Oleh: arantan | September 3, 2013

Runtuhnya superpower Yamaha

Tim MotoGP Yamaha masih OK, memang mungkin saat peringkatnya masih dibawah Honda, tapi prestasinya tentu nggak memalukan. Tapi soal market share di Indonesia, penurunan market sharenya Yamaha termasuk drastis. Yang tadinya sempat mendekati market share Honda, sekarang jadi sekitar setengahnya market share AHM. Apa yang terjadi?

Kalau dulu waktu era perang dingin, ada blok barat yaitu US dan teman-temannya dan juga ada blok timur si Rusia dengan sedikit teman-temannya. Kedua blok ini punya banyak rudal nuklir, sama-sama punya pasukan tempur yang kuat, tiap tahun selalu bertambah.

Tapi sekarang Rusia sudah hancur, terpecah-pecah jadi beberapa negara kecil-kecil, hilanglah penyeimbang US. Kalau sekarang ada belahan dunia yang sedang krisis, US lah yang maju, negara-negara lainnya paling sebatas mulut saja. Kalau mau melawan US pun buat apa?

Dulu antara blok barat dan timur ada lomba, lomba adu senjata, adu teknologi, adu pengaruh. Sama juga seperti dulu antara Yamaha dan Honda di Indonesia ada perlombaan yang setanding. Tapi kalau sekarang… misalnya si Yamaha sudah bicara 2013 tidak akan keluar motor baru. Untuk AHM? Ya untuk apa juga Honda keluar motor baru ya? Market share sudah begitu dominan, mau keluar investasi untuk motor lagi, bagaimana dengan daya beli dan kemauan beli calon konsumen? Market apa lagi yang belum di explore?


Responses

  1. Kembali ke Background aja.. Kebijakan pemerintah & iklim perekonomian yg semakin sulit akhir2 ini apalagi ada dampak PPnBm & suku bunga BI yg tinggi. Gak cuma pabrikan roda 2 , jg roda 4 trkena dampak psikologi yg sama..

  2. sekarang China udah berani juga lawan AS. kalo di R2, belom ada yang kayak si China siy😀

  3. yamaha bisa saingi honda pada saat itu ada factor “lucky” juga:

    1; yamaha moto Gp lagi dipuncak

    2. ridernya juga dipuncak

    3. first mover mio, plus merk jepang

    4. suzuki mulai loyo

    5. AHm masih ketiduran

    6. Teknologi informasi sedang mulai booming.

    keliatan sekali stratgi produk yamaha tidak variatif dari sisi midest konsumen.

    produk yamaha variatif dari sisi produsen, lebih mementingkan ego brand

    • you dont say…
      lg pula Yamaha gak punya flagship. gak ada yang bisa di banggakan selain vixion.

      setidaknya brojolin lah flagship buat membantu image dari pabrikan tersebut.

  4. Seperti gambar di atas, market yang belum di explore adalah sport fairing.

  5. kalo MS yamaha tidak pernah mendekati honda bisa-bisa penggemar honda akan terus mendapatkan produk warna hitam teknologi era 80an sampai sekarang

    http://panjidananjaya.wordpress.com/2012/10/10/fansboy-honda-fbh-harus-berterimakasih-pada-yamaha/

    • mudah2an gak om. kekx Honda lebih aware sekarang.
      tapi gak tau juga sih, diliat dari pergerakannya Honda itu selalu ngikutin di belakang Yamaha.

      • ngak selalu ngikutin sich, kalu ngikutin kebetualan aja jalannya sama.

        kalu ikutin doang, ngak mungkin spt sekarang,

        justru ahm buat sesuatu yg ngak dipikirkan oleh ego yamaha

        case aja:

        banyak yg yakin AHM pasti ikutin langakah yamaha ketika

        merefresh logo ” Semkin Di Depan” awal 2013

        ternyata salah total. ahm malah mundur dari motot gp.

      • produk nya om…
        setelah mio j rilis n gembor2 injeksi gak lama vario dirilis. kemudian CBSF seterusnya…

      • roy,

        AHM melihat fitur lebih diutamakan dari sisi konsumen dan

        menanamkan midest bahwa motor ahm ada nilai lebihnya sebagai upaya melawan image first mover

        sedangkan injeksi adalah suatu pilihan, bukan nilai lebih,

        dimana supra injeksi gagal dari sisi midset.

        disini ahm belajar bahwa sesuatu yg lebih bagus, belum tentu diterima.

        setelah konsumen paham bahwa fitur sederhana ternyata lebih bermanfaat,

        maka masalah injeksi tinggal mengikuti.

        ingat mio injeksi digelontorkan setelah mio dah sangat terancam , dan itu memang yg bisa dilakukan pada saat itu.

        kenapa?

        karena ymi tidak mungkin ikut-ikutan buat fitur pada saat itu, dimana slogan semakin di depan selalau ikut

  6. berarti ada benarnya Yamaha Selalu didepan dan Honda nempel ngikut gerakan Yamaha dalam hal inovasi. Atau mungkin definisi lebih tepatnya Honda menggunakan Yamaha untuk mencoba inovasi baru

  7. nitip aja

    http://megalodon150.wordpress.com/2013/09/03/pasang-stang-jepit-di-new-megapro-tetep-nyaman-bro/

  8. Honda AHM selalu ngikut Yamaha YIMM, contoh nyata ya ikutan maen matic, ikutan bikin Blade mirip banget Jupiter Z, ikutan bikin CB150R mirip Old Vixion, ikutan bikin slogan pabrik, ikutan nempel sponsor di MotoGP, ikutan bikin balap OMR, ikutan bikin event modif + acara2 khusus

    Tahun 2000an awal dulu sih mana pernah dia (AHM) tau nya bikin produk bebek + sport berteknologi 80an, dan warna cat produk motornya hitam bin item semua (karena cat item kan cat paling murah, gak perlu ngoplos warna)

    cuma karena dia emg udah kaya n resource nya lebih besar (grup Astra) jadi ya bisa bertahan dgn mengerahkan resource yg besar itu

    nah tinggal kita konsumen aja yg harus smart dalam memilih produk, pengguna Vixion itu contoh segmen konsumen yg smart, iya gak, hehehe……..

    • setuju… first mover kebanyakan dipegang yamaha, meskipun pada akhirnya yamaha harus rela pasarnya direbut.
      tapi ga selalu first mover itu yamaha qo, itu kawasaki kelas sport 250, sampe skrng tetep megang, begitu jua sama trailnya
      ada sih beberapa first mover dari honda, cuma rata2 gagal ex: revo at, cs1 dan yang paling menggelikan blade lama…

    • yamaha resourcenya lebih besar dari kmi

      bisakah yamah rebut posisi kmi di kelas 250 cc?

  9. tidak selamanya first mover itu hebat

    dan tidak selamanya follover itu lebih jelek dari first mover

    semua industri juga pasti ada yg memulai

  10. Kalau ane melihatnya dari sisi yang berbeda.
    Dulu pada era 80an-90an H merajalela mendominasi MS (ada yang tau persisnya berapa?). Yang pasti Y dan S cuman dianggap ‘angin lalu’ oleh AHM. Mana pernah dulu Y/S punya MS sampek 30%?
    Nah pada saat Y dan S ikutan maen motor 4tak peta persaingan berubah. Yang paling drastis ya Y, sempat merangsek hingga 39% walaupun skrg anjlok hingga kira-kira 30%-an saja.
    Jadi kalau dibandingkan secara keseluruhan ya sebenere MS H juga anjlok lumanyan dibanding era 80an-90an.
    Pun sedikit -banyak H dan Y memakan MS S yang sekarang paling parah anjloknya.
    # sekedar komen dari komengtator yang nggak lulus SD hehehe…

    • Nambahin sedikit. Kalau timeline dari penulis kalimat DULU-nya mulai dari sekitar 2004-skrg, yes ane setuju MS Y anjlok signifikan.
      Tapi kalau kalimat DULU-nya sejak era 80-90an hingga skrg justru MS Y masih lebih baik/mendingan.
      Lalu untuk S? Ah no komen deh. Nggak ngerti apa yang salah dengan mereka…

      # sekedar komen dari komengtator yang nggak lulus SD…

  11. ya wajar lah,
    emang siapa sih yamaha.. dia cuma tukang seruling (kata fbh)
    masih inget dulu yamaha itu motor jepang paling gagal di Indonesia.,
    gausah honda,
    sama suzuki dan kawasaki aja ngosngosan.
    dulu malah peringkat 3 di bawah susuki, dempet-dempetan ama kawasaki doang.

    • Jika saja ada yg punya data aisi ttg ms h,y,s dan k th 90an ke sono……..kl y dempet2annya sama k pd era itu, sy kok kurang setuju. Dempet2annya ya sama s. Kita lihat bebek y ’75/80 cc dan batangan L2super dan rx series banyak tuh yg punya. Mungkin kekalahan y dari s ketika jamannya RC80/100. Saat s punya crystal dan tornado sedang y punya fiz-r kedudukan (mungkin) masih imbang. Nah era shogun y kelihatannya kalah….

  12. gua mau tanya nih … honda bisa membuat yamaha yang sharenya dari 43-44% menjadi 30% itu pekerjaan gampang atau sulit ?? (penurunan mulai di tahun 2012) … gua masih ingat saat itu honda yang hampir di salip sama yamaha tapi kondisinya sekarang malah berbalik semakin parah untuk yamaha … menurut anda apakah itu hanya semata mata produk kah😀

    • kalo semata mata produk , gua yakin lu ngak perlu jenius untuk mengetahui itu , ngak perlu lulus S3 untuk mengetahui kalo pokok permasakalan itu di produk ..dan gua rasa yamaha juga ngak bodoh2 amat kalo masalahnya di produk …sorry to say pengangguran ngak sekolah pun tahu kalo alasannya produknya jelek xixixi😀 … kalo cuma masalah produk semua orang pakar lha untuk masalah ini😀

  13. Bro Saranto, di kompasiana kog ada yg mirip artikel ini ya. http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2013/09/03/yamaha-riwayatmu-kini-589346.html

  14. mudah2an YIMM berlanjut di tahun 2014,..(sesuai judul)

  15. Simak ae…

  16. Kesalahan Yamaha adalah tidak konsisten menjaga ceruknya. Ketika mio laku bukannya berkembang malah konsen jualan bertubi-tubi matik dengan desain ala mio bahkan nama pun dipanteng pake mio terus. Emoh jualan model lain bahkan nouvo pun di kubur. Sementara Honda tahu kelemahan ini dihajar deh bertubi-tubi sampai rela impor PCX demi image. Hasilnya Yamaha mulai keok. Kalau sekarang sibuk konsen jual Vxion lagi ya tunggu nasib aja kalau Honda sudah tahu kelemahannya. Ini kesalahan yg sama kaya dilakukan suzuki konsen jual FU ya siap2 aja rontok. Mestinya tiru Kawasaki jaga ceruk di semua lini. Lawan Honda mah jangan main volume pasti keok dah…

  17. Untuk Honda informasinya sekitar Okt/Nov bakalan ngeluarin bebek baru lagi mas…..

  18. runtuh cuma gara gara blunder Mio J itu aja

  19. blunder Yamaha itu di harga, dulu mx lebih value dari suprax125, begitu juga vega, vixion dll.
    skrg berani pasang harga sama, tapi masih kalah di mindset brand lawan honda, org lebih pilih honda.
    trus byson yg lelet keluarnya, abis itu inden inden.
    plg parah itu xeon karbu, matic mahal, lawan vartech 110 bisa nafas, dihajar v125 langsung modyar.
    moga yamaha (dan suzuki) bangkit kembali, jangan sampai terlalu dikuasai honda.

  20. klo honda nglahirin matik lg main dkelas bwh dibwh beat fi dgn kapsitas 110cc ato mgkn 100cc dgn mngutamakan fungsi,irit n harga jual tentunya,hrg 11jtan gmn ya nasibny Y ???

  21. yamaha harganya di mahalin makanya semakin ga laku

  22. yamaha aneh si… jupiter z awalnya bagus. diupdate makin gak bagus. beda dg blade dr awalnya jelek setelah update jadi joss gandos. mio awalnya joss diupdate jadi mio j(elek). ada xeon karbu yg mayan bagus tp kemahalan. diserang vario wtf langsung modiarrr…

  23. terlena oleh posisi,inovasi pun berkurang.
    mudah2an giliran produk Indo yang menyerang.(ngimpi boleh dong)

  24. Honda itu mainnya halus bro,, inovasinya gak asal2an, kaya supra-kharisma-supra125, sebelum loncat ke supra x125, dibikin dulu kharisma untuk lihat respon pasar, keinginan pasar saat itu apa, setelah dirasa cukup, dibuatlah supra125, kharisma dikubur deh karena imagenya namanya sdh jelek.
    Revo at juga dibikin buat lihat respon pasar, sebelum akhirnya beat yg sesungguhnya keluar

  25. jangan2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: