Gimana kalau Vespa mogok? Kesel laaaah!

arantan-vespa-6

arantan-vespa-7

Ini Vespa New PX 2006, kalau secara bentuk, mulus rapih keren lah. Tapi mesinnya bermasalah nih.

arantan-vespa-1

Baru saya pakai sehabis beli bubur minggu lalu kemudian ngadat mogok, saya menuntun Vespa sampai kira-kira 10 kilometer!!!! *OK rasanya 10 km tapi sebetulnya ya 300 meteranlah ada tanjakan juga* Si Vespa mbrebet terus mati, di engkol 10 kalian bisa jalan, kemudian dalam posisi idle bisa mati sendiri. Kalau di bawa jalan sama juga, jalan 10 meteran, kemudian dalam posisi handle kopling di remas full pun mati …

Suspected tentu soal kelistrikan, mesti ngurutin aki, sekring, koil dan lain-lain….Yang sudah saya cek sebatas busi saja yang ternyata aman, alias sudah saya ganti dengan yang baru masih nggak bisa nyala juga.

Sekarang posisi Vespa mati dirumah, di sela nggak gerak. Ya sud, lebih baik saya lupakan dulu, kalau saya coba-coba betulin sendiri malah bikin kesellll!!! Langsung gw jual lagi apa ya?

Saat ini lagi arrange mekanik untuk datang ke rumah untuk ngeliatin, semoga Sabtu sudah bisa jalan lagi.

*semoga!*

arantan-vespa-5

Busi atas yang bawaan, NGK.

arantan-vespa-2

Oli samping sudah pisah lubang.

arantan-vespa-3 arantan-vespa-4

Kata security kantor, dia paham Vespa, berani bawa kemana-mana. Yang dia takut cuman paku!

Iklan

32 Comments Add yours

  1. ordinarygie mengatakan:

    periksa karburator n selang bensin nya om kemungkinan kotor sehingga aliran bensin nya ga bagus…. mainjet n pilotjetnya juga dicek biasanya mampet
    klo sering tiba2 mati kemungkinan setingan angin nya belum pas, tinggal puter setingan yg ada diatas karburator…

    1. tongsam mengatakan:

      setuju sama yang ini….. saya pengguna vespa saat sma dan kuliah. kalau busi nyala, berarti ini cuma karbu yg bermasalah…. apalagi px sudah cdi….

    2. pak tarno mengatakan:

      yg diatas karbu itu setelan langsam om, kalo setelan angin yg di belakang itu lho.

  2. Alex mengatakan:

    Cek ada api di busi ? copot busi pasang ama kabelnya tempel ke bodi mesin trus engkol, kalo ada percikan biru berarti kelistrikan aman….skrg tinggal karburator dicek, buka saringan udara bekap ama tangan trus diengkol kalo kerasa bensin ditangan dilepas, engkol lagi …pasti nyala om …

  3. wooo mengatakan:

    satu2nya merek motor yg ada ban serepnya

  4. ms mengatakan:

    beli vespa 2tak harusnya sudah hoby otak-atik sendiri,karena disitulah nikmatnya.
    kalau tempo matinya sama, mungkin bbm nggak lancar.
    harusnya nggak perlu panggil mekanik, cukup panggil rekan2 yang ngerti vespa bahkan pembaja, misal “vespa ijo rider”.

    1. Vespa Ijo Rider mengatakan:

      ane magh gak jago2 amat bro..!!

      kadang2 kalo lagi males suka ke bengkel juga koq.. 😀 😀

      komen2 bro diatas, mereka malah lebih tau..

      kalo saya pernah pake cara ekstreem ngatasin masalah kayak mas Arantan..entu karbu ane trondolin abis..terus bodi karbunya direbus sampe mendidih..tapi ngerebusnya karbu dan airnya berbarengan selagi dingin..dan bodi akrbunya harus kelelep

      dalen hati ane.. bodo ah ancur2 dech nich karbu..kalopun rusak tinggal beli KW-nya taiwan..

      ternyata setelah direbus..”LANTJAR DJAJAAAAA…” semua kotoran dan keraknya terangkat en karbu gak rusak..
      logikanya panas mesin diatas 100 derajat celcius aja masih bisa “ditahan”, berarti air mendidih yang cuman 100 derajat lebih dikit magh cengli.. 😀 😀 😀

      ini tips ane dapet dari obrol temen ane rider “Nuvo Lele” ama teknisi yamaha… 😀 😀 😀

      CIAOOO..!!!

  5. ktr mengatakan:

    wah vespa rider,,ane pake vespa 66 masbro,, selama kelistrikan sehat dibawa blusukan ke banten juga aman jaya tu bohay…ane pernah kejadian kayak gitu diperiksa yang mokat koilnya tuh,,,kebetulan pake koil PX ori yang apinya kecil gila,,, gitu pasangin pake koil lokal lancar lagi ampe sekarang..

    sapa tau disitu masalahnya,,,soalnya matinya koil kadang nyebelin,,,idup mati g jelas tau2 mati total,,,,asem,,,ahahahahha

  6. naranara mengatakan:

    Mau di jual berapa om?

    1. eko mengatakan:

      ebuset udh ada yg nawar aj nih :)))

  7. Duinnn mengatakan:

    Tidak ada yang bantu om? ini vespa yang lebih mahal dari ninja 250 kah? wew

  8. milan mengatakan:

    mas mau dijual berapa yah…hehe

  9. kadalaspal mengatakan:

    hehehe semoga harga di publish di kolom komen. tp kayanya harga ga kesampean punyanya om
    mlipir dulu ah sambil lirik2

    #keracunan tetangga depan rumah beli pespa jadul

  10. gc133hijrah mengatakan:

    Sabar bro…. Itulah seni vespa 2tak

  11. hendrajaua mengatakan:

    hmm,, kalo beloh nimbrung bantu mas, pernah ngalamin kejadian kayak gini, kalo memang pas mati, di cek busi gak nyala, dan di tunggu sebentar bisa nyala lagi biasanya yang kena spul pengapian, bisa juga karena bensin gak lancar kayak “ordinarygie” bilang…

    sekalian kalo mekanik sudah dateng, tolong cek aliran oli samping nya… soalnya kalo sudah berumur suka mampet…

    o iya.. biasa sodara2 vespa rider ada aja lho yang suka nolong kalo kita mogok…. 😀

  12. pak tarno mengatakan:

    mas ARANTAN, itu cara staternya kebalik, pengalaman ane diajarin anak scooterist kalo stater vespa itu pake kaki kiri, soalnya pedalnya muter ke belakang

    1. arantan mengatakan:

      Kaki kanan gw lebih kuat dari kaki kiri sih bro 🙂
      He he he, tapi biasanya kalau udah pegel saya gantian kaki kiri-kanan 😛

  13. pak tarno mengatakan:

    woke, lain kali posting cara parkir vespa lah, lengkap dengan standar tengahnya, banyak tuh anak vespa baru yg asal tarik aja handle joknya. supaya semua bisa dapet pengetahuan

    1. eko mengatakan:

      paling gampang standar tengah itu dorong pke dengkul. jgn tarik2 jok. ntr putus :D. klo udh fasih, standarin tengah mah enteng. ini prinsip fisika sederhana sih 😛

      1. pak tarno mengatakan:

        yup, kalo ngerti caranya pasti jauh lebih enteng dari pada standarin matic jepang, wkwkwk

  14. kalo gak mw langsam paling karburator kotor. biasa 2 tak begitu. kalo dibawa brebet terus ndut2an biasanya businya mw mokat.

    so far si motor tua ya begitu.

    1. Vespa Ijo Rider mengatakan:

      tinggal mampir bentar ke “BeRes” Yamaha.. trus beli busi RX-King.. “Tinggal Buka Dikit JooSsss..” busi asli..awet..en harga mirip2 dikit.. cocok2 aja tuch di vespa odong2 ane.. 😀 😀 😀

      jangan beli busi di bengkel2 umum..ato toko2 onderdil.. kwalitas gak jelas..kadang baru dipake bentar dah modar..tapi kalo lagi untung ya bisa awet juga.. 😀 😀

      1. arantan mengatakan:

        Cocok-cocokan juga ternyata ya.

  15. tak tonyo ndiasmu mengatakan:

    kalo saya ampyun dah, sama sekali nyerah kalo ma vepa, mending motor yg ordinary ajah

  16. novriexx mengatakan:

    klo vespa mogok gapang om penyakitny itu2 aja,klo g busi y karbu,nah klo g mo repot om klo mogok om buka aa box knan trus pura2 ngotak ngatik jain g nyampe 1/2 jam ntr ada yg nolongin om suer….

    1. arantan mengatakan:

      wua hua hua 🙂

      1. novriexx mengatakan:

        ketawany ky g percaya…. hahaha

      2. arantan mengatakan:

        Percaya bro.
        Cuman kepinginnya ada kendaraan yang cukup dependable, niatnya mau dirawat bener-bener supaya jangan sampai ada trouble di jalan.

    2. Cak Uding mengatakan:

      Jadi inget nyetut Vespa tua bbrp minggu yang lalu. Sebagai Scooterist noobie saya merasa kaffah. 😁

  17. Jonathan mengatakan:

    pengen nanya aj busi dan oli samping yg bagus bwt vespa apa yg bagus..?klw vespa pke pertamax lebih bgus apa tidak?

    1. Jonathan mengatakan:

      tolong y,soalnya belum ngerti,msh pemula nihh

  18. scoter banjarbaru mengatakan:

    gan tanya ni vespa matii pas jaln 1kilo atau 2 mati gan udah di cek semua .. knpa gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s