Oleh: arantan | September 15, 2013

Tekuk kaki pematic sampai standard boncenger, jadi lebih enak kah?

Mio-Belakang

Ini pantas disebut trend atau sporadis saja ya?

Saya sering juga melihat para pengendara matic dengan kaki di tekuk sampai mirip posisi duduk jongkok seperti ilustrasi di atas. Mungkin dengan posisi kaki di footstep belakang atau pijakan boncenger maka kelincahan bermanuver akan semakin bertambah. Juga mungkin si pengendara terilhami dari tayangan MotoGP dimana para pembalapnya menggunakan footstep racing dengan posisi footstep yang lebih di atas dan lebih di belakang dari standard.

Kalau untuk di sirkuit memang pas, badan bisa lebih mudah naik dan pantat di geser. Jadi beberapa meter sebelum tikungan para pembalap sudah planning dan beraksi, geser pantat, kemudian rebahan. Tapi bagaimana efeknya kalau diterapkan di jalan raya?

Ada yang sudah pernah coba nyetir ala motoGP gini?

Oh ya, selain itu trend lainnya adalah scarf batik, tapi pemakainya laki.


Responses

  1. Ane pk wtf 125.
    Ane hampir tiap riding selalu seperti ini.
    Untuk meredam goncangan, jalan rusak,poldur, yg biasa membuat para matiker terlempar. Bro Arantan juga pasti berasa, kalo di motor matic itu sangat ga nyaman lewat jalan rusak.
    Dan lebih nyaman bermanufer pas saat ngebut diatas 80kpj, tp khusus matik single side shockbreaker yaa….
    Ga berlaku buat yg dobel.
    Matik single sokbreker itu pada saat meliuk-liuk terasa aga bergeser ban belakangnya, apalagi kalo pk ban standar.
    Itu aja menurut ane.
    Soalnya ane setiap hr pk ini wtf 125, 90km sehari…
    Bukan sok2an gaya2an pembalap tp memang ada fungsinya….
    Ane pk megapro ane, ga pernah tuh pk injak footstep belakang….
    Karna centre gravitynya udah pas….

    • saya pemakai bebek jg kaya gitu om. terutama kl di jalanan yg super rusak. enak banget kaki di tekuk ke belakang.

      • Sebetulnya saya masih bingung hubungan antara kaki di tekuk kebelakang dengan jalanan rusak.
        Yang ada bukannya kalau jalanan rusak, harusnya berdiri?

        Enakan mana kalau berdiri di motor? Dengan footstep racing atau footstep standard?

        Motor-motor cross dan Dakar pun posisi footstepnya normal samping, bukan di belakang.

      • Maksudnya untuk lebih mendapatkan traksi ke jalan, alias biar bagian belakang motor ga terlempar terlalu tinggi, matik itu ga seimbang, coba bro perhatikan, apakah standar tengah matik ada ditengah? Pasti lebih kebelakang.
        Menggeser wtf itu berasa lebih berat drpada menggeser megapro.
        Kalo motor trail mah udah sesuai centre gravitinya… Jd ga usah injek footstep belakang, lagian footstep belakang motorsport itu tinnggi bgt.
        Emang mesti dicobain sendiri bro…. Insya Allah nanti akan tercerahkan.

      • Wk wk wk, ok๐Ÿ™‚.
        Ayoh ditulis.

  2. Nb. +memegang stang dengan tangan sigap ala pembalap cross….
    Stang matik middle itu kurang stabil.
    Pada saat alay mode on. Alias kebelet k toilet. Gaya injek footstep belakang, trus tangan sigap, sangat membantu buat selap-selip dengan kecepatan tinggi, tp bukan pada saat macet yaaa…. Pada saat jalan ramai lancar. Dan jalan rusak parah
    Ane tau trik ini dr crosser matic yg suka main dibelakang rumah ane, rumah ane dekat sirkuit motocross n speed offroad….4*4

  3. Gak segitunya lah.. Trkadang pengendara tsb membawa beban lebih ( elpiji, kardus, galon ) didepan, makanya kaki ditekuk ke belakang.. Iyo to ?

    • Setuju, ane kalo lg bonceng anak, juga kaki kebelakang

  4. Scraf batik, kayanya dipopulerkan oleh club biker bandung, anepun juga pakai, tp khususu turing aja, tp bukan scarf batik, tp scarf kotak2 ala timur tengah.

    • Nah tuh saya jg setuju, rata2 pemakai scarf batik itu adalah member club biker, saya juga pake kalo mau kopdar atau touring, kopdar pun saya pake atribut lengkap seperti knee protector, jaket pun full protector.

  5. ga ngaruh ah. sy jg pake metic murah. kecuali dek depan penuh barang karena ga ada tempat buat kaki

  6. yang jelas lebih capek dan berasa lebih ngankang
    #test pake soul gete

  7. Apa motif pertanyaan sih gak tau, tapi jawaban biar agak lebih sigap, jalanan di tempt saya sih berlubang n banyak poldur, yah kecuali kalo emang mau pasrah kelempar pas jalan lobang, kalo saya pilih ngangkat pantat yang gak bisa di lakukan kalo kaki selonjor… n kali aja itu orang akhir pekan latihan skill pake motorcross/ supermoto macem klx/dtraker

    • Saya belum pernah punya BeAT dan Mio jadi nggak bisa mencoba.
      Betul dalam posisi kaki di depan, aka selonjoran seperti di PCX, X evo, Sym tidak bisa berdiri, alias kalau ada lubang mendadak, atau polisi tidur ya mesti pasrah saja. Ya untuk itu selalu harus antisipasi, kalau di daerah pemukiman yang banyak polisi tidur ya jangan ngebut.

      Baru tahu juga kalau posisi kaki kebelakang dimaksudkan untuk berkendara saat jalan rusak. Maksudnya mungkin supaya pengendara gampang berdiri ya? Model seperti naik motor adventure atau cross? Setahu saya sih nggak ada motor adventure yang dikendarai dengan jongkok dengan posisi footstep dibelakang? Yang ada ya pada motor-motor untuk race seperti Moto GP an.

      Dalam pengamatan saya, yang pejongkok bukan dilakukan dalam kondisi jalan rusak, tapi di kondisi jalan umum dengan aspal halus. Ya dari pabrikan pun namanya dek depan ya untuk pengendara, X ride pun yang ceritanya untuk jalan rusak menempatkan posisi kaki pengendara di depan, sama saja dengan Mio umum.

      Mesti dicobain kali yak?

      • Cobain aja dulu bro…
        Ato main k tempat ane d perumahan harvest cileungsi… Banyak crosser matik yg pk gaya ini.

      • ane sering naik mio ‘smile’. buat ane pribadi rasanya memang beda antara kaki ‘slonjoran’ sama kaki rada ditekuk. kalo kaki slonjoran duduk manis di dek buat ane bikin cepet pinggang bengkek, jadi gak nyaman. kalo kaki rada ditekuk, lebih nyaman di pinggang.
        jangan gampang menghakimi style berkendara orang lain…IMHO

      • TQ bro, saya edit aja postingannya.

      • Saya juga pake pcx150, kadang saya juga sering kok nekuk kaki kebelakang, kadang berasa lebih enak, atau kalau saya pegel mau nyari posisi kaki yg sekiranya enak.

  8. untuk mio lama,beat lama,nex memang enak riding gitu, apalagi dijalan jelek. sbb dg posisi kaki tepat dibawah bokong, maka kaki bisa berfungsi sbg suspensi yang meredam guncangan, cukup dikakuin dikit atau angkat dikit tanpa menganggu handling.(badan lebih menyatu dg motor)

    kalau matic nyaman sih nggak perlu gitu.

  9. Kok ilang?, scraft batik, klo yang warna biru hitam (pernah liat) bukan pemotor yang pertama kali pake, tpi orang badui dipake buat tutup kepala/udeng bukan dijadiin scraft (kyknya dr bhan dll masih sa) n mereka semua cowok. Gimana? Masalah kaki tarik belakang bukan maticer doang dibebek/sport 250 cc malah bela2in keluar duit puluhan/ratusan/juta buat ganti footstep biar kaki bisa lebih ditarik ke belakang, mau jadi pembalap juga? Di meticer mending lah gratis, pertanyaannya terlalu parsial, seolah nyudutin gol tertentu.

    • Diskusi nyantai yaakk…
      Saya sendiri sebetulnya mau berkendera kaki di depan, mau ke samping, andai mau nyetir madep belakang juga ya terserah azaaa…

      Betul dan bukan saja di bebek, malah motor batangan pun ada yang namanya after market underbone foot step/foot step racing. Tapi di bebek dan motor batangan, dengan pakai footstep racing pun, kaki rider tidak sampai sejongkok tertekuk seperti di matic.

  10. Ayo tetap santai….
    Sebagai matiker yg memakai gaya ini, ane merasa berkewajiban menerangkan arti gaya ini.
    Apalagi ane juga punya megapro n bebek tvs.
    1 buat berdiri pada saat jalan rusak/poldur.
    Jika berdiri dengan 2 kaki didepan kita akan ga seimbang.
    Pengguna xride ga begitu, jelas aja, wong liatnya dijalan mulus.
    2. Buat bawa barang lebih.
    Ane anggap udah jelas.
    3. Buat keseimbangan pada saat ngebut zig zag, alay mode on.
    Lebih berasa menyatu dengan motor, apa yg dirasakan pemotor dengan footstep underbone ane rasakan dengan gaya ini.
    Ga percaya. Cobain di puncak pada saat sepi dengan ambil 2 tikungan berbalasan parabolik sebelum masjid at ta’awun dengan kecepatan diatas, 70kpj.
    Ga yakin juga.
    Bro arantan turing sama ane, pk wtf ane, kita buktikan sama2…
    Piss yaaa….

    • Nomor 2 setuj.
      Nomor 3, agak setuju.
      Saya rasa kebanyakan yang kategori ini, merasa lebih “enak”, yang tentunya relatif kepada masing-masing pengendara.

      Tinggal nomor 1 nih.
      Yang maksud saya X ride, posisi dari pabrikan pun dikasih posisi kaki dan dek normal bro, ini berarti dari pabrikan pun tidak dirancang untuk posisi kaki tekuk ke belakang. Setelah saya amati, memang posisi kaki di matic tidak bisa di samakan. Karena posisinya nanggung, kaki ke dek depan bakal sulit untuk berdiri, tapi kalau tekuk kebelakang juga nanti berdiri, posisi badan jadi nungging, bukan berdiri tegak.

      • percumah berteori tanpa praktek om. baiknya pinjem matik sono,trus cobAin duduk normal,lalu duduk kaki ditekuk,dan bandingkan rasanya. kalau mendebat berdasar teori doang,memang patut ditanyakan motif pertanyaan oom.

  11. Kayanya ane perlu bikin artikel mengenai hal ini……

    • Yuk yuk yuk.

  12. Kalau saya pernah liat malah naik matic kaki dipangku/dinaikin sebelah, ngebut pula dan yg bawa cewek….nah kalo yg itu gak tau alasannya apa….

    • Matiker in style… ๐Ÿ˜€

    • mungkin jempolnya gatal, atau betisnya, atau pahanya, atau apalagi ya? pokoknya biar gampang garuknya, he..he..

  13. klo itu di atas.. test balap, jalan lurus, alus pula.. posisi kaki normal yak?

    #gambar hasil googling

  14. Gambar

    Edited

  15. nambah 10HP om…!!!

  16. Yah suka2 yang punya motor aje lah.. lo org kok pada ribet amat, mo pake kancut kek di leher ya suka suka orang aja

  17. nih ane ceritain sebagai pengguna mio selama kurang lebih 6 tahun. Mio mempunyai shock yg karakternya keras banget. jadi klo jalan skitaran rumah gak masalah, nah klo jalan agak jauh siap2 dengan rasa pegel2 karna bantingannya emng bikin badan rasana di gebugin. jadi posisi riding kaki agak kebelakang emng meminimalisir goncanan. gak tau deh.. rasanya nyaman aja klo kaki agak kebelkang sdikit. bukana mau ngalay hehehehe tapi cobaiin aja beberapa hari atau touring pake mio standaran. di jamin mengerti maksudnya. beda dengan matic mahal yg di rancang pasti nyaman.

  18. Sippp…

  19. biasa orang norak ga mampu beli motor sport jadinya ya begitu kyk alay posisi ridingnya

  20. emang….. makin hari makin banyak pengendara matic aneh (kalo gak mau disebut alay)…
    udah gaya kaki kayak pedrosa, style touring ngalahin kang jeje, modif bokong nungging, atau modif celakanisasi dengan ban onthel
    hadeh

  21. saya juga sering begitu, tapi begitu rata2 udah berkendara diatas 1jam,…
    baru di tekuk biar kaki gak cape, kemudian di normal kan lg klo udah mendingan…

    tapi kalo dari awal begitu yang ada kaki malah kram…

  22. Confirm bahwa kaki ditekuk kebelakang murni hanya semata-mata agar saat melintasi jalan rusak atau menonjol yang cukup ekstrem, fungsi kaki kebelakang hanya agar dapat mengangkat pantat agar tidak mengakibatkan benturan keras dan mendadak di sekitar pinggang/bokong yang dapat mengakibatkan cidera seperti jatuh terduduk, karena shock breaker belakang yang relatif keras dari motor-motor matic. Dan tidak ada hubungan sama sekali dengan mau gaya seperti MotoGP dan gaya alay. Semata-mata demi keamanan dan kenyamanan, ditambah lagi karena posisi duduk tegak matic sebenarnya kurang aerodinamis.

    Saya pakai Skywave seperti punya Pak Arantan.

  23. ane kalo pake beat sepupu pake gaya kayak gitu buat skdr rileks badan aja om.. jujur ya… ane kalo riding lama pake matic gt badan rada gelisah… pengen ubah posisi trs…. soalnya kalo kaki kelamaan ada di dek dpn trs… dr dengkul-paha-pinggang cpt bgt trsa capek… (maklum ane bebek rider)
    makanya butuh sekali2 pake gaya kayak gt… itupun ridingnya musti santai… ga brni bawa kenceng ala moto gp…. soalnya bagi ane gaya kyk gitu dipake dijalan mulus dan bawa maticnya kenceng= ALAY….

    oiya… emg enak c bawa matic dijalan rusak dngan posisi riding kyk gt…. haha…

  24. bahaya sih reflek kaki jadi berkurang kalo ada kejadian mendadak kalo jaln rusak ya harusnya berdiri lagian kalo jalan rusak ngapain ngebut-ngebut

  25. klo instruktur safety riding ngajarinnya memang begitu cuma duduk agak mundur,,,,,,reasonnya….tanya sendiri..kuapok nanya…langsung dipraktekin alasannya wuasem…tapi jadi knew the reason why, tp ya gak terlalu lebay nyampe kepala terlalu kedepan

    • tambahan,,,metik kecil ini lahirnya bukan bukan jalan jauh..keliling komplek saja peruntukannya,,, tapi kalo dinegara berkembang diasia jadi modenya malah ke long daily use,,,,,begitulah adanya…

    • sebenarnya gak juga harus distep belakang tp kebelakang kakinya sikit…

  26. metik habitatny bwt komuter n jln mulus, mkny dikasih dek bwt slonjoran kaki. klo medannya offroad emng perlu improvisasi dr ridernya sendiri.

  27. saya baru pake metik (beat) buat harian tahun 2010 awal, sebelomnya pake supra ek n cebeer150.

    lucu jg sih awalnya liat orang kakinya nekuk2, eh saya ngerasain kalo lebih dari 30menit bawa motor posisi duduk senyaman itu malah pegel banget. solusinya tekuk kaki sekitar 5 menit aja dah nyaman lagi deh duduknya.
    dan kalo lagi ngelewatin jalan berantakan, jadi lebih gampang buat ngangkat pantat.

    tapi menurut saya posisi footstep belakang beat baru (yang lama nyatu sm bodi, yg baru terpisah bisa ditekuk2) terlalu kebelakang jadi saya ga pernah injek.
    kalo naik beat baru posisi kaki udah pegel, cukup tekuk kaki aja dikit, klo ngelewatin jalan berantakan harus lebih pelan koz ground clearance nya lebih rendah dari beat lama.

  28. Yang aku rasa sih jadi enak aja cz kaki bisa bantu belok. . .

    Scarf batik jadi trademark anak turing skr mas. . .

  29. kl ane di MX pose begitu buat menghilangkan kejenuhan di persendian kaki, jadi ganti posisi istilahnya, tapi gak bertahan lama paling barang semenitan di jalanan yang kosong melompong

  30. posisi ala moto GP ini gw pake kalo di trek lurus panjang, lagi ngebut buru2.
    + badan nunduk, guna nya biar lebih aero dinamis aja. Memang terbukti lebih cepet.

    Lain waktu bawa barang banyak di dek, ya kaki terpaksa gaya moto GP.๐Ÿ˜€

  31. klo naik matic kaki selonjoran pas kecepatan agak tinggi dan tiba2 ngerem feeling saya beban motor kedepan semua kayak mau njondil. tapi klo kaki di tekuk feeling saya beban motor jadi seimbang. jadi ngak was-was.

  32. Berdiri di motor trail, gunanya untuk mudah menjaga keseimbangan, kadang berat hrs di roda depan, atau sebaliknya. Makanya joknya juga kayak gitu, mempermudah mengeser tumpuan berat.

    Bisa jadi pemetik juga menggeser berat ke roda belakang. Pemetik kalau berdiri khan susah, gak ada tangki yg bisa dijepit.

    Hebat juga om Arantan memperhatikan hal ini, jadi referensi kalau kapan2 lewat jalan jelek nih.

  33. Kalau aku sih karena design motor matic sendiri yang membuat pengendara seolah2 ga masuk/menyatu sama motor nya karena badan cuma nempel di jok+stang. jadi kalau mau meliuk2 aku geser kakai kebelakang biar kaki bisa jepit jog. Jadi seolah2 lebih menyatu sama motor.


Tinggalkan Balasan

Kategori

