Oleh: arantan | Oktober 7, 2013

Semakin tingginya harga helm impor

Waktu saya beli helm Nolan N43 di pertengahan tahun 2011 di juragan helm, harganya masih di 2.x jt tengahan. Itu harga tipe yang atas dengan grafis tri color merah – putih – hijau, dengan dalaman warna coklat. Kalau Nolan N43 yang polos di 2.x an awal, itu dulu. Setelah tipe N43 *saja* muncul update berikutnya yaitu N43e dengan perbedaan di chin guard, sekarang muncul lagi tipe yang lebih baru yaitu Nolan N44, harganya sudah sekitar 3.3 jt an rupiah brrrooo! So cuman selisih 2 tahun, harga sudah melejit 1 jutaan!

Memang nilai rupiah terhadap dolar lagi menurun, tapi ya ampyun… naiknya sejutaan bro?! Kayaknya sekarang mengincar helm yang di bawah itu saja, di atas 3 jtan sudah masuk efek psikologis.


Responses

  1. mau tanya mas kalo beli helm budget nya yang pas berapa persen dari penghasilan kita?

    • Menarik bro.
      Rasanya mending bukan dari penghasilan, tapi dari kebutuhan berkendara, itupun syulit juga ya.

      Kalau ban ada klasifikasi, ban anu sanggup berjalan sampai dengan kecepatan sekian. Ban ini cocok untuk permukaan basah – kering dan lain sebagainya. Sementara helm tidak ada.

      Setahu saya tidak ada klasifikasi helm berdasarkan speed, contoh, saya jalan di komplek saja, max 20 kpj, cukup pakai helm half face misalnya. Atau misal saya gemar mengebut, harus pakai helm full face banget, lapis 2 kali. Ini karena penyebab kecelakaan bisa jadi bukan karena pengendara, bisa jadi kita sudah pelan, tapi ditabrak sama orang yang lagi kenceng…

      Yang ada paling standard bro, contoh helm A memenuhi SNI, memenuhi DOT dan lain-lain. Jadi sebetulnya yang paling bener beli helm memang kalau beli helm berdasarkan standar keamanan… baru lihat bentuk, lihat grafis. Tapi ya itu, kadang-kadang jaminan merk memang memberikan keamanan di hati.

      Kembali lagi ke pertanyaan bagusnya bro. Helm berapaan? Ya saya rasa minimal SNI, setelah itu ya kerelaaan bro, kalau di proporsikan ke penghasilan syulit, proporsi ke harga motor pun juga syulit.

      • makasih jawaban nya mas

    • kalo dari sisi dana lebih baik SNI, toh untuk commuter udah cukup untuk proteksi nya, kecuali kalo buat kebut2an. tapi std helm dari pabrikan motor sudah cukup memberikan proteksi buat kepala kok.

      bokap ane pernah jatuh dari motor di tabrak alay dengan kecepatan tinggi, helm nya retak tapi bokap fine2 aja.

      helm hadiah dari suzuki ketika itu. asumsi gw pribadi SNI sudah cukup untuk commuter. kalo mw race ceritanya beda lg.

  2. makin gak kebeli dah helm impor😆

  3. pake helm mahal branded(import) pasti bangga dan puas ya? nah dari segi kenyamanan dan ergonomi piye bro… lebih enteng kah? lebih adem kah? lebih senyap kah sampe angin gak masuk?(mati dong), atau mungkin bisa proteksi panas sampe sekian derajat atau tahan benturan sampe 1 ton mungkin? dan kaca pun anti silau, anti panas kayak v-kool?

    #bener2 gak tau lha wong punyanya helm lokalan sajah

  4. Helem yang baik adalah helem yang pas dengan ukuran kepala dan sirkulasi udara dalam helem lancar, bobot ringan tapi kuat dari benturan, sepon pelindung dalam tebal dan nyaman, ada penngait dagu yang kuat dan licin di samping sudah masuk setandar SNI sukur sukur sudah lolos SNI , DOT atau dan Snill terlepas dari harga dan pabrikan helem entah import maupun lokal, helem mahal merek import belum tentu nyaman di pakai … Rekomendasi lebih aman lagi menggunakan helem full face

  5. Dari pengalaman saya yg thn lalu jatuh dari motor, saran saya sih alangkah baiknya beli helm yg rada bagusan. Kalo ada yg bilang helm standar SNI udah bgs, saya kok gak yakin ya, gak yakin ama sertifikasinya itu lho, maklum lah kl di Indonesia semuanya itu gampang dibeli asal ada duit. Saya lbh cenderung milih standarisasi internasional.
    Saat kecelakaan thn kmrn helm saya “habis” kehantem aspal dari dpn sampai blkg, soalnya kepelanting. Biasain pilih ukuran helm yg ngepress di kepala, jgn yg kendor dgn alasan buat nyelipin HP atau gampang dipakai & dicopotnya, salah besar bro., krn otak di dalam batok kepala ente taruhannya. Saya ngomong gitu krn sehari2 lht di jalan sebagian besar pada pakai helm ala kadarnya aja. Kalo ente2 biker sejati sudah seharusnya pakai helm yg baik dan bener, jgn lbh sayang duitnya drpd kepala ente. Awal thn depan, saat saya kembali ke trek dgn motor baru, saya malah berencana beli helm yg lbh bagus lagi, krn selain buat perlindungan namun jg bagi saya helm itu cermin dari jati diri saya. Mosok naik Z800 pake helm abal2 sih? hehehe…

  6. Saya beli N44 2 bulan yang lalu sih masih 2,8. Naiknya cepet amat.


Tinggalkan Balasan

Kategori

