Oleh: arantan | September 4, 2013

Apakah jatuhnya Yamaha karena Mio?

tumblr_mkxv48dhaU1sn1ygro1_500

Penguasa matic adalah penguasa market share kini dan masa depan, ini pulau terpenting untuk urusan market share.

Sedangkan Mio konon adalah tipe tersuksesnya matic Yamaha, jadi sulit juga kalau mau mempersalahkan Mio, lha dia sudah tipe yang paling sukses kok. Karena keberhasilan Mio juga lah Yamaha dulu sempat mendekati market sharenya AHM. Jadi kalau sekarang mau dipersalahkan ya waduh.

Tapi mungkin juga Mio seperti obat, dalam dosis tepat dia bisa terkontrol, tapi kalau kebanyakan obat, ya malah jadi racun dan ketergantungan. Atau mungkin juga life cycle Mio sudah lewat? Mungkin Mio seperti atlit yang punya masa terbaik setelah itu menurun? Ya kalau lihat atlit bulu tangkis Indonesia memang orangnya itu-itu aja, sementara kalau atlit bulu tangkis Cina refreshnya cepat sekali.

Anyway apakah Mio mirip obat atau mirip atlit, kesimpulannya sama, too much is not a good thing… namanya juga “too much” alias over use.

Jadi?

Yamaha Mio perlu “Marquez”, sesuatu yang baru, ngotot, nekat dan bener! Tidak bisa lagi Rossi … #eh. Design dan mesin Mio harus di refersh, harus diversifikasi dengan menguatkan lini maticnya. Yamaha Indonesia harus kembali ke masa Yamaha dulu yang nekat dan berani! Keluarlah dari comfort zone….


Responses

  1. Pertamax!!!!

  2. betul itu

  3. bagaimana dengan Beat Fi n Vario WTF ? apakah masuk kategori overdosis juga ?

  4. yamaha dulu terbuai kelarisan mio,yamha sekarang terbuai kelarisan nvl…siap2 aja diserang secara perlahan tapi tk terasa…perlahan mindset akan berubah liat kasus mio vs beat

    • bukannya yamaha malah merubah vixion jadi NVL untuk mempertahankan mindset sport? dan it works…
      justru cb150 yang digadang2kan jadi killer malah fail…

      • Dulu Mio terhadap Vario juga begitu, kelihatannya dulu Mio begitu tangguh.

      • sabar mas itu cb itungannya masih seumur jagung …just watch the proces …. sama seperti dulu vario muncul dan beat muncul , ngak instan …produk itu cuma senjata awal untuk memenangkan perang …..masih buaaaaanyak strategy pendukung yang hanya orang2 atpm yang mengerti

  5. memang benar salahnya ada di desain mio, emang mio masih yang tertinggi dari penjualan yamaha namun masih kurang

  6. satu lagi kalo di kampung-kampung mio image nya boros loh

  7. marquez unyu2.xixixixi… kira2 mio sekarang bakal diapain nih om ? secara keseluruhan masih kalah dari beAt…

  8. comfort zone dan Yamaha pun terlena.
    disegment sport hampir mirip. masih 5 speed padahal 6 speed mampu menjual lebih.

  9. Overdosis mio, semua perawakan matiknya dan mesinnya mirip mio. seperti ahm dg supra x seriesnya. Kalau streetbikenya terlihat sekali seperti tim sepak bola yang mengandalkan satu pemain bintang yang menang segalanya yang bila dia cidera, sudah pasti kalah timnya.

  10. kok jatuhnya karena mio?

    bukan karena ego yamahanya?

    terlena dgn fublic figure mio?

    yamaha tidak memanage mio dgn baik, terpaku dgn brand mio yg besar,

    tapi lupa bahwa konsumen tidak bisa hanya di beri nama besar saja

    perlu nilai lebih u/ menjaga konsumen loyal pada produk yg sudah punya nama besar,

    karena itu tuntuan konsumen yg semakin kritis dgn berkembangnya teknologi informasi

    brand oke , design oke,

    fitur? tidak pernah dipikirkan sebelunya,

    yg dipikirkan cuma brand dan fublic figure

    kalu pada saat ahm buat fitur di matik,

    katakanlah 2 thn selanjutnya yamaha juga buat, akan laen ceritanya sekarang

  11. kayaknya kalw mau bikin matik entry level jgn mio lg mereknya

  12. Mio saat akhir hayatnya disuntik mati posisinya belum bisa digoyang Beat.
    Baru deh setelah Mio J nongol ngos2an lawan Beat. Skrg malah jadi underdog. Jadi klo di ilustrasikan sembalap, Y udah regenerasi kok. Mungkin Mio J ibarat itu Bradley Smith hehehe

    • Kata siapa. Justru krn mio kalah sama beat karbu, muncullah mio j.

      • karena menurut yamaha : konsumen indoneisa menganggap motor injeksi valuenya lebih tinggi di banding karbu , dengan mio j injeksi duluan maka beat karbu akan terkubur dan tertinggal …yamaha menganggap sudah 1 step di depan untuk pasar matic low end …dan seterusnya berlanjut ke bebek … berharap first mover efek mio bisa masuk menjadi first mover kepopuleran injeksi (walaupun honda yang duluan injeksi) .. mang orang beli vixion karena modelnya atau injeksinya sih

  13. Mio itu.. Ngeden di tanjakan.. Kalo beAT di kasi tanjakan josss gandos kotos2..😀

  14. Sebelum mio,yamaha dulu imejnya naik saat hadirnya jupiter z..
    Yamaha identik dgn anak muda.jupiter z dulu adalah dambaan anak muda,soalnya fu seperti layaknya ninja,barang mewah nan mahal.sekarang,fu dah biasa.jupiter z pun kolaps..sedangkan mio sudah ga identik lagi dengan anak muda,karena banyaknya model matic yg bisa disesuaikan dgn selera.
    Apalagi sekarang,anak muda mainannya dah naik tingkat.kalo ga fu,ninja ya jazz sekalian.
    #ngawur.com

    • setuju, jaman jupiter sangat booming di daerahku.
      banyak biker penunggang supra 100cc klepek-klepek sam performa jupiter saat itu, maklum bodi keren dan mesin kencang beneran.
      tapi lalu si supra naik pangkat ke karisma dan SX125, jualan cc untuk melawan jupiter 102 &113cc.

  15. kykny marquez wajib ngiklanin Mio neh.

  16. mio sekarang designny kurang manis.
    kalo yang lama kesannya lebih simple dan unyu2.

    • Emang laku gaknya produk otomotif itu biasanya keliatan dari tampang. Mio merebut hati konsumen karena jadi matik yg enak dilihat karena tampangnya gak berubah drastis dari bebek yg headlampnya di setang.

      Plus strategi jangka panjang Yamaha dalam mendobrak dominasi Honda:
      * iklan dan komunikasi berkesinambungan: jingle keren dari Dewa, talent iklan pake aktor pengalaman didi petet dan deddy mizwar, plus ikon komeng dan pemanis
      * pesan bahwa borosnya Yamaha gak beda jauh ama yg irit. Mengakui fakta konsumsi BBM lebih boros dengan cerdas
      * memanfaatkan peluang ketika Honda sedang terlena
      * memanfaatkan kehadiran Rossi ke tim MotoGP Yamaha yg hampir pasti jadi juara karena belum ada lawan yg sepadan

      Strategi yg tidak dieksekusi dalam waktu singkat dan hasilnya memang terlihat nyata.

      Bandingkan dengan sekarang:
      * tampang yamaha kalah dg honda yg lebih agresif
      * belanja iklan yamaha yg lebih terbatas dibanding honda yg masih akrab menghiasi televisi di rumah2
      * performa tim MotoGP yg menurun

      Imho kombinasi variabel di atas yg membuat dominasi yamaha bergeser. Meskipum sejak dulu honda selalu yakin kemenangan yamaha atas honda hanya beda tipis dan hampir pasti tergeser ketika distribusi produk Honda sudah merata

  17. Hehehehe gak mau ikutan komen soal mio karena udah cukup kemarin2, cuma tumben nih blognya om saranto banyak komen….

  18. Dulu Mio merajai pasar skutik, lalu muncul Vario, baru kemudian muncul BeAT yang membabat Mio

    Kalau di segmen sport ada Vixion yang mendominasi, lalu muncul CBSF, baru kemudian rilis Verza yang sejatinya inilah Vixion killer sesungguhnya

    #ngawur juga:mrgreen:

  19. ada temen cewek (biasa pake supra 100) bilang lebih gampang naik scoopy daripada mio, apa karena mio kalau di gas ada “jeda” itu ?

  20. mio j model krng sporty,skok keras,velg gmpng geol,ban kecil,tariakan berat mending beat f1,nyesel 1thn lalu ambil mio j gr2 beat f1 tlt brojol.

  21. Saran Tok.. Pinter mengangkat Honda vs Yamaha🙂
    karena trafic pasti akan naik karena diburu para Komentator

    • di luar maksud negatif saya setuju sekali dengan komen anda , karena sesuai dengan populasi yang mengendarai kedua brand tersebut. coba anda bahas tvs , apakah disini ada yang mengendarai tvs ?

  22. pokoke yg jelas honda rajanya, mio hal sepele seperti aki yg masih aki biasa, dimana air akinya sering tumpah2 kalau kita belok miring, sehingga air berkurang, jadi tekor, tumpahannya bikin karat rangka, harusnya pakai aki kering bebas perawatan, tanjakan berat, boros pula, pijakan penumpang belakang terlalu tinggi, jadi ngangkang, apalagi cewek, bisa masuk angin tuh perabotan, mio ngegasnya ada jeda, bikin kagok kalau yg belum biasa.

    MX, model semi sport, borosnya ampun2an, cc besar tp tarikan sama dengan supra x125

    Yamaha yg model kunci joknya di bawah lampu rem, modelnya bener2 katrok, kunci jok kok disitu.

    Kunci Kontak bermagnet/ berpenutup, bnyk diaplikasikan di honda, yamaha kurang, antisipasi motor hilang dicuri, itu juga hal sepele tapi penting

    Teknologi, pastinya menang honda, ISS (Idling Stop System) di matic yamaha sudah ada belum? lewattttt…. Broooo, paling cuma FI.

    Harga Jual dan image pasar, honda merajai, gak usah memanfaatkan kehadiran Rossi ke tim MotoGP Yamaha, krn yamaha yg di indonesia beda dengan yg dipakai Rossi, hanya motor bebek/ matic/ sport jalanan, bukan sport GP, Cobalah ke kampung2, desa2, pelosok2, merek apa yg mereka pakai, honda apa yamaha? bengkel2 banyak mana? Sparepart mudah mana dicari?

  23. ide2 yang diberikan para komentator UNTUK YAMAHA emang TOP MARKOTOP. tapi apakah pihak yamaha sendiri mau buka mata buka telinga. kayaknya ENGGAK DEH.

    ya itulah YAMAHA, teruslah bermimpi YAMAHA.

  24. bener banget mas…makin ke sini untuk desain mio makin aneh imho

  25. kurang wow keknya

  26. Mio is over, salah sendiri,
    Miskin inovasi, telat berinovasi saat pengguna mio udah bosan, jadi wajar nyoba merk lain dan terbukti lebih value.
    Juga seiring dengan waktu, terbukti pula life cycle produk tersebut.
    konsumen kapok pake mio lagi, bug terlalu lama dibiarkan, diantaranya fakta velg tipis dan rentan peyang, sokbeker keras glodakan, cvt tikus dan jadi incaran maling saat itu.
    Dan kasus ini bukan tidak mungkin akan menimpa divisi batangannya, kompetitor sedang beraksi, masih akan terlena dan leha-leha yimm?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: