Oleh: arantan | Oktober 22, 2013

Perbaiki sein, flasher dan speedo Vespa New PX

arantan-palmerah-1

Beli partsnya aja di Palmerah, toko dan bengkelnya terlalu ramai, lama nunggu dan takut kerjanya cepat-cepat

arantan-palmerah-2

Weekend kemarin saya sempat beli beberapa parts kecil Vespa, ini PR kecil-kecil yang mengganggu. Contoh sein saya sebelah mati dan tidak berkedip, oleh bengkel saya dibilangin flasher mati, switch sudah nggak bener. Memang saya lihat di belakang saklar di kotak kiri ternyata kabelnya banyak di jumper dan di akal-akalin…. Ya ampun deh?

Ya sudah beli saja, harga flasher dan saklar cuman 45 ribu kok. Balik ke bengkel langsung pasang dan langsung hidup juga…

PR berikutnya adalah soal speedometer yang tidak jalan, oleh pemilik sebelumnya konon nggak nyala karena gigi nanas, tapi dari pemeriksaan bukan itu problemnya, ternyata kabel speedonya putus. Ya balik lagi naik mikrolet M11, ke Palmerah beli lagi si kabel. Kabelnya pun cuman 20 ribu🙂.

Ya sudah tinggal pasang-pasang lah…. sekarang sein sudah bisa ngedip, bisa seperti lampu hazard ngedip 4 sein 2 depan – 2 belakang, speedo juga nyala.

Next? Cari ban tubeless yang bagus dan murmer!

arantan-kabel

arantan-saklar-vespa-1

arantan-saklar-vespa-2

 


Responses

  1. mangcap…
    restorasi motor tua saya baru memperbaiki body. besok mw ganti knalpot yang ademan dikit,…

    nyari pedal rem gak ketemu2…
    😦

  2. Saya berani taruh angka 98% vespa tua kebanyakan spidometernya mati dan 80% rem depannya nggak main / pakem hehehehe…
    Kenapa ya? Hehehehe…
    Apa karena vespa itu identik dengan slowy but sure riding style? Hehehe

    • sssst… yang bawa vespanya kenceng2 aja cuman pake rem belakang doang banyakan..hehehehehe..😀

    • rem depan vespa memang gak pakem, kalo terlalu pakem bahaya, traksi roda depan minim om. berat vespa itu bertumpu di belakang. katakanlah 65% beratnya ada di belakang,
      sedangkan bebek/sport beratnya di depan.
      vespa kalo standar tengah roda depan ngangkat.
      sport dan bebek sebaliknya.

  3. mas Arantan vespa nya pake cakram, lebih pakem ga klo di bandingin sama yg tromol atau sama saja?
    sebenarnya membangun(membetulkan) yang kecil2 adalah seni nya bermain vespa🙂

  4. wah ternyata vespa bisa hazzard to , baru tahu hehe

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/10/22/iklan-tata-motor-nyindir-kaleng-krupuk-kah/

    • khusus new PX kali ya…

      • bukan, ini juga ternyata rubahan, aslinya new PX juga nggak begini.

    • ya bisa hazard sih keren, tapi sayangnya partnya itu non orisinil alias KW. kalo part KW vespa itu biasanya umurnya pendek. biasanya lemah di kabel dan solderan PCB. tampak luar masih mulus, tapi fungsinya seringkali udah mati.

      alias lebih cepet beli lagi.

      saya lebih suka saklar sein standar aja, kalo bisa yang orisinil made in italy. tapi kayaknya kebanyakan stok cuman dari cina atau taiwan. yang dari taiwan agak mendingan.

      untuk speedometer memang sejak dulu biangnya kalo gak kabel speedo putus atau gigi nanasnya udah rompal. gak heran kalo pemilik lama langsung memvonis gigi nanas. ternyata di excel ’99 juga sampai sekarang gigi nanas belum ada ganti, cuman kabel speedo aja yang putus.

      mungkin karena kualitas baja di kabel speedo yang menurun. sebagaimana halnya kualitas kabel kopling.

      yang musti nyetok dibawa terus tuh kabel kopling. kalo bisa yang model yang noknya bergerak

      bukan yang dikeling mati.

      kalo yang dikeling mati itu kalo jebol, langsung putus semua lilitannya. kalo yang gak dikeling mati, gak langsung putus, jadi kopling pelan2 masih bisa jalan.

  5. hazzard itu dulunya kalo gak salah bawaan excel 200 dan spartan/PX 200.

  6. Bang, gua mau benerin speedo nih mati sama indikator bensin nya. Bengkelnya alamatnya dimana ?

  7. Saya punya vespa p150x habis bongkar mesin serta cat bodi semua wire dilepas tapi saya nggak ngerti cara pasangnya lg terutama soket yg dilampu besar, bisa bantu gan sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  8. Hallo sobat-sobat penggemar Vespa.

    Kalo Vespa saya sich masih orisinil hampir semuanya yang diproduksi oleh perusahaan Piaggio di Italia seri PX Exclussive 2 tahun 1995 masih warna greenforest orisinil yang mengkilap kehitaman saat malam tiba.
    Cuman Vespa ini sedikit saya modifikasi hanya di bahagian dalam saja yaitu pada lampu seri (lampu kota) dan lampu sein dimana memodifikasi lampu sein bisa ke hazard tanpa harus memadamkan sein dan sebaliknya dari hazard bisa ke sein, demikian juga untuk penggunaan lampu seri (lampu kota) bisa di alihkan untuk ke 4 lampu sein tidak berkedip mengikuti nyala lampu kota yang terdapat dalam lampu kepala (lampu utama) terus untuk beralih ke normal lampu sein yang nyala kanan saja depan belakang dan sebaliknya untuk kiri saja depan belakang maka lampu kota (lampu seri) tetap menyala tetapi tidak mengikuti nyala lampu sein yang berkedip-kedip.
    Selanjutnya untuk nyala lampu tersebut diatas tadi bisa dinyalain walau konci kontak ON/OFF ini dilepas dengan setang/setiur Vespa terkunci untuk mencegah kemalingan tetapi untuk menghidupkan/menyalakan mesin tidak bisa jika konci kontak tidak di ON kan. Untuk lamanyalanya lampu sein ketika di parkir bisa hampir 2 (dua) jam tergantung kondisi batteray.

    Begitulah sekilas mengenai Vespa PX Exclussive 2 ini yang telah saya modifikasi hanya bahagian dalam saja tidak nampak keluar hasil modifikasi kecuali sircuit sedang bekerja barulah kelihatan keluar,

    Demikian dari saya
    Yanuwar
    HP: 081269331965

  9. Hallo sobat-sobat penggemar Vespa.

    Kalo Vespa saya sich masih orisinil hampir semuanya yang diproduksi oleh perusahaan Piaggio di Italia seri PX Exclussive 2 tahun 1995 masih warna greenforest orisinil yang mengkilap kehitaman saat malam tiba.
    Cuman Vespa ini sedikit saya modifikasi hanya di bahagian dalam saja yaitu pada lampu seri (lampu kota) dan lampu sein dimana memodifikasi lampu sein bisa ke hazard tanpa harus memadamkan sein dan sebaliknya dari hazard bisa ke sein, demikian juga untuk penggunaan lampu seri (lampu kota) bisa di alihkan untuk ke 4 lampu sein tidak berkedip mengikuti nyala lampu kota yang terdapat dalam lampu kepala (lampu utama) terus untuk beralih ke normal lampu sein yang nyala kanan saja depan belakang dan sebaliknya untuk kiri saja depan belakang maka lampu kota (lampu seri) tetap menyala tetapi tidak mengikuti nyala lampu sein yang berkedip-kedip.
    Selanjutnya untuk nyala lampu tersebut diatas tadi bisa dinyalain walau konci kontak ON/OFF ini dilepas dengan setang/setiur Vespa terkunci untuk mencegah kemalingan tetapi untuk menghidupkan/menyalakan mesin tidak bisa jika konci kontak tidak di ON kan. Untuk lamanyalanya lampu sein ketika di parkir bisa hampir 2 (dua) jam tergantung kondisi batteray.

    Begitulah sekilas mengenai Vespa PX Exclussive 2 ini yang telah saya modifikasi hanya bahagian dalam saja tidak nampak keluar hasil modifikasi kecuali sircuit sedang bekerja barulah kelihatan keluar,

    Demikian dari saya
    Yanuwar

  10. Kayaknya tulisan saya dikomentar tu terlampau banyak maunya sich sebuah aja lantaran mungkin salah pencet posting sehingga banyak yg doble jadi saya mohon di edit kembali tinggalin aja sebuah tulisan, sekian terimakasih.
    Dari Yanuwar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: