Oleh: arantan | Juli 19, 2013

Kawasaki si pemegang market share untuk 250 cc keatas

Posting ini dipicu posting mbah Dukung tentang Kawasaki sebagai raja moge. Saya setuju, Kawasaki jadi pemegang market share untuk 250 ke atas lah.

Siapa yang punya motor 250 cc? Cuman 2, Kawasaki + Honda, ya Suzuki saya nggak usah itung lah.

Siapa yang punya 600cc-an*? Cuman Kawasaki.

Yang punya 800cc*? Cuman Kawasaki – lagi….

*) affordable.

Motor 250 an terbanyak di Indonesia, ya Kawasaki, motor 650 terbanyak? ya lagi-lagi cuman Kawasaki. Yang gatel pingin masuk? Ya rasanya semua pabrikan Jepang, tapi yang “bisa”? Naaaah.

Langkah si Kawasaki tidak akan bisa dilakukan tanpa merelokasi pabrik mereka ke Thailand, sehingga bisa delivery murah-mudah-cepat dan harga bisa turun untuk regional Asean.

Sekarang kalau pabrikan lain mau masuk gimana? Ya welcome! Template how-tonya sudah ada! Tinggal ngikut toh? Tapi Kawasaki juga kasih benchmark value-harga. Ya kalau harga sekian, harus dapat value/specs motor seperti apa, kalau kasih specs ya harus setanding dengan harga mirip Kawasaki juga toh?

Contoh kasus: Honda CBR 250R, punya harga mirip dengan Kawasaki Ninja 250FI, tapi kenyataannya banyak orang kurang senang dengan 1 silinder karena suara dan tenaganya. Harga CBR yang sedikit lebih rendah dari Kawasaki Ninja pun kenyataannya tidak membuat lebih laku dari Ninja 250FI kan?

Back to the challenge:

Bagi pabrikan siapapun, mau Honda, Yamaha, Suzuki, welcome! May the best bike with the best value win!

Bikin motor bagus yang secara specs dan performance lebih unggul dari Kawasaki, dengan harga mirip Kawasaki. Tapi pe-er bukan saja bicara 1 produk 250 lho! Tapi bicara line-up dan road map. Pintarnya Kawasaki adalah meluncurkan produk bertahap dan berjenjang, disesuaikan dengan pelunasan kreditan kali ya? Pertama nyicil bisa beli Ninja 250R/FI, setelah lunas, pembeli bisa jual Ninja 250 nya untuk dijadikan DP pembelian seri 650 nya, ER6n/F atau Versys. Setelah 650nya lunas lagi bisa dijual jadi DP lagi untuk beli … Z800 bro!

How?

Relokasi pabrik sudah pasti dibutuhkan untuk mengejar harga. Untuk ini bukan saja perlu negara yang bicara, tapi sudah perlu kebijakan regional….

Untuk Honda, jangan kapok dengan CBR 250R nya. Jadikan ini pelajaran yang berharga untuk bisa bikin motor yang lebih sesuai. Untuk line up 400/500 nya tetap bisa masuk tapi dengan harga yang sesuai. Harus dibawah harga psikologis 100 juta lah. The best kalau bisa masukkin 650 an juga karena Indonesia tetap lihatnya CC! Masukkin 650 CC, in line 4 cylinder, dengan harga sedikit diatas er6 …. pasti laku, cuman apakah bisa?

download

 

Yamaha R1 di DDS Cempaka Putih yang saya naiki di 2010.

Untuk Yamaha, jangan langsung kaget import ke R1 atau R6 lah, bikin berjenjang dari bawah, 250, 600 dan terus keatas. Mesti punya road map yang jelas, kemudian di luncurkan secara bertahap.

Untuk Suzuki …


Responses

  1. untuk suzuki kurangi maen di trampolin (dari 125 langsung ke 750):mrgreen:

  2. ga kapok masih mainan Thunder.. #suzuki

  3. CBR250? buat FBH udah cukup 1 silinder… yang penting di IRS kencang!!!
    meskipun suara knalpot nya mirip2 metik…
    😉

  4. YAMAHA R6 aq menunggumu….

  5. begitu ninja 250 lunas jual buat Dp R3, sekarang bayak er6n/f series dilepas dengan range harga 85-95jtaan jd galau, cuman galaunya dibawah rata2, sekarang kegalauan utama adalah mupeng sama Z800:mrgreen:

  6. Analisanya mantap betul mas..!! Memang kawasaki nampak sudah mantap main di kelas sport..
    https://tanurblog.wordpress.com/2013/07/19/duke-390-di-kelas-harganya-ada-er6n-mana-yang-dipilih/

  7. Suzuki gak di itung biarpun dari dulu main di 250cc kasian….

  8. om kawasaki mau saingan yah sama pabrikan eropa,ducati,bmw,aprilia,dll😀

  9. apalagi kalau varian 250nya diperkuat dgn versi retro dan enduro….

  10. orang indonesia itu masih = CC sama dengan Harga … teknologi, PTW itu gak ngaruh … mauga ahm ?

  11. pabrikan lain yang mau ikut perang di segmen >250cc, harus pinter pinter tuh😀, btw gimana kabar sym yang mau masukin sport 250cc, kok nggak ada kabarnya😆

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/07/19/mengenal-mesin-ford-ecobost-1-0/

  12. suzuki terima jd penonton??

  13. Rata2 line up Kawasaki itu CBU Thai/Jpn terus pabriknya di Ind idle sdh sekian thn apa gak sayang ?

    • Thailand dijadikan base untuk produksi seluruh dunia, Ninja 250 di US – Eropa pun berasal dari Thai. Tidak perlu lagi untuk CKD di Indo, US saja pun yang jauh tidak perlu lagi.

      So kalau sayang? Kalau lihat satu negara ya sayang investasi.
      Tapi kalau lihat secara global, lebih rugi lagi kalau setup di Indonesia, untuk apa?

      • Dari dulu suka penasaran knp Kawasaki Jpn bisa menjatuhkan pilihan base produksi utk export di Thai, bukan Ind yg market share Kawasaki sec global plg besar ?

  14. agree bro !!

  15. IU Kawasaki


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: