Oleh: arantan | September 22, 2013

Kenapa tahun ini YIMM dan AHM tidur dulu ya?

AHM_05

Ada motor wah yang keluar tahun ini? Verza mungkin ya? Itu pun di Januari 2013, setelah itu ada motor apa yang menarik? Ya mungkin malah Bajaj Pulsar 200 NS di PRJ.

Lainnya ada motor yang memang wah, tapi harganya juga wah, jadi mungkin tidak akan menggerakan pasar. Motor yang saya ingat adalah Kawasaki Z800 yang keluar di Juni 2013 serta, Vespa 946 di September ini.

Motor bukan sekonong-konyong muncul, suatu produk muncul biasaya kalau ada permintaan pasar. Misalnya permintaan untuk refresh produk dalam arti marketnya sudah ada, atau produk baru untuk merespon kantong pasar baru. Tapi sekarang refresh secara baru nggak da… kosong! Yang ada hanya facelift minor-minor saja.

Jadi kalau tahun ini tidak begitu banyak keluar motor baru, ini sebetulnya realisasi saja dari keputusan yang dibuat pada tahun sebelumnya. Atau hasil analisa pasar tahun lalu.

Kira-kira tahun lalu ada apa? Menurut KOMPAS, penjualan motor di tahun lalu memang mengalami penurunan 11.2 persen. Nggak begitu besar sih, tapi kan mestinya positive growth bukan minus begini. Konon penyebabnya adalah kebijakan kredit kepemilikan yang dinaikkan. Tahun ini pun kebijakan tersebut lebih diperketat lagi, kredit melalui bank syariah juga ikut mengalami kenaikan, konon celah kepemilikan lewat kartu kredit pun ingin dihilangkan.

Memang ada kesan inovasinya diperlambat saja, karena memang pasarnya sedang tidak tumbuh. Rasanya konsep untuk tahun ini bukan untuk ekspansi pasar secara besar lagi, tapi lebih ke hanya “survive” dengan menurunkan cost/efisiensi. Kwartal I, masih ada growth di 1% dibanding sebelumnya. Tapi nulisnya si bisnis nggak jelas jadi nggak bisa dibaca. Bagaimana growthnya Q1 2012 dibanding growth Q1 2013?

Ya saya sih … kalau memang just to survive, ya memang ragu-ragu untuk inovasi ya gimana juga mau growth bagus ya? Yang kebanyakan keluar di tahun ini sebatas facelift saja.


Responses

  1. Satoe!

  2. mungkin karena tahun ini fokus perhatian ke industri mobil jadi tunda sampe 2014 biar beritanya tdk teralihkan

  3. Modelnya sdh kebanyakan ……

  4. cost down, lha bursa saham gonjang-ganjing ga jelas, inflasi mengancam semakin dalam, exchange rate melemah, suku bunga naik tinggi, pabrikan jaga cashflow jgn sampue macet gan….

    Wkwkwk.. Waduhhh ngomong apaan deh gue😛

  5. Labil ekonomi kali sehingga terjadi ketertakutan pabrikan menggelontorkan produk baru.
    kenaviruslagi.com

  6. OOT dikit ah. Entah mengapa saya kok mbatin pak Arantan sebentar lagi akan mbrojolin artikel tentang tabrakan maut di sekitaran patung panahan senayan ya.
    #sekedar menebak bin sotoy aja hehehehehe…

  7. Bener juga ya analisa masbro Arantan. Berarti planning penjualan motor Jepang udah terukur bener ya.

    Berarti PNS 200 telat dong, baru sekarang pada diterima konsumen. Tahun depan sih, nunggu R250 (walau gak beli).

  8. Kebijakan dan stimulus lagi buat industri R4 bukan ke R2, lagian R2 kan dituding biang kerok tidak tertib dan celaka jadi sekarang trendnya beli mobil bukan beli motor….:-)

  9. udah kebanyakan produk, laju inflasi naik, dollar naik cost juga naik.
    jadi stop dulu produk baru.
    liat taon besok, kalo dollar nembus 12rb bisa gonjang ganjing kan? pedagang ayam udah gak laku (pendapatan berkurang), karena harga nya sampai 45rb, cuma turun goceng sejak lebaran.

    bagus!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: