Oleh: arantan | September 16, 2013

Kok jadi kepingin Vespa 2 tak juga ya …

Yang saya mau adalah Vespa New PX, dengan starter elektrik, silinder untuk lihat oli di bawah jok, dan juga lubang isi oli yang terpisah dari lubang bensin … Pasaran tahun 2003-2004 di 20 jutaan, tentunya harga tergantung kondisi.

Naik Vespa 2 stroke dengan kopling tangan hari gini? Bagaimana kalau si Vespa itu harus naik trotoir, naik turun jalur busway, apa bisa ya? Walaupun new PX adalah 2 stroke 150 cc, top speednya ya konon sekitar 100 kpj, suaranya pun bagi saya hampir sama saja dengan Vespa seharga 4-5 jutaan.

Tapi memiliki new PX seperti memiliki benda unik, the last of the kind. Ini produksi akhir-akhir dari Dan Motor. Memang saya saat ini belum bisa pakai kopling tangan, 1-N-2-3-4 rasanya ribet, tapi karena ribet, justru itu mungkin jadi seninya.

Bagaimana partsnya? Hasil tanya-tanya, saya di info kalau, parts aman dan terjamin! Partsnya PX mirip-mirip dengan Vespa lainnya. Pasti ada, tapi mahal, spion pun bisa sampai 500 ribuan kalau merknya FIEM, mika lampu juga sangat-sangat mahal, bisa jadi semahal harga parts asli motor Jepang. Tapi parts yang bukan asli pun banyak, aksesori sampai keluaran Taiwan, Indonesia dan turunannya pun banyak. Repotnya memang membeli Vespa berarti mesti berjiwa Vespa juga, alias harus sedikit paham tentang mesin, misal bagaimana seni starter yang bener, gimana kalau mogok, apa yang harus di amplas. Ya semoga saja, tidak begitu trouble mengingat new PX kan keluaran 2000-an, jadi mendingan lah.

Jadi ambil?

Jika, andai, dapat barang bagus dengan harga sesuai …


Responses

  1. Habis liat dijalan ya?
    Jadi langsung ngiler gitu Om Arantan,,,,,
    Btw, soal “kerusakan dijalan”… untuk vespa 2 tak gak perlu takut Om. Ini yg saya suka dan salut… saat ada motor vespa yg mati,berhenti di sisi jalan… hampir pasti ada pengendara Vespa lainnya yg kebetulan lewat, menghampiri Vespa yg mati itu,,, ga segan2 bantu benerin,ngasih bensin,oli samping, sampe busi.

    • malah ada yang ngasih makanan n duit (kalo bokek)…
      adik ane pernah touring dari banjar ke bekasi. alhasil di nagrek ngadat, banyak yang dateng bantu, ngasih makan, bensin, duit, oli samping sampe part2 nya ad yang di ganti…

      mantaf dah…

      • #eh …
        Problemnya nanti kalau lihat ada yg trouble mesti dibantu juga? Padahal nggak ngerti mesin.

      • kurang tau…
        tapi ketika itu dia di bantu banyak seh… dikasih duit juga 50rb kalo gak salah. adik ane juga kurang begitu ngerti mesin (ngerti sih dikit2).

        sepertinya di bantu semua pak…

        IMHO + CMIIW

      • Harus saling membantu om, kalau temen ane melihat skuteris mogok dan tidak bisa bantu, setidaknya berhenti untuk menanyakan apa yang bisa dibantu kalau tidak bisa biasanya cuma nemenin atau izin pergi karena ada urusan lain.

      • EbusetttttπŸ™‚
        Kapan nyampenya dooonk! Ha ha ha.

      • vespa ya gitu om arantan, katanya sih itu bukan alat transportasi, tapi alat fashion yg sekaligus transportasi, kalo mau cepet sampai dari titik A ke B dengan nyaman, irit, cepat, dan murah pake aja motor jepang.

        kalo vespa ya gitu, saling tolong, kalopun gak ngerti mesin bisa saja sekedar tanya atau bantu apa yg bisa dilakukan semampunya, itu sih yg ane tau. maklum bukan vespa riderπŸ˜€

  2. ambil yg 4-5 jutaan aja

  3. saya kepikiran juga sik untuk memakai Vespa 2 tak, namun sebagai noobie vespa saya masih belum berani. Akhirnya kemarin meminang LXV 150πŸ˜€

    Semoga segera bisa nyusul kayak bro arantan..

    • LXV mantab banget bro!πŸ™‚ Tapi karena terlalu mantab jadi bawanya ngerinya juga, sayangπŸ™‚.
      Saya juga nggak pernah megang Vespa 2 stroke, koplingan, nekat-nekat aja broπŸ˜›.

      • halah, anggap aja ini motor bro, jangan anggap lebih. Alhamdulillah sih pasang crashbar. Baru 2 bulan pake eh kesundul pickup dari belakang dan Alhamdulillah gak apa apa..πŸ™‚

        Lagian bawanya selo bro, emang Lebih Baik Naik Vespa.πŸ˜€

      • Wk wk wkπŸ™‚
        Iya memang bumper-bumper jadi fungsional yaπŸ™‚

  4. Sama om, saya malah naksir PTS ato LML yg 4tak. Tapi masih mikir ntar ngerawatnya gmn, coz inget pengalaman PX150 bokap yg dulu jago mogok. Smentara pake lx ijo dulu aja (yg skrg dah dipensiunin jd motor harian coz parkiran barat plazman yg bar2), dan mojep buat harian.

  5. VBB aja omπŸ˜€

  6. Om, justru mesin 2-tak itu gampang & sederhana sekali.

    Sama saja pemeliharaan komponen elektroniknya, seperti koil dan busi.
    Pompa olie samping juga sering diperiksa biar tidak terlalu banyak olie samping masuk ke ruang bakar –> busi basah –> susah starter.

    2-tak tidak perlu noken-as, katup mesin, etc, etc …..

    Yang saya belum siap adalah : “Repotnya memang membeli Vespa berarti mesti berjiwa Vespa juga”, alias jiwa kebersamaan dimana saat ada Vespa yang sedang kesusahan, pengendara Vespa yg lain tidak segan berhenti untuk sekedar menemani (kalau tidak mengerti mesin) atau membantu.

    Bukannya saya tidak mau berbagi tapi yg jadi masalah adalah saya sering diburu waktu.

  7. 2 tax sensasinya berbeda sayang banget era nya sudah lewat

  8. untung pengennya bukan gadis korea ya, secara kemaren kan nonton SNSD juga kan #ehhh:mrgreen:

  9. New PX Danmotor?
    Sebelum Sun Motor masukin LML 2tak & 4tak di PRJ, pasaran menggila sampe 30 juta. take it or leave it. Waktu Danmotor rilis dengan telat (setelah dia masukin Piaggio & Vespa CBU juga), pasar ogah2an karena tampang gak beda kenapa harganya menjulang. Sulit dipercaya kalo setang lampu bulet itu gak bisa diproduksi lokal di Pulogadung. Jadi setatusnya memang collector’s item.

    yang sakit hati sampe modifikasi Excel 150 dengan setang lampu bulet ori impor dari singapur dan disc brake depan ori, sekalian coak mesin sampe 250cc. damage fee ya 30 juta juga (cuman buat modifikasi)

    mending LML bos … 4tak hehehe … Sun Motor masih support kan?
    Waktu LML masuk sih rada sakit hati tuh pemilik New PX Danmotor, karena gak lebih dari 30 juta harga barunya.

  10. partny sama px or excel om

  11. Gila ni mtr masih keluar newnya??? Babeh masih pelihara ni mtr,ditawar orang cma dpt 3jtaan…

  12. Motor yang barunya lebih mahal daripada ninja 250,
    masih belum memahami.com

  13. coba dech mas.. sensasinya Ruarrr biasaaa..!!!

    perkara mogok..aahh gampang paling2 cuma busi kotor atawa “banjir”.. siapain aja busi cadangan punyanya rx-king.. tinggal “bukadikitjosss…” πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    malahn kalo vespa ane ada trouble dijalan.. ane nanganinnya sambil siul2..πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    mo “ugal2an” dijalan juga masih bisa koq, nyang penting mesin sehat… timbang naek trotoar ato nerabas banjir setinggi betis magh ecesss.. percayalagh… ane dagh sering nyoba tuch..!!! πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    • TQ bro!
      Tunggu LX kejual dulu deh, he he he.

      • hehe… lx jarang dipake ya om? saya sehari2 pke px92 bekasi jakarta lumayan enak lho. pke px ini sejak kuliah. awalnya jg mikir2 bakal ribet krn kopling & gear di tangan. tp lama2 malah sadar klo gear di tangan itu bikin enak pas bawa motor, apalagi pas macet. kaki ga ribet turun naik buat ganti gigi.

        sambil jalan jg nanti bakal ngerti jg kok karakter vespa 2tak.

        btw ga nunggu vespa primavera 2014πŸ˜›

    • Saya dulu pertama kali bisa motor ber-kopling justru dengan Vespa Executive 150

      • koreksi bro.. vespa exclusive 150. bukan executive. sama bro gua jg masih punya exclusive

    • hahaha

      saya malah gak bisa naek vespa, di pinjemin ama ade juga mati mulu. gak bisa maenin koplingnya…

      gak terbiasa x ya…

      hahaha

      • Saya jalan di gigi 1 bisa, tapi kalau ngoper ke 2 nya badan ikut turunπŸ™‚ ha ha ha.

  14. sensasi ngengkolnya itu lho yg buat beda….
    apalagi sifat kekeluargaannya itu lebih dari koperasi
    ane pernah touring lampung – jakarta naek vespa sampe 2 hari gara2 banyak yang mogok

  15. pernah dulu pinjem vespa,
    masalah utama kalo gak bisa distater ya berarti busi basah.
    tinggal copot busi, engkol beberapa kali biar bensin keluar dari ruang bakar, keringkan busi, pasang lalu treng… teng… teng… teng… teng…..
    dan busi cadanganpun irit karena bisa pake busi bekas mobil pick up yg rata2 merk bosch, wkwkwkwk.
    .
    kalo mau belajar vespa mending cari generasi PX 150, oli sampingnya udah gak perlu dicampur manual ke tangki, ada mekanismenya sendiri.
    .
    yg mantep excell 200cc, ada dobel staternya,

  16. Temen saya sih punya ini demen banget makenya…..padahal mau beli tungangan lain atau R4 sekalipun gak masalah….

  17. Moga kesampaian..

  18. wah alhamdulillah ada yang kepincut vespa lagi. hehe maklum, dikalangan teman-teman saya banyak yang mau juga. untuk bro Arantan, ga usah terlalu bingung untuk meminang new px, budaya bervespa di sini friendly kok, saya udah bawa vespa eksklusif saya sekitar 8 tahun, awal-awalnya memang repot. bukan karena ergonomi kendaraannya, tapi lebih karena saya mulai dengan vespa yang kurang sehat. jadi banyak problemanya, tapi alhamdulillah sekarang no worries lagi, cukup taun pertama repotnya. cepet sampai kok meskipun banyak sapa-sapaan dijalan dengan pengendara vespa lainnya;)

  19. jadi inget waktu keliling jawa naek px…dari surabaya lewat pantura ke banten, baliknya lewat selatan. waktu pecah tromol belakang di cirebon, dikasih anak vespa cirebon tromol pengganti dan tak mau dibayar alias gratis..

  20. udah lah buka PO Vespa 946 aja hehehe …
    servicenya tiap 10.000 KM aja kok …

  21. masih bagus vespa congo brow.. tapi carinya agak susah,. kalopun ada yg jual dg kondisi istimewa, harganya pun pasti juga mahal,..

  22. saya minat px yg orange tolong hub saya mbah dwijo hp 081222205845

  23. Hmm.


Tinggalkan Balasan

Kategori

