Oleh: arantan | Agustus 29, 2013

Ketakutan berlebih saat jual – beli motor second

Parno saat transaksi jual beli kendaraan?

Takut, jaga-jaga dan waspada menurut saya adalah suatu keharusan. Hope for the best, prepare for the worst. Ini saya denger dari trilogy Bourne, maksudnya memang kita boleh berdoa dan berharap yang terbaik, tapi selalu persiapkan untuk kemungkinan terburuk.

Kalau mau transaksi, saya nggak sreg dengan orangnya mendingan saya nggak ambil resiko. Ketika saya beriklan di kaskus baru-baru ini, muncul 2 SMS aneh dari sekitar total 8 SMS yang nanya-nanya. 2 SMS tersebut mengatakan, Ibu nya tertarik atau Bapaknya tertarik, mohon telepon ke Ibu H.Sabar Sekali. Tentu saya nggak telepon lah. Ya kalau mau mending orangnya aja yang langsung SMS atau telepon ke saya kan?

Pada waktu janji ketemuan dengan calon pembeli di suatu tempat saya umumnya juga tidak memperkenankan kalau motornya di test jalan, kecuali kalau dalam parkiran tertutup/secure parking dimana saya yang pegang karcis parkirnya.

Kalau benar-benar saya ragu, tapi ada kemungkinan calon pembelinya serius, saya biasanya menitipkan kartu-kartu ATM dan kartu kredit ke teman atau keluarga. Saya takut kena hipnotis! Maunya ketemu pembeli, tahu-tahu ketemunya orang yang berniat jahat, bisa-bisa bukan saja motor saya yang di bawa kabur, tapi uang di tabungan pun melayang! Jadi saya datang dengan perbekalan minim saja.

Atau bisa juga saya kasih kelengkapan sepotong-sepotong, STNK harus diperlihatkan tapi mungkin BPKB hanya foto copy dulu.

Tidak ada yang bisa menjamin keamanan 100% saat transaksi bahkan bukan saja hilang harta tapi nyawa pun bisa melayang. Mungkin nantinya saya perlu kasih pengamanan tambahan, seperti bisa mematikan mesin motor lewat handphone ya?


Responses

  1. ya yg jelas sebisa mngkin kta yg nentuin tmpt ktmuan,jga2 jgn ada prgkap.

  2. pengalaman saya : saat diajak ketemuan sm calon pembeli di mall yg secure parking (nagoya hill,batam),sy ajak 3org (saudara/teman yg dpt dipercaya) tanpa pengetahuan calon pembeli,1org berada di sekitar saya (bodyguard) & pegang dompet/surat2 saya,1org di dekat/sekitar pintu keluar utara & 1 lg di pintu selatan. saat itu jg bbm motor sengaja tidak sy isi full,alias pas di garis “E” jd kalaupun dilarikan,ga bs jauh2 (yg mau bw kabur jg mikir2 kalee)

    • ebuset…
      Tadinya gw pikir gw udah paling parno abis…. ha ha ha.

  3. Sy pernah transaksi jual mobil di bandara soeta, iklanin di kaskus🙂
    Orangnya begitu mendarat langsung bawa mobilnya ke lampung.
    Sekedar saran kita bisa check apapun di google, input saja nomor hapenya atw nama nanti keluar bermacam2 result.
    But as a precaution sy bawa juga instruktur fitness kenalan kebetulan badannya segede kingkong🙂

  4. Iya neeh, mau jokul motor masi maju mundur, ngeri yg gituan juga.

  5. Ya sekarang banyak orang jahat mesti waspada….

  6. ane gak tau n belom pernah jual motor. tapi kalo bokap biasanya pake perantara. ketemuan di rumah, mw di test monggo or di cek ke bengkel silahkan.

    kalo ada perantara kan setidaknya penipuan etc di minimalisir.

  7. OOT *.wah ternyata sama… seneng SNSD juga ya mas broo . . . hehehehe

    • Saya sebetulnya lebih BoA

  8. hati hati kalau mau jual beli walaupun COD dirumah kita gak bisa jadi jaminan barang dan kitanya selamat
    pernah dulu kejadian seler dan buyer transaksi moge(kalau gak salah cbr 600/1000 lupa iklan di kaskus)setelah janjian disepakati si buyer datang kerumah seler setelah datang lihat barang nego2 cocok bukanya ngeluarin uang tapi malah parang buat nodong tuh seler motor di bawa kabur seler teriak maling ketangkeplah tuh buyer polisi datang dibawa kekantor sekalian barang buktinya gak taunya ini motor motor bodong apeslah lah tuh seller barang gak bisa keluar dari plokis karena gak ada surat
    satu lagi transaksi moge r1 di wates seller buyer ketemuan si buyer bawa n250 mintalah buyer tes ride ,250 di tinggalin ditunggu2 gak balik baru dia sadar motor di bawa kabur gak taunya n250 ini juga motor curian mau lapor polisi r1nya motor gak ada suratnya alias bodong serba repot kan
    makanya kalau mau transaksi hati2lah ada baiknya bawa teman buat jaga jaga jangan sendirian

    • Ini ada 2 kasus betul?.
      Yang pertama Leo, phantom – CBR.
      Yang kedua yang R6, ambil di Jakarta tapi ketangkep di Jogja.

      • bukan om ini lain kasus kalau r6 itukan yg nemuin seller moge jogja mukharom ini r1 punya org wates kejadian skitaran mei/ juni tahun lalu
        pokoknya motif penipu banyak dah lebih aman lagi saat pembayaran kita ajak bayarnya di bank saja banyak kejadian buyer ini juga main sama rampok saat buyer abis bayar jarak beberapa menit rampok datang kerumah/ ke tempat transaksi kita padahal mereka juga sekongkol

    • ada jg di daerah cawang si buyer bawa mobil beli n250 2nd trs dicoba mobil di tinggal kuncinya suruh pegang si seller, motor di test tp gk balik2, ternyata mobilnya mobil rental sewaan …

  9. Kalau saya, nawarinnya lewat orang-orang yg saya kenal.

    Saya bilang mau jual kendaraan saya ke mereka, nanti mereka yg jadi “makelarnya”.

    Kerugiannya :
    – tidak bisa langsung cepat
    – ada biaya “makelar” buat mereka

    Keuntungannya :
    – saat transaksi akan rada aman karena sudah saling kenal.
    – teman2 saya sudah tahu bagaimana cara saya merawat kendaraan-kendaraan saya, jadi tanpa test pun, sudah ada “promosi” dari teman-teman.

    Atau kalaupun broadcast, lewat komunitas.

  10. dulu gw jual N250, pas transaksi gw minta tolong satpam kompleks jagain, kalo motor gw mau lewat tapi bukan gw yang bawa, jangan kasih keluar. kasih uang rokok lah biar bener-bener dijagain. Untungnya pintu keluar masuk di kompleks cuma 1, jadi ya jaganya cukup di situ-situ aja. Pokoknya JANGAN PERNAH melakukan transaksi motor di jalan umum. Juga JANGAN PERNAH sendirian, lebih baik ada saudara atau teman terpercaya yang menemani saat transaksi baik jual maupun beli. Ini menyangkut uang jutaan dan nyawa kita sendiri soalnya.

  11. oya, gw juga sekalian minta tolong ke bokap buat nongkrong di pos satpam selama transaksi. Jadi bener2 yakin ada mata yang mengawasi di pos keluar masuk tersebut.

  12. sebisa mungkin datang dengan teman, kalo bisa transaksi ditemani oleh seorang polisi

  13. waw, sangat prefentif!
    cakep nih, daripada harta.. bahkan nyawa melayang.
    makin waspada jadinya😛

  14. kemarin temenin temen liat cagiva mito jalan2 bareng make c70, mx sama supra.. tapi dibolehin test ride sama orangnya.
    alesannya, yg bawa mx make suomy. hehehehe.

  15. […] respon terhadap tulisan om Arantan, disini Kalau beliau ketakutan ketika jual-beli kendaraan bermotor, saya sih ketakutan digebuk harga […]

  16. banyak yang paranoid juga om

  17. saya pernah jual motor n mobil seken gak sampe segitunya kali ye… lempeng2 aja… yg beli motor suami istri, istrinya ditinggal, suami muter2 nyobain tuh motor, langsung dibayar di tempat…😀
    yg mobil, dua orang, yg satu nyobain mobil muter2, yg satu lagi bareng nongkrong pinggir jalan… saya gak ada bawa temen…😀
    im considered being lucky…

  18. ane gak tau n belom pernah jual motor. tapi kalo bokap biasanya pake
    perantara. ketemuan di rumah, mw di test monggo or di cek ke bengkel
    silahkan.

    kalo ada perantara kan setidaknya penipuan dll bisa di minimalisir.

    error 5100 canon ip 2770

  19. Di kaskus, tokobagus juga banyak penipuan bos
    baik dari Seller maupun buyer
    Buat Buyyer harus pinter2 cari Seller yg reputasinya bagus dan recomended di kaskus, klo di tokobagus cari Seller yg udah verified.

    Buat Seller juga musti hari2 juga
    banyak SMS penipuan
    contohnya spt ini:

    SAYA IBU MERALDA YG KEMAREN UDAH LIHAT MOBIL YG BAPAK/IBU JUAL.
    SAYA MERASA COCOK, UNTUK NEGO MASALAH HARGA SILAKAN HUBUNGI SUAMI SAYA Prof. DR. dr. K. H. MUHAMMAD SOLEHUDIN, bla bla….

    hati2 ini SMS penipuan….!!!
    banyak yg menjadi korban, termasuk rekan kerja ane.

  20. Saya kemaren jual motor kilat jam 12 malem sms pagi jam 8 dtg bayar hahaha buyernya bener2 lurus niatnya kwkwkwk nungguin setengah jam kelokasi cod trus d bawa kRumah ane buat liat motornya….

  21. kalo saya kebalikannya om. saya sbg “pembeli” mobil dtg dgn teman sy dua org jd kami bertiga penjualnya sendiri, asli nih penjual lugu bgt. jd nih penjual tinggal diapartemen sy dibolehin test drive di jln raya depan apartemannya nah setelah testdrive n hrg cocok sy bilang mau lihat bpkbnya eh itu mobil ditinggalin dgn kunci kontak dan stnk ditangan sy dia ngambil bpkb ke dlm lumayan lama 15menitanlah sy sm teman sampe melongo… kalo sy niat jahat dgn mudahnya tuh mobil sy bw kabur. hadeeh….


Tinggalkan Balasan

Kategori

