Oleh: arantan | Agustus 26, 2013

Ganti per kopling dan belt motor matic saja feelingnya jadi beda total

Saya masih amaze dengan Vespa LX saya, yang sekarang jadi beda total. Padahal yang diganti parts kecil-kecil saja, cuman ganti belt dan per kopling saja kok. Per itu secara fisik cuman besarnya 2 cm-an kok, tapi efeknya besar sekali.

plintir

Sebelumnya keluhan saya adalah kalau di gas pelan tanggung-tanggung, si motor akan bergetar. Ketika dibawa jalan pelan pun sulit di bawa halus. Tiba-tiba langsung ngebut, tapi ketika gas sedikit saja di turunkan maka dorongan ke depan hilang.

Ketika motor di hidupkan dalam keadaan dingin pun CVT berisik, muncul bunyi-bunyi yang nggak rata. Cuman diganti per dan belt saja, motor jadi terasa seperti motor yang beda total, di plintir bisa ngurut halus.

Konon yang bikin ndut-ndutan adalah per CVT itu yang diganti melebih RPM standard. Mungkin maksudnya supaya ngacir gan, tapi kalau saya mending biar bisa jalan lucu aja.


Responses

  1. Mungkin gak diimbangi dgn ganti mangkok kopling or variator, roller, per besar, jd ndut2 an jalannya. Tp emang standaran aja akselerasi vespa lx dan s dah beda sm mojep. Btw per kecil yg dipake warna kuning, merah or putih om? Salah setting mungkin sblm balik standar

  2. paling enak sih standar pabrik

  3. Ya itu uniknya CVT bakal lebih mantap lagi kalau pake CVT yang sudah bisa full manual dan semi manual seperti skywave….:-)

    • Saya lagi mikir kalau ada yang salah dengan specs bawaan pabrik Suzuki Skywave yang suka bergetar di RPM rendah, terutama sehabis lepas polisi tidur. Gasnya pun tidak sehalus PCX/LX, rasanya kalau bisa dihaluskan dengan menggunakan per dan belt yang lebih sesuai, mungkin-mungkin saja jadi halus dan nyaman.

      • Klo boleh tau di LXnya sekarang pake belt n cvt merk apa n hrg berapaan om.?

  4. belom ganti per kopling or cvt…
    palingan ganti oli doank…

  5. Saya pakai Liberty 150ie (mesin dan transmisi sama dengan Vespa LX/S), cukup ganti per CVT dengan per CVT Vario 110, tarikan sudah beda, lebih ngacir.

    Terasa lebih irit untuk stop-n-go ….

    • Bro Andi, ane jg pake Liberty 150, keluhan saya kalo di gas sering ndreded alias getar2 dan bunyi berisik dari cvt nya, apa cukup ganti per CVT saja.. pls advis nya
      Tq before

  6. per 2cm-an, per cvt atau per kopling ganda tuh?
    di matic ane juga gitu agar saat digas dikit roda langsung muter, ane ganti per kopling ganda yang jumlahnya 3 pcs .

  7. Emang itu ciri khas produk piaggio dari vietnam. Liberty saya juga sama. Dah pake staonan terasa beda. Gak taunya as roda antara yg bikinan vietnam ama itali beda. Yg vietnam as kecil kalo itali as besar.

  8. om arantan, setelah per cvt diganti standar (bawaan pabrik) masalah ini hilang kah? saya juga sepertinya mengalami hal yang sama dengan memakai per CVT ma*ossi putih (rpm 2250). Memang bukan untuk bermacet-macetan ya. Moga dibalikin ke standar gas ngurut jadi enak…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: