Oleh: arantan | September 28, 2013

[Updated] Apakah rem injak kaki Vespa tua itu ergonomic?

Bagaimana sebaiknya posisi kaki untuk menginjak rem kaki Vespa yang di dek?

kaki rem vespa

Postingan ini diupdate dengan menambahkan beberapa foto pelengkap.ย Foto di bawah adalah model Vespa yang di modif jadi pakai rem di belakang dek. Posisi injakannya menyatu dengan footstep.

arantan-scooter-1721 arantan-scooter-1723 arantan-scooter-1724

Waktu saya belajar pakai Vespa kopling tangan, si pengajar bilang, kaki kanan siap di pedal. Saya bingung. dimana menaruh tumit saya? Kalau di dek kejauhan untuk naik. Ternyata dari pengamatan ke orang-orang yang naik Vespa, tumit harusnya dinaikkan saja ke dek atas tengah. Jadi posisi kaki kanan memang kedalam, terus telapaknya menyerong keluar ke kanan.

Awalnya saya acuhkan saja, toh Vespa yang saya coba sudah memiliki rem disc depan. Tapi banyak pe Vespa bilang, bahkan rem disc, fungsinya cuman sebagai “pembantu” alias basa-basi saja…. Eh ya bener juga, rem depannya kurang pakem…

Nyaman kah posisi injakan rem di kanan? Terus terang bagi saya ya enggak banget!๐Ÿ™‚

remkaki

remkaki2


Responses

  1. Kalau mau ngebut ya memang harus siap.
    Jadi, kalau saya dulu, posisi kaki menyerong keluar seperti itu tidak pernah saya lakukan.

    Jadi, pakai Vespa memang hanya untuk santai …….๐Ÿ™‚

    Btw, pernah memperhatikan bagaimana posisi kaki kanan sopir2 angkutan umum di daerah pegunungan, Om ?

    tumit di pedal rem, ujung jari kaki di pedal gas …….
    ergonomis ?
    tentu tidak, tapi dibutuhkan saat diperlukan menjaga putaran mesin saat berhenti.

  2. dibilang ergonomis sich emang enggak..bahkan kalo dibanding motor2 jepang maghh jauuuhhh bangeddd..!!!
    makin terasa gak ergonomis kala kampas rem ato tromolnya udah “tipis”.. bikin “dengkul serasa anjlok”…๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    saya sendiri sering ngalamin koq akhir2 ini di vespa odong2 ane yang udah tua..

    tapi gimana yachhh..???

    bagi ane, ane naek vespa karena suka bukan karena terpaksa… jadi yaaa nikmatin ajalah.. apalagi kalo ketemu di jalan saling melambai2.. sensasinya gak ada di motor jepang..

    kalo vespanya kenapa2 pun bisa sekalian menyalurkan hobi jadi “montir dadakan” en “ngebengkel” di trotoar.. ha..ha..ha..ha..
    beda kalo naek motor jepang magh.. yang ada malah ndorong ampe bengkel..๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    CIAOO..!!!

    • Beli aja oom kampas-an sih๐Ÿ˜›

    • Seneng bgt ngeliat kebiasaan saling melambai ini. Soal montir dadakan atau ngebengkel di trotoar, sayangnya gak berlaku buat modern vespa yang injection. Pengalaman LX150ie saya mati mendadak, gak bisa di-start. Ada 1 sikring yang selalu putus. Untuk ngurut kabel mesti bongkar batok lampu, glove box dan deck.

      Di bawa ke bengkel (dengan jasa angkut moge, karena kalau dorong saya gak sanggup, hehe..) pun 1 harian gak ketemu masalahnya, mekanik nyerah. Baru besoknya ditemukan masalahnya oleh kepala mekanik. Ada 2 kabel yang bergesekan di deket mesin, sehingga lapisannya terkelupas. Ternyata ini yang bikin korslet. Posisi tertutup kabel-kabel lain dan sulit sekali dideteksi. Kebetulan terlihat oleh kepala mekanik karena ada percikan api pada saat mesin coba dinyalakan.

      Meski demikian, saya puas dengan pelayanan mekanik Bengkel Resmi di Kebayoran Lama. Komunikatif dan dibantu sampai tuntas. Biaya pun hanya 25 ribu rupiah.

      • huweeekkk 25 ribu? enak tuh, kalo di ahass atau yim atau bengkel jepang lainnya uang 25000 cuma bisa buat servis ringan motor bebek, itupun sekarang banyak yg udah 35000, wkwkwk.
        ajib tuh bengkel vespanya

      • bengkel vespa nya top tuh…
        kalo di bengkel jepang 25rb udah gak ada artinya om…

  3. Bule naik vespa fine2 aja om(diliat postur tinggi2) gak mempermasalahkan letak posisi pedal rem kaki๐Ÿ™‚

  4. Dulu saat masih SMA pernah beberapa kali bawa Vespa. enak anteng meskipun dibawa ngebut, sampai klo belok susah. ternyata klo pingin belok sambil ngebut itu dengan sedikit di rem depan

  5. mantafff…
    cuma numpak n keliling sebentar doank. nyerah dah pake vespa…

    hahaha

  6. hmm… mungkin karena belum terbiasa, kalo sudah nemu “pas”nya gimana (posisi badan dan kaki) asik2 ajah tuh… lagian ada aksesoris footstep lokal plus rem kalo emang merasa gak seimbang dengan posisi kaki kanan di tengah.๐Ÿ˜€

    salam hangat buat “vespa ijo rider” ๐Ÿ™‚

  7. paling g ergonomis it rem model tombol..

  8. Itulah seninya vespa kopling tangan, kalo udah biasa ngendalikan vespa kopling, motor lain mah tinggal pembiasaan aja….
    Seni, art, juga skill, itulah vespa tua.
    Lambaian tangan k vespa ijo rider…

    • joss bro, ane aja belajarnya pake motor koplingan, termasuk pespa.
      jai ngendarai motor lain udah kaya main game, gampang banget.

  9. Bikin gak iso selonjor. MP3 masih pakai rem kaki ya? Maleeeees banget

  10. BYW itu PX new ya mas? kok ada indikator olsamnya?

    • Iya itu New PX bro

  11. Mengamati ajah….

  12. dulu ujicoba pertama naik vespa pake punya temen, dari halaman depan rumah ke aspal kebetulan menanjak agak tinggi, eh setengah tanjakan kopling gakpas jadi mesin mati, pontang panting antara nge~rem sama jagain biar gak ambruk karena vespanya mundur, rem depan bener2 terasa seperti aksesoris aja gak pakem sama sekali, untung gak sampe jatoh waktu itu, alhasil kapok coba vespa, kombinasi ngerem sama jagain biar gak ambruknya susah dikondisi tanjakan

  13. Yah, mbandingin motor udah usia 20 thn ya jelas banyak kurangnya. Tapi emang pedal rem di kaki gak enak bener. Khusus di matik, kaki kanan jadi gak bisa slonjor. Mentok ama itu pedal.

    Sedihnya ada Vespa Modern yg masih pakai pedal kaki. Jadi tuas rem kiri buat belakang, tuas kanan buat rem depan, pedal kaki buat rem kombinasi.

    Kalau masalah rem gak pakem, ya gitu deh, motor jaman dulu. BMW aja ndlosor kok kalau ngerem.

  14. Kalau saat saya masih kecil dulu, selalu bingung dan heran tiap liat rider vespa terutama saat mau jalan.
    Ndroonnnn…ndroooonnn…bletak!!! Itu masukin gigi satunya gimana caranyaaaa? Udah mlototin seksama nggak nemu caranya. Hingga akhirnya punya kesimpulan sendiri : vespa itu kalo kuplingnya ditarik otomatis gigi 1 langsung masuk wkwkwkwkwkwkwk…
    #baru nyadar dan ketemu jawabannya pas saya udah smp kalau nggak salah wkwkwkwkwkwkwk

  15. Menurut saya, Vespa lama PX motor dines adik ipar yg sales obat, sama sekali nggak ergonomis. Baik posisi remnya maupun kesan ridingnya.

    Kayak bro Roy, nyoba keliling sebentar di komplek terus nyerah.
    Rasanya koq mengkhawatirkan gitu.

    Tapi kalo bagi yg udah biasa kayaknya no problem, lha wong dulu saya pernah liat di suatu Minggu pagi, Vespa balapan ama RX King di MT Haryono Jakarta, si RX King nggak bisa nyusul.
    Baru tau juga saya bhw ternyata Vespa bisa ngebut.

    • bisa om, cuma gak bisa mereng2…

    • Eeeee…..jangan salah. Vespa itu 2 tak 150 cc loh. Jelas bisa ngebut. Cuma ngeri aja bawaannya. RX King berapa cc coba? (ini kalo ngebandingin cc doang loh ya):mrgreen:

  16. saya pernah pake excel 150, enak aja tuh, gak pernah masalah kaki, tangan ato apa lah… mo ngebut juga ayo, asal gak lebih 80kph… soale emang kalo naek vespa lebih enak jalan nyantai…

  17. klo dibanding lx. rem.cakram npx ini gmn om? krn rencana sih mo psg cakram jg di px92 saya. tp klo ttp ga pakem jg ya mending duitnya dipake buat ganti velg+ban tubeless๐Ÿ˜€

  18. Rumit juga ya…

  19. Kalau rem mobil imho lebih nyaman di kanan, rem belakang motor pada umumnya di kanan. Bagaimana kalau remnya di modif seperti pedal gas mobil, mungkin bisa.๐Ÿ™‚

  20. kenapa rem depan vespa gak pakem, ya mungkin karena beratnya berpusat di bagian belakang, sedangkan bagian depan vespa itu enteng mampus, kalo remnya kelewat pakem bisa ndelosorrrrrrr…

    • bisa jadi pak karena titik beratnya di belakang, saya pernah melihat kecelakaan gara2 ada pengendara ugal2 (zig zag) ada pengendara vespa yang tersenggol bagian depannya dan karena hantamannya cukup kencang, ban depan terkunci dan vespanya jungkir balik menimpa pengendaranya….. mungkin juga karena konstruksi single swing arm-nya gak cocok kalo rem-nya terlalu pakem.

      namun ada enaknya bagian depan vespa enteng, di tunjang ban nya yang kecil,,,, gampang “mblusak-mblusuk” di kemacetan… tapi awas “pantat” semoknya nyenggol hehehehehe…

  21. ke bromo naik vespa enak om….kenceng larinya

  22. Kaki harus di dek utk jaga2 rem belakang dan Vespa enaknya buat jalan santai, tenaga lumayan gede bisa angkut beban berat dan gak bisa slonang-slonong (kalau gak pingn nyangkut). Enaknya lagi (vespa lama) kalau maogok dijalan banyak yang bantuain, 1 vespa sejuta saudara

  23. selama kampas rem,tromol,oliseal,kabel rem,tuas, shock breaker dan tongkat rem masih bagus ga ada masalah dalam pengereman depan maupun belakang di vespa saya(px,strada,super) paling juga ngepot dan meninggalkan guratan tapak ban di aspal ahahah…
    kalau masalah posisi injekan rem belakang nanti juga akan terbiasa karena saya yakin orang italy sudah memperhitungkan semua nya..dan bagi saya pengereman dibantu dengan engine brake

  24. yah wajar lah gak nyaman naek vespa klo bru blajar,udah pake “baru” tambah “belajar” pula๐Ÿ˜€ … dlu sya jg gtu sih,gk cmn sya mlah,pling smua gitu klo bru maen vespa, nyaman itu kan cmn masalah terbiasa.. prtama dipaksa jdinya terpaksa lambat laun terbiasa deh..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: