Oleh: arantan | September 1, 2013

Mahal karena stempel merk

Ini pengalaman dari bro Novan Pamungkas, yang di share ke Facebook KTM Duke 200 Indonesia.

semarangnovan

Terdampar di semarang dgn kampas rem belakang kritis.
Minta kirimin dr jkt kampas seharga 350rb tp sampai semarang baru sabtu. dr inpo Mr. Onethey AwadyBanny Tri Yulianto membuat ane beranikan diri menyetop sebuah pulsar yg lewat. (untung badan rider-nya kerempeng)
Setelah deklamasi singkat…dianter deh ane ke ‘markas anak pulsar semarang’ mas jimmy yg letaknya entah dimana. 10 menit kemudian sdh dicangkok itu kampas rem belakang pulsar 220 yg sama plek dgn punyaan duke. *beres!*
Mas kawinnya 40 rb! Rupiah bro bukan Dollar apalagi pounsterling!

Konon kampas rem belakang Duke 200 dan PUlsar 220 plek sama! Tapi harganya beda 5 kali lipat. Saya sebutkan “konon” karena memang belum dicoba jangka panjan, apakah benar-benar sama seperti kampas rem aslinya Duke?

Piaggio Spark Plug ApriliaSparkplug

Cerita seperti kampas Duke dan Pulsar, sebetulnya sudah sering saya dengar. Sebelumnya Oom Manto – Layur 88 bercerita tentang busi NGK untuk groupnya Piaggio. Yang satu busi dengan bungkus group Piaggio, yang satunya lagi busi dengan cap NGK tanpa embel-embel Piaggio. Partsnya Piaggio pun ada logo NGK, memang originalnya busi Piaggio pakai NGK, konsumen mau pilih busi yang mana? Ya terserah saja …

Harganya kedua busi ini, beda berlipat, sementara kode businya plek-plekan sama. Beda fisik secara mata hanya di stempel NGKnya saja, yang satu tercetak lebih kentara yang satu lagi tidak. Lainnya sama persis!


Responses

  1. cuma stempel jadi mahal berlipat lipat
    salam kenal mas

  2. brand image jelas yg bayar ya konsumen🙂

  3. Bayar harga stempelnya emang mahal sih🙂

  4. jd itu istilahnya oem ya. klo emg qc nya bagus si hrsnya aman2 aj pke parts oem. mungkin klo dibandingkan mirip obat generik ya yg aslinya sih kandungan sama aj ama yg branded

  5. Sama dgn kampas ninja 250, sama plek supra tp harga 7X lipat

    • tapi kualitas beda jauuuhhhh. silakan coba kepakeman rem supra vs ninja yg dipasang pada motor ninja, mana yg lebih nyelonong.

      • Iya, untuk yang rem sih saya juga nggak recommend. Karena mungkin fisiknya secara pandangan mata saja bisa sama. Sama ukuran, sama besar – ketebalan – bentuk dan lain-lain.

        Tapi bisa-bisa saja materialnya beda.

        Kalau yang busi, itu memang kodenya sama.

    • rem boleh sama ketebalannya tapi materialnya beda om.
      ane juga pake punya supra nih buat rem depan cuma ya itu… kurang gigit…

      kalo pake suzuki ya lumayan joss seh…

  6. Barang sama kok. Yang bikin beda harga bukan merk-nya. Tapi jalur distribusinya. Yang murah lewat jalur distribusi yg sudah biasa handle barang skala besar. Yang mahal lewat jalur distribusi yang kurang luas, bisa bisa dihandle banyak perusahaan distribusi.

    • Ini juga bener.
      Kemungkinan yang Piaggio, businya lewatin dulu ke Vietnam/Italy/Singapore dulu, baru dilempar kesini.

      Sementara yang NGK menggunakan jalur distribusi yang sudah lama ada di Indonesia.

  7. Wah harus pintar-pintar milih merk suku cadang ya….

  8. Busi ninja 250 ori ngk cr8 harga 65 ribu.. Pake busi vixion kodenya sama cuma 10 ribu

  9. Vendornya selain menjual ke pabrikan menjual juga ke konsumen. Pabrikan juga menjual ke konsumen dan pasti mencari untung. Setuju dgn prinsip jalur distribusi bro di atas.

  10. sama aja kok, mas…

  11. Kirain Duke pakai Brembo

  12. stempel😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: