Vespa ngadat karena banjir …

on

Di suatu pagi, Vespa 2 tak saya pernah banjir nggak mau di start, padahal aki baru diganti. Kalau elektrik starter di pencet muter tapi, rasanya nggak ada connect ke mesin. Setelah di sela sekitar 20 kalian *serius* dan dilanjutkan lagi besoknya dengan sekitar 20an kali lagi dan tidak ada tanda-tanda perbaikan…

Saya tinggalkan saja… besoknya di kantor tanya sama pak Thomas, teman sekantor yang punya Vespa. Pertanyaannya cuman bau bensin nggak? Ya bau sih, bau banget … Itu kemungkinan banjir. Jangan di sela terus. Coba buka businya dan  tempelkan ke body, kemudian di sela, ada percikan nggak?

Sorenya pulang dari kantor masih pakai baju kantor, saya penasaran untuk coba teorinya. Memang bau bensin sih, saya ikuti saja buka body samping kanan, copot busi dan bersihkan pakai lap saja. Saya coba sela beberapa kali sambil menempelkan busi yang masih nempel ke kabelnya ke body, ternyata nggak ada percikan. Ya sudah berarti problemnya bukan di situ …

Ya sudah saya pasang kembali penutup bodynya samping kanan. Baru sadar, ternyata kunci kontak tidak saya ON kan. yeeee…Setelah body terpasang baru saya sela, sekitar 5 kalian baru mesin nyala kembali…. WOW!

Sekarang saya coba tiap hari memanaskan si Vespa, sambil kalau malam keran bensin saya tutup saja. Sampai saat ini sekitar seminggu setelahnya ternyata aman-aman saja ….

Anyway di internet juga sudah banyak penyelsaian tentang Vespa mogok, seperti:

Gale 77, Forum Ikatan Vespa Indonesia dan lain-lain …

23 Comments Add yours

  1. ordinarygie berkata:

    hahaha persis sama kejadiannya om, pas saya awal2 punya vespa… mungkin karena udah ada anggapan vespa motor nyusahain jd pas mau riding sering ada rasa was2 jd nya krng konsen hehe

  2. Vespa Ijo Rider berkata:

    kata “suhu” saya ..(jaman masih sekolah STM).. kalo kendaraan (apapun jenisnya) lagi “baniir”.. copot aja businya terus entu busi “di siul-siulin” sambil menyanyi…kalo udah dapet minimal satu lagu selesai.. mesin si starter beberpa kali en busi dipasang… dijamin langsung “greeeng”… 😀 😀 😀

    ternyata candaan ala guru STM saya..100% BENERRR2 JOSSS… 😀 😀 😀

    1. arantan berkata:

      Mesti bawa kunci busi kemana-mana kali yak?

      1. saya selalu bawa pak. apalg kalo banjir ampe sedengkul langsung mati tuh motor. maklum busi motor saya menghadap kedepan langsung menerjang banjir.

        tinggal copot chopbusi, buka busi terus di lap bagian head pake lap kering n businya di lap ampe bersih dari air. pasang kembali langsung greng.

        paling parah pernah ampe kemasukan air itu knalpot. cuma di bongkar itu knalpot, bersihin dari air yang menggenang terus copot filter dan bersihkan dari air juga.

        beberapa kali stater langsung greng.

      2. Duinnn berkata:

        @roy, 🙂 mungkin maksud ‘banjir’ di sini, kebanyakan bensin yang masuk ke ruang bakar sehingga busi sulit memercikan api untuk membakar bensinnya.

      3. @duinn
        iya tau, tapi paling sering jakarta ya pas banjir. jadi gw cerita pas mati ketika banjir tersebut.

      4. Duinnn berkata:

        @roy, sorry om, oot-nya lupa ditulis.

      5. hendrajaua berkata:

        kunci busi mah wajib mas, kalo saya selain kunci busi, alat2 yang selalu sedia di vespa: tang, tang potong, obeng +/- (ngebantu ganti kabel kopling/gas/rem) kunci ring 12-13 (buat bongkar roda kalo lagi kempes/bocor). kunci pas 14 (buat ngencengin rem belakang) n kunci 17 (buat baut knalpot). kunci pas 8, kunci ring & pas 10-11, sama kunci T 11 siapa tau butuh buka head cylinder hehehehe…… (sering dibilang bengkel berjalan padahal bukan montir hehehehehe…)

  3. macantua berkata:

    penyakit vespa…. banir…. inget dulu sempet ngedorong pas gatau cara ngatasinnya… pas udah tau jd ga was was lagi buat bawa Vespa…
    http://macantua.wordpress.com/2013/10/14/goodbye-triplesix/

  4. hiulscm berkata:

    Sbnernya yg buat banjir apa nya seh…
    Reed vlve,apa karbu?kalo yg trkhr kenapa ga dgnti saja krbunya?

    1. arantan berkata:

      Yang paling bener memang periksa karbu, kalau yang saya baca-baca kemungkinan ada problem di spuyeran, partsnya lama lah.

      Ganti karbu set, jarum dan lain-lain … mungkin.

      1. setelan nya salah x pak. AFR nya terlalu boros x.

    2. pak tarno berkata:

      kayanya gak ada reed valve di pespa

    3. hendrajaua berkata:

      bener kata pak tarno bro.. vespa gak pake reed valve…. dia ngandalin kurk as ajah.. 😀

  5. hi hi hi berkata:

    karbu jaman dulu gampang bau bensin, kalau sekarang kurang, apa karena type vakum?

  6. Duinnn berkata:

    Karbunya bukan tipe vakum atau masih menggunakan sistem kran, bukan katup di slang bensin dari tangki….

  7. imah berkata:

    coba cek jarum pelampung gan, sapa tau sudah tumpul saatnya ganti, jd gak bisa nutup rapat aliran bensinnya, CMIIW…:)

    1. pelampung biasanya ketauan kalo parkir, kran bensin posisi buka, trus bensin netes ke belakang karbu.

      memang tinggal ganti jarum pelampung. pastikan beli yang ori aja jangan kw. yang kw udah satu set jarum + pelampung harga 70rb. padahal jarum pelampung doang taun 2003 udah 70rb juga.

  8. nd666roe berkata:

    Miringin ke kiri bodinya, kalo kurang bensin miringin ke kanan.

  9. jony berkata:

    inget kata bapaku waktu awal belajar vespa ..jangan cuma bisa ngendarai tapi harus tau juga kondisi motor kita..hehe..sorry oot

  10. aswad berkata:

    aswad juga punya vesva px 150 cukup bagus di pake tdk banyak embel2nya

  11. wahhhhh gan mau nanya vespa gw lupa tutup kran semaleman. bensinnya dan cuk nya masih ketarik abis dipanasin, trus gw panasih baru sadar cuknya ketarik dan kran kebuka
    masih nyala tu,,

    gw tinggal ambil tas dia mati trus.
    gw sela lagi ehhh gak nyala2 lagi itu banjir atau gimana?

  12. Allif nurdiansyah berkata:

    Bang mau nanya kalo cuk kalo vespa berhenti itu ngadep ke kanan kalo mau di engkol ke kiri kalo mau jalan diganti ngadep ke atas bang?….
    Mohon penjelasannya bang🙏

Tinggalkan Balasan ke ordinarygie Batalkan balasan