Oleh: arantan | Oktober 5, 2013

Kenapa motor tua tidak lagi service ke AHASS?

depan-ahass

Siang ini saya baru service PCX saya di AHASS Clara Motor Jalan Panjang, ini service kedua, tapi di buku adalah service ketiga, tinggal satu kali lagi service gratis.

Ketika saya amati, motor-motor yang sedang menunggu ke AHASS umumya masih berumur muda, kebanyakan plat nomor bertahun 17 atau 18, sisanya ada yang plat 15. Plat 18 artinya motor keluaran 2013, ada yang masih bulan 08 dan bahkan 09 alias baru bener-bener gress! Diluar itu memang ada 2 motor yang punya plat tahun 15, tapi hanya 2, sisanya sekitar 20-an motor yang sedang di service merupakan motor-motor baru …

Kenapa tidak ada motor lama di AHASS? Karisma? Supra lama? C70, Tiger saja tidak ada,  he he he… Motor Honda diatas 5 tahunan seolah minggir sendiri ke bengkel-bengkel non resmi. Kalau ditanya kenapa? Ya pastinya ada kelebihan yang bisa ditawarkan dari bengkel non resmi yang tidak bisa di akomodir oleh AHASS. Saya pun setelah motor tidak lagi dapat service gratis, tentu saya service ke Leo Performa. Saya cuman ke AHASS karena nyobain dan gratis, he he he. Padahal ya kalau mau jujur hasilnya tidak terlalu beda dengan Leo, alias memang beda, tapi nggak beda-beda amat🙂.

Kira-kira kenapa saya dan pemilik motor yang tua tidak lagi ke AHASS?

Lama nunggu, di hari itu motor saya masuk jam 11:15, kepotong break makan siang dari jam 12:00 – 13:00, motor baru dipegang jam 14:00, selesai 14:30 alias lammma bwanget brrroooo. Padahal Clara motor Jalan Panjang adalah bengkel AHASS yang besar banget, mekaniknya banyak, liftnya ada 8-an.

Mahal, mungkin-mungkin saja bengkel pinggir jalan lebih affordable

Parts terbatas, oli dan parts pasti terbatas “resmi” dan anjuran standarddari ATPM, kalau mau minta oli Respol misalnya, walau sponsor MotoGP ya nggak ada.

Kualitas mekanik juga standard? Maksudnya standard juga bagus, tapi ya standard saja, mungkin kalau ada permintaan khusus mungkin tidak bisa diikuti…

Relationship, relation saya ke Leo sudah OK, dia sudah sreg dan tahu benar dengan kebutuhan saya. Sementara kalau ke AHASS ya kenal juga nggak kasir juga ya nggak kenal lah, yang ke AHASS pun segambreng, orang-orangnya tentu beragam, ada ibu-ibu ada anak muda. Sedangkan kalau di Leo yang kesana pun umumnya saya tahu orang-orangnya he he he.

Tapi harus diakui, motor-motor saat ini pakai ECU yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan peralatan khusus diagnosa dari pabrikan. Ya mau gimana lagi, berarti motor baru secara periodik tetap harus di bawa ke bengkel resmi dan kalau kebetulan Honda ya AHASS…

PCX-service


Responses

  1. mekanik bengkel resmi itu cuma ‘lepas yang lama, pasang yang baru’. menurut saya kurang kreatif, kurang bisa ngakali kerusakan😀

    • ada kok bro yg kreatip tp gak banyak biasanya terima service dirumah ato bengkel temen kalo habis plg kerja/libur. kalo di ahass ya gitu deh…terbentur aturan dan SOP.

      • klo di Ahass mekaniknya ada predikatnya bro, kaya pangkat keahlian gitu deh… coba cari yang udah tinggi pangkatnya deh. sekali waktu saya coba dan hasilnya menakjubkan, dia bisa diagnosa kerusakan hanya dengan dengar suara mesinnya aja. entah kebetulan atau mmg expert yaa.. tp mekaniknya juga mao koq ngakalin klo memang masih bisa diakalin. hny dia kasih prediksi umurnya dan kita sendiri yang milih mau ambil resiko atau langsung ganti.
        Oia saya bandingkan bbrp bengkel Ahass memang service nya beda-beda meskipun standarnya sama, tapi bbrp bengkel mengijinkan kita bawa sparepart atau oli sendiri (asal kita ada service lain, saya biasanya sekalian tune up)..

  2. karisma saya masih sering main ke ahass kok bro.hehe

  3. rada kapok sih ke beres…..untung motor masih karbu.

  4. Sama mas arnatan … Saya kurang sreg serfis pcx 150 putih milik saya ke Ahas karena di samping lama nunggunya kadang mekaniknya agak teledor , masa kaca sepion yang sepele aja bisa kendor plus dapat cuci gratis tapi nyucinya asal nyemprot tidak memperhatikan isi bagasi yang ada peralatan elektronik maupun kertas fail penting … Bikin ngudung mas

  5. Terakhir tahun ini, sebelum megapro 2003 ane di jual.
    Seluruh motor ane semua k ahass bintang d citeurep, padahal ane jauh dr cileungsi.
    Ada karisma, megapro dan vario.
    Fbh sejati nih…. Oia, ada 1 lg ane punya tvs rockz yg mau ane lego.
    Masih ada ko ahass yg asik, cuma ya itu… Mesti cari2 yg enak…..

  6. 1. mahal
    2. suka ngadalin customer. dikit-dikit disuruh ganti part
    3. harga gak sebanding. ada yang lebih murah dan settingan bisa request kenapa enggak?😉
    4. ahass menang di fasilitas. bersih, adem, kadang ada yang pake ac juga.
    5. jaminan garansi. ada yang bilang kalo gak keisi full buku service rutinnya, garansi 3 tahun hangus😦

  7. Bukan tidak bisa ngakalin…bengkel ahass itu pajaknya mahal.kalau dia ngakalin gimana bos mau bayar mekanik,itu semua bos yang setting udah.kalau diahass rusak sedikit langsung disuruh ganti.karena untung spare parts 20% kalau tidak salah.dan pergantian spare parts juga tidak memakan waktu yg lama.kalau ngakalin bisa memakan waktu yang lama dan ongkos service juga kecil.

  8. saya tetap akan menggunakan kata email pak, apakah dalam penulisan artikel ilmiah juga menggunakan surel/email? ini yang saya bingung.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: