Oleh: arantan | September 22, 2013

Seberapa bahaya Jakarta di weekend pagi? Bahaya banget …

Bagi yang bukan tinggal di Jakarta mungkin sulit mencerna, mengapa saat ini hampir sebulan sekali di weekend pagi ada kecelakaan di jam-jam kecil. Pelakunya ya anak muda lah…

Saya mau cerita sedikit tentang perilaku sebagian orang Jakarta kala weekend dan weekdays.

Saat weekdays, kebanyakan penduduk Jakarta punya pola hidup seperti kuli, kerja dari jam 8 pagi sampai setidaknya jam 6 sore, yang artinya sejam sebelum jam masuk dan 2-3 jam setelah jam keluar, jalanan di Jakarta sangat padat . Bagi mereka yang masih kuliah, kesibukannya tentu tergantung dari mata kuliah yang diambil, tapi ya sama-sama punya jadwal teratur lah. Intinya tiap hari punya aktivitas rutin, para penduduk Jakarta ya syibukkkk mengejar targetnya masing-masing, boro-boro mau dugeman, besok paginya sudah harus beragkat kerja lagi.

Bisa jadi sebagian penduduk Jakarta juga sulit ketemu anak.Β Ada beberapa pasangan yang Bapak atau Ibunya tidak pernah ketemu anaknya saat weekdays. Pagi sudah harus berangkat ke kantor, lebih pagi dari anaknya, sedangkan ketika pulang dari kantor, anaknya sudah tidur. Maklum, orang tua kerjanya di Jakarta, tapi rumahnya di kota satelit, Depok, Sawangan – Bintaro – BSD – Bekasi – Jati Asih. Mau bantu mengerjakan PR anak? Ya nggak ada waktu, yang ada anaknya disuruh les tambahan saja, yang paling bagus les tambahan dengan guru pengajar, siapa tahu dapat bocoran soal ulangan. Anak jadi anak akhir minggu. Bukan karena ignorance, tapi ini justru atas nama tanggung jawab sebagai pencari duit.

#eh kelamaan ya…

Intinya sih, orang Jakarta mau ngebut ya nggak bisa, jalanan padett-dettt, di tol pun juga padat, sudah begitu ada aktivitas cari duit. Memang bisa kalau mau bolos kantor/kuliah sendiri, tapi tentu nggak asik kalau jalan tidak dengan teman-teman.

Gimana dengan weekend?

Minggu pagi ruas jalan Semanggi ditutup untuk kendaraan bermotor, kesempatan untuk car free day. Tapi GBK/Senayan yaitu pusat berolah raga bukan di daerah carfree day. Kenapa GBK? Cemilan? Ketemu teman? Hampir semua orang Jakarta rasanya sempat juga ada jalan-jalan pagi di GBK. Ya sepedaan, ya roller blade, skateboard, ya aikido, bulu tangkis. Banyak event pagi menyasar di bundaran HI atau GBK … jalan sehat, lari yang lagi ngetrend?

Kenapa jam 5 an pagi? Kenapa bukan jam 2? Banyak kecelakaan justru terjadi saat pagi sekitar subuh di weekend, Afriyani, AJQ *ini masih perlu alias nggak sih?*, Mobil Rush yang nyelonong di turunan Kuningan. Kecelakaannya bukan karena mobil tarik-tarikan adu kebut ala fast and furious, tapi tragisnya justru banyak terjadi dalam perjalanan pulang, sehabis ngedrop pacar …

Bagaimana jika kedua aktivitas pulang rekreasi dan olahraga pagi ini digabung? Ya yang terjadi seperti saat inilah… Orang di pinggir jalan pun bisa di tabrak, lagi nyetir baik-baik di tol pun, bisa ketimpa mobil dari arah berlawanan, fantastis.

Apakah ide extreme untuk membuat jam malam itu benar?


Responses

  1. wow jakarta serrremmmmmmmmmmm

  2. emang serva problem ya tinggal di pulau jakarta

  3. pindahkan saja ibukota!

    • Kalau untuk pindah rasanya syulit.
      Tapi beberapa fungsi sebaiknya mulai di sebar ke kota-kota lain.

      • yah minimal pusat pemerintahan dengan pusat ekonomi tidak jadi satu, contohnya malay bisa tuh dengan putrajayanya, memang tidak semudah membalik telapak tangan, tp klo ada kemauan pasti bisalah, CMIIW…:D

      • tuh si jokowi udah naikin UMR,
        berharap perusahaan hengkang dari jakarta karena upah yg tinggi.
        gatau bakal berhasil/gak.

      • @pak tarno

        Jokowi harus bertanggung jawab terhadap buruh2 tua yang usia sudah 40 tahunan keatas kalau begitu.

        ide nya memang brillian, para buruh juga sudah menangkap konsep beliau. temen2 gw orang SPSI sendiri sudah mengerti maksud tersebut.

        kalau anak2 muda mungkin bisa, tapi yang sudah berumur bagaimana? toh jaminan sosial di negara ini masih carut marut.

        mungkin menunggu reformasi total n pembantaian aparatur negara oleh rakyat mungkin akan tercipta kedamaian di negri ini.

  4. Ada yg pernah ngecek kebanyakan yg nabrak karena capek atau ada di bawah pengaruh substance tertentu….?

  5. cb perhatiin deh. tiap jumat volume mobil yg dipake masuk jakarta meningkat. supaya nanti plg kerja bisa langsung kongkow, klo perlu smpe malem buta. gw ga nuduh mcm2 tp faktanya gitu, mobil yg nyelonong di weekend dini hari biasanya pemgemudinya lg setengah ato bahkan ga sadar saat bawa mobil. entah krn ngantuk ato mabok.

  6. Padahal kesempatan sy olahraga sepeda tuh cuma weekend saja, dari gading ke ancol atw ke senayan, dulu sih tenang2 saja tapi setelah byk kecelakaan di pagi weekend jadi agak waswas juga.

  7. minggu pagi itu ibarat tukang hipnotis kali ya…. jalanan sepi, lengang dijalur kanan, jalur kiri cuma ada angkot yg lg jln pelan, para pesepeda yg mau ke arah thamrin-sudirman..

    buat para biker yg lg keadaan sadar betul… pernah ga ngerasa riding santai di hari minggu pagi, tp pas liat speedo ad di 80-90 kpj? jujur ane pernah kayak gitu… berangkat kerja dhari minggu, dr rmh jam 6… pas lewat jln. i gusti ngurah rai atau jln pemuda rawamangun… riding kyknya santai.. tp pas liat speedo… lgsung buru2 nurunin speed…πŸ˜€

    aplg kalo djln pemuda…. biasanya rider alay pada tes top speed selepas trafic light unj smpe trafic light bypass….😦 itu khusus hr minggu pagi…. yg tau daerah situ pasti tau gmn tracknya…πŸ˜€

  8. Akibat pada ngumpul di jkt pusat ekonominya.
    Kalau saja jaman orba sudah dirancang kawasan industri mirip amrik mungkin jkt ga separah ini.
    Anggaplah pusat rekayasa makanan (indofood dkk, nestle dkk) di cirebon, pusat rekayasa otomotif di jawa tengah, pusat telko dan informatika bandung, keb. Rumah tangga (shampo, sabun dll) jawa timur.
    Nantinya yg bekerja di bidang tsb jg akan tinggal di sekitar pusat tsb.
    Ga kaya sekarang pabrik indofood dimana kantornya nongkrong di sudirman. Hm sampoerna di mana kantor di sudirman jg.
    Gimana ga makin padat jkt? … Yg lebih perlu itu penyebaran pusat2 industri yg numpuk disekitar jkt.

  9. minggu pagi memang serem, pengalaman jemput keluarga ke gambir via kuningan – menteng jam 05:30 dipotong honda fred di depan hotel F1 dan mobilnya bener-bener parkir didepan mobil saya. gilanya pengemudinya langsung tidur kayaknya lagi mabuk.

  10. Jakarta pusatnya mencari harta, tahta, dan wanita mungkin. Harta – pusat perekonomian, kantor-kantor perusahaan kebanyakan pusatnya di jakarta meskipun proyeknya di daerah, perbelanjaan terbanyak di dunia ada di jakarta, dll
    Tahta – pusat pemerintahan, departemen-departemen, dll
    Wanita – orang dari daerah satu dgn daerah lain bertemunya di Jakarta.
    Setuju dgn imah pindahkan ibu kotanya, seperti gagasan bung karno yang ingin memindahkan ibukota ke Palangkaraya. Kalau kotanya tidak pindah, mungkin orangnya yang dipindahkan.
    ngawur.com
    Jam malam untuk pelajar sudah seharusnya dilakukan tetapi sebenarnya orang tua yang menerapkan terlebih dahulu bukan pemerintah, karena orang tua yang lebih tahu anak-anaknya. Kalaupun pemerintah mengeluarkan regulasi sepertinya sulit dalam implementasi dan penegakan hukumnya. imho

    • Saya cenderung bukan terburu-buru memindahkan ibu kotanya.
      Tapi fungsi-fungsinya yang harus di ambil alih oleh propinsi lain, kota pelabuhan, ekonomi/jasa/dagang, universitas semua maunya di Jakarta, ya berat.

      Agreed bro! Kontrolnya harus dari rumah saja kalau begini.

      Tapi yang repot ya itulah, ada yang mengkontrol anaknya dan ada yang tidak. Yang mengkontrol bisa mengajak keluarganya untuk lari pagi, jadi berbahaya.

      • anak jaman sekarang dewasa sebelum waktunya, usia SD dan SMP aja udah kenal pacaran, cipika cipiki dan tentu saja hubungan bebas.

        jaman dulu masih SMP isi otak yang ada cuma berantem doank…
        πŸ˜†

    • Tiap malem disitu mah tempat trek2an, apalagi di pramuka. Kantor di sekitaran situ, yg lebih ngeri sebenarnya truk container, tp yg ga ada containernya. Didepan kantor beberapa kali orang nyungsep di kolong truk karena ga keliatan.

      • Duh salah bales commentπŸ™‚ …

  11. semg pak jokowi ahok mampu membenahi kesemrawutan ibu kota slm 1 periode sj..

  12. Ngeri di kota2 besar…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: