Oleh: arantan | Agustus 6, 2013

Turunnya DVD dan munculnya Media player/High Definition player

arantan-ac-ryan

 

Foto tipe awal HD player merk AC Ryan yang masih kuno. seluruh menu dikendalikan lewat remote. Saat ini model baru AC Ryan sudah memakai hard drive yang bisa di copot dengan mudah tanpa baut

Ketika kecil saya melewati jaman video beta dengan player Sony C5, kemudian jamannya VHS, laser disc (yang diameter piringannya lebih besar dari piring makan, VCD dan DVD. Setelah itu sebetulnya ada Blu Ray, tapi saya nggak bisa ngikut karena harga per kepingnya yang sangat mahal! Blu Ray playernya sih semakin terjangkau tapi tetap saja harga per filmnya mahal.

Mulai dari VCD – DVD sebetulnya film sudah berformat digital sehingga mudah saja bisa di mainkan dengan komputer. Tapi untuk memunculkan gambar dari komputer ke TV tentu butuh effort lagi. So mungkin atas ide munculah gagasan bagaimana kalau ada player terpisah yang bisa memutar file langsung colok ke TV?

Awalnya si HD player ini masih terbatas, merknya AC Ryan, Dune, tapi sekarang sudah banyak merk lainnya seperti WD, Asus, bahkan merk-merk Cina yang belum pernah di dengar pun sekarang membuat Media Player dengan harga lebih terjangkau. Umumnya HD player ini punya storage internal, tapi juga bisa dicolokkan lewat USB.

Kalau jaman sekarang sudah umum bertukaran .mkv antar sesama teman. Bukan lagi format mp4, atau .avi, ini bukan JAV atau sebangsanya lho. Ini betul-betul film bioskop umum.

File subtitle .srt nya pun mudah di dapat, ya sejak pindah kantor saya sudah sangat jarang beli DVD karena sudah jauh dari ITC Ambas sih…

Hmmm… nonton apa hari ini?

Bagian belakang dan samping typical HD player, HDMI out, kadangkala sampai bisa LAN, RCA dan lain-lain.

2678_326


Responses

  1. Download film jg mudah lewat torrent plus subtitle nya jg asal mau sabar aja peer-to-peer

  2. Klo saya cukup pake laptop yg ada hdmi out. Sambung ke tv, kelar. Klo mao nyaman beli mouse sama keyboard wireless.

    • lebih nyaman pake hd player justru. pake laptop mesti buka2, nyolokin listrik, kabel2 dll…kecuali kalo pake HTPC lain cerita..HD player udah murah kok harganya..extreamer elvira 500K udah sangat cukup di entry level.

  3. kalo ane (IMHO) kok cenderung lebih milih HTPC Alias Home entertainment pc, atau kalo engga barebone yang small form factor atau malah bentuknya sudah bukan lagi pc, tetapi kayak produk diatas.. untuk aplikasi mediacenter udah cukup atau pake aplikasi lain.
    karena sbnarnya pc maka gampang upgrade termasuk kalau pengen nambah bluray drive atau dvd drive internal maupun external. dan semua jenis file bisa tercover.. termasuk kalo pengen dengerin loseless audio atau slide show foto dari berbagai media… selain itu rata2 tv jaman sekarang sudah berkoneksi hdmi..

  4. Ya… Biasa seh masalahnya kdang format sama pun .mkv player u pc harus update.krena ga bisa baca…so klo ini update nya firmware gmn?

    • Download ke USB dan colok ke mesinnya. Saya pernah sekali update ke AC Ryan, belum pernah ke WD.

      Firmwarenya gabungan dan updatenya lambat. Tapi sejauh ini baik-baik saja, dalam arti semua file MKV selalu bisa di pasang.

  5. selama ini keseringan ntn film ya ngedownload gabungin sub nya pake software trus simpan di flashdisk trus colokin ke tv bukanya tv skrng juga sudah punya player byat muter format mp4 mkv flv kalo hd player tetep aja filmnya harus download atau copy dari teman

  6. saya pake Dune HD B1, player MM paling komplit karena bisa terima keping DVD dan Blueray segala, konek ke Internet via wi-fi dan bisa di kontrol pake remote aplikasi di IOS dan Android. Keping Blueray nya bisa yg asli dan yang rip….kalau download film pindahin ke Hard Disk saja….cuma koneksi sini kecil banget cape nunggu kelar downloadnya.

    • Itu yang Dune HD B1, OK banget! Tapi harga hampir 3 masih diluar hard drivenya🙂 lagipula tentunya saya pakai karena nggak sanggup beli keping blu raynya. Perlunya yang biasa saja, setengah dari harga itu sudah dapat WD essential play, 2 TB storage.

      Dune, AC Ryan pastinya bagus, karena mereka khusus di situ. Baru-baru ini ambil dari WD agak nyesel karena ternyata menunya tidak selengkap di AC Ryan.

  7. jossss

    http://megalodon150.wordpress.com/2013/08/07/pasang-klakson-truk-di-motor-matik-emang-perlu-ya/

  8. Om Tan,tau cara bikin subtitle ke Indonesia nggak?

  9. saya cukup pake receiver parabola…. sudah bisa nonton siaran parabola, putar segala jenis file film seperti mkv, dat, avi, dll, bisa nonton youtube, youporn dan ribuan channel IPTV🙂

  10. menurut ane DVD tetap best, gak pake donlot2an segala cukup dtg ke toko dvd tinggal pilih sesuka hati…

    • tapi DVD kalau disetel di LCD TV gambarnya kurang bagus mas gan biarpun ori.. minimal file .mkv 720p ukuran 1GB baru bagus gambarnya.. padahal DVD 4,7 GB loh🙂

  11. om cari extreamer elvira di area semarang dimana ya ?

    • kirim kaskus kalih ya.

      • hehehehe.. iya deng om…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: