Oleh: arantan | Agustus 27, 2013

Anak terkunci di mobil yang di panaskan

Rekan kerja barusan cerita, ketika memanaskan mobilnya, pintunya mengunci dengan kunci masih di kontak, sedangkan dia tidak punya alarm dan kunci serep. Mobil mahal tersebut tidak bisa di sodok penggaris dan lain-lain, jadi akhirnya telepon care centernya. Ide untuk memecahkan kaca tidak disarankan karena selain mahal, kacanya pun tidak bisa di pecahkan, mobil mahal, kacanya double glaze, hampir termasuk bullet proof.

Akhirnya si teman mesti tunggu sampai si teknisi datang, 3 jam dalam kondisi mesin mobil menyala. Si teknisi membongkar mulai dari belakang, ada cara-caranya kok.

Kebetulan pada kejadian terkunci teman saya, tidak ada anak kecil di dalam mobil. Gimana kalau waktu sambil mobil dipanaskan anak kecil masuk dulu? Anak masih mending, mungkin malah bisa disuruh bukain pintunya tapi gimana kalau bayi? Misalnya si orang tua menaruh dulu si bayi di car seat/baby seat, kemudian ditinggal untuk, mengambil botol susu, perlak dan perabotan sirkus lainnya. Pas balik lagi ke mobil sudah, klek! Alarm mobil/central lock mobil masa kini ada yang di trigger oleh waktu. Jadi ketika mesin mobil di start, 30 second kemudian pintu mengunci dengan sendirinya. Tujuannya adalah untuk kemudahan dan keamanan, jadi begitu masuk mobil dan jalan, pintu akan otomatis mengunci, aman dari orang jahat toh?!

Tapi trigger seperti ini membuat sulit ketika mau memanaskan mobil pun, pintu atau paling tidak jendela harus dalam keadaan terbuka. Gimana kalau mau memanaskan sambil mencuci mobil… lupa? Klek deh.

Trigger central lock yang lebih aman adalah dengan menekan rem kaki. jadi rem harus diinjak dulu baru central lock mengunci otomatis. Bagi yang mau pasang central lock atau dari dealer sudah dikasih central lock, pastikan, tanyakan dulu triggernya gimana? Simpan selalu kunci dan remote serep, pastikan dulu baterainya juga dalam keadaan baik.

Parno.com


Responses

  1. btw semua kaca mobil tempered bisa dipecahkan, itu wajib sebagai standar keamanan.
    kecuali yg bulletproof.
    sy pernah juga mobil terkunci dalam keadaan menyala, pilih kaca yg paling kecil terus di pecahkan pakai obeng.
    sama mobil eropa juga

  2. klo merek H emang ciri khasnya trigger central lock injak rem dulu sedangkan merek T model baru berdasarkan speed lock di 20 km/jam, central lock baru aktif. klo sy cuma tau 2 merek itu aja sih

    • merk T yg sejuta umat punya bapak juga make yg injek rem

  3. Mobil dipanaskan ?
    Seperti masakan saja ……..😛

    Some how, mesin/teknologi modern tapi perlakuan masih seperti generasi tahun jebot ….

    • @4and1, awas keram karena tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.:-)

    • aki perlu aliran daya supaya nggak drop dan hanya bisa recharge dengan manasin mesin,

      tapi tak apa lah kalau memang ingin koleksi aki…

      • Justru ini menunjukkan ada yga salah dengan :
        – instalasi peralatan kelistrikan
        – dinamo ampere (yg tidak bisa memberikan daya maksimal untuk men-charge aki)

        karena, kebocoran arus seharusnya amat kecil, maximum sekitar 0.1A (ideal di angka sekitar 0.05A – ane dapat info ini dari mekanik SnD).
        Aki dengan daya 65Ah, jika ada kebocoran sebesar 0.1A, maka umur aki tersebut sampai 650 jam alias sampai 27 hari.

        Ane punya mobil yang hanya dinyalakan mesinnya di Sabtu/Minggu saja, bahkan kadang sampai 2 minggu sama sekali tidak menyala mesinnya ……. no problem dengan aki & proses starternya …..
        Istri ane juga pakai Spacy FI, makenya juga jarang banget …. nggak pernah tuh namanya “dipanasi”, sudah lebih dari 1.5 tahun akinya baik2 saja ….

        So, periksa kembali kebocoran arus aki di kendaraan anda, caranya gampang :
        – pergi ke SnD dan banyak bertanya
        – beli tang ampere

      • @4and1
        lha kalo ada alarm,jam digital atau perangkat lain yg standby terus makan listrik apa ga bisa bikin tekor?
        lagian manasin kendaraan ga semata-mata untuk aki,tp yg lebih penting untuk pelumasan mesin
        tau iklannya pelumas merk C yg kadal nemplok di piston kan?

      • Produsen mobil sudah memikirkan aksesoris kelistrikan standard-nya.

        Dan kalau masang aksesoris tambahan juga harus dipikirkan, yg cerdas gitu lah.
        Asal tarik aja mah gampang, efeknya kebocoran arus dari aki makin besar.

        Pelumasan mesin, ya dilakukan sesaat sebelum kendaraan bergerak saja sudah cukup.
        Toh ECU sekarang sudah cukup pintar kok.
        Biasanya sesaat setelah RPM kembali normal.

        Karena, sebetulnya, olie itu ada yg tertinggal sedikit di ring piston dan juga saat piston bergerak, pompa olie juga langsung bekerja.

        Selain itu, sejak zaman dulu juga, olie yg bagus akan langsung memberikan lapisan tipis di logam silinder & piston, bukan baru-baru ini saja – seperti yg diiklankan oleh merk C itu.🙂

        Silinder baret karena mesin tidak pernah dipanasi, salah.
        Silinder baret karena :
        – kualitas olie jelek
        – pompa oli tidak maksimum bekerja
        – tidak ada oli yg terjebak di ring piston karena ring piston rusak.

        Ya itu sih sharing saja lah, percaya atau tidak monggo, karena ini pengalaman sejak zaman saya kecil dulu.

        Saya dapat jargon :
        – “manasin mesin ? kayak masakan saja ?”
        atau
        – “manasin mesin ? pasang aja kompor dibawahnya”
        itu juga dari bapak saya ……😛

  4. ane manasin motor cuma 30 detik. abis itu langsung jalan…

    • setuju bro ane juga manasin motor cuma 30 detik

  5. kaca diturunkan sebelum dipanasin, toh belum jalan juga,

  6. paling aman kaca diturunkan saja

  7. paling aman pas warming up engine pak sopir dah dibelakang kemudi

    Gentleman start your engine:mrgreen:

  8. ya sama, saya “manasin” mobil kalau pas libur kerja bukan hampir tiap hari…

    tapi terima kasih atas info setrum menyetrum nya, dan kalau urusan ke SnD malas karena… you know lah montirnya sama dengan beres, terlalu kolot dengan settingan pabrik

  9. Saya bikin kunci serep tanpa kepala, simpen dalam dompet. Aman deh kalau gak sadar kekunci..

  10. saya manasin mobil niatnya bkn cma buat ngecharge aki tp jg kebiasaan dlu pas make mbil kia timor klo ngga/jarang di panasin knalpot variasinya suka berkarat dan jebol(knalpot aslinya yg stainless hancur kna jalan di kalimantan), sekarang sih pake toyota rush:mrgreen:

  11. mobil sekarang rata2 kunci kontaknya pake semacam imobillizer atau apalah klau dimtr ad di vespa/piaggio, ad chipnya ktanya biar di bikin replika kuncinya masuk kelubang kontaknya mesinnya nggak bakalan bisa nyala. Tp klo cuman buat ngebuka pintu mobil mungkin bisa, ad yg pernah nyoba??

  12. Klo merk korea K*A punya saudara kemaren kejadian lagi jogging di UI pas lagi dipanasin ngunci sendiri, alamat pulang dulu kerumah buat ambil kunci cadangan buat buka. untukng rumahnya di lenteng agung lah klo di bogor di bogor di bogor gor gor..

  13. Woch, menakutkan sekali…..aman, tapi kalau ceroboh malah bikin bahaya😆

    http://potretbikers.wordpress.com/2013/08/27/afrika-van-java-pasti-ku-kembali-part-1/

  14. teknologi tidak selalu fool proof….

  15. mana ada manasin mobil sambil cuci mobil? aya-aya wae si mas ini

  16. Klo mobil saya beda lagi mas. Di panasin nggak ngancing. Direm nggak ngancing. Di goyang-goyang nggak ngancing hahahaha. Ngancing otomatisnya itu kalau tuas perslening dipindah ke D atau ke R. Yaaahhh lumayan safety lah menurut saya. Nggak tau emang standar ori dari pabrikannya kayak gitu mas.

  17. pesan moral kalo manasin mobil kaca dibuka full biar kalo kenapa-kenapa gampang:mrgreen:

  18. Saya kalo manasin mobil ngga perlu dinyalakan mesinnya, cukup saya ejek2 aja “dasar mobil jelek”, “ngga enak dipake”, “gua jual lu”, dll. Panas sendiri tuh mobil. Abis itu nyalain mesin langsung maju dah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: