Oleh: arantan | September 13, 2013

Akhir tahun 2013, pasar motor batangan pun bakal direbut Honda

Seperti di beritakan detik.com di sini.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada bulan lalu penjualan tipe motor sport Honda tercatat 30.233 unit sementara pada Agustus tahun lalu hanya 13.396 unit.

Dengan angka ini pangsa pasar sepeda motor Honda di segmen motor sport nasional juga naik signifikan yaitu dari hanya 23,5% pada Agustus tahun lali meningkat menjadi 42,1%. Pada bulan lalu penjualan di segmen motor sport nasional tercatat sebanyak 71.889 unit.

Petikan di atas sudah lampu merah bagi YIMM, padahal di bulan ke-4, keadaannya masih begini:

“Untuk tahun ini kelihatannya masih belum bisa. Kita masih terus berjuang kan ibaratnya kita itu masih bayi,” ungkap General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Agustinus Indraputra di Cikarang, Rabu (24/4/2013).

Dari 13 ribu ke 30 ribu?!!! Sekarang jadi pegang 42%! Ya terjadi lagi, judulnya: YIMM memang senang di comfort zone, terlalu yakin dengan kebesaran Vixion dan new Vixion sampai tidak menyadari marketnya terus diambil AHM. Padahal kejadian yang sama sudah pernah terjadi di Mio dimana sempat unggul kemudian di keroyok ramai-ramai oleh AHM dan akhirnya keok juga.

Sekarang Vixion – Byson yang dikeroyok kwartet 150 dari AHM, just a matter of time. Market batangan diambil AHM dalam waktu setahun!

Ini posting warning-warning saya sebelumnya:

Satu, saya kutip di sini:

Yamaha sebetulnya tidak boleh berpuas diri, sementara market terus di rebut Honda. Β Sooner or later Vixion – Byson akan jatuh sebagai pemegang pasar, setelah sebelumnya line up matic Yamaha di rebut kembali. Ini saya tahu dari dulu.

Sementara Yamaha masih menepuk diri dengan Vixion.

Dua, saya kutip disini:

Someday setelah pr dengan Yamaha selesai dan kalau menurut saya sih kemungkinan perang dengan Yamaha akan sebentar lagi usai … Sungguh maaf Yamaha, tapi saya lihat memang dukungan dan semangat principal Yamaha memang sudah berkurang. Di 2013 ini posisi Yamaha cuman sekedar bertahan menahan margin dengan menekan cost bukan mau expand besar lagi. Kalau trendnya seperti ini memang dari Yamaha sendiri pun memang menerima untuk semakin mengecil. Sementara AHM masih punya sangat banyak peluru, air blade, MSX, 150 kecil, masih ada kesempatankah untuk Yamaha?


Responses

  1. hehehe jangan pernah meremehkan Astra , sekilas mata dengan hati panas begitu mudahi declare cb150 ngak bakal jungkalkan vixion … strategy ngak bisa di lihat secara 1 lapis ….dulu waktu vario & beat pertama kali muncul juga di remehkan ….coba kita lihat kenapa old vixion di hidupkan kembali oleh yimm, setau saya dalam sejarah ngak pernah produk lama yang sudah disuksesi di hidupkan kembali tanpa ada modifikasi sama sekali , ini ada sesuatu yang mesti di cermati

    • iyah, gw jg masih gak ngeh apa maksudnya old vixi dihidupin lagi ? apa bener strateginya “hanya sekedar bertahan” ???

    • yamaha emang jadi bloon,segala mio sporty lah di stop produksi cuma gara2 mio gt,mio j..

  2. tinggal nunggu waktu ya

  3. bisa juga ini peringatan bagi badan pengawas persaingan untuk membunyikan alarm monopoli

    • monopoli yagn terjadi bukannya karena pasar gan ? artinya ya kompetitor harus lebih inovasi lagi dong, menawarkan hal yang lebih, fitur, dan satu hal jangan bikin iklan berbau BC – ada hukum alam yang berlaku..IMHO..ane pribadi kalo ada iklan bau BC jadi ga percaya ama produk yang ditawarin ..asliiπŸ™‚

    • wah ada pakar monopoli nih ? coba di jelaskan bagaimana itu bisa di kategorikan monopoli ?

    • monopopi itu kalau yg lainnya ga boleh jualan mas. ngaco tuh

  4. AHM itu petarung yg kalem.
    Gak serta merta nafsu pengen melengserkan Vixion, tapi secara bertahap MS segmen Sport bakal dikuasai.
    Meski NVL masih akan bakal jd raja sport utk berapa waktu ke depan, tapi secara keseluruhan MS sport udah diambil alih.

  5. makanya YIMM perlu flagship, dengan mendatangkan mesin R15 gw yakin Vixion bakal bertahan. selama ini publik biker sudah di buai oleh DOHC kencang yang menurut kacamata saya… maaf… (bullshit).

    toh banyak juga MX yang menyentuh power sampai 30hp on wheel. so Vixion juga memiliki potensi yang sama dengan DOHC. pun DOHC bisa menyentuh angka 15rb rpm, emang materialnya kuat?

    lha wong 2 silinder aja cuma 13rb at max. mw sensasi putaran atas, jauh2 pake DOHC toh di 2 tak juga ada.
    πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    • ow jadi intinya kemakan dohc ya roy ? apakah power hp jadi hal terutama bagi mereka roy ?
      fenomena bebek dohc FU yang kencang itu bullshit yah roy ?

      rasanya itu pengguna sport yamaha masih banyak bekas orang orang pengguna sport honda dulu …dulu sport honda jaya tapi karena motor sport honda semakin payah maka mereka ngak punya pilihan beralih ke yamaha yang memang jauh lebih bagus.

    • antara nvl sama cb tu kualitasnya sama aja, cuma desain nvl lebih bisa diterima konsumen, kebsliksn dengan matik dimana tawaran desainnya lebih bisa diterima konsumen, ditambah performa mio j yg menurun drastis dibanding mio lama, lihat saja horse power data di brosurnya malah lebih kecil dari mio lama

      • tampangnya Mio J termasuk culun. mending mio sporty. kalo beat gw prefer ke lama, yang baru malah kek cebol. Vario 125 n 110 emang cakep.

        kalo gen mio paling cakep Mio GT dan Soul GT. Xeon yang sekarng termasuk cakep kok.

    • Ada beberapa masalah dlm argumenmu.

      Soal dohc, memang biasanya lebih tinggi tenaga dohc drpd sohc, dalam kelas yg sama. Jadi memang kalau ada orang lebih suka dohc, ngapain juga kita ngritik kesukaan dia, wong dia juga punya alasan yg masuk akal.

      Apakah yimm bikin mx 30hp? Kalau bukan yimm yg bikin, bagaimana yimm akan jual? Ini temanya penjualan lho. Vixion punya potensi, tapi yg dohc short stroke tentu punya potensi yg lebih tinggi lagi. Tapi berapa persen orang beli motor utk dioprek. Belum soal daya tahan.Lebih susah bagi mesin long stroke utk menggapai rpm tinggi. Jadi kalau mesin sohc dan long stroke kok tenaganya dibuat menyamai dohc short stroke, memang bisa, tapi hati2 daya tahannya.

      Dua tak sensasi putaran tinggi? Sejak kapan? Dua tak itu terasa bertenaga hanya krn powerbandnya sempit. Jadi di rpm tertentu seolah2 tenaganya tiba2 muncul, tapi habis rpm itu, sudah hilang lagi. Beda dgn 4 tak, yg tenaganya lebih merata. Makanya, walaupun ninja 2 tak menang akselerasi krn bobotnya ringan, top speed tetap menang ninja 4 tak. Lagian ngapain jaman sekarang masih ngotot pakai dua tak? Bensin boros, powerband tipis, pakai oli samping, brisik. Motogp saja sudah meninggalkan dua tak, kok masih mau ngotot pakai. Btw, berapa rpm motormu, kok berani ngaku hi rpm?

      • Joko…

        oke sip. Vixion jelas punya potensi. tapi DOHC menawarkan sesuatu yang berbeda. SOHC Long Stroke gak kuat di RPM Tinggi? makanya ama YIMM di kasih Diasil Silinder dan Forged Piston biar mesin lebih kuat n tahan lama + tentu saja bisa bermain di RPM tinggi.

        kemudian Ninja 2 tak keok lawan Ninja 4 tak? kapan? dimana? FFA? Lha wong FFA aja dikuasai two stroker kok.

        2 tak vs 4 tak.. bahas nya jadi luas neh. So far power tertinggi dipegang NSR SP, TZR 150 dan RGV Gamma.

        ente yakin Ninja 2 silinder DOHC sanggup melawan 2 tak sekelas itu? eh?

        gw pake 2 tak udah lama om. dari gw masih SMP, SMA gw pegang RGR (punya temen sih), toh putaran atas masih mantep. gear 6 aja masih narik tuh. jangan samain ninja 2 tak sekarang dengan era kejayaan 2 tak om. JAUH!!!

        NSR SP power aja nyentuh angka 39hp Ninja 250 2 silinder aja cuma 32hp.

        dari power, bobot n top speed aja udah kliatan tuh… NSR SP menang.

        NSR SP = 39hp
        TZR = 38hp
        RGV Gamma = 37hp

        Ninja 250 FI = 32hp.

        dari sini udah ketauan kan? mana yang menang N250FI or NSR SP baik dari akselerasi maupun putaran atas.
        πŸ˜‰

      • komentarnya om joko memang mantap, ketauan mana yang cerdas dan sok cerdas

      • tambahan buat ente joko…
        putaran atas Ninja 250/ 4 tak lebih joss dari 2 tak… hell yeah…

        http://triatmono.info/2009/06/01/kejurnas-motosportz-kelas-ffa-250-2-strokerz-ngamuuuk/

      • Diasil dan forged piston, bukan pengganti short stroke.
        http://en.wikipedia.org/wiki/Stroke_ratio#Oversquare_or_short-stroke_engine

        2 tak vs 4 tak :
        http://en.wikipedia.org/wiki/2002_Grand_Prix_motorcycle_racing_season#MotoGP

        Memang 2 tak tenaganya besar, tapi dgn powerband sempit, power besarnya jadi kurang berguna. Tapi sebelum dilanjutkan, tahu power band nggak?

        Lagian berapa sih yg kamu sebut high rpm? Apa tenaga tornado gs yg muncul di 7500rpm sudah kamu sebut tinggi?

      • @Joko

        DOHC Overbore vs SOHC Overstroke

        kenthoetboreup.wordpress.com/2013/03/02/power-gede-tapi-keluarnya-lama-mesin-nvl-mirip-mesin-diesel/

        Monggo di debunk.

        padahal DOHC udah sampe 11rb rpm tuh, tapi kok malah keok ama yang cuma berapa rpm? 10rb? or 8500? SOHC Operstroke lg…

        di sebelahnya si SOHC operstroke masa cuma selisih 0.2 detik dari DOHC Overbore, ingat bro overbore yang nota bene hi rpm masih nyaman tuh…
        πŸ˜†

        2 tak di matikan karena regulasi bukan berarti motornya gak bisa di oprek lg. situ kan tau siapa pelopor 4 tak di motoGP?

        masalah power band sempit its okay, tapi lu gak menjawab pertanyaan gw…

        NSR SP 2 tak vs Ninja 250 Fi long straight yang sama2 maen di hi RPM menurut ente siapa yang menang?

        udah dijawab dulu dah pertanyaan gw gak usah bahas motor 2 tak jadul gw… kita bahas motor 2 tak vs 4 tak bukan membahas motor jadul gw, atau situ bisanya cuma sarkasme menyerang personal seseorang? oh iya… kata mercon ente itu cerdas…


        Lagian berapa sih yg kamu sebut high rpm? Apa tenaga tornado gs yg muncul di 7500rpm sudah kamu sebut tinggi?

        πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      • Hoi Joko…

        nih tambahan artikel buat ente…

        2 tak Ninja kalah Hi RPM ama Ninja 250 R?

        wkwkwkwkkwk

        http://tmcblog.com/2010/03/31/tentang-ninja-150rr-dan-ninja-250r-kencengan-mana/

        Lap Time Ninja 250R: 1:54.601
        Lap Time Ninja 150RR: 1:52.397

        itu adalah Lap Time Bengkel Opreker biasa… dan ini Lap Time CBR 250 R dengan dukungan AHM tentu nya…

        Lap Time CBR 250 R: 1:47:353

        Sebuah DOHC Machine membutuhkan dukungan sebuah pabrikan super besar agar bisa melampaui Lap Time Bengkel Opreker?

        DOHC lebih cocok di Hi RPM di banding 2 tak…
        πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

        Bitch Please….

      • si Joko kemana? kok menghilang bak di telan bumi?
        eniwei gw tambahin lagi ya jok…

        http://alonrider.wordpress.com/2009/04/13/berapa-top-speed-aprilia-rs-125-di-sentul/

        silahkan dibaca2… menghajar 2 silinder DOHC mah cukup pake 125cc 2 tak juga udah josss…

        2 silinder DOHC vs NSR SP? kok si Mercon n Joko gak berani jawab ya?
        πŸ˜†

    • Hehehehe, mungkin yg dikmaksud sodara kembar saya yg rada2 oon,,,,
      Gimmick motor kencang akan selalu membuat motor tersebut laku di pasaran, maaf2 ya kalo pemikiran sodara saya rada2 sempit, maklum otaknya kesumpel asep motor 2tak warisan bokap,,, wkwkwkwk

      Jadi inget saya, motor2 matic made in yamaha selalu lebih kenceng dari matic2 buatan honda, tapi kok kalah laris ya?

      Ehm2 uhuk2 pret2 dut2 brot2,,,,,
      Maaf kalo saya ikutaan oon kaya sodara kembar saya,,, ehm2

      • itu motor gw beli sendiri bro, bukan warisan bokap.
        setidaknya gw masih punya jati diri dari pada plagiator macam ente. pantas saja negri ini masih bobrok karena logika dan otaknya macam ente yang notabene plagiator dan modif2 dikit terus klaim bahwa ini adalah “HASIL KARYA GW”

        monggo di debunk yang ini bro…

        kenthoetboreup.wordpress.com/2013/03/02/power-gede-tapi-keluarnya-lama-mesin-nvl-mirip-mesin-diesel/

    • Buktinya vixion gak berani balapan resmi sama cb150r….

  6. judulnya (bagi saya) masih ngambang mas..!!!

    ini pangsa motor batangan secara keseluruhan gitchuu..??
    kalo ini maksudnya.. ya jelas aja menang honda.. lha wong tipenya bejibun..!!!
    tapi dalam hal ini siapa yang jadi “giant killer”-nya dan siapa yang “terkillerisasi”..?? πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ ini sebenarnya yang lebih menarik..!!!

    bahasa politiknya “suksesi Raja Diraja:.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    CIAOO..!!!

    • lha wong tipenya bejibun..!!!
      ========================================
      alasan ini persis sama waktu dulu mio di kepung ….dan sekarang kondisi sudah berbalik varian motor matic yamaha super duper bejibun udah kaya pelangi warna warni tapi market share maticnya ngak nolong tuhπŸ˜€

    • varian banyak tapi ditolak pasar ya sama aja bohong mas, gak akan mampu memdongkel incumben, lihat qja dulu maticnya suzuki variannya banyak tapi tetap msnya kecil

  7. klo yimm udah mkin terkepung, brhngrp yimm mempelopori motor baru lg, spti awal kmnculan vixion silam.

  8. kalau R15 atau fairing 150 cc ga segera muncul, selamat tinggal yamaha

    • padahal keluarin R15 ngak susah susah banget

  9. Bisa diliat komen2 sebelumnya sudah diingetin gak bakalan menang kalau main volume lawan Honda….kapasitas pabrik pasti kalah….kalau mau bertahan YIMM mesti total masukin flagship….

    • kapasitas produksi besar tapi gak laku ya cuma numpuk di gudang, jadi ini bukan masalah kapasitas produksi, tapi strategi biar bisa diterima konsumen

      • misalnya honda memproduksi 50rb cs1 tapi daya serap pasar cuma 1000unit per bulan bisa dibayangkan 49000 unit cs1 mangkrak di gudang dan ms honda di kelas bebek sport tetap kecil dan tidak akan mampu membabat fu150, walaupun misal produksi cs1 digenjot 50rb unit perbulan tapi penjualannya tetap 1000unit

  10. kalah gpp yg penting motor gw tetep yamaha #ssst biar nggak mainstream

  11. terutama yg roda 3….bener2 extraordinary….velg belakang diganti velg mobil ring 17 celong profil tipis….gaul mazbro

  12. Wajar sih klo emang batangan pun dimenangin Honda, secara sesuai dengan tingkat penjualan Honda yang kaga ada habisnya dah

  13. Biasalah YIMM…. kalau udah kegusur kayak matic baru panic. Saking panicnya, lupa sama philosophinya sendiri. Kasus MioJ. Saking paniknya dengan Beat yang makin mengganas, Yamaha abai dengan desain MioJ. Desain MioJ yang amburadul itu jelas tidak “mengena” di hati (Touching Your Heart > kini Rave Your Heart). Kasus yang sama akan terjadi di sport. Sudah lama kita kasih saran benahi tu Scorpio. Ambil basis desain Fazer untuk nandingin Tiger. Eh yang keluar malah Klingon. Byson cuma sibuk gonta ganti striping. Skadar untuk kasih RDB dan sedikit upgrade performa mesin aja gak kepikir. Belum lagi masalah sport murah meriah Verza yang sebenarnya jadi bahaya laten buat YIMM, gak jelas strateginya ngadepinnya.

  14. Melihat line up Sport Honda yang menyasar low end sampai high end, gak heran lah bisa menang kompetisi…jangan lupa jaga kualitasnya…Mantapz Honda

  15. Secara psikologis, kalau market share sudah mencapai 70% di dominasi 1 merk, yg lain hanya sebagai pelengkap

  16. Salah satu kunci memenangkan pangsa pasar adalah produk berkualitas dengan harga kompetitif. Sy melihat Pabrikan Honda sudah berubah. Saat ini Honda terkenal dengan produk berkualitas dengan harga sangat kompetitif. Terlihat dari Megapro baru yg menggantikan megapro lama. Pilihan varian sport yg sangat memenuhi permintaan pasar,

  17. Variannya aja banyak banget, gimana Yamaha ga babak belur?!
    Tinggal tunggu waktu aja sampe semua segmen direbut Honda

  18. strategi yang dimiliki AHM itu jitu loh,,
    makanya jgn terlena di zona nyaman, dikarenakan banyak hal yg tak terduga akan terjadi..

  19. AHM tuh diam2 menghanyutkan ya… tiba2 aja beberapa type dengan desain dan harga yg sesuai dengan kemampuan konsumen….hmmm… kayanya taun depan bakal byk lagi nih kejutan2 dari AHM

  20. sudah terlihat koq..Honda sudah menguasai semua lini. kita liat bagaimana sepak terjangnya di tahun depan…

  21. Aduh Honda…sudahlah sedikit di rem …kasian lah tetangga kita ni…Matic nya sudah jeprut…bebek ? waah jangan ditanya…mosok sekarang mau diambil juga sportnya ? Tapi yaah…konsumen yang memutuskan si yaa…

  22. Kalo sya ksh saran aj gk ush ribut yg koment, nmbah2 dosa.. wong yg jualan aj adem ayem koq..pameran aj honda ama yamaha akur tuh bareng2,ngobrol, makan satu meja..
    Sya ni pedagang jd misalnya produk laku banyak ap dikit tu dh biasa,namanya jg jualan..sama ama motor psti ada naik turun nya..”KADANG DIATAS KADANG DIBAWAH”

  23. Wah strategi yang jitu untuk honda dalam pemasaran motornya, sehingga pangsa pasar sport mulai di rebutnya barvo honda

  24. Kita lihat laporan AISI untuk September, kayaknya sport Honda akan naik lagi

  25. walopun honda teruss berkembang lantas jngan terus menjadi sombong yakk,,,harus tetap rendah hatii,,,okeyyy,,,

  26. Waduuuuhhhh,,,ada juga motor batangan..kaya hape aje brow..ga apa2 lah..biar kualitas terjamin..

  27. hadehhh..dah telanjur banyak ngomongnya org2 pinter neh..ternyata sampe akhir taun masi dpegang Yamaha og< jilat ludah ndiri dwehhh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: