin 2 silinder beda ama 1 silinder, secara bunyi dan getarannya lbh halus. Kalo soal disain ya itu relatif, balik ke selera masing2.

      • desain itu relatif dan keselera masing2. kalo mw beli 250cc single cylinder. beli aja CBR150, terus bore up sampe 250cc. kalo FU aja bisa sampe segitu masa CBR gak bisa?

        paling mahal keluar dana 5jt udah 250cc itu motor.

    • Kamsudnya faktor merknya Honda gitu bro??? Jaih… masuk balik ke utan sono. Hari gini masih makan merk???

  7. Setuju bro.

  8. Mirip tinju, ninja 250 masih juara bertahan di Indonesia, banyak penantang tumbang silih berganti, sekarang sedang menunggu penantang berikutnya.

  9. kabarnya diskon 10jt inazuma bukan untuk umum, hanya untuk orang penting tertentu saja, dan gak bisa di generalisasi

    • wah…saya kira buat umum…
      coba tipe lain juga diskon 10jt😀
      *ngarep..

    • motornya berat om, mundurin motor diatas jok nya gak bergerak sama sekali. emang berat banget apa gw nya yang lemah ya?
      😆

  10. suara,,,suara,,,suara,,,,, semakin nge-moge sound smkain laku yg terpenting desingannya min. kayak ninja 250 apalagi kaya moge…
    harga no.2

  11. ane yakin yzf 250 yamaha bakal bikin tumbang ninja 250,kaze tumbang oleh supra,blitz tumbang oleh smash,zx130 dibantai mx 135..dan sejarah bakal terulang lagi.

  12. CBR kayanya gara2 indennya kaga jelas dan dipaksa kredit deh om, coba gampang belinya gak suruh ngadepin sales asem yg ogah2an jualnya mestinya sih lumayan ya….

    • Bisa jadi bro, itu salah satu penyebabnya. Krn penggemar fanatik Honda itu di sini banyak, dan mereka gak peduli segala macem tetek-bengek yg penting merknya Honda.

  13. Kalo research nya ymha di Indo,harusnya dengerlah si ymh dgn suara para calon konsumennya..susahnya..pasti.di harga..

  14. tanpa ninja, hidup terasa hampa
    ha..ha..

  15. Seperti Biasa kalo mau major change cbr 250 musti nungguin yamaha dulu, RnD-nya Honda selera bapak-bapak umur 50an …. Nunggu yamaha nongol abis itu contek maningg.
    Motor fairing harusnya dibalikin ke kodratnya !
    pegel? Itulah seninya naek motor fairingan apalagi yang pure.🙂
    Mendingan ninja kemana2 … yang masih merhatiin detail design.

    • Hahaha… betul bro, selera bapak2 alim bin kalem. Garapan grup Astra, sama kyk Toyota-nya, diadu sporty-elegan ama Mazda mah gak ada taik2nya. Disainnya terlalu down to earth, apa adanya.

  16. Saya justru penasarannya dengan banyak yang bilang CBR250 secara global lebih laku dibanding N250.
    Ada yang bisa tunjukkin fakta penjualannya kah? Sayanya penasaran aja selisih berapa persen. Saya bukan fansboy fanatik merk.
    Kalau ada yang punya faktanya secara data real bukan dari katanya, katanya, dan katanya boleh dong dishare. Syukur-syukur ada link valid yang bisa dijadikan referensi. Penasaran banget nih. Tolong dibantu yaaaa…prok..prok..prok jadi apaaaa…hehehe

  17. ninja vs cbr?? ninja kemana-mana

  18. ninja 150 aja masih banyak yang minat kok😀

  19. Lebih karena ini alasannya.
    Dari kecil sampe setua ini make motor 1silinder, dulu ada cb200 tp harganya wwooooowwww….
    Masa sekarang ada pilihan 2 silinder, dan ada uang 50jt trus beli motor yg ga lebih baik dr scorpio, tiger, n cbr 150?, meskipun cbr 150 harganya mahal, tp jelas lebih value, imho.

  20. voting inazuma aja buat touring & jalan santai

  21. tinggal tunggu Yamaha, mampu gak ngudak2 kedigdayaan Kawasaki. atau jangan2 sekarang dikasi mimpi angin surga, begitu mbrojol eh malah gak sesuai harapan. hati2 Yamaha, sekarang semua mata tertuju pada kalian. ada secuil aja kesalahan, dijamin bakal jadi bulan2an.

  22. Punya cbr saat ini kaya punya bmw diantara innova, ‘di eropa joss lho, laku lho … Bla…bla’
    Giliran rusak/service bingung, sekarang spare part musti inden gak?…..setting ecu di ahass mana? … Musti ke bengkel pinggir jalan? …. Sadar gak kl motor termahal ahm itu dianak tirikan?
    Coba bawa ninja ke dealer kawasaki dan nikmati anda dimanjakan….di ahass disuruh parkir sama megapro tuh cbr …. Piss

    • Makan tuh gaya sok2an eropa…

    • Itu salah satu aspek yg hrs diperhatiin jg buat konsumen. Dianak-tirikan krn penyumbang kas AHM itu bukan CBR series, tp bebek dan itik sejuta umatnya, hahaha…

  23. Kesalahan CBR 250 emang udah jelas. Biar gimanapun tetep sensasi 2 silinder lbh disukai, krn menawarkan sesuatu yg berbeda. Konsumen di kelas ini agak beda ama segmen bebek dan skutik yg lbh mementingkan faktor hrg unit, keiritan dan kepraktisan. Jelas segmen ini hrs menawarkan sesuatu yg spesial. Ini dikarenakan konsumen udah jenuh ama motor bersilinder tunggal, yg 99% itu… Ditambah lg soal distribusi unit yg gak begitu lancar serta kesiapan maupun pelayanan bengkel resmi yg krg memuaskan.
    Kalo Inazuma sih ya gak aneh lah… jualannya aja ogah2an, siapa yg berani beli? Mau kejeblos utk kesekian kalinya lg? Ditambah lg disainnya kok bagi saya kyk beraura mocin gitu, mirip ama lht Thunder 125 yg berdisain jadul itu. Jgn2 promo diskon 10 jt itu emang bener utk ngabisin stok terus cuci tgn. Di saat banyak konsumen yg gak berani beli motor merk ini, saya msh berani kok, hehehe… tp lama2 kecewa jg krn motor2 gantengnya tak kunjung dibrojolin. Harusnya pihak SIS bisa berinisiatif sendiri. Bikin kek mini Gladius dan GSR mini dgn kubikasi 150-250. Mosok flagshipnya si F150 sih? Apa kata dunia?
    Skrg tinggal ngarepin Yamaha nih, gimana ntarnya kita tunggu aja. Mdh2an pihak YIMM gak congek kyk AHM & SIS. Saya pribadi sih udah gak ngarep lah, cape ati… ngarepin Fazer 250 buat gantiin Scorpio Z, yg nongol malah si Klingon, dan Nouvo SX juga tak kunjung brojol di sini stlh Nouvo Elegance terlewatan. Skutik kecebong mulu yg brojol di sini, cape deh…
    Intinya… konsumen minoritas gak bakal dipandang ama trio Jepun H Y S.

    • Setuju,,, OM

  24. di tempatku, inazuma250 sekarat, malah ada yg baru beli 6 bulan lalu dijual lagi, cbr 250 lumayan ada penggemar, duke 200 warunge sudah tutup! cuman ninja 250 yg masih sering keliatan sliweran

  25. cb sedari awal inazuma, cbr, duke dijual dbwh 30 jt. bs jadi serame vixion, who knows

  26. ya pegang ninja kemana” feelnya dpt aura garang dpt
    sayang CBR cuma ganti mata doang

    tggu yamaho ini bakal lebih pure sport drp ninja pa ndak

  27. ktm 250 exc, 1cilinder harga 125jt of the road… Mahalnya jauhhhhhhhhh

  28. kelebihan cbr d banding ninja,lincah,irit,torsi gede,perawatan mudah & lebih murah,easy to ride,ga cepet pegel dll

    tapi semua kelebihan cbr d banding ninja ada pada matic (yg ane sebutin d atas),coba pikir deh easy to ride mana sih vario sama cbr ? Lincah mana cbr sama vario ? Irit mana cbr sama vario ? perawatan mudah mana cbr sama vario ? Murah mana d banding vario ? D tambah lagi matic lebih fungsional daripada sport manapun

    D tambah lagi cbr 1 cylinder yg 99% mirip sama motor yg d jual dsni (minjem kata* om roy😀 ) trus design yg melenceng dari gen cbr -_- cbr dari yg 300 ampe yg fire blade double keen kaliiiii,ga 1 kaya vfr😆 jadi dgn duit 50 jt an,ngapain beli cbr yg biasa aja (IMHO) mending ninja kemana mana lah,selain moge look,suara merdu,ninja design nya ga melenceng dari Gen ninja nya itu sendiri.

    • nah itu…😆
      kalo mw masukin aja VTR 250, di jamin laku dah… moge look, 2 silinder V. apalg kalo AHM full support ntu motor…

      CMIIW

    • Bener OM

  29. coba search ….. cbr250rr itu dari tahun 1990 an aslinya udah 4 cylinder…. yakin seyakinnya bila generasi cbr250 skrg disamakan pake 4 cylinder…rame tu pasar 250 di Indonesia

    • Yang bisa ngalahin Ninja 250 itu cuman Ducati 250cc, satu silinder harga 50jutaan. ….titik

      • ..betul…. klo ducati mengeluarkan motor harga 50 jt an , 1/4 L .. silinder tunggal, di BC ngak yha… hehehehehheee…

  30. Soal apakah CBR atau NINJA….itu terantung selera. Saya pribadi punya CBR 250 dan NINJA 250 FI. susah untuk membedakan 2 motor ini secara head to head karena memiliki sensasi masing2 ketika di kendarai. Orang yang sdh mampu membeli motor sport di harga 50 jt tidak mencari motor untuk transportasi harian apalagi kalo dikait2 kan dengan kpraktisan dan kenyamanan….itu salah besar. Jadi …seorang bikers sejati harus bisa merasakan sensasi setiap motor dengan berbagai spec dan tidak membedakan 1 motor dengan motor lain dan mencari motor yang menurut feel pengendara. Jadi kembali lagi….bahwa setiap motor itu di ciptakan untuk tujuan tertentu dalam hal ridding experience …..dan tugas bikers mencari sensasi dari masing2 motor yang berbeda. Godlook…….salam bikers.

  31. Kelebihan ninja itu memang karena 2 cyl . . Pada dasarnya mesin dengan cyl lbh banyak memang lebih unggul dari segi power dan efisiensi . Bukan hanya dari suaranya saja. Ibarat orang membawa beban berat, lebih cepat dan ringan dikerjakan 2 orang daripada sendiri. Orang yang benar2 tau mesin pasti sudah paham . Itu sebabnya kawasaki lebih laris karena konsumen peminat motor sport itu kebanyakan rider yg memang paham mesin. Yg bilang honda kenyataannya lbh laris itu omong kosong. Coba anda datang bengkel2 balap atau ke kota besar pasti lbh bnyak ketemu rider ninja daripada motor sport lainnya. Terutama jayapura tmpat tinggal saya, rider cbr sama ninja itu 1:20 .. motor sport 250 itu masih kawasaki yg paling the best .. yg beli cbr itu karena mungkin koleksi, sisi desain n biasanya tidak mengutamakan atau memang ga tau mesin.

    • Komentar yg sok tau, bilang yg beli CBR ga tau mesin…. podium 1 sd 3 di IRS 2013 itu CBR masa mo dibilang ga tau mesin. Trus mo ngeles bobot, baca aturan superbike 3 n 4 silinder, disini cm ngikutlah. Pada dasarnya org yg pnya itu komennya lebh fair, Ninin pnya keunggulan dari segi power n aftersales-nya dan tentunya design (selera jg sih). CBR sesuai namanya adl City Bike Racing, ngerti kan artinya?? unggul dari segi torsi n handling, sayang aftersalesnya buruk. Semuanya balik ke selera n kebutuhan, dan saat ini masih Ninin yg megang.

  32. baca tulisan diatas.

    (( Ya lagi-lagi brand nggak denger dan nggak bisa mengikuti selera pasar ya akhirnya penjualan juga sulit, sekarang ya mesti diskon… sampai 10 juta bro! Harga jadi cuman selisih 1-2 jutaan dengan Honda PCX 150. Gimana rasanya yang sudah keburu beli ya? ))

    itu yg diskon 10 juta motor apa? Inazuma?

    #sales PM ke FB saya

  33. Setuju Bro Arantan,,,,, advantage value harus ada,,,, jangan over price juga,,,, masyarakat akan senang hati,,,, dan kalau jaringan 3S,,,, Yamaha sudah meng Indonesia banget,,,, tinggal membuat kualitas produk yang handal,,,, Siiiiips deh,,,,, selamat beraktivitas Bro….

  34. Inazuma aza…

  35. Menurutku yg lebih bagus Yamaha R25

  36. Pilih INAZUMA
    Model.. Tak lekang dimakan jaman.. Ngetrend sepanjang masa…
    Yg lain..yg katanya modern, gaya masakini, trendy…weleh..weleh…motor kok banyak sudutnya..katanya sih kekar…tapi NGGILANI… Mending tempelin aja kulit Durian biar tambah banyak sudutnya..hehehehe

  37. Melek teknologi iyu bagus, Ninja pake 2 silinder tapi paralel, hdeh sama aja dg 1 silinder dong? Dan secara itungan lebih ekonomis honda. Aturannya. Regulasi moto3 motor ber cc kecil yaitu 250 cc mestinya pake 1 silinder. . Nah beda lagi lalau masuk ke 450 cc ya kudu pke 2 cylinder. Itu baru logis. Motor 250 cc aja bangga, hadeuhhhh.

    • Jujur saya suka ninja 250 cc . Body ninja lebih bagus bagi pemuda daripada CBR 250 CC , top speed lebih tinggi dari cbr , suara lebih garang di ganti knalpot nobi . Sekarang ini bagi pemuda gk penting siapa yg menang di sentul , yg penting menang di trek lurus , pemuda indo lebih suka drag daripada circuit . Suara garang membuat pemuda lebih tampan , suara halus hanya di impikan pria tua. Lekukan body yg ganteng gagah seperti ahmad dhani membuat wanita sexy mendekat daripada body cbr yg ganteng tapi cupu seperti aliando yg bungkuk hanya bisa dilihat wajahnya aja .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: