Oleh: arantan | Agustus 31, 2013

Metromini mau di tata?

warga-menyaksikan-metromini-yang-mengalami-kecelakaan-dan-masuk-nyebur-_120309083407-771

Ada banyak angkutan umum yang menggunakan jalan di Jakarta, mulai dari ojeg roda 2, kemudian roda 3 ada bajaj dan bemo. Roda 4 ada mikrolet dan angkutan kota (angkot) yang berupa kijang/panther, kemudian untuk yang besar ada bis kopaja, metro mini, lebih besar lagi ada bis dari PPD, Mayasari dan kemudian yang paling keren masih bis transjakarta.

Yang paling bobrok kalau fair-fairan, yang paling tua, dan relatif paling bobrok sebetulnya bemo konon sudah ada sejak 1960-an dan tentu tidak diremajakan, belum lagi ada bajaj yang pengemudinya asal sekali. Tapi yang dibetulkan adalah metro mini yang mungkin karena mengangkut penumpang paling banyak dan mungkin juga kecepatannya bisa lumayan jadi dianggap paling ugal-ugalan. Langkah penataan ini dilakukan duo Jokowi dan Ahok, dengan langkah nyata, beberapa metromini yang dianggap tidak layak sudah di kandangkan.

Kondisi fisik metro mini memang jauh dari kata layak jalan lah. Beberapa metro mini, konon tanpa speedometer, tanpa lampu, juga bebeberapa kacanya sudah rontok, perijinannya pun sudah lewat. Yang dikandangkan bukan cuman untuk efek jera saja misalnya 1-2 bis dikandangkan kemudian di publikasi, tapi metro mini yang dikandangkan sudah mencapai 140 bis! Seperti dikabarkan oleh merdeka di sini.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Syafrin Lapito mengatakan hingga saat ini ada 140 armada metromini yang dikandangkan. Metromini tersebut dikandangkan di tiga pool yakni Rawa Buaya, Pulo Gebang, Tanah Merdeka.

“Ada sekitar 140 data sejak kemarin,” ujar Syafrin di Balaikota Jakarta, Kamis (29/8).

Menurutnya, Metromini tersebut dikandangkan karena belum diuji kelaikan jalan dan atau surat-suratnya mati. Surat-surat mati tersebut seperti izin trayek, kartu pengawasan mati dan tidak diuji KIR.

Konon pembenahan ini adalah langkah awal sampai nantinya mungkin-mungkin saja keberadaan metro mini akan dihilangkan. Nantinya untuk kepemilikan angkutan yang menggunakan bis kecil ini tidak lagi di perbolehkan oleh pribadi, semuanya harus ber perusahaan yang di manage serta control ketat. Whaaat??? Apakah nantinya semua angkutan yang kepemilikannya pribadi seperti bajaj, mikrolet, kopaja juga akan dihilangkan? Deadlinenya kapan?

“Selama ini, manajemen metromini sudah tidak sehat. Jadi, lebih baik metromini dibubarkan saja. Kemudian, ganti dengan perusahaan baru yang jauh lebih baik,” kata Pristono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (24/7).

Republika sini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Akibat ulah ugal-ugalan sopir Metro Mini T 42 yang menabrak tiga siswi SMP, membuat angkutan yang satu ini kembali mendapat sorotan. Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengusulkan agar Metro Mini dibubarkan saja.

“Bubarkan saja, berhenti saja mereka, tidak usah jalan lagi,” ujarnya di Jakarta, Rabu (24/7). Metro Mini juga diketahui tidak memiliki pool dan busnya banyak dimiliki oleh perorangan. Dengan demikian, sulit mengontrol kondisi kendaraan maupun sopir. Untuk pemberhentian operasi Metro Mini, jika perusahaan ini membubarkan diri, Pristono menegaskan tidak perlu ada surat menyurat. Hal itu tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Republika sini.

Yang saya ingat, dulu Jakarta punya taxi yang juga dimiliki perseorangan, namanya president taxi. Tapi lambat laun karena seleksi alam president taxi hilang, mungkin karena peminatnya terus berkurang. Kalau taxi memang ada pilihan, tapi kalau bis, satu trayek ya biasanya cuman itu pilihannya, masak penumpang menunggu bisnya yang datang keren baru naik? Yang ada sekarang semua metromini relatif jelek, jadi bagi penumpang tidak pilih-pilih lagi atau tunggu bagus. Paling yang ditunggu, metromininya kosong atau tidak?

Ini juga ada masukkan juga dari metro mini. (link)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Para sopir metromini menolak keras rencana pembubaran angkutan bercat merah yang dilontarkan oleh Dinas Perhubungan. Mereka menilai, pemerintah tidak bisa membubarkan metromini hanya karena ulah satu oknum.

Enggak setuju lahenggak semua supir metromini begitu kok, ” ujar Hendrik, salah satu sopir Metromini 640 jurusan Pasar Minggu-Tanah Abang.

Menurut Hendrik, keberadaan sopir tembaklah yang membuat citra metromini menjadi buruk. Sebab, kata dia, sopir tembak sering kali mengemudikan bus secara ugal-ugalan. Sopir tembak yang kebanyakan masih remaja tersebut, lanjut dia, juga umumnya tidak memiliki SIM.

Kalau pertanyaannya setuju dibenahi atau nggak ya sudah pasti SETUJU!  Tapi ini langkah gila-gilaan dan sangat ambisius! Apakah mungkin? Pemerintah pasti berseberangan dengan para pemilik angkutan, supir dan kenek metro mini, ini urusan perut, apa bisa? Setelah pembenahan tanah abang yang sudah ribet bertahun-tahun dengan “anak wilayah”  bisa di tata, saya kira untuk metro mini kal ini pun sangat bisa!


Responses

  1. Metro mini dan yang sebangsanya memang perlu peremajaan, yang aneh kenapa mobil bobrok tapi KIR-nya tetap laik dan layak jalan.

  2. Bau, copet

  3. Hmm ..
    metromini ..
    tarif lambat laun terus naik ..
    keadaan(bus) gitu2 ajh, bahkan semakin bobrok ..
    konsumen tidak punya pilihan lain ..
    Ooohh ..
    Indonesia ku ..

  4. Jawaban klasik “gak semua sopir metro mini….ugal2an, itu paling sopir tembak….” lha kalo gitu kenapa sopir tembak dibolehin bawa sama sopir aslinya? Tapi yg paling penting dilakukan duet jokowi-ahok ya menghapus sistem setoran dari angkutan umum ibukota. Apa sih susahnya membuat semua angkutan pakai sistem karcis dan kartu elektronik? Dulunya kan memang begitu…mulai 80-an saja dibiarin pelan2 rusak jadi keterusan sampai sekarang.

    • kalo gak dibolehin ya bisa digebang ama preman kawanan si sopir tembak, kaya gak tau aja

  5. yang penting keseriusan pemerintahnya,asal tujuannya baik untuk semua pihak pasti bisa kok. tanah abang sekarang adem ayem aja kan?

  6. jangan metromini aja, bajaj 2tak yg brisik – berasap – dan bau juga harus diremajakan. ganti semua pake bajaj bbg..

  7. kLo bemo sbnrnya sdh tdk boleh beroperasi,perannya sdh d gntikan dgn APB (Angkutan Pengganti Bemo).Sejenis angkot berupa mobil carry & sejenisnya hanya saja warnanya spt wrna mikrolet…bemo yg beredar itu tdk memiliki kir,lha wong pajaknya saja sdh tdk bisa di bayar….tapi hampir 80% angkutan di dki itu tdk layak,,,bukan hanya metromini,kopami,kopaja,mikrolet,kwk,apb,bajaj,bus spt mayasari dsb pun kLo Speedometer mungkin hampir semua tdk ada di angkutan tsb.

  8. yg bilang tidak semua sopir metromini ugal2an mungkin perlu di ct scan otaknya

  9. peremajaan itu perlu. dan sudah sewajarnya pemerintah memberikan insentif kepada mereka. dengan timbal balik kredit. pemerintah membeli semua mobil bekas itu dan diberikan mobil baru dengan sistem kredit. tidak menyusahkan yang punya mobil dan memberikan uang kepada pemerintah daerah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: