Oleh: arantan | September 6, 2013

Keuntungan dan kerugian penggunaan smartphone untuk GPS

Keuntungan penggunaan spartphone sebagai GPS tentu dari sisi duit lah. GPS mulai dari 1 keatas, kalau mau yang bermerk ya 2 ke atas. Sementara aplikasi GPS untuk smartphone malah ada yang bisa di download gratis seperti waze, google maps dan lain-lain.

Saya sendiri menggunakan aplikasi Sygic di iPhone 4S, untuk peta Asean kalau tidak salah 600 ribuan. Saya pakai Sygic karena petanya di download, jadi tidak harus mengandalkan koneksi dari operator. Memang makan space sih, tapi dengan begini lebih aman dan nyaman lah.

Selain itu keuntungannya menggunakan GPS di smartphone adalah traffic report. Aplikasi seperti waze malah dan google maps malah menampilkan informasi jalan realtime dan memberikan prediksi waktu sampai di lokasi yang dituju.

Tapi kerugiannya juga ada … Karena smartphone secara umum tidak didesign hanya sebagai GPS, apalagi GPS untuk motor. GPS ini hanya salah satu fungsi yang bisa diberikan, kegunaan smartphone masih harus di share dengan fungsi-fungsi lainnya.

Kerugiannya:

GPS pada iPhone dioperasikan lewat layar sentuh capacitive, jenis ini adalah pilihan tepat untuk penggunaan sehari-hari tapi tidak cocok sebagai GPS motor. Layar GPS yang pernah saya punya sebelumnya adalah push screen, alias harus bener-bener di teken layarnya untuk input. Kesannya push screen lebih kuno dari capacitive, tapi justru model ini yang pas untuk GPS motor. Karena kalau layar iPhone tidak bisa dioperasikan dengan menggunakan sarung tangan! Kalau mau searching atau apapun harus copot sarung tangan dulu. Sementara push screen tidak ada problem.

Selain itu soal notifikasi.

GPS
Ini menggangu sekali, kalau sedang melihat GPS kemudian keluar notifikasi yang nggak penting…

Notifikasi di iPhone terbagi menjadi banners dan alerts, untuk banners akan muncul di atas screen dan akan hilang dengan sendirinya. Sementara alerts baru menghilang kalau ada respon dengan menekan button. Ketika iPhone digunakan sebagai GPS, saya lupa mematikan 1 notifikasi model alerts dari game. Ini nyebelin, begitu ada popup alerts, harus menepi dulu, copot sarung tangan, cuman untuk menekan button. Seharusnya saya sudah menonaktifkan semua alerts demi keamanan.

Ya kalau jarang-jarang digunakan, saya rasa GPS di smartphone masih okelah dengan beberapa kekurangannya. Tapi kalau seriusan, ya tetap lebih baik GPS beneranlah.


Responses

  1. untungnya android notifikasi jarang ada yg berupa pop-up seperti itu.. kebanyakan di status-bar.. yg tidak mengganggu screen yg ada..

    tapi klo iklan, setia menemani sebagian bawah layar..:mrgreen:

  2. Kalau masalah daya tahan baterainya gimana?

    • Sama dengan GPS, harus sambil di charge.

  3. coba pake Lumia dong :D… pake sarung tangan ? gak masalah… yg masalah tah tahan aer klo keujanan😀

    • yups lumia ndak masalah dg sarung tangan … responsif

  4. pake gps di kota sih lumayan, tapi ane pernah pake gps di kota pinggiran apa yg terjedi, saya dibawa lewat jalan muter-muter, jalan kecil, makan waktu, MUKE GILEEEE….
    ahir kata matikan GPS dan gunakan MPS (Mulut Possitioning System), sampailah di tempat tujuan.

    • Di dalam kota pun juga GPS sering salah kok.

    • saya pake gps dengan perintah suara lebih akurat
      *nanya penduduk lokal,pake dismartphone malah sering bingung sendiri:mrgreen:

    • Gunakan Penduduk Setempat !!!!
      dasar koplak

  5. belom pernah pake…
    tapi gak tau juga sih…

    hahaha

  6. Aku pake Navitel di HP android mas.HPnya juga Kapasitif tapi aku pakai sarung tangan setengah jari (aman deehh).
    Dulunya juga sebel sama popup yang mucul,tapi hingga sekarang semua popup tak matikan.

  7. saya pakai Sygic di android motorola defy anti air jadi aman sentausa cuma mesti di charge dan yg repot karena layar relatif kecil apabila fasilitas sidebar di aktifkan layar utama tambah kecil lagi….terus sygic juga agak sulit di plan untuk route yg tidak lewat toll dan highway.

  8. dipikir-pikir ane belum butuh GPS, kemana-mana tinggal baca plang rambu-rambu, udah cukup jelas. apes-apesnya ya tanya orang, lagian bisa sosialisasi juga.

  9. Gak bisa ngilangin pop upnya?

  10. Aku nggawe navitel.enak n puas

  11. ane pake Ndrive 10 sama Navitel di android Galaxy Young ane.. murah meriah.. ane pasang pasang ke holder yg terikat di stang motor ane..

  12. Satu kelemahan yg belum disinggung: ga tahan air. Hrs beli casing waterproof.

  13. saya pakai Garmin XT di 5800, dipasang di setang motor. kelemahannya cuman klo hujan aja takut basah dan klo terik kadang silau

  14. pernah gps an pake smartphone di semarang, hasilnya hampir masuk jalaur satu arah..😆

  15. gw pake navitel di andro.. offline maps juga,,, tapi suara guide yg bahasa indonesianya bikin ilfeel…

  16. Lho..lho…ada satu lagi kerugian klo gps-an pakek smartphone.
    Mau pakek iphone, mau pakek andro, mau pakek bb10, tetep aja ujung2nya batre cepet abis. Cepet bener ngowosnya. Punya smartphone itu walaupun gak ada stock pulsa/data tetep jauuuuhhh lebih wenak dibanding lowbet. Klo udah lowbet » krik…krik..krik…wkwkwkwkwkwkwk…

    # lha wong kondisi standby trus buat kebutuhan nelp/sms/sosmed/chat pemakaian normal aja batre smartphone buoros.
    # tetep lebih enak pakek gps beneran. Saya pakek garmin. Joooozzzzzz…

    • Smartphone harus sambil di charge u GPS. Sama juga dgn GPS beneran, ya harus.digunakan sambil di colok. Jadi sy anggap bukan kekrangan smartphone krn sama.

      Malah kalau smartphone ada baterainya, jadi bisa berfungsi 4-5 jaman u GPS tanpa dicolok, sementara GPS secara umum tidak.

      • Saya pakai yang udah ada built in batre-nya pak.
        Maklum kurir beras, kerjaannya muter-muter nganterin beras hehehehehe…

  17. Pake Ndrive mending gan…
    Gratis..
    Peta Indonesia tinggal download doang..
    yg penting lg “Offline”…

    http://zeroeshare.blogspot.com/2012/01/cara-maps-gps-offline-di-android.html

  18. enakan offline emng, ngirit energi n snyal..

  19. thanks suhu indo akan gpsnya😀

  20. Aye pake Ndrive 10 di galaxy ace.. Kalo aye sama sekali ga ngeliat layar, cuma ngandelin perintah suara belok kiri/kanan pake earphone.. Hapenya sendiri masukin dalem tas..

  21. sebelum ada hape bergps murah, pernah nyasar bisa lewat perempatan yg sama dari 3 arah yang beda.

  22. offline emang lebih enak😀

  23. pake here drive sama here maps dilumia, kelemahannya ya itu, batre ngowos..

  24. lebih akurat sygic daripada google maps untuk peta&navigasinya jg? google maps navigasinya suka bikin jalan alternatif lebih jauh sehingga sampe di tempat jadi lama

  25. ane pakai xperia sp dan dy ada glove mode, sehingga nga masalah walau pakai sarung tangan. Ane sendiri pakai sygig, dulunya pakai navitel. semuanya versi pak tani …. hehehe

  26. Gw malah lebih nyaman pake smartphone android (pas naik motor) ato iPad (kalo bw mobil). Biasa di andro pake ndrive, di ios pake sygic peta versi sea.
    Biasanya koneksi internet, segala notifikasi di off kan dulu supaya batre lebih awet. Lock gps paling lama 20-30 detik.

    Untuk motor pasang gps holder+waterproof case,…..soal sarung tangan, berenti aja dulu, itung2 istirahat bentar……..soal boros batre, tinggal pasang charger dimotor, beres.

    Masih nyasar juga?……. tinggal tanya orang2 sekitar……….so far gps di smartphone/ipad bener2 membantu dan mempermudah urusan gw.

  27. pake GPS navigasi bikinan china kayaknya murmer tuh, cm 700rb-an, touchscreen msh resistif so meski pake sarung tangan msh tetep bisa, tp blm tau performanya???😀


Tinggalkan Balasan

Kategori

