Oleh: arantan | September 17, 2013

Kalau naik skutik selonjoran gimana?

HondaPCX_testride_6609 Piaggio_X-Evo_125_ac2pz

Kalau kaki pematic ke dek bawah bukan selonjoran, itu baru posisi normal ke bawah. Posisi kaki selonjoran tidak bisa dilakukan di semua matic, ini posisi kaki yang memang harus disiapkan oleh pabrikan. Umumnya posisi kaki selonjoran hanya bisa dilakukan pada maxi scoot, sejenis Piaggio X9, X evo, tapi ada juga matic kecil yang memungkinkan ridernya bisa selonjoran dengan kaki ke depan, selonjoran seperti pada Honda PCX.

Saya tidak tahu bagaimana enaknya dengan kaki pematic di boncenger tapi saya tahu bagaimana rasanya selonjoran.

Di PCX dan X evo, kaki saya selalu ke depan, karena memang pijakannya ada kok. Posisi kakinya mirip seperti naik mobil. Gimana experiencenya?

Ini memang posisi kaki yang di design untuk jalan panjang/touring dengan kondisi jalan yang baik. Dengan posisi kaki ini memang pengendara bisa lebih relax. Untuk manuver tikungan besar dengan kecepatan normal pun tidak problem.

Tapi untuk stop and go, ini akan menyulitkan. Untuk manuver low speed, nyelip-nyelip diantara mobil, atau tikungan patah-patah, lebih enak jangan pakai posisi kaki selonjoran kedepan. Karena jarak dengan tanah lebih jauh, ngangkat kaki dari depan pun lebih sulit dari pada langsung diturunkan. So, untuk bermacetan, lebih enak kalau kaki di dek bawah, atau malah diturunkan saja.

Untuk perjalanan jauh, enak, tapi dengan catatan.

Posisi sakit di pantatnya lain jika mengendarai matic dengan posisi kaki di dek bawah. Rasa sakit nya di pantat bagian atas. Ini karena posisi tumpuan pantat pada jok yang sedikit lebih atas. Ya tinggal istirahat bilamana capek saja.


Responses

  1. Septinya pak arantan harus nyobain matic entri, untk ngerasain sensasi kaki diftstep blakang. Beat karbu dgn mio smile recomended bget tuh.. Kalau metic guede gtu malah bisa duduk bersila kyakx..

    • Buahahahaa… Setuju….

    • :mrgreen:

  2. Disinilah uniknya masyarakat , dimana melihat motor matik berdasarkan Utility.. Matic ber back-bone ( selonjoran ) kurang peminat dr matic flat deck

  3. untuk jarak jauh…

  4. pengen bikin gituan di matik biasa, contoh skywave,
    bisa gak ya om??????

    • Kayaknya tinggal di kasih bar, besi bulet nonjol aja bisa ya?

      • Pengen nyoba sih digituin, tapi blm jadi-jadi, hehehe..
        sekarang malah ngambil sodaranya skywave, skydrive😀

  5. pakai vespa lx saya juga bisa kok selonjoran kaki plus duduk agak kebelakang, dengan catatan tangan saya kebetulan panjang dan body tinggi. Lumayan enak klo touring jauh keluar kota

  6. Awas ketiduran.

  7. sebenernya matic entri level bisa juga kaki selonjoran, tapi arah kaki ke luar. rada susah yg kakinya panjang.

    • betull…

  8. saya waktu masih pake Vario, malah sering banget untuk ‘istirahat’ di perjalanan memakai cara kaki di footstep belakang..😀

  9. Belum pernah nyobain naik matik selonjoran, pernah nyobain pcx, tp cuma muter2 d dealer aja.
    d wtf 125 kalo selonjoran, bokong mesti lebih mundur, dan akibatnya kalo macet, kaki ane cuma ujungnya doang yg napak tanah. Beresiko jatuh kalo nyelip2.

  10. Kalo mio smile, beat karbu, mio soul, vario mmc, ane mau ga mau kaki harus kebelakang, masalahnya kalo selap selip sudut setang suka membentur lutut ane.
    Berbeda dengan matic2 honda yg injeksi (yg pernah ane coba) wtf125, scoopy n beat injeksi. Kalo macet malah ga seimbang kalo kaki d step belakang.

  11. posisi selonjoran bikin pegel di punggung dan pantat panas. gak tau kalo matic mahal. posisi kaki di footstep boncenger juga kurang nyaman menurut sy terlalu nekuk ato kaki sy yg kepanjangan? dan footstep boncenger kalo kita gak waspada rawan ngelipet soalnya kaki kita bertumpu di footstep dari arah depan IMHO CMIIW

    • betul dan setuju banget. silakan coba turing selonjoran 300km nonstop, ane korting 100km aja deh.

      • ngak usah 100km mas, gatsu-depok pulang pergi aja lah pasti pinggangnya minta dilurusin pakek talenan.

      • Ini yang dimaksud posisi kaki gimana? Selonjoran, jongkokan, silangan, madep belakang?

  12. untuk big scooter memang enak selonjor, seperti moge turing lainnya.
    meski kaki tidak membantu menopang badan, riding tetap nyaman karena biasanya suspensunya empuk.

    • selonjor boleh aja, tapi badan jangan tegak, motor turing biasanya badan agak bungkuk dikit.
      kita bandingin megapro dengan tiger, mana yg lebih bungkuk. keduanya termasuk jenis motor yg mirip.
      ada juga RXking dan scorpio, sama-sama satu aliran tapi pio lebih bungkuk.
      bungkuk di sini bukan seperti bungkuknya motor sport buat balap loh ya. tapi ala motor turing, supaya berat badan tidak hanya ditumpu oleh tulang punggung doang, tapi juga terbantu oleh lengan.

      kalo matik kebanyakan posisi santai dan tegak, boleh sih tegak asal ada sandaran pada punggung agar gak mudah capek

  13. Kenapa PCX ada sandaran pantatnya ya itu gunanya supaya bisa selonjoran kalau kurang modif aja sandaran pantatnya jadi sandaran punggung. Kalau macet mesti selap-selip pake motor apa aja ya dijamin gak enak apalagi kalau udah capek kerja…

  14. Simakkkkk…

  15. Semua metik juga bisa selonjoran, asal kita mau duduk agak ke belakang. Bonusnya emang badan agak nekuk ke depan, tangan lurus dan stir jadi ringan.
    Untuk turing, umum mengatakan enak motor yg posisi duduk bisa bervariasi, kadang tegak kadang selonjor dst.
    Makanya banyak yg beli naked untuk turing, seperti Pulsar, Tiger dll. Tenaga gak perlu paling gede, tapi enak dipakai berjam2. Kecepatan asal bisa 70-90 cukup.

    Dan paling penting, bisa pasang top box / side box. Belum pernah lihat PCX pakai topbox.

    • “agak setuju” dengan ini:
      “Makanya banyak yg beli naked untuk turing, seperti Pulsar, Tiger dll. Tenaga gak perlu paling gede, tapi enak dipakai berjam2. Kecepatan asal bisa 70-90 cukup.”
      hehehe…
      tapi saya klo dikasih pilihan, ya saya pilih ducati multistrada daripada pulsar saya yang sekarang, hehehe…

      PCX pakai top box? pernah sih lihat di jln bogor parung, malah dia kayaknya lagi ngejar waktu, jadi main selap selip aja,,
      pcx putih, box nya keren pokoknya, gak box pasaran…

  16. kalo pake skywave posisi duduk saya ya biasa aja.. kadang maju, kadang mundur. tapi yg jelas nggak bisa selonjor..😆
    kalo pas jarak jauh dan sudah agak pegel dan kondisi jalan lengang, biasanya kaki disilangkan. jadi kaki kanan ke kiri, kaki kiri ke kanan. disangkutin ke jedolan.:mrgreen: lumayan enak

  17. kalo ane udah sering selonjoran tiap hari pakai matic 100 cc, kymco easy JR… enak kalo jalanan lancar, kalo buat macet stop-go enakan posisi biasa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: