Oleh: arantan | September 12, 2013

Apa arti SIM buat Anda?

Ketika ada remaja yang menabrak mobilnya, banyak yang mengumpat atau bertanya …

“Pasti belon punya SIM!”

atau

“SIMnya pasti nembak!”

lha… sesama penembak tahu sama tahu ya dilarang mendahului.
Mau ngomong SIM diperketat? Kembali lagi, sendirinya dulu waktu ambil SIM gimana?
Kalau sekarang dadakan saat ini, di suruh ujian praktek dan teori apakah yakin lulus?

So, saya jadi bertanya kepada diri sendiri juga, hari gini, apa artinya SIM? Harusnya SIM itu dimaksudkan sebagai sertifikasi, surat keterangan bahwa si pemegangnya dianggap mampu membawa kendaraan di jalan raya. Dengan tanda tersebut juga berarti, si pemegangnya punya hak untuk membawa kendaraan sesuai tingkatan SIMnya.

Tapi validitas sertifikat tersebut sudah tidak berarti lagi, jadi pertanyaannya buat apa ambil SIM? Simple aja sih…

Nanti supaya kalau ketangkep polisi, misalnya kena razia, saya bisa kasih SIM donk!

//========================================

Ini 10 soal dulu deh…

Berani nggak bilang: “Jika saya tidak menjawab dengan benar, berarti saya nggak bawa kendaraan dulu, saya akan belajar buku-buku tentang lalu lintas!!!”

Demi keselamatan saya di jalan!!!!

//========================================

3. Bagaimana sikap yang baik bagi setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan ?
a. Berjalan selalu berhati-hati dan pelan-pelan.
b. Selalu memperhatikan tindakan salah dari pemakai jalan lain.
c. Mengutamakan keselamatan lalu lintas dan bukan kepentingan pribadi.

4. Pernyataan di bawah ini mana yang benar ?
a. Jalan-jalan dibangun hanya untuk kepentingan kendaraan bermotor. Untuk itu, pengguna lalu
lintas lain harus memberi jalan terlebih dahulu.
b. Setiap pemakai jalan wajib mematuhi peraturan umum tentang lalu lintas jalan.
c. Jalan-jalan juga difungsikan sebagai tempat jualan sehingga kendaraan bermotor harus
memberi tempat untuk itu.

5. Apakah kemampuan mengendalikan mobil bagi pengemudi akan berkurang apabila ia minum
alkohol dengan dosis tertentu meskipun hanya sedikit?
a. Ya, dosis yang diminum sedikit-sedikit dapat memengaruhi kemampuan untuk mengemudi.
b. Tidak, karena ia tidak menjadi mabuk.
c. Tidak, karena ia sudah biasa minum alkohol.

7. Seorang pengemudi bis umum yang membawa 60 (enam puluh) pemumpang dari Jakarta ke
Semarang kelelahan, kemudian ia meyuruh kondekturnya yang memiliki SIM-B1 membawa bis
tersebut, sedangkan pengemudi bis tadi duduk di sebelahnya untuk mengawasi.
a. Perbuatan pengemudi tersebut dibenarkan karena alasan terpaksa.
b. Perbuatan terpaksa tersebut adalah salah, menurut perundang-undangan lalu lintas.
c. Perbuatan pengemudi dapat dibenarkan, bila ia dapat mengawasi dan menguasai kondektur bis

8. Pemakai jalan yang perlu mendapat perhatian dan kewaspadaan khusus dari seorang pengemudi
adalah :
a. Truk yang membawa muatan berat.
b. Anak-anak yang bermain di jalan.
c. Pejalan kaki yang cacat.

9. Bagaimana seharusnya sikap yang terpuji dari setiap pengemudi?
a. Sedemikian rupa sehingga mengalah dan berjalan di pinggir jalan.
b. Sedemikian rupa sehingga keselamatan dan keamanan lalu lintas selalu diutamakan.
c. Memperhatikan kepandaian mengemudi kepada pemakai jalan lain.

10. Sebagai pemilik SIM-A, Anda dapat mengemudikan :
a. Mobil pemumpang dan kendaraan beroda dua.
b. Mobil beban dan mobil Bis yang beratnya 2000 Kg.
c. Mobil beban dan mobil Bis dengan jumlah beratnya yang diperbolehkan kurang dari 2000 Kg,
serta mobil penumpang.

11. Dengan memiliki SIM-A, Anda boleh mengemudikan mobil beban apabila :
a. Mobil beban itu dapat dimuati barang yang lebih dari 2000 Kg, tetapi dalam keadaan kosong
pada waktu akan dikemudikan.
b. Mobil beban itu mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan kurang dari 2000 Kg.
c. Mobil beban itu menarik kereta gandengan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari
1000 Kg.

12. Setelah SIM daluwarsa/habis masa berlakunya, maka agar jangan sampai melanggar ketentuan
tentang penggantian SIM, seharusnya Anda :
a. Mengajukan permohonan baru setelah 1 bulan daluwarsa.
b. Dalam waktu 2 minggu mengajukan permohonan baru dan menyerahkan kembali SIM yang
kadaluwarsa.
c. Dalam waktu 1 minggu mengajukan permohonan baru.

13. Anda melanggar ketentuan undang-undang lalu lintas apabila :
a. Memiliki 2 golongan SIM; yaitu SIM-A dan SIM B-I.
b. Memiliki 2 golongan SIM; yaitu SIM-C dan SIM-A.
c. Memiliki 2 golongan SIM; yaitu SIM B-II dan SIM-C.


Responses

  1. no comment

  2. nembak ah…

  3. SIM pentinglah saya harus bolak-balik 3 kali untuk mendapatkanyacoz tes murni

  4. bagi rekan2 yang ingin simulasi online ujian SIM, silahkan kesini
    http://indonesia-policewatch.com/adil/sim.php

    dengan lulus diujian virtual dan mengaplikasikannya di jalan raya akan berefek baik.

  5. sim adalah identitas diri dan pengakuan bahwa kita punya skill mengemudi tingkat tertentu. misal bawa motor, mobil, atau mungkin mobil niaga. bahkan kapal dan pesawat pun ada simnya kan cuma beda istilah aja. sy bikin sim nembak karena ditawarin dan dipersulit. nah loh….

    • kalo dipersulit itu gimana bro? apa prosesnya ribet?
      setau ane bikin SIM itu gak ribet, tata caranya urut.
      kalo orang gak sabar biasanya sih bilang ribet

  6. SIM itu ya sebuah tanda bukti kalo kita udah bener2 memenuhi syarat dalam mengendarai kendaraan.
    kalo belum memenuhi syarat tapi udah punya SIM berarti ada sesuatu..

  7. Lagi lagi AQJ,,,

  8. Punya sim biar gak ditilang saja.

  9. Kalau soalnya bener semua jawabnya gimana?

  10. Dari 10 peserta yg daftar bikin SIM, cuman 2 yg lolos dan itupun nembak..coba kalo ga ada yg nembak pasti ga ada yg lulus..mgkn yg lg beruntung aja lulusnya

    • bisa jadi mungkin 8 orang yg gak lolos ujian sim memang belum layak. positif thinking aja deh.

  11. terserahlah mau dpt dgn cr apa yg penting bs konsentrasi djln g disambi maen hp dll dan patuhi peraturan lalulintas,hati2 hormati hak penguna jln lain n tahu betul skil kita msng2

  12. aaaahhh, mau gimana juga ane kudu bilang perketat proses bikin SIM.
    ane aja dulu sampe ngulang 2 kali demi sim. masa iya masih dibolehin calo bikin SIM tanpa tes, gak adil dan gak mendidik lah.
    yg bikinin sim tembak juga tanggung jawab lho…

    • info(dr POLANTAS) ke depan, perpanjangan SIM bakal dihilangkan,.samain seperti bikin SIM baru..

  13. kita punya Licence a.k.a SIM, sebagai bukti kita taat administrasi selain STNK..Tapi yang lebih penting lagi, kita taat berlalulintas dijalan raya dengan riders & driver lain dengan tujuan selamat sampai tujuan..

  14. saya ambil sim c murni lulus tanpa nembak, cuman ya perlu ancam dikit polisi yg jaga ujian praktek, ya tu sendirilah, 10 tahun lalu masih jamak maen duit, sekarang aja masih…😀
    nah pas ambil sim A lulus setengah resmi, loh kok? ya ikut yg ujian sim kolektif… resmi dari kantor polisi juga, cuman ada tambahan duit juga… dua kali lulus murni resmi…😀 tetep pake ujian praktek dan musti bawa kendaraan sendiri, tapi ujiannya dipermudah, teori sih sama aja, prakteknya entah kenapa kok lebih gampang lulusnya…😀

  15. Saya berusaha menjadi warga negara yg baik, taat aturan Pemerintah RI yg sah. Paling tidak kalo diminta pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT saya siap. SIM saya yg awal lulus murni, selanjutnya cuma perpanjangan.

    Anak2 saya pun (3 cowok) saya suruh belajar UU LL (saya punya buku2nya, termasuk yg beli di LN sbg perbandingan), tidak saya kasih kendaraan sebelum ikut riding/driving school dan punya SIM, dan saya supervise sebelum saya lepas sendiri ke jalan raya.

  16. kalo sekarang iya bro… sy bikin sim dari 7 tahun yg lalu. suruh tes terus seminggu lg suruh balik lg, seminggu lg suruh balik lg. ga tau apa masalahnya padahal soal sama jawaban bener. blm tes jalan itu bro… pokoknya ribet. emang kita ga punya aktifitas? akhirnya nembak 200rb waktu itu kalo gak salah. kamaren perpanjang sih gampang. lokasi di….. (sensor yah bro…)
    #masa lalu

  17. yang bisa dilakukan bloger adalah menginformasikan tata cara pembuatan sim,soal2 test, serta UU LLAJ nomor 22 tahun 2009.
    bila perlu dibuatkan halan khusus agar bisa dilihat sepanjang waktu.

  18. Sim mobil, umur 17tahun sampe 2x balik ujian praktek. Murni lulus.
    Sim motor umur 23 tahun, 3xbalik ujian praktek, tp tetap ga lulus, sampe polisinya kasian,… Ditawarin lulus dengan uang 100 rebu, maka langsung ane iyakan…. Saat itu 2003 sim motor resmi 75rebu, jd ane abis 175rebu.

  19. pertanyaan bagus, dan artikel yg bagus

  20. Artinya:
    ada SIM = tidak ditilang kalo ada razia.
    tidak ada SIM = ya jangan sampe kena razia.😀

  21. soal no 10 belum up ti date, itu masih pake UU 1994 kalo aturan baru bisa 3000kg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: