Oleh: arantan | Oktober 25, 2013

Busy week untuk pengguna apple: Update OS X Maverick, install BB di iOS, update iOS …

arantan-artrage

Beberapa update di tumplekin sekaligus dalam 1 minggu. Yang pertama saya update sebetulnya OS X Maverick, tapi karena filesizenya besar yaitu 5 gig, saya perlu 2 hari lebih untuk download, proses instalasinya pun lama.

Tapi untunglah dapat terinstall, walau prosesnya tidak berjalan dengan mulus. Saya update OS dari 10.8.5 ke 10.9, dari terbaru ke yang terbaru. Untuk update ini tidak dikenakan biaya dari apple, fee download saja, thank you apple.

Waktu saya tidur waktu proses instalasi, ketika bangun, layar monitor saya ada tanda seru, bilang suruh masukkan startup disk… Lha, kan saya prosesnya download yak? Nggak ngerti saya hard restart saja. Besok paginya baru kelar.

Begitu di install, cintiq saya kembali dalam orientasi defaultnya yaitu terbalik, ini karena memang tabletnya saya putar 180 berhubung saya tangan kiri, saya perlu hard button cintiq di kanan. Anyway ini berarti setting monitor tambahan harus di atur kembali saat proses instalasi.

Yang paling terpakai di maverick menurut saya adalah dual monitor yang semakin oke. Sebelumnya kalau dual monitor, ketika full screen di monitor yang satu, layar lainnya jadi grey saja. Sekarang 2-2 monitor bisa digunakan. Kita bisa nonton full screen di layar monitor satunya dan satunya lagi bisa dipakai full screen juga untuk bekerja, sekarang sdah bisa. Selian itu bar atas bawah juga sekarang ada di kedua screen, sungguh membantu memudahkan navigasi.

Ketika saya coba di artrage, ada delay yang cukup signifikan dari sebelumnya. Ketika brush tangan sudah bergarak, di layar baru kelihatan menyusul, tidak terlalu kentara, tapi ya delay itu jadi kelihatan, perlu pembiasaan. Mungkin karena mac saya masih core 2 duo keluaran mid 2010.

arantan-findertabs

Selain itu di finder/explorer dalam bahasa windows sekarang juga sama dengan seperti di browser ada tabsnya. Jadi 1 window ada beberapa tabs yang bisa dibuat sama dengan safari, tinggal command + t. Penambahan seperti ini kadang-kadang saya bilang, kenapa sih nggak dari dulu aja broooo?

arantan-maps

Maps juga improve jauh, bisa export bookmark ke multiple device *iOS juga tentunya.

Gambar bawah adalah thumbnail safari, jadi lebih fungsionil, bagus sudah mirip chrome😛.

arantan-safari

arantan-osx  arantan-yangbaru-maverick

Setelah nunggu email sehari, akhirnya nyala juga di iOS, punya saya contact nggak ketarik jadi mesti invite ulang contact, ya hitung-hitung sekalian bersih-bersih.

Sejauh ini BBman di iPhone lancar, jauh lebih enak experiencenya dibanding di BB sendiri, mungkin juga karena saya pakai BB gemini 3G lama.

Setelah ini saya masih harus update iOS di iPhone dan iPad ke versi 7.03. ngapdet terus nih. Dari yang saya alami lama-lama devicenya kedodoran juga, karena iPhone saya masih 4s notebook saya pun masih keluaran 3 tahun yang lalu, mungkin memang begini cara perusahaan memaksa dengan halus penggunanya untuk upgrade device ya.

arantan-bb arantan-bb2


Responses

  1. Sama nih om, pengguna MBP mid-2010. Kalau dipikir-pikir, dengan maintenance yang sangat minim, notebook ini masih bisa produktif menghasilkan uang padahal usianya udah 3 tahun lebih. Not bad lah ya..🙂 Btw, apakah ada peningkatan battery life sejak menggunakan Maverick?

  2. gak pake MacOS…
    kerjanya apa sih pak? kok jago bener maen desain grafis…

  3. Kayak udah jadi pakem. Designer = Macbook, Engineer = Thinkpad.

    • saya pake PC dan Intel Atom (lappie). Bahasa yang dipakai adalah bahasa jadul jadi gak perlu spek pc yang kencang untuk membuat suatu program.

      kalo di intel atom bisa efisien dalam penggunaan resources berarti di pc spek tinggi lebih bagus lg.
      😆

  4. ane pake mb white 5.2 pas diupgrade ke mavericks agak lemot sih. ane juga upgrade iphone 4 ke ios7 juga rada lemot. emang pelan pelan digiring buat ganti baru nih


Tinggalkan Balasan

Kategori

