Oleh: arantan | Oktober 9, 2013

Honda CBR 250R, motor juara kok sulit di penjualan?

Petikan dari detik.com di sini.

Jakarta -Awan kelabu masih belum pergi dari dua model motor Honda di Indonesia, CBR250R dan CS-1. Di September lalu Honda hanya mendistribusikan 1 unit CBR250R saja ke Indonesia. Nasib lebih buruk bahkan terjadi di CS-1 dimana tidak satu pun motor yang terdistribusi.

Masih dari artikel yang sama, inilah nasib Honda CBR 150R

Nasib kurang bagus juga dialami oleh CBR150R. Sebab, penjualan adik dari CBR250R ini di September lalu terhitung anjlok. Bila di Juli dan Agustus ada 1.012 unit dan 709 unit CBR150R yang terjual, di September hanya 24 unit CBR150R yang berhasil didistribusikan Honda di Indonesia.

Sementara itu petikan dari Oom Satar tentang kesuksesan Honda CBR 250R di sirkuit ada di sini.

Menurut Oom Satar, walau 1 silinder, Honda CBR 250R lebih unggul dari Kawasaki Ninja 250 karena motor baru, unggul di  teknologi dan pembagian beban. So Honda CBR 250R sebetulnya proven on track, sukses di sirkuit, tapi justru tidak sukses di penjualan dan jalanan.

Tanya kenapa?

Kalau soal unggul di sirkuit konon karena ada regulasi tentang berat minimum 1 dan 2 silinder. Kawasaki Ninja 250R yang 2 silinder konon harus lebih berat 25 kg dibanding Honda CBR. Padahal berat dari pabrikan antara keduanya hanya beda tipis dan saya rasa semua orang tahu soal ini.

Berikutnya soal suara, memang dari AHM menyebutkan suara 1 silinder pun punya fans tersendiri. Bahwa ada juga lho yang suka dengan bunyi mirip mega pro tersebut, baiklah, bisa jadi. Tapi ujiannya tentu di pasar, kenyataan di pasar menyebutkan, banyakan mana yang suka suara 1 silinder dengan 2 silinder?

Boleh juga dibilang di jalanan yang penting adalah torque! Yang penting akselarasi, tarikan awal! Ya tapi lagi-lagi bukan itu alasannya.

Iseng-iseng coba cek motornya blogger, ada yang pakai CBR 250R?

Atau apakah sulitnya jualan karena ada kendala di impor? Memang stock dari sononya sedikit begitu? Bisa jadi juga, mengingat inilah yang terjadi di Honda PCX 150, sampai inden 5-6 bulanan.

Saat ini dengan lawan tanding Ninja 250 saja penjualan CBR 250 sudah … ya tiarap lah, bagaimana nanti kalau tahun depan Yamaha keluar dengan sport bike 250 nya?

Back to drawing board lah, tunggu Yamaha keluar 2014, 2015 keluar revisi CBR 250 2 silinder lah!


Responses

  1. ya mau gak mau harus 2 silinder. kelas ini bukan kelas ecek2 yang pengen ekonomis dan irit.

    tapi sayang pak,… FBH lebih suka yang 1 silinder.
    😉

    • hahaha diwarung mana2 yg dibawa2 fbh ..cinta banget mas roy hehehehe..pisss..

      • ya dari pada ente om.
        dimana gw nyebut FBH, disitu ente reply komeng ane.
        😉

      • benci fbh ni yee hahaha

    • sakimg sayamgmya gue ama ente cyiin hahaha

  2. Ya mungkin saja keyakinan honda benar. Mesin 1 silinder ada punya fans tersendiri dan punya value.
    Tapi kalau saya ditanya apa nilai minus dari CBR250 = design bodinya nggilani pak wkwkwkkwwk.
    Apalagi liat spionnya. Mana tahaaaaaannnn….

  3. ganti desain dan mesin 2 silinder pasti joss..

  4. selain masalah satu selinder – desainnya yagn kurang kuat terlalu kalm..jauh kamana-mana ama kwkN250 ..pokonya ga kerenlah

  5. biar 250cc satu silinder yang penting joss performanya… 250cc dua silinder ??..ngga diharamkan koq, asal bener bener dua silinder yang powerfull dan ngga ada cerita keoq sama satu silinder…gw sikaattt….

    masalah design ?.. sama aja kalo misal si roy bilang pacar/bininya paling cakep sedunia, padahal menurut gw ya jelek…nah, itu kan balik ke selera…

    • ternyata selera orang yg suka 1 silinder cuma 1orang doang, terbukti di penjualan
      dan orang yg berselera 2 silinder jumlahnya ribuan.
      adakah yg salah dengan selera ribuan orang itu? atau malah yg 1 orang itu?

      • nampol om comment-nya

  6. berhubung cbr adalah produk global maka yg perlu dilihat adalah penjualan secara global, jika secara global juga lesu honda harusnya berbenah memenuhi keinginan mayoritas buyer.

    • nah ini betul CBR ini kan emang produk global kalo penjualan lesu secara global ya pasti honda bakal merevisi ulang CBRnya…lain ceritanya kalo buatan AHM sendiri…

  7. CBR 250 kalah dimodel mas..

  8. masalahnya di global model 1 silinder ini laris
    ga yakin honda ngasi AHM buat bikin model 2 silinder kalo jualannya cuma untuk indonesia atau asia tenggara doang

  9. mungkin permasalahan lainnya adalah inden yg terlalu lama utk pesan cbr150 dan cbr250…..
    bulan agustus kemarin pernah mampir ke dealer honda yg di dewi sartika, informasi dari sales nya, utk meminang 2 tipe tersebut harus inden kurang lebih 6 bulan dan harga tidak mengikat…..
    buat calon pembeli yg udah ngebet, alternatifnya ya cari yg seken atau pindah ke merk lain…..

  10. filosofi ninja lebih masuk mindset konsumen (250 cc) sini

  11. Juara balap belum tentu juara di penjualan, kalau di motor bebek seperti Jupiter z vs Supra x 125. kalau di sport 250 cc antara CBR dan Ninja, kalau bicara indonesia motor 250 cc sudah termasuk prestisius jadi harus punya karakter tersendiri, tidak sama dg kebanyakan motor, dari desain dan mesin berkarakter. Kalau bicara pasar luar mungkin 250 cc itu termasuk kelas pemula, yang lebih mengedepankan efisiensi, dan kemudahan berkendara.

    • artinya khan susah buat honda buat 2 silindr khusus pasar asean?

      kecuali penjulan cbr 1 silinder kalah ama kawak, baru buat 2 silinder mungkin

      • @bdt, susah, bisa jadi, atau tidak mau susah.
        Kalah dari kawasaki, mungkin, tetapi mungkin masih menunggu seterunya, apakah 2 silinder atau 1 silinder?
        Honda global mengeluarkan cbr 1 silinder karena mungkin juga untuk 2 silinder diwakili cbr 500 dan vtr.
        Ngawur.com

  12. yach ngak beda jauh lah ma si jupi

  13. produk global om.😀
    coba deh cek dinegara yg jualan nih motor.
    laris mana sama ninja 250/300..
    kalo masih laris ya alamat gak bakal jadi 2 silinder…
    kalo dirubah secara desain masih mungkin.
    kan lifetime-nya udah waktunya facelift..

  14. Numpang komen, saya setuju sama masalah lamanya indent. 2012 lalu saya pernah ke Honda Dewi Sartika, malah sales-nya bilang sebaiknya tidak usah beli CBR250 atau PCX150, karena masa indentnya gak jelas dan tidak bisa dipastikan kapan datangnya. “Beli Vario aja Pak”, kata sang sales..

  15. Di Indonesia mungkin Ninja 250 lh populer
    Tapi dibelahan dunia lain klo ga salah CBR 250 lebih superior

    ===========================================================
    http://sarungjokcooltech.wordpress.com/2013/05/15/sarung-jok-anti-panas-cooltech-new-cbr-edition/

  16. kebanyakan rider anak muda kita kan yang penting gaya meski ga nyaman

  17. politik AHM lah di balapan, si Ninja suru balapan sambil bawa barbel 25 kg, ya curang donk, hehehe…….(Tanya Ken-apa)

  18. Bro yg di atas ngak salah. Secara global penjualan memang ngak beda jauh. Bahkan kalo says lihat di forum2 yang berbasis di amrik, banyak yg meyarankan CBR 250 ketimbang N250.

    Kalau theory saya, ada perbedaan yang besar antara pembeli motor 250cc di Indonesia dengan di AS/Eropa.

    Kalau di Indonesia, motor 250cc bisa di bilang motor mewah, motor “angan2”. Mungkin harus menabung beberapa bulan untuk DP nya doang. Jadi kalau di suruh memilih, pasti pilihan jatuh model yang designnya lebih racing/aggressive, model yang dua silinder. Karena bagi mereka inilah “puncaknya” kepemilikan motor. It’s as good as it gets. Kalau mau di atas itu harus bayar berkali2 lipat Karena pajak import dan ppnbm.

    Sementara kalau di AS/Eropa motor 250cc dianggap sebagai motor pemula, sehingga pertimbangannya amat berbeda. Mereka Cari yang lebih murah, bobot lebih ringan, dan mesin yang sederhana. Toh dalam satu dua tahun mereka akan upgrade ke motor yg lebih besar. Di mindset ini, hampir tidal ada bedanya CBR dengan ninja.

    • ya diliat dari GDP ny motor pada umumnya aja om.
      Di US/Eropa paling umum ya multisilinder. sedangkan 1 silinder jarang ada di kelas 250cc tersebut.

      belum lg bahwa di sana kelas 250 adalah kelas pemula. sedangkan disini matic or bebek dianggap kelas pemula.

      dari sini aja udah kliatan donk. kelas pemula di amerika jelas berbeda dengan kelas pemula disini.

      dari sini pula terlihat mindset mereka dan orang indonesia yang 99% motor nya 1 silinder.

      bagi orang Indonesia pula 2 silinder memiliki prestise tersendiri. jadi jangan pikir rakyat negri ini bodoh tapi karena mindset disini motor sport 1 silinder itu kaya kacang goreng.
      😉

    • bingung euy pada bilang diluar lebih laku cbr 250 dari mana sih? perasaan kalo liat2 motovloger luar negeri lagi ngumpul2 kagak pernah liat yg pake cbr 250 banyakan pake ninja apalagi semenjak ada ninja 300/250fi…

      • cbr lebih laku diluar negeri kan kata fbh doang dari 2tahun lalu bahasanya begitu begitu aja kalo bahas MS cbr yg jeblok

        untuk motor pemula di luar negeri yg lebih populer kalo gak ninja 300 ya yzf r125 atau wr125x

  19. karena isu yamah 250 sih jadi pada nahan beli motor 250kalo ninja 250fi emang bentuk nya manis

  20. Bek e rego 35jt payu omm..;D

    Ayo om,nggawe novel maneh

  21. kalo awalnya ninja 250 masih merasa jadi raja segalanya, design, speed, dan suara knalpot, sekarang perlahan lahan bisik2 dikalangan biker menyatakan motor kencang ya cbr… pertahanan ninja tinggal suara knalpot yang stereo..design masih relatif.. sebenarnya kekalahan ninja di sirkuit benar benar tamparan yang memalukan!.. dua silinder keoq sama satu silinder hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para pemilik ninja dan dua silinder antusiastik.

    Psy war tamparan teknologi honda kepada kawasaki benar2 menghunjam hati para petinggi kawasaki, tapi saat ini mereka masih diam, masih hitung2 biaya untuk menghadirkan mesin baru dua silinder yang benar benar tangguh. Tapi kawasaki tidak bicara cuma di indo, dia juga harus mikirin namanya dibelahan dunia sana yang lebih maju dan berpengaruh yang menuntut mesin efisien, ramah lingkungan dan powerfull. Moso tahun 2013 gini masih bikin dua silinder lemot yang keoq sama satu silinder ???…tapi kue jualan di indo masih menggiurkan…galaulah si kawasaki…KMI ?..dia sih cuma importir umum berkedok ATPM…

    • motor kencang ya sampe saat ini dan tak terbantahkan ya cuma 2 om.

      1. TZM 150
      2. NSR SP
      😉

      • CS1 jangan lupa om, 160 kpj gitu lohhh

      • Ah nggak juga tuh…. ay punya mimin jaul lebih kentjang,,,,, teknologi dewa jelas beda lah….

    • ..bener juga pendapat dirimu bos… dolo di ejek2 mana bisa cbr nandingin kecepatan nya ninja, ealahhhhh jebule 1/2 menit gap nya …. sekarang alasan nya : suara merdu aka stereo yang buat alesan lagi, spead udah ngak di kumandangkan…. tapi masih di kumandangkan speed di jalan raya, di pantura, ngeri tabrak bis malem… wkwkwkkwkwkwkww…

    • Kesurupan ni bocah sales

    • Cba aja tanya para cewe..cewe2 aja ga ngiler liat CBR 250..mirip motor jadul..klu mau laku,benerin dlu tampang nya..krna klu msalah mesin udah ox..tampang nya aja yang jelek and jadul..bikin prmpuan2 ga ada yang nglirik.

  22. pesona 2 cyl belum terkalahkan, maklum dari matic sampe bebek 1 cyl semua…… pastinya orang Indonesia milih sensasi rasa yang berbeda..
    http://macantua.wordpress.com/2013/10/09/modifikasi-hobi-tuntutan-atau-tantangan/

    • Lha, Honda CB200 jadul yg 2 silinder saja masih banyak peminatnya.
      Termasuk saya …🙂

      Kenapa ?
      Halus suaranya, beda sama CB yg 1 silinder ……

      • Ya efek 2cyl nya itu. Suara merdu plus tnaga atas yg nyus bkin ninja lbh laku. Kcuali smua orang yg mu beli sport 250 msh mikir irit. Itu beda lg

  23. bagaimanapun jg sensasi 2 silinder bikin ngiler,klo diluar mgkn byk pilihan mtr 2cyl la di ina?klo mslh desain itu puny pengemar msng2,sambil berharap h sama y secptny ngeluarin 250cc 2cyl

  24. Pertama karena beda budaya disini 1 silinder di anggap inferior, kedua karena jualannya gak niat karena marginnya dikit ketimbang produk ckd…..

  25. Gw mau beli CS-1 kalo masih ayam alias Nova Sonic. Kalo bebek begitu ya mending beli Jupiter MX.

  26. saya pake ninja250 fi utk harian….rasanya puas…puaasss…puuuaaaaassss….apalg pas bisa tarik ampe 11rb rpm…wow sensasinya itu loh, hanya para ninja’ers yg paham. hahahahahaa…padahal baru 250cc ya

  27. jawabanya cuma satu … satu silinder … trus apa bedanya ama 99% motor yang beredar di sini ?

  28. Yoi… mslhnya ya krn cuma 1 silinder. Kalo hrg beda tifis ama yg 2 silinder, ngapain ngambil yg 1 silinder? Dgr suara mesinnya aja adem bin alus, apalagi kl 4 silinder. Lagian Ninja jg disainnya ganteng berkarakter dan brand Kawasaki jg punya filisofi khas Jepun yg kuat dan punya karakter: IJO itu ya KAWASAKI. Brand Jepang mana yg punya ciri khas, kyk “MERAH FERRARI itu ya DUCATI”. Paling adanya cuman warna livery team balapnya doang kan?
    Yg pasti nih, yg ngotot tetep beli CBR itu udah pasti 99% yg fanatik merk Honda, makanya bela2in walau valuenya gak dpt. Konsumen sini udah pada bosan ama 1 silinder, ini kok malah disodorin 1 silinder lg, apa kata dunia?

  29. Model body fairing nya kali om yg jadi bahan pertimbangan…saya ngliatnya,,dri dulu org kita demen ama motor fairing yg bner2 sporty,,keinget jaman doohan lah..makannya nsr 150 SP..laku keras dimasa nya..itulah fairing yg pure sporty..

  30. Bukan masalah juara atau gimana… Yang jelas orang Indonesia udah bosen sama 1 silinder. Ditambah juga dengan desain yang ‘nanggung’😀

  31. mindset orang sini beda. yang dua silinder menurut mereka sesuatu yang wah dan unik dan tidak memperhatikan aspek lain seperti chasis, ketahanan mesin, tehnology, value, kenyamanan, durabilitas, kualitas material. gw sih cukup kasihan sama orang-orang yang kaget dengan mesin dua silinder segaris.

  32. di Indonesia CBR emang gak laku dibanding ninja, coba lihat data penjualan di luar negri. ninja gak laku, makanya kawasaki produksi ninja 300. kalo soal kalah di race IRS, itu udah fakta. gausah pake banyak alasan soal regulasi bobot lah. itu kan udah ada perhitungannya dan disetujui oleh kedua pihak. dan alasan-alasan yang baru muncul adalah bahwa CBR didukung pabrikan penuh, sedangkan ninja tidak. sekarang gini, emang lo pikir yg bisa juara atau finis di barisan depan cuma cbr nya ART doang?. cbr lain yg tidak didukung pabrikan pun juga finis di barisan depan, dan di barisan belakang isinya ninja ninja. coba cek hasi race 3 seri terakhir, CBR banyak finis di barisan depan

  33. beli ninja 250 = beli suara
    mau penjualan CBR disini jeblok kek, toh bukan gw yg rugi😀. Honda juga bodo amat kali, yang penting CBR pecundangi Ninja di sentul

  34. Harga pasar sekennya pun ancur. yg non ABS cuma selisih 3jt dari seken CBR150 dengan tahun sama

  35. penjualan jeblok sih ya karena mindset konsumen di Indonesia aja ko, soalnya disini nganggapnya kalo motor 250cc itu udah kelas wah jadi harus punya fitur2 yang wah juga jd psti konsumen juga cari yang lebih, dari jumlah silinder sampe jumlah lampu he3, tapi ane pribadi pake CBR 250 karena ya emang ini yang ane pengen, bukan karena honda nya karena ane tiap beli motor pasti nyobain semua motor sejenis/sekelas dulu dan dari situ bikin kesimpulan mana yang pas buat ane, dan ternyata di kelas 250cc yang paling ane suka karakternya ya cuma Dtracker X sama CBR 250, cuma karena D tracker x harganya lagi naik jadinya beli CBR he3

    dan betul setelah beli ni motor banyak yang ngomong, cuma 1 silinderlah, lemotlah, bentuknya anehlah, selera ane jeleklah dll, tapi ane sih peduli amat soalnya ane enjoy banget sama ni motor,touring enak, di kota enak, boncengan enak, jadi ga ada masalah kan? toh selera semua orang ga harus sama, masa ketika org lain pada doyan ninja 250 ane kudu doyan juga?

  36. Nimbrung….
    Kl diluar negeri lebih laku cbr 250, maka yg pake ninja 250 ada orang yang aneh, bodoh, dan mikirin ego pribadi.
    Tapi…..
    Di indonesia, penjualan ninja 250 adalah yg terbesar (bahkan lebih besar dari negara lain), maka yg beli Cbr 250 diindonesia adalah orang aneh, bodoh dan egois.
    wkwkwkwkwkwk…….
    Tinggal menyesuaikan saja kita tinggal dimana, beli cbr di eropa kira orang pintar, di indo kita orang mementingkan ego.
    Beli ninja di eropa orang egois, di indonesia orang pinter.
    — Ga ada yang absolut, cuma mau dicap aneh apa kaga —

  37. Tambahin lagi, yg beli cbr250 bawa pasangan/pacarnya, terus si cibi di jejerin dgn ninja 250 mesin di hidupkan. Terus pasangan/pacar suruh nilai, gimana?
    Kl pasangan/pacar milih ninja tetapi anda beli cbr…ini warning calon suami/suami anda adalah tipe egois….jiakakakaka…lempar gas

  38. kalo disuruh pilih cbr 250 sama ninja 250, ya mending pilih ninja kemana2 lah. cbr garing design nya spt motor katrok.

  39. Gue baru ambil ninjaABS SE yg sebelumnya pake cbr, jauh lebih pede bawa ninjalah suara mesin ma knalpot mantap bro ga nyesel ambil ninja, ga kayak cbr

  40. memilih sebuah motor itu adalah hak seseorang,suka suka lu suka suka gue.
    kalau dipakai harian berfungsi sebagai sarana transportasi.
    dipakai di sirkuit berfungsi sebagai sarana olah raga.
    mau berdebat dan menganggap punya ini atau itu yg paling bagus pekerjaan sia sia aja.
    smakin bagus motor kita smakin rawan kesombongan..
    smakin kencang motor kita smakin rawan kecelakaan..

    • Bener OM

  41. cbr 250 motornya irit dan gak bikin dompet sobek,,,gue lebih suka cbr ketimbangn si ninin,,,dari body aja udah berat banget,,any way,,honda adalah motor juara !!! dimana aja, di moto gp maupun kejuaraan lokal..honda tak tertandingi,,,mau bukti apa lagi ? ….pak lek rossi, stoner, bahkan si baby alien marques sudah membuktikan ketangguhan honda, apalagi cuma kelas kejuaraan lokal,,ninja keok, di moto gp hilang batang hidungnya,,gak nyesel dah beli cbr…

  42. Pembeli produk sepeda motor di kelas 250 cc yang kisaran harga 40 juta ke atas,,,, tentu selera nya berbeda dan lebih eksklusif,,, serta lebih banyak menganalisis berbagai aspek yang ada pada motor nya itu sendiri,,,, tidak bisa di paksakan berdasarkan selera produsen,,, hehehe

  43. Msalah nya bkn di cylinder nya..msalah nya itu di body nya,,motor nya mirip motor jadul..mna laku lah..liat nya aja ga napsu,apalgi mau membeli nya..cba lah liat motor Ninja,bnyak yang ngelirik ninja,,jd pd ngiler pengen beli ninja..cba lah honda itu mengadopsi moto GP saat ini..psti laku keras..jngn bentuk nya sprti moto GP jadul..ogaah bnget liat nya jg.

  44. Tampang nya dlu benerin..cewe2 aja ogah liat tampang CBR 250..aplgi cowo2..klu ninja lewat,cewe2 itu liatin truz smpe motor nya ga kliatan..tp klu CBR ada di sebelah nya,liat nya aja ogah..tampang nya jadul..mesin Ox tapi tampang jadul..ya mana laku..boro2 pengen beli..ngeliat nya aja ogaahh.

  45. Kenyataannya penjulan cbr 250 payah di kelasnya, apalagi sekarang ada yamaha R25. CBR 250 selama masih pake mesin 1 cylinder,mau di rubah pake body model apapun tetap aja penjualannya semakin ANJLOK.

  46. Ikutan ah sebelum di tutup bahasannya

    Saya suka bngt sama honda sama tau karakteristik honda kaya apa, penyakitnya, performa maksimalnya maklum dari kakek belinya itu mulu…jatoh naik motor juga pake H-O-N-D-A huft…(gaya bocah)

    Sekarang beda dari sekian lama ane punya motor akhirnya ane mulai bosen sama honda yang berusaha memberikan banyak mimpi dengan teknologinya yang di gembor-gembor kan lebih canggih…gak bisa boong selalu yang pertama tapi gak bisa yang terbaik ketika yang lain mulai menyamai teknologinya buat apa yang pertama klo akhirnya jadi yang kedua.

    Saya suka honda tapi mau rasa yang beda maaf sebelumnya klo ada yang tersunging. klo ada yang beli motor sport tapi mikirin irit itu ada dua kemungkinan.
    1. udah tua responsive dah turun jadi pilih yang medium plus kocek pas2an
    2. itu orang ngomng dan nanya2 sama yang text book,plus kena racun sales.(contoh: jng bilang ke sales klo punya motor yang satu merek sama yang ditanyain, ente kena jebak)

    ane udah nyoba yang ninja sama cbr 250 awalnya prefer ke CBR karena belom nyoba dan turunan kakek,bokap,kakak,dan akhirnya kebawa.

    ane tes di jalan Bekasi Tau kan padet merayap jalanan jelek panas tapi klo jalan dah bagus dah konblok Lapis Aspal..
    ane coba di jalur pinggir kali yang enak buat tes sambil celangak clinguk liat pak POS takut di tilang.
    1. NInja Berat Gila CBR Good Friendly With Indonesia Body
    Buat Zig-Zag enakan CBR ringan dan traksi lebih mudah, Tapi Saya pilih NINJA kenapa !!! saya udah tau Bodi Posisi Sampe Traksinya jadi dah Gak Pake Stang aj klo Belak Belok pas dicoba itu bisa diakali.
    2.Akselarasi Ninja Lebih berat Awalnya CBR maknyus dah gak sempet merhatiin RPM maap Goodnya pada dimana. Tapi saya pilih ninja Kenapa Akselarasi Cuma beda dikit klo ngebejek Gasnya Benar dan Revnya benar dan Powernya dah pasti menang ninja (saya suka power akselarasi bisa diakali ubahn minim pun membantu).
    3.Ini dia yang dah beli CBR jng sedih saya berusaha adil (Klo buat macet aduh pegel bngt pake ninja klo CBR masih lebih enak)
    4.Power udah Akselarasi udah handling udah bobot juga udah. oia (bahan bakar) panjangin yang diatas. bahan bakar gak terlalu meratiin ini cuma pake logika aja, NInja pasti lebih Boros kerena dia 2Clynd dan CBR 1 Clyn
    Kubahnya otomatis butuh lebih banyak bahan bakar biar TMA,TMB in&ex good. awamnya begini motor kencang dah pasti boros tapi motor boros belum tentu kencang.

    Pilihan Pribadi akhirnya ninja walaupun untuk jalan kekantor naik ninja pegel bisa di pijit sekali2 sama bini buat alesan biar makin mesra.18+++ blom nyoba R25 temen belom ada yang punya hehe. buat honda Semoga bisa memuaskan pecintanya.

    cuma itu yang bisa di share. ayo kita share sehat untuk kepentingan bersama mohon tambahan juga koreksi untuk tulisan saya.

    Maaf klo ada salah kata dan tersinggung maklum orang awam.

    Salam hormat

    EMO

    sales maaf ya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: