Posting ini saya buat karena mungkin saja versi murah Vespa akan masuk ke Indonesia. Apakah ini hal baik atau buruk bagi Piaggio secara business? Secara brand?
Short term, yes, dengan menurunkan harga jual tentunya *harusnya* akan semakin banyak orang menggunakan Vespa LX, saya setuju. Tapi long term, kebijakan menjual murah ini akan menghancurkan brand Piaggio dengan Vespa LXnya sebagai varian terlaku. Move ini akan membuat Vespa masuk ke debat abadi, apakah Vespa itu fungsional? Dan berani masuk head to head dengan Jepang. Apakah mengendarai Vespa termasuk jaringan after salesnya menguntungkan? Vespa ya Vespa, kelasnya tersendiri.
Saat ini saja coba lihat bagaiman kesulitan Piaggio Indonesia dengan menjual GTSnya, saya lihat kalah dibanding keberhasilan Sun menjual GT, GTS, GTV dulu. Ya karena rasa “wah”nya sudah menurun, sudah banyak yang bisa pakai Vespa. Apalagi kalau nanti masuk versi murahnya Vespa LX, bagaimana dengan LX nya sendiri? Kalau dulu pakai hitungan duit dulu, beli 80 jt untuk GTS mungkin masih terasa wajar atau “value” tapi sekarang? Di angka 70 jutaan pun dengan duit sekarang, beli GTS terasa sudah nggak value lagi.
Saya sih lebih menyarankan untuk refresh secepatnya! Berikan value tambahan daripada menurunkan harga. Lebih baik ganti tipe yang ready to wearnya. Kalau 946 menurut saya itu bukan ready to wear lagi tapi sifatnya sudah barang koleksi. Ayo Piaggio, buat versi baru pengganti LX lah! harga naik sedikit its OK, asal barangnya bener-bener OK. Can you?
Mending refresh yang ready to wear/street use kan daripada research/investment untuk 946?
mereka butuh duit . . . Apa gunanya brand kalo gak menghasilkan duit.
Vespa?
Life style bike
Sulit memang kang, lama2 moto yg jual life style juga bakalan ilang…coba aja liat yg zip. Cuman krna brand nya aja piaggio. Kalo di indon beli motor murah yg jelas buat fungsional bukan buat gaya…hehe
Untung gede tapi gak cukup kuantitasnya = collaps
Untung kecil tapi cukup kuantitasnya = survive
Brand image itu sesuatu malakama kalo kaya yg di atas
vespa….
http://trexton.wordpress.com/
judulnya agak maksa inggrisnya
Mendingan piaggio men-spin off merk jadi dua….vespa untuk premium yang kelas entry pake nama lain zip misalnya….supaya nilai eksklusifnya gak turun….tapi kalau liat kecenderungannya piaggio memang maunya main di kelas entry soalnya gak serius mengembangkan kelas super premiumnya juga….
knp ga masukin piaggio fly ya? mesin sama.kyk lx, dimensi jg krg lebih sama, tp body dr plastik. mending matengin piaggio fly drpd rilis vespa yg body plastik. dr dulu vespa itu frame monocoque metal. klo ga metal body bkn vespa.
Kan udah ada liberty mas bro…mesinnya plek sama lx cuma beda di body doang (tapi harganya tetep mahal he3).Katanya piaggio sih, mau lebih “membumikan” vespa…biar banyak orang naik vespa.Daripada bikin vespa LT, mending bangun pabriknya aja sekalian di Indonesia…pasti nanti harganya bisa lebih murah CMIIW
Josss…
Jumlah vespa lx yg terjual dianggap masih kurang. Semurah2nya lt kemungkinan tetap kepala 2, masih termasuk kelas ‘mahal’..
http://tanurblog.wordpress.com/2013/07/14/hasil-sachsenring-bisakah-disimpulkan-marquez-yang-akan-menjadi-jurdun/
wow soalprestise ternyata 😀
http://awansanblog.wordpress.com/
naik vespa kok gengsi……..
apane yang bikin gengsi……
lha wong HD aja sudah kodian…..
emang mau pamer sama sapa hari gini..
vespa terkenal dengan kebersamaannya.
Ane koleksi cewek’a diatas ajh dech .. ^^